Wednesday 20 April 2022

5 Menu Takjil Favorit Keluarga

5 Menu Takjil Favorit Keluarga. Assalamualaikum sahabat HM Zwan, semoga sehat selalu ya. Alhamdulillah ramadan berkah, semoga dimudahkan ibadah kita sampai hari kemenangan nanti. Ramadan kali ini cukup istimewa karena untuk pertama kalinya Aqla benar-benar belajar puasa. Jadi excited banget, ya meskipun puasa anak usia 6 tahun masih tahap belajar tapi rasanya berbeda. 

Selama 5 hari ini ada beberapa menu takjil andalan favorit keluarga kami. Menu takjil merupakan kudapan untuk berbuka puasa. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata takjil memiliki arti mempercepat dalam berbuka puasa.Kata ini berasal dari kata 'ajila dalam bahasa Arab yang memiliki arti menyegerakan, sehingga takjil bermakna perintah untuk menyegerakan untuk berbuka puasa. Adapun menu yang biasa kita nikmati saat berbuka puasa identik dengan kudapan yang rasanya manis ataupun gurih. Seperti kolak, es campur hingga gorengan.

Nah, ngomongin soal menu takjil, di keluarga kecil kami punya menu yang jadi idaman selama beberapa hari ini. Bukan hanya saat ramadan tahun ini saja tapi sebelumnya juga menu-menu ini jadi andalan. Mau tahu apa saja menunya, berikut 5 menu takjil favorit kami :

5-menu-takjil-favorit-keluarga

Es blewah

Blewah merupakan buah yang identik dengan Bulan Ramadan. Hampir setiap ramadan buah ini selalu ada, munculnya pasti di beberapa hari jelang Bulan Ramadan khususnya di daerah tempat tinggal saya di Gresik Jawa Timur. Mungkin di daerah lain ada yang sama, tapi ada juga beberapa daerah di Indonesia yang cukup sulit mendapatkan buah ini. Nah, hampir setiap hari suami dan Aqla request es blewah. 

Nah, kali ini HM mau sharing resep mudah bikin es blewah original. Jadi ini original versi tanpa ca sudah pasti gampang banget, soal rasa nggak ada lawan, seger banget. 

Es Blewah 

Bahan :

250 gr blewah, serut

100 ml air gula

700 ml air

Es batu secukupnya 

Cara membuat :

Siapkan wadah, campur jadi satu semua bahan, sajikan. 

Baca Juga : Ide Menu Takjil Tanpa Digoreng

5-menu-takjil-favorit-keluarga

Dimsum Ayam

Ini merupakan salah satu camilan yang sering banget saya buat, biasanya saya bikin lumayan banyak untuk disimpan di freezer. Jadi waktu mau buka puasa tinggal dikukus aja.

Dimsum Ayam 

By @hm_zwan

Bahan :

400 gr daging ayam 

1 butir telur

3 siung bawang putih

3 bawang merah 

2 sdm saos tiram

2 sdm minyak wijen

1 sdt garam

1/4 sdt kaldu jamur

1/4 sdt lada

120 gr tepung tapioka

2 batang daun bawang

Kulit pangsit secukupnya 

10 tahu matang

Cara membuat :

Panaskan kukusan. Siapkan chopper, masukkan semua bahan (kecuali tepung, daun bawang, tahu dan kulit pangsit), Haluskan. Masukkan tepung tapioka dan daun bawang, aduk rata. Ambil satu lembar daun pangsit, ambil satu sendok adonan, bentuk. Begitu juga untuk tahu, isi tahu dengan adonan. Kukus kurang lebih 25 menit. Sajikan dengan saos sambal. 

5-menu-takjil-favorit-keluarga

Setup Nanas

Ada yang suka setup nanas? Diminum anget, dikasih es dua duanya enak.

Setup Nanas

By @hm_zwan

Bahan :

1 buah nanas, potong kipas

6 gelas belimbing air

7 sdm gula pasir (sesuai selera)

5 cm kayu manis

2 buah cengkeh

Cara membuat :

Rebus air sampai mendidih, masukan nanas, cengkeh, kayu manis dan gula pasir. Masak kurang lebih 10 menit, angkat, sajikan.

