Saturday, 7 August 2021

Ide Membuat Menu Makan Siang Menggunakan Panci Casserole IDEALIFE IL-24CR

Ide Membuat Menu Makan Siang Menggunakan Panci Casserole IDEALIFE IL-24CR - Selain sarapan, makan siang menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Kalau sarapan kita bisa makan apa yang ada di meja, seperti buah, roti atau makan nasi. Tapi sebagian orang ada yang tidak bisa sarapan berat, mungkin karena terbiasa makan menu ringan. Jadi saat yang paling ditunggu adalah makan siang. 

Saya termasuk tim masak pagi, jadi paling cepat biasanya menu sarapan plus makan siang matang pukul 06.30. Paling lambat matang pukul 08.00, inipun biasanya karena menunya lumayan ribet dan banyak printilan. Seperti bikin sayur, ngungkep ayam, belum lagi goreng ayam, bikin tempe mendoan, sambel dll. 

ide-menu-makan-siang

Ide Menu Makan Siang

Semenjak menganut paham (menganut paham??wkwkwk) food preparation saya jadi lumayan nggak bingung untuk masak apa setiap harinya. Karena sebelum belanja sayur mingguan, biasanya saya bikin menu untuk 6 hari kedepan. Menu-menunya saya catat di buku, jadi lumayan nggak dibuat bingung mau masak apa setiap harinya.
Nah, buat teman-teman yang bingung mau masak apa. Berikut ide membuat menu makan siang ala HM Zwan. 

Ayam Panggang Oven

Ada yang suka ayam panggang? ini kali kedua saya bikin ayam panggang oven, kalau dulu saya bikin ayam panggang ingkung. Tapi kali ini saya bikin ayam panggang versi praktis pakai sayap ayam. Dilengkapi dengan sambel tomat dan lalapan. Bumbu ayamnya praktis banget, hasilnya enak manstap tapi mohon maaf boros nasi menu ini ya ahahaha.

Ayam Panggang Oven

By @hm_zwan

Bahan :

400 gr sayap ayam

300 ml air

1 batang sereh

2 lbr daun jeruk

2 lbr daun salam

1 sdt garam

1/2 sdt kaldu bubuk

1/2 sdt lada

10 gr gula merah 

3 sdm kecap manis 


Bumbu halus :

7 bawang merah 

2 bawang putih 

3 kemiri

3 cm kunyit


Cara membuat :

Siapkan panci, panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus, daun salam, jeruk dan sereh sampai harum. Masukkan ayam, air, gula, garam, kaldu bubuk. lada dan kecap manis. Jika air sudah surut, matikan api. Panaskan oven, letakkan ayam di loyang, olesi dengan bumbu rebusan, oven selama 10 menit. Sajikan.


Ayam Tempe Bacem

Ayam bacem jadi salah satu menu favorit anak dan suami, setiap membuat menu ini biasanya saya bikin banyak. Sekalian buat stok gitu, jadi bisa disimpen di freezer. Praktis dan enak banget lho, tinggal goreng atau panasin aja gitu di teflon, jadi deh.

Ayam Tempe Goreng Bacem 

By @hm_zwan 

350 gr daging ayam

1 papan tempe, potong tebal

2 lembar daun salam

1 batang sereh geprek

2 cm lengkuas geprek

50 gr gula merah 

2 sdm kecap manis 

300 ml air kelapa

2 sdm air asam jawa

1 sdt garam secukupnya

1 sdm ketumbar

1/4 kaldu bubuk 

Minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:

8 bawang merah

3 siung bawang putih 


Cara membuat :

Campur semua bahan, bumbu halus dalam wajan. Ungkep hingga air meresap. Angkat. Panaskan minyak, goreng ayam dan tempe sampai kedua sisinya berwarna coklat. Angkat, disajikan.

