Thursday 24 March 2022

Cuaca Tidak Menentu, Yuk Lakukan 5 Hal Berikut Agar Badan Tetap Fit

Cuaca Tidak Menentu, Yuk Lakukan 5 Hal Berikut Agar Badan Tetap Fit. Akhir-akhir ini terasa sekali cuaca yang tidak bersahabat, beberapa bulan curah hujan lumayan intens hampir setiap hari. Tapi hampir satu bulan ini cuaca sudah berbeda, yang biasanya hujan setiap hari sekarang sudah jarang. Cuacapun tergolong ekstrem, pagi mendung, siang panas sekali, lalu tiba-tiba mendung petang dan hujan angin.

Salah satu faktor perubahan iklim adalah efek rumah kaca, adanya peningkatan suhu bumi akibat suhu panas yang terjebak di dalam atmosfer bumi. Dimana sudah minimnya lahan hijau yang dijadikan banyak kawasan industri. Yang tidak kalah penting, dampak lain dari cuaca yang tidak menentu yang langsung kita rasakan adalah daya tahan tubuh menurun dan lebih rentan terhadap infeksi, seperti adang tenggorokan, batuk, flu dan lain sebagainya. 

Cuaca Tidak Menentu, Yuk Lakukan 5 Hal Berikut Agar Badan Tetap Fit

Namun kita tidak perlu khawatir berlebihan karena kita bisa mencegah berbagai penyakit tersebut dengan hal-hal berikut ini :

1. Makan makanan yang bergizi

Agar tetap sehat dan fit, upayakan untuk mengkonsumsi makan makanan yang bergizi dan kaya akan nutrisi. Jika keadaan tubuh kita sehat, maka kita bisa beraktifitas dengan lancar tanpa hambatan. Perbanyak konsumsi buah dan sayur sangatlah baik untuk menjaga kekebalan tubuh, dapat menjadikan kita lebih produktif, sehat dan panjang umur. 

2. Istirahat yang cukup

Mencukupkan waktu istirahat sangatlah penting agar tubuh kita sehat dan terhindar dari rasa stres akibat dari kelelahan dan kurang istirahat. Sebaiknya lakukan istirahat selama 7-8 jam dalam sehari. Tidur dengan cukup membantu memperbaiki sel-sel tubuh dan badan menjadi lebih segar dan fit. 

3. Jaga kebersihan 

Agar terhindar dari berbagai penyakit yang rentar tertular seperti batuk dan flu. Kita harus menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Jangan lupa tetap menjaga protokol kesehatan terlebih lagi saat masih pandemi seperti sekarang. 

4. Olahraga dengan teratur

Selain menjaga makanan, kita juga harus mengimbanginya dengan rutin berolahraga. Tidak perlu olahraga yang ekstrem atau harus ke gym, tidak. Olahraga ringan seperti jalan kaki atau bersepeda, yang penting badan kita bergerak. Selain membuat badan kita terasa sehat dan enteng, olahraga juga membantu mencegah dari beberapa penyakit seperti diabetes, kanker, dan masih banyak lagi. 

5. Cukupi kebutuhan vitamin dan suplemen

Salah satu manfaat dari Vitamin adalah untuk membantu mengatur metabolisme tubuh. Selain menjaga protokol kesehatan, konsumsi makan makanan yang bergizi, kita juga harus minum vitamin, salah satunya vitamin B komplex. Vitamin sangatlah penting bagi kesehatan tubuh, jangan lupa konsumsi vitamin sesuai anjuran jangan berlebihan karena defeknya tidak baik untuk tubuh. 

Itulah beberapa hal yang harus kita lakukan agar badan tetap sehat dan fit saat kondisi cuaca yang tidak menentu seperti akhir-akhir ini. Semoga dengan menjaga kesehatan, mulai dari konsumsi makan makanan yang bergizi, rutin olahraga, menjaga kebersihan diri, lingkungan termasuk tetap menjaga protokol kesehatan, badan kita tetap sehat dan tidak mudah terkena penyakit yang menular.

Sehat selalu teman-teman.. 

2 comments:

  1. Nah harus tetap jaga kesehatan nih karena COVID-19 makin menjadi aja kabarnya, tetapi tadi pagi baru denger soal super immunity yang kekebalannya super karena udah terinfeksi dan divaksin. Kita sih tetap jaga kesehatan aja biar ga sampai terinfeksi covid-19, terima kasih tipsnya.

    ReplyDelete
  2. Tetap jaga daya tahan dengan jogging dan minum vitamin. Tapi beberapa org males olahraga, dan lebih memilih alternatif beli alat olahraga portable dan alat olahraga statis di
    Toko ACE Hardware
    seperti alat treadmill, dll

    ReplyDelete