Monday 14 November 2022

[3] Ide Menu Bekal Anak : Nasi Kepal Ayam Katsu

[3] Ide Menu Bekal Anak : Nasi Kepal Ayam Katsu. Hari ini anak-anak bawa bekal apa bund?Assalamu'alaikum sahabat HM Zwan, semoga sehat selalu. Kali ini HM bikin bekal buat Aqla sekolah, berangkat sekolah pukul 06.35 dan pulang pukul 10.10. Kurang lebih 3 jam belajar di sekolah, jadi hampir setiap hari saya bawakan Aqla bekal. Kadang beli tapi seringkali saya bikin sendiri di rumah. Aqla punya riwayat TBC dulunya, jadi setelah sembuh lumayan cukup rentan kalau masalah makanan. Salah makan sedikit, auto batuk, pilek dan radang tenggorokan. Jadi, satu-satunya solusi adalah saya buatkan atau bawakan bekal dari rumah.

[3] Ide Menu Bekal Anak : Nasi Kepal Ayam Katsu
[3] Ide Menu Bekal Anak : Nasi Kepal Ayam Katsu

Nah, kali ini HM buatkan Aqla bekal nasi kepal ayam katsu. Untuk ayam katsunya sendiri saya buat stok di hari minggu. 500 gr ayam bagian dada saya potong fillet, lalu direndam di bumbu, kemudian gulingkan di tepung roti, tata di kotak lalu simpan di freezer. Praktis banget, jadi tinggal goreng aja.

Baca juga  [2] Ide Bekal Anak : Maklor Makaroni Telor

Resep Ayam Katsu

Bahan : 

500 gr ayam bagian dada, potong fillet

1 butir telur

1 sdt tepung bumbu

1/4 sdt garam

1/4 sdt lada

1/4 sdt kaldu bubuk

tepung roti/panir secukupnya

minyak untuk menggoreng

Cara membuat :

Siapkan wadah, campur semua bahan kecuali minyak goreng dan tepung roti. Rendam dalam adonan bumbu kurang lebih 20-30 menit. Ambil satu iris, gulingkan ke tepung roti, ulangi sampai ayam habis. Masukkan wadah, simpan di freezer.

Jika ingin di goreng : panaskan minyak goreng api sedang, goreng ayam katsu sampai matang dan berubah warna emas kecoklatan, angkat, tiriskan, sajikan.

Sedangkan untuk nasi kepalnya bahannya cukup mudah, hanya dengan 4 bahan saja. 

Resep Nasi Kepal

Bahan :

1 centong nasi panas

Sejumput garam

1/4 sdm margarin

1 lembar daun pre,potong

Cara membuat :

Dalam wadah, campur semua bahan jadi satu. Siapkan plastik bersih, ambil 1 sdm nasi, kepal-kepal sampai berbentuk bulat, sajikan.

[3] Ide Menu Bekal Anak : Nasi Kepal Ayam Katsu
Bekal hari ini : Susu UHT-Nasi kepal-Ayam katsu

Nah, gampang banget kan?

Sebenarnya tidak butuh waktu lama mempersiapkan atau membuat bekal untuk anak, JIKA bahan sudah dipersiapkan terlebih dahulu. Seperti ayam katsu yang tinggal goreng saja, nasi kepal yang cukup praktis dan mudah dengan bahan yang ada di kulkas. 


26 comments:

  1. wahh gampang yaa. jadi terisnpirasi pengen buatin juga buat anak saya

    ReplyDelete
  2. Mas Aqla pintar ini, doyan makanan yg ada daun bawangnya, haha... Kadang ada anak2 yg daun bawang di sayur mesti dipilihin dulu. Saya pun semasa kecil, rentan batuk pilek. Makanya selalu bawa bekal, walau lebih banyak banyak ke roti atau ya nasi mie goreng, haha... Mending repot2 sedikit lah, asal anak sehat :D

    ReplyDelete
  3. Waaaah gampang banget nih kayaknya bikinnya mbak. Jadi terinspirasi buat bekal si kecil nih.

    ReplyDelete
  4. Waahh, aku mau praktekin bikin nasi kepal untuk anakku ah. Makasih yaaa mba idenya. kadang suka buntu mau bikin bekal apalagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Iis.. Tadi disinggung kalau Aqla pernah TBC. Itu tertular atau gimana? Aku takut nih anakku, soalnya di rumah sedang ada yg positif TBC 😭
      Berarti makanan anak-anak pun harus ketat pengawasan nya ya

      Delete
    2. Halo mbak, banyak faktor anak bisa tertular TBC. jadi saya nggak tahu pastinya Aqla tertular darimana, bisa dari mana saja. Seperti tertular sama penderita TBC yang tidak menggunakan masker dan banyak lagi.
      TBC ada dua, TBC anak dan dewasa. Nah, kalo yang anak cenderung tidak menular. Kalau ada keluarga atau saudara yang sakit TBC haus hati-hati ya mbak, karena percikan dahak, lendirnya itu bisa menular