 Asem Asem Bandeng

Selain dibuat otak-otak, di presto, di goreng ataupun dibumbu bali. Bandeng nggak kalah enak diolah menjadi asem asem. Rasanya segar dipadu dengan daging yang lembut dari bandeng, membuat menu ini jadi salah satu menu favorit kami apalagi saat musim hujan. Ohya, untuk dibuat menu asem sem bandeng, sebisa mungkin cari bandeng yang ukuran besar. Kebetulan saya tinggal di Gresik yang khas dengan ikan bandengnya, jadi lumayan mudah cari ikan bandeng ukuran besar.

Asem Asem Bandeng

By @hm_zwan

Bahan :

1 ekor bandeng uk sedang, bagi 5

700 ml air

2 lbr daun jeruk

2 lbr daun salam

1 btg sereh

3 cm lengkuas

4 cm jahe

Gula secukupnya 

Garam secukupnya 

1/2 sdt kaldu bubuk 

1/4 sdt lada

3 sdm air asam

6 cabe rawit, iris

1 buah tomat uk kecil, iris

minyak goreng untuk menumis


Bumbu halus :

5 bawang merah 

2 bawang putih 

3 cm kunyit 

3 butir kemiri


Cara membuat :

Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, sereh, lengkuas, dan jahe ampai harum. Masukkan bandeng, air, gula, garam, air asam, cabe rawit dan tomat. Koreksi rasa, jika sudah mendidih dan matang. Angkat, sajikan.


Unboxing Panci Casserole IDEALIFE IL-24CR

Tahun ini IDEALIFE mengeluarkan produk terbarunya yaitu IDEALIFE Cookware. Terdiri dari panci wajan (wok), panci casserole, panci saus, dan wajan penggorengan. Masing-masing cookware mempunyai dua ukuran. Untuk Panci Casserole IDEALIFE mempunyai dua ukuran yaitu 20cm dan 24cm. 

Satu box Panci Casserole IDEALIFE IL-24CR terdiri dari panci ukuran 24cm, bonus glass lid tutup kaca dan spatula. Untuk gagang, baik tutup dan panci masih terpisah jadi kita setting sendiri. Gampang banget kok, nggak butuh waktu lama, tinggal diulir.

Keistimewaan Panci Casserole IDEALIFE IL-24CR

Lapisan desain marmer dan tidak mudah lengket (non stick)
Desain marmer atau keramik pada alat masak selain bisa tahan lama, juga untuk membuat alat masak tidak mudah lengket. Nggak ada lagi drama merebus mie pake telur, tapi telurnya lengket di panci. Aman pokoknya hehe..

Tutup kaca bisa berdiri
Biasanya tutup panci gagangnya ada dibagian atas, tapi untuk Panci Casserole IDEALIFE IL-24CR gagangnya cukup istimewa dan beda daripada tutup panci pada umumnya. Gagang panjang, mudah dipegang dan bisa berdiri sehingga nggak butuh banyak tempat untuk menaruh tutup panci. Tinggal berdirian saja.


Bisa berkreasi banyak menu
Panci Casserole IDEALIFE IL-24CR tidak hanya untuk masak lauk saja, tapi kita bisa membuat banyak menu. Seperti membuat puding, minuman seperti setup nanas dan masih banyak lagi. 

Cocok untuk semua kompor
Tidak semua panci bisa digunakan di kompor tertentu. Tapi untuk Panci Casserole IDEALIFE IL-24CR ini bisa digunakan di semua kompor temasuk kompor induksi.

Desain elegan
Selain anti lengket, Panci Casserole IDEALIFE IL-24CR mempunyai desain yang elegan dengan gagang dan kenop transfer kayu. 


FDA Appoved & PFOA Free
Panci Casserole IDEALIFE IL-24CR menggunakana material yang sudah PFOA-free, yang tidak mengandung senyawa kimia yang beresiko menyebabkan kanker. Selain itu produk ini juga sudah memenuhi standar Internasional dan FDA-approved jadi insya Allah aman untuk keluarga.