Baca juga : 5 Menu buka Puasa Praktis

5-menu-takjil-favorit-keluarga

Pempek Nasi

Tahun ini awal puasa saya bikin stok pempek, lumayan jadi banyak lho. Jadi pas mau buka puasa tinggal goreng deh, praktis banget.

Pempek Nasi

Recipe @fridajoincoffee

Modified @hm_zwan 

Bahan:

200 gr nasi

250 ml air

75 gr tepung terigu

300 gr tepung sagu atau sagu tani (tapioka/kanji/aci)

1 butir telur

Isian (aduk rata) :

2 butir telur

Sedikit garam

Bumbu Halus:

2 sdm ebi, goreng dan haluskan

4 bawang putih, haluskan

½ sdt garam

Cara Membuat:

1. Campur nasi dan air kemudian masak dengan api kecil, aduk-aduk hingga menjadi bubur.

2. Masukkan tepung terigu dan bumbu halus. Aduk rata dan koreksi rasa. Setelah itu blender hingga lembut. Pindah ke baskom besar. Tunggu hingga adonan hangat.

3. Setelah adonan hangat masukkan telur dan tepung sagu sedikit demi sedikit hinggan adonan bisa dibentuk. Adonan lumayan lengket.

4. Lumuri tangan dengan tepung sagu agar tidak lengket saat membentuk, bentuk bulat, lubangi bagian tengah, beri isian telur yang sudah dikocok, tutup. Kemudian masukkan ke dalam air mendidih masak hingga adonan mengapung. Tiriskan.

Cuko Pempek

(saya bikin setengah resep) 

Bahan:

500 gr gula merah

500 ml air

Bumbu halus:

10 bawang putih

20 cabe rawit

5 butir asam kandis

1 sdt garam

Cara Membuat:

1. Rebus air dan masukan gula merah hingga larut. Kemudian saring.

2. Lalu masukan ke panci lagi, rebus kembali, kemudian tambahkan bumbu halus.

4. Kemudian masukan asam kandis dan garam, aduk hingga rata dan koreksi rasa, gunakan api kecil.

5. Jika sudah mendidih, biarkan mendidih 5 menit, lalu matikan kompor, biarkan dingin di panci, jika sdh dingin buang asam kandisnya supaya tidak terlalu asam.

6. Kemas cuko dengan botol dan simpan dalam kulkas.

5-menu-takjil-favorit-keluarga

Lumpia Kampung

Gorengan memang masih jadi juara ya di menu takjil haha, ini lumayan ribet dan rempong kalau bikin kulit sendiri. MAksudnya butuh waktu banyak gitu, pas rajin jadi uprek bikin kulit sendiri ahaha.

Kulit Lumpia

By @hm_zwan

Bahan :

150 gr terigu

1/4 sdt garam

1 butir telur 

50 ml santan 

1 gelas belimbing air

Minyak goreng untuk olesan

Cara membuat :

Siapkan wadah, masukkan terigu, telur, garam dan santan. Aduk rata. Tuang air perlahan sambil diaduk, sampai adonan kental encer. Olesi teflon dengan minyak goreng, tuang 1 sendok sayur adonan kulit, buat dadar. Jika sudah matang, angkat.

Bahan Isi :

1 keping mi bihun, rebus dengan air mendidih 3 menit, tiriskan

1 buah wortel ukuran kecil, serut

1 genggam toge

Gula, garam secukupnya

Kaldu jamur dan lada secukupnya

5 bawang merah, iris tipis

3 bawang putih, geprek

1 batang daun bawang, iris 1 cm

Air sedikit 

Minyak goreng

Cara membuat :

Tumis bawang merah, putih sampai harum. Masukkan wortel, bihun, toge, gula, garam, lada dan kaldu bubuk secukupnya. Masukkan air, jika sudah matang, angkat, sisihkan.

Cara membuat lumpia :

Ambil selembar kulit lumpia, tata 1 sendok makan bihun goreng, lipat, gulung. Goreng sampai berwarna coklat keemasan, angkat, sajikan.



No comments:

Post a Comment