Monday 13 March 2023

Kuliner Dadakan : Incip Bakso Kikil di Hendrosari Menganti Gresik

Kuliner Dadakan : Incip Bakso Kikil di Hendrosari Menganti Gresik. Sabtu sore memang paling pas jalan-jalan sore, entah keliling komplek perum ataupun keliling kecamatan aja. Yang penting keluar rumah gitu, refreshing setelah 5 hari berjibaku dengan kegiatan harian yang hampir sama dan berulang. Sore tadi suami ngajak jalan, salah satunya ke area Benowo sampai dekat area Driyorejo Gresik. Setelah keluar dari area Kepatihan, terlihat salah satu bakal perumahan namanya Opra City. Baru ingat ternyata di daerah Hendrosari sini ada satu warung bakso yang cukup terkenal, yaitu Bakso Kikil Rama. Pas banget lewat, setelah mencari tahu akhirnya smapai di warung. 


Bakso Kikil Rama Hendrosari

Bakso kikil umumnya berisi pentol, mie dan kuah seperti bakso pada umumnya tapi yang paling spesial dan berbeda dari bakso lain adalah terdapat kikil. Yaitu bagian kaki sapi atau biasa disebut dengan kikil yang seringkali digunakan untuk membuat bahan dasar makanan. Salah satunya adalah bakso. Satu mangkok bakso kikil biasanya terdapat beberapa potogan kikil.

Lokasi, Menu dan Harga
Kali ini HM sama suami dan Aqla kuliner dadakan di Bakso Kikil Rama Hendrosari Menganti Gresik. Lokasi warungnya berada di dekat pertigaan arah Benowo dan pasar Menganti, atau tepatnya pertigaan dekat Opra City. Dari arah Benowo/Ke[atihan lurus arah Bunder, kurnag lebih 150 meter dari pertigaan dekat Opra City. Warungnya tepat di pinggir jalan raya, satu lokasi dengan es degan atau kelapa muda.



Untuk menunya ada dua, bakso kikil dan bakso biasa. Untuk bakso biasa pentolnya kecil kecil sedangkan untuk bakso kikil pakai pentol besar. Satu porsi bakso kikil harganya Rp 20.000 sedangkan es degan harganya Rp 7000 menggunakan gelas yang cukup besar. Saya pesan dua gelas. Nah, buat yang bawa kendaraan roda empat parkirnya cukup meresahkan ya karena warung berada di pinggir jalan raya. Kalau untuk kendaraan roda rua, masih cukup dan amanlah.

Gimana Rasa Bakso Kikilnya?
Saat menulis ini, saya lupa kapan terakhir makan bakso kikil. Sepertinya 4 tahun yang lalu waktu kami tinggal di Purwakarta. Kali ini baru pertama kali menikmati bakso kikil lagi, inipun dadakan karena dapet info dari teman. Selain itu, beberapa kali kami lewat daerah sini warungnya selalu ramai. Nah, yang ramai seperti biasanya bikin penasaran ahahaha. 

Sampai di warung pukul 16.05 kami pesan bakso kikil dua dan dua kelapa muda, satu tanpa es buat Aqla, dan yang satunya pakai es batu buat saya dan suami. Nggak pakai lama, bakso kikil dan es kelapa muda sampai di meja. Rasa bakso kikilnya lumayan sedap, pesan dua mangkok karena Aqla nggak mau bakso. Tapi pas bakso tiba ternyata anaknya penasaran sama kikil. Sebelum saya kasih saos dan sambal, saya suapin Aqla kikil dan mienya. Katanya kikilnya enak, lembut. 


Setelah saya coba, ternyata memang benar. Kikilnya empuk, gurih dan sedap rasanya. Untuk es kelapa mudanya, rasanya standar. Tapi yang bikin saya suka karena beneran kelapa muda buka campuran atau kadang ada yang isinya kelapa udah agak tua gitu, heuheu. Alhamdulillah ludes juga dua mangkok bakso kikil dan es kelapa mudanya.
Karena kami nggak nambah kerupuk ataupun lontong, semuanya habis Rp 54.000.

Teman-teman, ada yang pernah makan bakso kikil? 

1 comment:

  1. Bakso kikil belum pernah rasain, tapi buat pencinta kikil ini wajib dicoba sih. Rasa kenyal kikil dan bakso yang berkolaborasi pasti mantep banget, jadi pengin nyobain. Minumannya kelapa mudah, beh paket lengkap jadi pengin nyobain sih. Enak kayaknya pas hujan-hujan seperti sekarang, terima kasih informasinya!

    ReplyDelete