Wednesday, 10 November 2021

Ide Menu Makan Siang : Oseng Cecek Tahu

 Ada yang suka olahan cecek #kulitsapi? 

Selain enak diolah jadi campuran sayur lodeh, cecek juga nggak kalah enaknya dioseng atau ditumis aja. Enak banget, bikin nambah nasi, loh... Di daerah deket rumah ada desa yang terkenal dengan cecek yang diolah menjadi camilan berupa kerupuk. Selain bisa diolah jadi lauk dan sayur, cecek juga bisa digoreng menjadi kerupuk. Biasanya buat oleh oleh atau pendamping makan nasi atau makan bakso. Tapi, ngomongin soal cecek, setiap daerah punya sebutan yang berbeda-beda ya. Umumnya banyak yang nyebut krecek tapi kalau di Jombang krecek disebut cecek. Terus di daerah lain cecek atau krecek itu nama lauk.

Menurut Wikipedia, Krecek atau kerecek (Hanacaraka: ꦏꦿꦺꦕꦺꦏ꧀) adalah kulit sapi yang di keringkan dapat digunakan dalam masakan atau dibuat kerupuk, cara masak menggunakan bumbu-bumbunya sama dengan bumbu-bumbu sambal goreng, hanya kuahnya agak banyak. Di daerah Jawa Tengah yang dimaksud krecek adalah sambal goreng tempe dengan kerupuk kulitBahan krecek terbuat dari kulit sapi yang dipotong kecil kecil dan di goreng sehingga menjadi kerupuk kulit. Setelah menjadi kerupuk kulit kemudian dicampurkan pada masakan tertentu, bisa bersama tahu atau tempe atau oncom.

Nah, berhubung saya lumayan suka banget sama cecek. Kali ini HM mau share recep oseng cecek tahu. Cecek yang saya pakai ini cecek fresh, bukan yang sudah kering. Disini banyak dijual di asar bahkan juga ada di tukang sayur keliling. Resep kali ini praktis abanget, karena bumbunya semua serba diiris. Ohya, kali ini HM ngiris, potong bumbu dan bahannya pake pisau "Chef Knife" IDEALIFE. 


Jadi, selain peralatan bikin kue, IDEALIFE juga punya produk peralatan masak, salah satunya Knife Set IL 163. Berisi 5 jenis pisau dengan bonus gunting, pengupas keramik dan rautan.  Ada 5 jenis pisau, 8" Chef, 8" Bread, 8" Slicer, 5" Utility, 3.5" Paring. Yang Istimewa dari Knife Set IL-163 IDEALIFE ini desainnya keren. Pisau terbuat dari stainless steel, desain pisaunya kayak diamond gitu, gagang pisau transfer kayu, nggak licin. Pisaunya tajam banget.

Ohya, untuk Knife Set IL 163 harganya saat ini Rp 240.000 (harga bisa berubah sewaktu-waktu). Teman-teman yang lagi cari set pisau yang banyak bonusnya, bisa ceki ceki di Tokopedia dan Shopee (idealifeoutlet).

Nah, buat yang cari inspirasi menu makan siang. Bisa banget nyobain ini. Skuy, berikut resepnya ya.

Semoga bermanfaat..

Silahkan mencoba..



Oseng Cecek Tahu

By @hm_zwan

Bahan :

200 gr cecek/kulit sapi, rebus, potong dadu 

1 kotak tahu, potong dadu, goreng setengah matang 

2 papa pete

1 buah tomat

80ml air

1 sdt gula pasir 

1 1/4 garam

1/2 sdt kaldu bubuk

1/4 sdt lada

4 sdm kecap manis

Minyak goreng 

Bumbu Tumis :

2 siung bawang putih

6 bawang merah

5 cabe hijau besar, iris serong

1 cabe merah besar, iris serong

Cabe rawit, optional

1 lembar daun salam 

1 lembar damn jeruk

2cm lengkuas


Cara membuat :

Panaskan minyak goreng, oseng bumbu tumis, masukkan pete, cecek, tahu, gula, garam, lada, kaldu bubuk dan air,aduk rata. Masukkan tomat, koreksi rasa. Jika air sudah menyusun, angkat, sajikan.


25 comments:

  1. Memang kalau sudah dihadapkan sama bumbu-bumbu dapur kayak gini harus pandai memainkan pisau, duh cecek tahu mantap ini.

    ReplyDelete
  2. Wah oseng cecek tahu itu kesukaan ponakanku, kalo aku lebih suka makan kerupuknya aja. Sama, aku nyebutnya juga cecek, bukan krecek :)
    Btw itu pisau set nya cakep bangeeet, komplit lagi!

    ReplyDelete
  3. Aku suka masakan cecek ini mbaaak...Ada sih yg bilang ogah makan cecek karena tahu cara bikinnya hahaha. Aku juga nggak berusaha cek and recek gimana proses pembuatan cecek. Selama ini sih aman2 aja makan sayur cecek. Tapi emang makannya jarang2 juga sih hihihi..
    Btw, pisau set-nya mantaff doong...

    ReplyDelete
  4. HAduuhhh, pisau2nya mantab nih untuk beraksi di dapur apalagis at mau masak cecek Tahu.
    Hmm, aku suka..suka..Ditunggu gopudnya Mak. Udah lapeer inii, lewat jam maksi.
    *setia menanti dipojokan

    ReplyDelete
  5. Ya ampun itu set pisaunya kok cakep amat, harganya terjangkau pula. Kalau punya set pisau cakep kayak gini, kayaknya saya bisa makin semangat nih masak-masak di dapur. Selama ini lebih sering jajan online soalnya. Hahahaha

    ReplyDelete
  6. Aku ga tau cecek, taunya kerecek hehehe. Sama ga tuh? Kulit sapi juga 😀😀 Ternyata dimasak nemenin tahu, enak juga ya. Apalagi cabe rawitnya yang banyak wiih sedaaaap 😍 by the way, pisau IdeaLife nya aku kepengen punya. Biar masak makin semangat.

