Thursday, 23 December 2021

5 Momen Berkesan di Tahun 2021

5 Momen Berkesan di Tahun 2021Nggak kerasa beberapa hari lagi kita memasuki tahun baru 2022. Kalau ditanya apa resolusi tahun depan? maka jawabannya masih sama, yaitu melanjutkan keinginginan tahun-tahun sebelumnya yang belum tercapai ahahaha. Apapun itu, semoga tahun depan menjadi tahun yang lebih berkah, aamin. 

Banyak hal terjadi di tahun 2021, salah satunya yang paling kerasa adalah dampak dari pandemi. Tidak bisa bebas kemana-mana, tapi Alhamdulillah di pertengahan tahun 2021 sudah bisa leluasa bepergian dan yang bisa membuat sebagian besar kita bahagia adalah sekolah mulai kembali offline. Meskipun tidak full tapi minimal anak-anak bisa bersosialisasi kembali dengan guru dan teman-temannya. 

5 Momen Berkesan di Tahun 2021

Ngomongin soal momen berkesan di tahun 2021, kali ini saya mau bercerita tentang apa saja hal-hal yang benar-benar berkesan di tahun ini. 

1. Ikut Kelas SEO

Ikut kelas SEO buat saya adalah pencapaian banget ahahaha. Secara dari dulu pingin banget belajar SEO tapi belum kesampaian. Saya dari dulu lebih pilih belajar SEO sederhana secara otodidak melalui tulisan beberapa Blogger salah satunya blognya mbak Echa. Tapi tahun ini saya memberanikan diri ikut kelas SEO MOM Jawa Timur. Banyak sekali ilmu baru yang saya dapatkan seputar SEO tapi karena saya nggak punya banyak waktu luang, heuheu. Akhirnya dipertengahan saya tidak bisa menyelesaikan tugas/PR dari mentor. Disini lumayan agak sedih dan berat, tapi apa daya saya tidak bisa memiliki banyak waktu luang saat itu. Punya anak istimewa yang usianya 6 tahun ini lumayan menguras tenaga. Jadi, insya Allah bisa belajar SEO di lain waktu.

Benar kata banyak teman Blogger, belajar SEO itu butuh banyak waktu. Karena kita harus fokus menyimak materinya, belum lagi harus otak atik ini itu dan menyelesaikan PR/tugas. Alhamdulillah, meskipun pernah ikut kelas SEO sebentar, minimal bisalah praktik dikit-dikit ahaha.

2. Sharing Live Instagram

Saya tipikal pemalu, nggak PD-an, susah berbicara secara rapi, belibet gitu deh. Tapi sejak tahun 2020 salah satu komunitas sudah mengajak saya untuk berbagi via live instagram, tapi waktu itu saya tolak dengan halus karena mau pindahan rumah dan tiak bisa menjanjikan apa-apa. Sampai akhirnya di pertengahan tahun 2021 salah satu ketua komunitas Blogger Lampung, mbak Naqi menghubungi dan mengajak saya untuk sharing seputar foto dan video makanan. Nggak tau kenapa waktu itu saya iyakan, dan Alhamdulillah berkat MC/host yang lumayan luwes, jadi groginya sebentar hehehe.

Alhamdulillah tahun ini bisa sharing live instagram dua kali, yang terakhir bareng Blogger yang Masya Allah luar biasa, Manda alias Primastuti Satrianto dan mbak Ety Abdoel. Yang kedua ini udahlah, rasanya nggak bisa diungkapin kata-kata... pecah banget ngobrol bertiga ahaha. Baru pertama kali tatapan via kamera udah bahagia banget, akhirnya dipertemuka secara online. Alhamdulillah..

3. Menulis atau Journaling

Prestasi banget deh rasanya, tahun ini bisa nulis jurnal harian. Hampir tiap malam sebelum skincare-an ckckck saya menulis jurnal harian, mulai dari aktivitas saya selama satu hari penuh sampai aktivitas Aqla. Selain itu, biasanya pukul 19.00 kalau lagi selow saya isi gelas kosong, seperti baca buku/ baca blog atau lihat youtube. Paling sering lihat materi tentang parenting ataupun kajian. Setelah itu biasanya saya tulis ulang di buku jurnal khusus materi belajar.

