Friday 22 December 2017

Resep Masak Sayur Santan Nangka Penggugah Selera

Di penghujung tahun, bulan Oktober, November hingga Desember banyak pohon yang berbuah. Mulai dari nangka, rambutan, hingga durian. Tak ada salahnya mencoba membuat masakan dari salah satu buah yang melimpah di akhir tahun. Kali ini akan dibagikan resep sayur santan nangka yang akan menggugah selera makan Anda.
Beberapa bumbu untuk masak sayur santan nangka,salah satunya menggunakan Sasa Santan Kelapa

Nangka yang diolah kali ini adalah nangka muda yang masih memiliki rasa tawar. Berbeda dengan nangka yang sudah matang dengan rasa yang manis. Dari segi tekstur juga berbeda, nangka mudah lebih kasar dan keras. Sedang nangka matang memiliki tekstur yang lebih lembek. Tapi bila dijadikan masakan, nangka muda jauh lebih nikmat. Biasanya warnanya masih putih, tidak kuning sebagaimana kalau sudah matang.

Resep Masak Sayur Santan Nangka
Nah untuk membuat Sayur Nangka yang nikmat, kita membutuhkan beberapa bahan dan bumbu. Termasuk nangka muda itu sendiri. Maka kita harus menyiapkan bahan – bahan sebagai berikut:
Nangka secukupnya sesuai selera untuk takarannya. Gunakan nangka mentah atau gori ya. Tapi ingat, jangan yang terlalu muda, sebab kalau terlalu muda rasa kenyalnya belum ada. Malah nanti yang ada hanya rasa hambar. Juga jangan yang terlalu tua yang duah kuning. Pilihlah yang masih muda tapi sudah membentuk nangka.
Santan secukupnya. Bisa dengan santan instan atau kelapa yang diparut. Kalau mau rasa yang lebih enak, pilih saja Sasa Santan Kelapa. Pasalnya santan yang satu ini punya kualitas yang bagus karena diolah dengan proses modern. Bahkan ia dikemas dalam keadaan sudah matang dan siap pakai. Dari segi aroma, Sasa Santan Kelapa memiliki aroma dan rasa se-segar kelapa yang langsung diperas, padahal ia tanpa pengawet. Makanya tidak salah bila banyak yang bilang kalau Sasa Santan Kelapa cocok untuk segala jenis masakan, makanan, dan minuman.
Sayur nangka yang nikmat.. (foto : selerasa.com)

Siapkan bumbu juga, yang terdiri dari:
1 bungkus tepung kunyit
3 biji kemiri
1 ruas lengkuas
1 ruas jahe
1 biji cabe keriting 
3 biji bawang merah dan bawang putih
Garam dan gula secukupnya
Kaldu yang bisa didapat secara instan. Bisa kaldu ayam atau jamur.
1 lembar daun jeruk

Setelah bahan dan bumbu siap, mari kita lakukan proses memasak. Bersihkan nangka. Ambil yang bagian daging. Bisa juga bijinya diikutkan. Karena rasa biji nangka juga tak kalah sedap dari daging nangka. Rebus nangka hingga getah hilang. Jangan terlalu lembek karena baru permulaan dan akan dimasak lagi dengan berbagai bumbu yang sedap. Siapkan bumbu ke dalam cobek dan ulek bumbu tersebut (kunyit, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, cabe keriting dan kemiri) Siapkan santan dengan dua jenis. Santan kental dan sedikit encer.

Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan minyak secukupnya hingga tercium aroma yang membuat air liur terproduksi banyak. Masukan nangka yang tadi sudah direbus. Aduk nangka dengan bumbu hingga rata. Tambahkan santan cair dan garam serta gula secukupnya. Tambahkan daun jeruk dan kaldu secukupnya. Campurkan santan kental tadi. Aduk terus hingga mendidih jangan sampai santan pecah. Matikan kompor setelah masakan mendidih. Angkat dan sajikan dengan hangat-hangat bersama nasi. Nikmati bersama keluarga dan orang-orang tercinta.

Gimana, mudah kan bikin sayur santan yang enak. Dengan bumbu lengkap dan tentunya menggunakan Sasa Santan, Aslinya Santan yang membuat masakan menjadi semakin nikmat.

6 comments:

  1. Duh pagi pagi lihat beginian jadi inget kalo belum sarapan. Hehehe

    ReplyDelete
  2. wah, sama mbak aku kalau masak sayur nangka lebih mudah pakai santan sasa, hehe praktis gak perlu meres-meres dulu, kerjaan lain jadi kepegang juga

    ReplyDelete
  3. ya ampuuun mbaaaa..aku ngiler berat! Udah lama banget ngga makan sayur nangka hehehe...mau aaah buat :)

    ReplyDelete
  4. Sayur nangka kayaknya legend. Mau dicampur aja tetep enak. Dia ada diberbagai musim dan waktu. Nais inpo

    ReplyDelete
  5. Mantap sayurnya. Dimakan dengan nasi hangat dan kerupuk jadi tambah nikmat

    ReplyDelete
  6. santan nangka memang enak dan bergizi, apalagi makannya rame-rame bareng keluarga.

    ReplyDelete