      Delete
  5. gampang banget mbak, nasi kepal ini praktis ya enak nih kalau pas anak-anak mau bawa bekal bisa cepat bikinnya. Makasih juga resep ayam katsunya, saya belum pernah bikin, kok kayaknya praktis dan lezat ini

    ReplyDelete
  6. Nasi kepal ini dimakan nasi aja udah enak ya mbak, apalagi ditambah lauknya ayam katsu, pasti makin lahap makannyan

    ReplyDelete
  7. Memang PR banget membawakan bekal untuk anak sekolah supaya mereka mau makan dan tidak bosan dengan menu yang itu-itu melulu. Aku masih belajar nih membuat bekal sehat yang menarik minat anak

    ReplyDelete
  8. Praktis banget. Nasi kepal juga cocok untuk bekal anak. Karena mereka bisa lebih mudah menikmatinya. Apalagi kalau ukurannya gak kebesaran untuk mulut anak

    ReplyDelete
  9. gampang yaa, anak-anak aku juga doyannya ini nih, chicken katsu. tiap kali dimasakin chicken katsu gak bakal nolak dan selalu dihabiskan sih insyaAllah. tapii nasinya belum bisa aku bikin bulet2 begitu, ahaha

    ReplyDelete
  10. Wah resepnya bagus nih Mba. Jadi pengen bikin juga. Anak pasti suka dibiarin nasi kepal dan ayam katsu. Makasih resepnya saya mau save ah

    ReplyDelete
  11. Mbaaa aku mau recook , masiyo anakku wis SMA 😆
    Kayaknya gampil nih
    No ribet ribet club ya
    Makasi idenyaaaa

    ReplyDelete
  12. ayam filet jadi andalan aku juga untuk bekal anak-anak ke sekolah. Tapi kadang aku ga sempat masukin ke freezer langsung goreng aja hihihi. Kalau dekat aku katering bekal aja ya buat pascal & alvin :)

    ReplyDelete
  13. Nyam nyam, Ini sih menu yang bakalan disukai oleh anak2 bangt yaaa.
    Anak2ku tu paling suka nasi kepal. Btw aku penasran pakai berasnya beras jepang yang gambar pesumo itu atau beras lain juga bisa mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini aku pake beras biasa mbak, awalnya iseng.. lha kok jadi ahahaha. Beras pulen biasa ya

      Delete
  14. Mba kadang aku suka bingung kalau pas harus bikin bekal. Ini nasi kepal bisa jadi ide. Makasih ya

    ReplyDelete
  15. Bahagia banget kalau sudah ada stock Chicke Katsu.
    Karena bisa lebih hemat dan kebayangnya, anak-anak gak konsumsi bahan pengawet seperti beli ayam kemasan. Seneng dapat resep Ide Menu Bekal Anak.

    Memang teteh tuh orang yang aku inget pertama kalau ngobrolin masalah resep.
    Juara banget ide dan kreasinya.

    ReplyDelete
  16. Waah recomended nih resepnya bisa di coba buat bekel sekolah anak2...makasih bisa langsung di praktekin nih senin

    ReplyDelete
  17. Chicken Katsu ini kesukaan anak saya juga. Udah gitu kita masaknya juga praktis ya tinggal goreng saja. Soalnya saya beli jadi hehehe

    ReplyDelete
  18. Ayam katsu ini jadi favorit anak-anak banget. Senengnya cara buatnya mudah. Enggak ribet. Cocok banget buat bekal anak ke sekolah, biar anak enggak jajan sembarangan.

    ReplyDelete
  19. aku jadi pengen coba resepnya mba.. kalau chicken katsu suka buat di rumah, nasi kepalnya nih menarik bangeet

    ReplyDelete
  20. Daun pre itu unclang atau kucai sih mba? Enak kayaknya gitu ya nasi panas dikepal dan dibuat untuk bekal gini. Apalagi lauknya chicken katsu, bisa habis banyak tuh maem bekalnya.

    ReplyDelete
  21. Boleh juga nih ide bekalnya cantik dan menarik, anak-anak pasti suka nih dibekali ayam katsu sama bola nasi

    ReplyDelete
  22. Mbaaaa, nasi kepalnya jadi keide untuk kubuat nih. Simple tapi lezat dan cocok dengan taste lidah anak ya mba. Bekal yang cantik bikin selera saat memakannya.

    ReplyDelete
  23. Waah kmrn saya baru aja bikin bekal sehat Adek spt ini. Alhamdulillah cuma disisain nasinya dikit. Soalnya kalau dingin mgkn ga enak kali ya nasinya.

    ReplyDelete