Monday 9 January 2023

Njajan Gatot Tiwul Keliling 5000an Dapat Banyak

Njajan Gatot Tiwul Keliling 5000an Dapat Banyak. Pernah lihat penjual jajajan gatot tiwul keliling?pertama kali lihat penjual gatot keliling waktu kami jalan-jalan ke Surabaya, entah nama daerahnya apa saya lupa. Hingga akhirnya ketika kami keliling jalan-jalan di kecamatan tiba-tiba melihat penjual gatot tiwul keliling dong. Antara penasaran pingin beli tapi males banget putar balik ahahaha. Nggak pake lama ternyata pas olahraga jalan kaki ketemu dong di area tempat tinggal kami. 

Nggak pake lama, ya jelas beli...

Gatot Tiwul

Gatot Tiwul : Jajanan Tradisional yang Masih Eksis Sampai Sekarang
Siapa sangka olahan singkong ternyata bisa membius banyak orang hingga saat ini. Saya cukup terkejut ketika sekarang mulai banyak penjual makanan tradisional seperti gatot tiwul. Keduanya terbuat dari singkong, kalau gatot singkongnya dijemur sampai berubah warna coklat atau hitam. Sedangkan tiwul harus diolah menjadi tepung dahulu kemudian dibentuk, dengan cara disiram mengguanakan air sedikit hingga berbentuk bulatan kecil. Ini sih ibu mertua saya sering banget bikin hehe. 

Kalau dulu biasanya makanan ini kita temukan di pasar tradisional, tapi sekarang kita bisa menemukan di beberapa titik tempat atau beberapa ada yang menjual dengan cara keliling menggunakan sepeda motor. Di daerah saya penjual gatot tiwul keliling biasanya meletakkann rombong/gerobak kotak didudukkan diatas motor dengan tulisan gatot tiwul. Tapi ketika kotaknya dibuka maka yang terlihat bukan hanya dua makanan tersebut tapi masih banyak beberapa jenisnya. Seperti getuk, ketan putih, dan grontol jagung. Kita bisa membeli satu varian saja ataupun campur.

Gatot Tiwul


Gatot Tiwul

Karena saya suka banget camilan tradisional seperti ini, akhirnya saya beli campur. Satu porsi harganya Rp 5000, isinya cukup banyak dan sudah bikin kenyang. Untuk satu porsi campur ini isinya ada getuk, tiwul, gatot, grontol jagung, ketan beserta bubuk kacang kedelai yang rasanya pedas manis serta tak lupa taburan kelapa parut yang sudah dikukus. Meskipun bungkusnya sudah kekinian alias menggunakan kertas minyak, tapi soal rasa masih sama. Lumayan banget ni, rindu terobati.

Buat yang tinggal di daerah Gresik perbatasan Surabaya Barat, ketika jalan-jalan saya beberapa kali melihat penjual gatot tiwul keliling di daerah Hulaan Menganti. Tiap pagi dan sore jualan, sepertinya ada dua penjual. 

Teman-teman, ada yang suaka makan gatot tiwul?ayo dong sharing..

No comments:

Post a Comment