Thursday 9 May 2024

Mengenal Krawonan : Aneka Jenis Sayur Rebus yang Dinikmati dengan Sambal Korek Khas Warga Menganti Gresik

Mengenal Krawonan : Aneka Jenis Sayur Rebus yang Dinikmati dengan Sambal Korek Khas Warga Menganti Gresik. Selalu ada cerita di setiap perjalanan, salah satunya adalah mengenal tradisi di setiap daerah yang pernah saya tinggali. Beberapa tahun yang lalu saya pernah tinggal di Subang Jawa Barat selama 3 tahun, ada satu tradisi kumpul-kumpul saling berbagi, sharing cerita hal-hal sederhana kemudian makan makanan khas seperti masak nasi liwet dengan lauk sederhana, seperti tahu, tempe, ikan asin, sambal, kerupuk dan tak lupa aneka lalapan yang wajib ada. Mereka menyebutnya dengan istilah botram. 

krawonan
Beda kota, beda provinsi, maka beda pula tradisinya. Kalau di tanah sunda ada istilah botram, maka di Menganti Gresik khususnya ada satu kebiasaan saat kumpul-kumpul, yaitu menikmati krawonan. Nah, ini ni yang bikin saya lumayan terkejut. Baru kali ini saya tau istilah krawonan, taunya sih rawon ahahahaha. Apa bedanya krawonan sama rawon?baca sampai habis ya...

Mengenal Krawonan : Apa Bedanya dengan Pecel dan Urap-urap?

Beberapa kali saya sempat googling mencari tahu tentang krawonan, tapi belum menemukan jawaban pasnya. Saat berkumpul saya sempat tanya teman-teman yang duduk di sebelah kanan kiri saya, tapi intinya adalah krawonan merupakan aneka macam/jenis sayuran yang dinikmati dengan bumbu, nah disini dinikmati dengan sambal korek. Di daerah Jawa Timur khususnya, ada 2 jenis sayuran yang cukup familiar dan biasanya dinikmati dengan aneka bumbu. Pertama, pecel dimana aneka sayuran dinikmati dengan siraman kuah kental yang terbuat dari kacang tanah dan bumbu lainnya. Kedua, Urap-urap yang mana aneka sayuran yang dicampur dengan kelapa parut muda yang dibumbui.

Sedangkan krawonan ala warga Menganti Gresik merupakan aneka jenis sayuran yang dinikmati dengan sambal korek. Beberapa sayuran diantaranya seperti kacang panjang, kubis dan tauge yang direbus terlebih dahulu, kemudian dinikmati dengan sambal korek khas yang cukup harum dan sedap. Yang menjadi ciri khas dari sambal koreknya adalah banyaknya campuran daun jeruk sehingga wanginya, sedapnya khas saat dinikmati. Jelas ya bedanya sama rawon hehehe. Krawonan paling enak dinikmati sama bakwan sayur dan kerupuk, ini sih perpaduan yang pas, klop banget deh.

Gimana, ada istilah krawonan di daerah teman-teman?ayo dong sharing.. 







No comments:

Post a Comment