Wednesday 11 January 2023

Jalan-jalan ke Alun-alun Gresik

Jalan-jalan ke Alun-alun Gresik. Siapa yang tidak tahu Gresik, kota yang terkenal dengan merek semennya dan populer dengan hasil tambaknya yaitu ikan bandeng. Sebagai pendatang yang baru 2,5 tahun menjadi warga Gresik, rasanya nggak afdhol kalau belum menginjakkan kaki di alun-alun. Masak iya, sudah keliling kota tapi belum pernah ke alun-alun, kan lucu ya ahahaha. Nah, minggu lalu secara dadakan kami jalan-jalan sore ke aun-alun Gresik. Dulu, awalnya saya kira alun-alun Gresik itu area yang ada di tengah kota, tepatnya yang ada di dekat Gress Mall. Ternyata salah dong... Sampai akhirnya adik ipar mengajak kami keliling tipis-tipis ke alun-alun.

alun-alun gresik
Saat tiba di lokasi saya sempat heran, karena biasanya yang khas dari alun-alun adalah areanya yang cukup luas, terdapat lapangan. Tapi alun-alun Gresik berbeda. Suasana rindang sangat terlihat karena banyak sekali tanaman hijau. Yang khas disini adalah taman kota yang terdapat jalur untuk joggingnya. Lumayan banget lho jogging disini, karena tracknya memutar naik ke atas. Jadi bisa jogging sambil melihat kendaran yang lalu lalang. 

Lokasi, Tiket dan Jam Buka

Alun-alun Gresik berada di Jl. KH. Wachid Hasyim, Bedilan, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Untuk tiket masuknya gratis, jam buka 24 jam. 

baca juga : Oleh-oleh Khas Gresik Bu Muzanah

                  : Makan Siang di Dapur Dewi Kahyangan Menganti Gresik

alun-alun gresik

Fasilitas

Untuk fasilitasnya, alun-alun Gresik dekat dengan Masjid Jami' yang tepat berhadap-hadapan dengan lapangan dan gedung DPRD. Terdapat area parkir, pendopo dan toilet. Disini juga ada area jogging, juga jalan yang bisa dilewati untuk semua kalangan usia. Ada tangga dan juga jalan dengan jalur menanjak menuju koridor bertingkat untuk difabel ataupun lansia. Saat sore hingga malam hari disini juga banyak sekali penjual snack, makanan dan mainan. Anak-anak bisa main sepuasnya disini, salah satunya dengan menyewa mobil/motor listrik ataupun skuter.

alun-alun gresik

alun-alun gresik

Daya Tarik Alun-alun Gresik

Meskipun alun-alunnya tidak terlalu luas tapi disini kita bisa melakukan banyak hal, berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan disini :

1. Olahraga, jogging, main bola bersama si kecil

2. Wisata kuliner, di area dalam dan sekitar alun-alun banyak sekali penjual makanan. Mulai dari camilan, makanan ringan, minuman hingga makanan berat seperti bakso dan masih banyak lagi.

3. Rekreasi bersama keluarga, meskipun tidak luas tapi disini kita bisa duduk santai melihat taman kota dan anak-anak bisa bermain sepuasnya.

4. Shopping tipis-tipis, iya...disini ada beberapa penjual aksesoris seperti kopyah, dompet, tas, dan banyak pernak-pernik lainnya. Lumayan kan, sambil jalan-jalan, kulineran plus shopping tipis-tipis.

alun-alun gresik

alun-alun gresik

Tidak membutuhkan waktu lama untuk mengelilingi alun-alun Gresik. Tapi setelah berkeliling, kami memilih untuk duduk lesehan menghadap Masjid Jami'. Kebetulan ada banyak penjual makanan, seperti lontong kupang, bakso dll. Akhirnya kami memilih memesan bakso dan es degan. Alhamdulillah kenyang.. Tapi ternyata adik ipar masih membeli keripik singkong yang ada di depan Masjid Jami'  buat Aqla. Ternyata enak banget lho keripik singkongnya.

Nah, buat teman-teman yang sedang jalan-jalan ke Kota Gresik, mengunjungi alun-alun dan Masjid Jami' bisa menjadi pilihan liburan akhir pekan ini. 



No comments:

Post a Comment