Saturday 17 April 2021

5 Ide Minuman untuk Buka Puasa

5 Ide Minuman untuk Buka Puasa - Assalamualaikum sahabat HM Zwan, apa kabar puasa hari ini? Semoga lancar ya.. Kali ini saya mau sharing 5 ide minuman untuk buka puasa. Takjil untuk buka puasa selain kue basah dan gorengan, pastinya yang ditunggu-tunggu dan selalu tersedia adalah minuman. Entah minuman dingin ataupun minuman hangat, dua-duanya sangat istimewa. 

5  Ide Minuman untuk Buka Puasa

1. Kolak Pisang Sagu Mutiara 

Coba angkat tangan pecinta kolak? Meskipun tergolong minuman yang cukup mengenyangkan untuk buka puasa, tapi kolak masih jadi primadona untuk menu pembuka sebelum makan yang lebih berat. Kali ini saya bikin kolak pisang sagu mutiara. Nggak begitu berat karena hanya menggunakan 2 bahan yaitu pisang kepok dan sagu mutiara. Dihidangkan hangat-hangat, uww nikmat. 

Ide-minuman-buka-puasa

Kolak Pisang Sagu Mutiara

By @hm_zwan

Bahan mutiara :

2 gelas besar air

2 sendok sayur sagu mutiara


Cara membuat :

Didihkan air, tuang sagu mutiara, masak kurang lebih 20 menit. Jika biji sudah bening, angkat. Siram dengan air dingin, saring. Sisihkan.


Bahan kuah :

1 liter air

2 santan kemasan 65 ml

4 sdm gula pasir

1/4 sdt garam

1 lbr daun pandan

3 buah pisang, potong 5 cm


Cara membuat :

Rebus air sampai mendidih, masukkan pisang, gula, garam, daun pandan, aduk rata. Masukkan santan, aduk, angkat, sajikan dengan sagu mutiara. 


2. Wedang Rempah

Pecinta minuman hangat, pasti tidak akan meninggalkan minuman yang satu ini. Selain bahannya yang mudah ditemui. Wedang rempah ini juga sangat baik untuk tubuh, menyehatkan. 

Ide-minuman-buka-puasa

Wedang Rempah

By @hm_zwan 

Bahan :

10 cm jahe, kipas, geprek

200 ml air

Jeruk lemon 1 iris

Madu secukupnya 


Cara membuat :

Rebus air dan jahe sampai mendidih, angkat. Jika sudah hangat, kucurin jeruk lemon dan madu secukupnya, aduk. Sajikan selagi hangat. 


3. Es Puter Kurma

Bosan dengan kurma yang dimakan gitu aja? Si kecil puasa tapi pingin es krim? Yuk, ajak si kecil bikin es krim kw. Bikin es puter kurma dengan bahan yang ada di dapur. Caranya pun tergolong mudah, hanya membutuhkan blender ataupun mixer. Bisa pilih salah satu. 

Ide-minuman-buka-puasa

Es Puter Kurma

By @hm_zwan

Bahan :

200 ml santal kental

1 gelas belimbing air

1/4 sdt garam

2 saset kental manis

1 sdm tepung maizena + 2 sdm air 

6 buah kurma, cacah


Toping :

Bolu

Astor


Cara membuat :

Masak santan, air, kental manis dan garam sampai mendidih. Masukkan telung maizena yang sudah di larutkan dengan air, aduk rata, angkat, sisihkan. Jika sudah dingin, taruh di wadah masukkan ke freezer. Asal tampak sedikit beku, keluarkan, lalu mixer, proses ini saya ulangi 3x. Lakukan proses tersebut sampai benar-benar mendapatkan tekstur lembut atau sesuai keinginan. Di proses terakhir setelah di mixer, masukkan potongan kurma. Simpan di freezer, sajikan dengan toping.


4. Es Lemon Tea

Pecinta es teh, jangan sampai melewatkan menu praktis nan menyegarkan satu ini. Es lemon tea. Bahan utamanya hanya 4 yaitu teh, air, gula dan jeruk lemon. 

Ide-minuman-buka-puasa


Es Lemon Tea

Bahan :

1 buah teh celup

250 ml air

Gula pasir secukupnya 

4 iris jeruk lemon, ambil airnya

Es batu secukupnya 


Cara membuat :

Rebus air, masukkan teh celup dan gula pasir aduk rata. Tambahkan jeruk lemon dan es batu, sajikan. 


5. Wedang Jahe 

Pecinta minuman hangat pasti tidak akan melewatkan minuman yang satu ini. Selain membuat badan terasa segar kembali, juga menyehatkan untuk tubuh. Wedang jahe. Kali ini saya bikin wedang jahenya menggunakan Jahe Merah Instan "Be Rahmat". Berupa bubuk dengan menggunakan bahan premium dan tanpa pengawet. Selain itu, yang istimewa lagi dari Jahe Merah Instan "Be Rahmat" adalah untuk pemanisnya selalu menggunakan gulaku untuk tetap menjaga kualitas. 


Tuh kan, praktis banget ya. Kita nggak perlu repot-repot ngupas dan nggeprek jahe. Tinggal buka kemasan, ambil secukupnya tinggal sedih dengan air hangat. Selain bisa dikonsumsi untuk wedang jahe saja. Kita juga bisa menggunakan ini untuk campuran minum lainnya seperti angsle, teh dan lain sebagainya. Untuk varian rasanya ada dua, original dan rempah

"Be Rahmat" selain punya jahe merah, juga  menyediakan teh serai, temulawak, beraskencur instan dan menyediakan bahan segar juga. Untuk ukuran kemasan ada150 gram dan bisa custom atau curah juga lho. Misalnya kita mau pack ukuran saset atau ukuran yang kita mau, tinggal pesan yang curah. 150 gram jahe merah instan "Be Rahmat" harganya 15.000 (harga busa berubah sewaktu waktu). 


Buat teman-teman yang ingin memesan Jahe Merah Instan "Be Rahmat" untuk konsumsi pribadi atau mau jadi reseller bisa langsung menghubungi nomor berikut ya 0821 3949 8635. 

Akun sosmed

Google: *Minuman herbalsidoarjo*

Instagram: *tehseraisidoarjo* 

shoppe: *rempah99*

Bukalapak: *Berahmatstore*

Tokopedia : *Terabi herbal store*



No comments:

Post a Comment