Menulis jurnal harian banyak sekali manfaatnya, salah satunya yang terasa sekali manfaatnya adalah bikin hidup saya lebih teratur. Karena setiap pagi saya lihat list (kegiatan yang akan saya lakukan di hari itu yang saya tulis malam sebelumnya), jadi istilahnya terarah gitu aktivitas hari ini. Malamnya setelah menulis jurnal, saya tinggal mereview. 

Alhamdulillah menyenangkan...

4. Aqla Masuk Sekolah

Satu hal yang sangat saya syukuri tahun ini adalah Aqla bisa daftar dan masuk sekolah TK. Akhirnya Aqla bisa ngerasain sekolah, minimal bisa tau bentuk sekolah seperti apa sebelum masuk SD nanti ckckck. 

5. Belajar Membuat Video Masak

Tahun ini saya mulai belajar video masak dengan lebih banyak baca dan lihat beberapa referensi yang berbeda. Karena masih belum bisa belajar atau ambil kelas video dari pakar atau ahlinya, kali ini saya masih belajar secara otodidak. Masih lihat dari banyak contoh video dan BTS Behind the scene pengambilan video setelah itu saya praktikkan. Selain itu saya juga mulai otak atik beberapa aplikasi video editor dan kamera hp, tentunya berharap semoga dengan perlalatan seadanya seperti Hp bisa menghasilkan video yang menarik dan enak dilihat dan dinikmati. 

Teman kreasi Indonesia, Cara Membuka Peluang Lewat Kokreasi

Ngomongin soal bikin video masak, saya jadi ingat sekarang banyak sekali anak muda yang membuat video kreatif hanya dengan bermodalkan hp saja. Tidak hanya itu, industri kreatif di Indonesia juga mulai berkembang. Ini tidak luput dari kerjasama dari berbagai pihak yang saling membantu satu sama lain, karena salah satu kunci jika ingin berkembang adalah dengan melakukan kerjasama. Salah satunya dengan bergabung di Teman Kreasi. 

Baca juga : Teman Kreasi Bojonegoro Hadir Untuk Indonesia 

Teman Kreasi merupakan sebuah inisiatif dari Smartfren Community. Yang pada bulan maret 2021 secara resmi diluncurkan dengan nama Teman Kreasi Indonesia, dengan tujuan membuka peluang bagi generasi muda untuk belajar sociopreneurship dalam industri kreatif. Yang pada akhirnya tahun 2015 mulai berpartnership dengan Smartfren. Dua program utama Smartfren Community meliputi Edukasi Literasi Digital ke masyarakat dan Pengembangan sociopreneurship melalui Teman Kreasi Indonesia.

Adapun sejarah Teman Kreasi Indonesia berawal dari CSR Smartfren di bidang industri kreatif untuk Komunitas Topi Bambu Tangerang pada bulan juni 2019. Lalu januari 2020 Smartfren Community mendirikan Rumah Kreatif pertama di Kab Bandung Barat. Dimana Rumah Kreatif ini cikal bakal Teman Kreasi Indonesia. Sehingga pada akhirnya bulan maret 2021 secara resmi diluncurkan nama Teman Kreasi Indonesia, dengan tujuan membuka peluang bagi generasi muda untuk belajar sociopreneurship dalam industri kreatif.


Ohya, salah satu yang paling saya suka dari Smartfren adalah internet Unlimitednya. Jadi, Smartfren Unlimited ini  layanan akses internet sepuasnya, tanpa batasan waktu dan berlaku di semua jaringan Smartfren. Keren banget ya.. 

Semoga tahun 2022 Smartfren semakin banyak inovasinya dan tentunya bermanfaat untuk masyarakat Indonesia. Sukses selalu untuk Smartfren..

Semoga tahun 2022 kita diberi kesehatan, keselamatan dan keberkahan, aamiin... 


2 comments:

  1. Wih mantep dapet banyak di 2021 ini apalagi pengalaman yang memberi kita banyak pelajaran. Semoga tahun depan lebih baik dan lebih banyak berkesan.

    ReplyDelete
  2. Saluuut! Belajar banyak hal baru di tahun ini ya mbak. 2022 tinggal lanjuuuut!
    Itu belajar video masaknya otodidak? Ah kece banget sik bikin aku masak di rumah.

    ReplyDelete