Thursday 30 March 2023

Ide Menu Buka Puasa : Pindang Iga Khas Ponorogo

Ide Menu Buka Puasa : Pindang Iga Khas Ponorogo. Kalau ngomongin soal pindang, selalu identik dengan makanan khas Palembang. Tapi beda lagi dengan pindang di daerah Jawa Timur khususnya, pindang merupakan ikan yang dibumbui yang kemudian dikukus, biasanya banyak dijual di pasar atau penjual sayur. Tapi sejak menikah dengan orang Ponorogo, ternyata disini ada pindang lain. Yaitu makanan atau olahan daging sapi atau tulang yang dolah dengan bumbu hitam pekat yang berasal dari kluwek. Biasanya bumbu pindang bisa diolah dengan daging sapi ataupun tempe, iya tempe. Pindang daging maupun tempe biasa dijumpai saat ada acara hajatan seperti sunatan ataupun pernikahan.

Pindang Iga Khas Ponorogo
Ada yang sudah nyoba masakan pindang khas Ponorogo?Beberapa kali saya sudah pernah bikin pindang iga Khas Ponorogo. Salah satu menu favorit saat pulang ke rumah ibu mertua di Ponorogo. Daging dan iga sapi yang dibumbui dengan kluwak lalu dicampur dengan tumbukan kelapa sangrai membuat rasa makanan ini menjadi unik, khas dan nikmat. Biasanya pindang iga dinikmati dengan kecambah rawon. Ada dua jenis pindang, basah dan kering. Kalau basah biasanya ada kuahnya, nyemek-nyemek gitu. Sedangkan yang kering hampir mirip dengan rendang.

Teman-teman yang tidak suka pedas, cabe rawitnya bisa di skip. Berhubung di rumah ibu mertua daerah dataran tinggi,jadi masakannya selalu pedas. Selamat mencoba. Menu pindang iga khas Ponorogo ini bisa jadi ide menu buka puasa ataupun sahur, bisa dimasak berkuah ataupun kering seperti rendang. Bisa tahan lama seperti rendang.
Semoga bermanfaat.

Pindang Iga Khas Ponorogo
Pindang basah, ada kuahnya

Resep Pindang Iga Khas Ponorogo
By @hm_zwan
Bahan :
1 kg iga sapi dan daging yg sudah dipresto 10 menit
1/2 buah kelapa parut, sangrai, tumbuk
1 batang sereh
3 lbr daun salam
3 lbr daun jeruk
1,5 liter air kaldu (air rebusan iga)
1 sdt garam
2 sdt gula pasir
1 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt lada
2 sdm minyak goreng

Bumbu halus :
8 bawang merah
4 bawang putih
2 cabe merah
15 cabe rawit
1/2 sdt ketumbar
1 cm lengkuas
6 buah kluwak

Pindang Iga Khas Ponorogo


Cara membuat :
Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk dan sereh sampai harum. Masukkan kelapa parut sangrai yang sudah ditumbuk halus, lalu masukkan iga, daging yang sudah dipotong dan air kaldu. Masukkan gula, garam, kaldu bubuk dan lada. Koreksi rasa. Jika air sudah menyusut, matikan api, sajikan.

1 comment:

  1. Ini beda lagi dengan pindang Wonogiri yang lembek2 kayak bubur itu ya. Banyak sekali varian pindang, mulai dari yang pindang ikan ada tomat2nya itu, pindang kayak bubur, lalu pindang Ponorogo ini.

    ReplyDelete