Membuat Menu Makan Siang Menggunakan Panci Casserole IDEALIFE IL-24CR

Sudah sebulanan ini saya masak khususnya utuk menu berkuah menggunakan Panci Casserole IDEALIFE IL-24CR. Ukuran yang pas, tidak terlalu kecil dan besar untuk satu menu sayur seperti sayur sop, sayur lodeh, atau untuk mengungkep ayam atau bebek utuh dan lain sebagainya. Praktis, selain itu nggak perlu lagi naruh sayur di wadah lain, biasanya saya biarkan sayur di panci, tinggal ditutup, lalu saya taruh di meja. Jadi bener-bener ngurangin cucian gitu hehehe.

Panci Casserole IDEALIFE IL-24CR 24CM ataupun wajan yang lainnya, bisa didapatkan di e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee IdealifeOutlet. Untuk Panci Casserole IDEALIFE IL-24CR harganya dari 350.000 jadi 320.000. Lumayan kan diskonnya...




47 comments:

  1. aku suka banget sama Ayam Bumbu Bali, rasanya pas ada manis pedas juga, dan bumbunya khas, bikin nambah makan nasi

    ReplyDelete
  2. Wih, canggih banget ya panci Casserole Idealife ini :) Kita bisa berkreasi macam2 menu masakan favorit keluarga deh. Desain marmer atau keramiknya bikin makanan ga lengket di permukaan panci ya. Harganya diskon tuh lumayan dong hehehe :) Ayam bacem aku suka, selain tahu dan tempe tentunya. Ayam panggang dimasak pakai panci ini pasti rasanya makin nikmat ya. Ceki2 lebih lanjut ah. TFS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem nih naksir sama pancinya..heheh Jadi makin semangat masak2 deh kalo pancinya keren begini.. Ada rekomendasi resep yang maknyuss pula...

      Delete
  3. Kalo penampakannya (penampakan) cantik gini mah, ditangkringin di meja juga cakep ya, Mak.. Lain halnya kalo pancinya kayak punyaku, wkwkwk.. Iyalah, harganya aja 1:10. 😂

    Aduh, semoga bisa kebeli panci cakep kayak gini. Aamiiin...

    ReplyDelete
  4. Tau aja tuh drama masak mie pake telor, tapi telornya nempel di panci. Sepele sih, tapi bikin kesel juga. Hahaha. Jadi ngincer panci ini nih. Kapan hari ntu sempat liat pas lagi ngescroll di toko oren.. Baru masuk wish list doang.

    ReplyDelete
  5. Kece banget pancinyaa... Harganya juga ga mahal-mahal amat. Masih cukup terjangkau. Bisa nih masuk wishlist perpancian. Oiya, makasih contekan resep makan siangnya, mbak. Mau dicobain deh...

    ReplyDelete
  6. Kemaren sempet lirak lirik panci casserole ini
    tapi nahan nahan diri *nyengir

    Soalnya panciku di rumah aja dipakenya .. uhuk uhuk

    aku tu malah masih nyaman pake panci eyang (my mom) dan wajan besi nenek (my mother in law) dan aku juga punya "panci ajaib" magicpan itu loh....

    Ntar deh, kalo dah pada gitudeh baru aku beli

    ReplyDelete
  7. Satu alat bisa buat masak macam-macam ya. Yang menyenangkan ini anti lengket juga. Jadi tampilan makanan tetap cantik...

    ReplyDelete
  8. Mbak aku selalu mupeng tiap lihat foto hasil masakanmu. Setelah baca ini aku penasaran berapa jumlah dan jenis panci yang kamu miliki. Menu baceman itu selalu bikin aku jengkel, padahal aku sukkkaaa banget. Baceman itu wis lama ungkepnya, belum lagi bekas ungkepannya itu pasti bikin panci lengket semua dan susah nyucinya. Kalau pakai panci ini piye mbak? Kok aku jadi penasaran.

    ReplyDelete
  9. Aku selalu iri dengan orang-orang yang pintar masak kayak Mbak Hana. Udah pintar, difotonya cakep makanannya didukung panci yang keren dan mumpuni lagi. Lengkap deh..

