Friday 31 March 2023

Yuk, Kenali Faktor Penyebab Batuk Pilek

Yuk, Kenali Faktor Penyebab Batuk PilekSakit batuk pilek sudah menjadi hal yang wajar bagi sebagian besar orang, terlebih lagi saat musim hujan datang. Tidak butuh waktu lama ketika sesekali kehujanan, sudah pasti langsung sakit batuk pilek, ya nggak?. Meskipun batuk pilek merupakan dua penyakit yang berbeda tapi umumnya ciri-cirinya sama. Musim pancaroba menjadi salah satu penyebab umum mengapa seseorang rentan terhadap sakit batuk dan pilek. Selain karena musiman, bisa jadi kondisi tubuh yang lemah dan kurang fit sehingga kelelahan dan virus mudah masuk ke tubuh kita. Selain itu, berkurangnya sinar matahari serta kontak erat saat beraktivitas di luar rumah juga sangat memungkinkan terkontaminasi.


Meskipun kedua penyakit ini berbeda, namum gejalanya hampir sama. Seperti badan meriang, pusing, sakit tenggorokan seperti ada yang mengganjal saat menjelang sakit,hidung tersumbat, berair, merasa demam dan lain sebagainya. Setiap orang memiliki gejala yang berbeda dan biasanya batu pilek mudah menular, terutama pilek dari cairan yang keluar lewat batuk, bersin dan saat berbicara. Rentang sakit batuk pilek setiap orang juga berbeda, biasanya paling cepat seminggu sampai 10 harian. Jika orang dewasa bisa saja mengalami sakit batuk pilek 2-3 kali salam setahun, maka anak-anak bisa lebih dari itu.

Faktor Penyebab Batuk Pilek
Berikut penyebab batuk pilek yang perlu diketahui, antara lain:
1. Virus batuk pilek bisa menyebabkan peradangan yang mana ini menjadi sangat beragam, contohnya seperti Rhinovirus, Adenovirus, virus Influenza, virus Parainfluenza hingga virus Corona.
2. Cuaca yang dingin juga bisa menyebabkan risiko terkena batuk pilek meningkat karena virus lebih aktif dalam suhu udara yang rendah.
3. Alergi bisa menyebabkan gejala hidung berair seperti flu, penyebab dari alergi bisa dari debu, bulu binatang, jamur serta dalam kondisi perubahan cuaca dapat disebabkan oleh serbuk sari dari tumbuhan.

Cara Mengatasi Batuk Pilek
Meskipun sakit batuk pilek merupakan penyakit yang cukup ringan, tapi ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Beberapa orang memilih cara untuk meredakan sakit batuk dan pilek, ada yang menggunakan obat alami dan rumahan, sebagian lagi memilih untuk minum obat dari dokter ataupun yang serig dijual di apotek.

1. Membeli obat di apotek
Saat batuk pilek menyerang, hal yang paling utama dilakukan sebagian orang adalah membeli obat-obatan yang tersedia di apotek. Ada yang memilih untuk membeli obat berbentuk syrup terkadang ada juga rekomendasi obat racikan dari apoteker.

2. Cukupi kebutuhan cairan
Salah satu cara agar terhindar dari dehidrasi saat batuk dan flu adalah cukupi kebutuhan cairan. Karena cara ini bisa meringankan hidung tersumbat dan melegakan tenggorokan saat batuk dan pilek.

3. Istirahat yang cukup
Badan yang kurang fit membutuhkan waktu istirahat yang cukup, pastikan mengurangi aktivitas saat mengalami sakit batuk dan pilek agar badan lekas sehat dan pulih kembali.

4. Konsumsi vitamin
Dari hasil penelitian, konsumsi kombinasi vitamin C 1000mg dan Zinc 10mg dapat meredakan gejala batuk pilek seperti hidung tersumbat, bersin dan mata berair dalam 5 hari pengobatan, karena fungsinya yang sama-sama memperkuat imun dalam melawan penyakit menular.
Vitamin D yang bisa melindungi tubuh dari serangan infeksi virus penyebab batuk dan pilek.
Vitamin C yang mampu meningkatkan kerja sistem imun sehingga menurunkan tingkat keparahan dan gejala dari batuk pilek.
Zinc yang bisa bekerja sebagai antivirus untuk menekan aktivitas replikasi dari virus penyebab batuk dan pilek .

5. Olahraga dan berjemur
Manfaat dari kegiatan ini salah satunya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh, karena jika daya tahan tubuh seseorang baik maka baik juga kesehatannya, begitu juga dengan sebaliknya.

Jika dalam waktu 10 hari sakit batuk pilek belum juga sembuh, sebaiknya harus dibawa ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Hal yang penting saat banyak orang yang mengalami sakit batuk pilek,pastikan kita bisa menjaga diri dengan baik, seperti makan makanan yang bergizi, minum vitamin dan olahraga. Dengan melakukan kegiatan ini, kita sama dengan meminimalisir terkena atau terkontaminasi batuk dan pilek.

Teman-teman, biasanya kalau sakit batuk pilek obatnya apa?ayo dong sharing..

Referensi :
https://www.redoxon.co.id/solusi-untuk-daya-tahan-tubuh/penyebab-batuk-dan-pilek-karena-cuaca-atau-virus/











No comments:

Post a Comment