    ReplyDelete
  7. Oh cecek itu maksudnya krecek. aku suka tuh kalau dimakan ama gudeg, enak banget apalagi kalau agak pedas. yum yum. Tapi blom pernah nyoba masak sendiri sih.

    ReplyDelete
  8. Oh iyaaaa aku juga tahunya sih krecek dan suka dimakan barengan ama gudeg, dikasih cabe rawit yang masih utuh gitu makin maknyus. Biasanya sih beli aja, tapi kayaknya coba masak sendiri juga asyik yah Zwaaaan

    ReplyDelete
  9. Saya salah satu penggemar cecek. Lihat resep diatas tambah ngiler jadinya. Sering makannya di dalam gudeg. Tapi digoreng jadi kerupuk dan dimakan dengan sate padang juga tak terkira nikmatnya

    ReplyDelete
  10. Di rumahku yang suka banget sama krecek tuh ayahku, sama persis dimasaknya gini oseng pake tahu, kadang juga dibumbu merah. Salfok sama set pisaunya, jadi pengen beli buat di rumah. Soalnya cuma ada satu doang pisau yang proper. Haha.

    ReplyDelete
  11. Biasanya saya bikin balado. Belum pernah dioseng begini. Cobain ah sesekali. Pisaunya cakep banget :)

    ReplyDelete
  12. Aku fokus ke set pisau yang ciamik itu. Bikin masak jadi betah ya buat motong-motong bahannya. Bikin oseng cecek tahu juga gampang banget.

    ReplyDelete
  13. Kalau Mporatne sukanya di sayur krecek gudeg membuatnya juga gampang dan mudah nih membuatnya dan bikin napsu makannya

    ReplyDelete
  14. Favorit banget nih menu cecek di rumah...bisa dicoba resep oseng cecek tahunya, thank you yaa
    Pisaunya gumush bener, lengkap ya produk Idealife buat dapur kita, cakep dan bagus kualitasnya. kepoin ah ke marketplace

    ReplyDelete
  15. iya, ini masakan yg gampil banget
    aku sering buat ini
    karena favoritnya suamiku
    praktis juga klo buat bawa bekal kantor buat suami

    ReplyDelete
  16. Wow mayan 240 rb harganya, apa aku kado itu aja ya buat suamiku secara beliau doyan masak wkwkwk #adamaunya :p
    Oseng cecek ini kebayang enaknya mbak, aduh perutku udah lapar nulis nama dan baca resepmya aja, kok ya pas ini aku kunjungan ke blog saat siang pas maksi :D
    Eh tp di sini aku jarang nemu cecek kalau gak mesen dulu sih, beda kyk di SBy.

    ReplyDelete
  17. Hmm...menu yang aku suka nih...cecek sama tahu dipadukan dengan bumbu oseng..dimakan pake nasi anget waaahhh lupa deh sama timbangan badan

    ReplyDelete
  18. Ini kalau makan pedas pakai nasi aja udah enak banget. Kulitnya kental bikin nagih ya. Naksir banget pisaunya

    ReplyDelete
  19. Aku kalau beli Cecek ya sukanya dioseng-oseng pedas. Kalau malas, beli sate Cecek juga enak, hahaha. Btw, aku naksir banget sama pisaunya. Kapan hari drama karena udah tumpul atau pegangannya gak kencang lagi. Pisau kudu ada di tiap dapur

    ReplyDelete
  20. Aku belum pernah nyobain kulit sapi mbak, gampang banget ya mengolahnya. Ngomong-ngomong aku naksir sekali knife set nya.

    ReplyDelete
  21. Kalau aku lebih suka makan rambaknya mbak, alias kulit sapi yang udah jadi kerupuk.
    Set pisau idealifenya bikin mupeng ini, komplit berbagai ukuran. Harganya juga terjangkau

    ReplyDelete
  22. Sungguhan aku naksir berat sama pisaunya.
    Kemarin sempet ngajuin proposal ke suami buat beli set knife gini.. tapi pengennya yang ada wadahnya berdiri gitu.

    **entah kapan masaknya mah...yang penting dapurnya gaya dulu.
    hahaha..filosofi apeu ini???

    ReplyDelete
  23. Belum pernah masak oseng cecek tapi sukaaa kalau beli di warteg. Kenyal gitu kan. Heheeh.
    Btw sampai ada versi tulisan aksara jawa di sini. Hihi ...

    Cecek selain dibuat oseng, enak juga dibuat rujak pengganti rujak cingur

    ReplyDelete
  24. 240 ribu tapi sudah lengkap satu set ya. Bisa dibilang mahal tapi bis ajuga murah, tergantung kebutuhan. Oseng cecek ini suamiku suka banget apalagi kalau pedes, manis, trus gurih. Dimakan sama nasi putih yang masih kemebul dari magic com. Nyamm, pasti lahap.

    ReplyDelete
  25. Aku naksir pisau setnya. Kok ya kelihatan cantik. Salfok aku, Mbak hehe

    Ini nih ynag aku suka. Resep yang bumbunya cuma iris-iris dan cemplung-cemplung. Saya kalau masak biasanya hanya mengandalkan ajian cemplung-cemplung. Ngene ini lek masak penganut aliran praktis. Makasih resepnya ya Mbak. Pengen tak coba belum pernah masak cecek sendiri soale hehe.

    ReplyDelete

Review Ecohome Stand Mixer ESM 999