    Panci anti lengket kayak gini nih yang dicari ibu-ibu .Serba guna ya panci casserole idealife ini

    ReplyDelete
  10. Elegan sekalii nih panci!! Mungkin aku akan jadi tambah semangat masak nih kalau dihadiahin suami panci caserole, huhu.

    ReplyDelete
  11. Suka pengen bikin nasi liwet kalau ada casserole hahaha. Kapan-kapan cobain, deh, bikin ayam panggang pakai casserole. Kayaknya menarik juga, nih.

    ReplyDelete
  12. Cakep banget nih panci.. urusan masak jadi makin menyenangkan ya..Resep-resepnya menarik juga mak buat dicobain.. Aku pengen coba yang ayam panggang tuh..hmmm...

    ReplyDelete
  13. Bagus banget mbak pancinya. anti lengket pula yaa. Aku juga lagi cari panci yang pas untuk masak segala macam masakan berkuah dan ungkep. bisa dibawa ke meja makan pula ya karena bentuknya yang unik.

    ReplyDelete
  14. Saya izin nyontek menu ayam panggang ovennya, ya, Mbak. Sepertinya cara pembuatannya mudah dan bahannya pun tersedia di dapur.
    Jadi ingin juga ketularan jadi penganut paham foodrep, waktu yang terpakai untuk masak jadi lebih singkat ya

    ReplyDelete
  15. Wah mba bikin aku ngiler pakai panci casserole nya. Ini mau praktik yang ayam bacem. Aku baru tahu kalau ayam bacem pake air kelapa ungkep nya. Enak nih bakalan

    ReplyDelete
  16. aku punya panci casserole ini mbak, dikasih mamaku, hehe
    pancinya multifungsi ya mbak
    bisa semakin memudahkan kuta memasak berbagai hidangan yang lezat untuk Keluarga

    ReplyDelete
  17. Ayam panggang ini lauk kesukaan abi loh mba. Jadi paling sering kalo makan di warung ya makan ayam.panggang. nasinya bisa nambah hahaha

    ReplyDelete
  18. Keren ey pagi-pagi makan siang sudah tersedia, kalau aku makan siang masaknya jam 11 haha makanya sering mager pancinya multifungsi banget ya masak jadi lebih cepat

    ReplyDelete
  19. Baiklah, akan kusimpan yang resep ayam bacemnya. Bisa dicoba biar masak ayamnya nggak itu-itu ajah

    ReplyDelete
  20. naksir banget aku ama panci beginian mak, belum jadi belinya, belinya kemarin yang agak gedean, hihihi. nanti deh berburu diskn dulu deh, hahaha. Terima kasih juga dengan resepnya

    ReplyDelete
  21. Aduh cakep banget deh Casserole-nya. Huhu aku suka deh. Multifungsi ya. Aku gak punya deh Casserole. Punyanya panci biasa aja. Nabung ahhh, biar bisa semangat masak kayak Mak Iis 😁

    ReplyDelete
  22. selalu ngiler deh lihat postingannya Mbk ini loh, apalagi ini masaknya dnegan panci yang mupeng pengen punya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, udahlah jago masak, rajin, kreatif, jago moto dan jago bikin video juga. Huhu aku kepengen Casserole-nya. Siapa tahu jadi rajin masak juga. :D

      Delete
  23. Kebetulan hari ini mau masak ayam, jadi dah mau nyobain resepnya. Ayam bacem kayaknya bakal jadi favorit di rumahku, karena untuk tempe bacem sudah jadi favorit juga. Cuss ah, mau langsung dicoba aja. Tapi kayaknya butuh panci kayak panci idealife begini deh, biar gak lengket dan matengnya rata.

    ReplyDelete
  24. Wah mba. Hebat ikh sekali masak ada banyak menunya. Kebalikan ama aku. Ga suka masak senengnya makannya doang hiks. Tapi tetep masak gantian juga ama suami. Ngomong ngomong ini ya pancinya kece banget ya. Soalnya panci aku mah masak mie aja telurnya gosong di bawah hahaha 😂

    ReplyDelete
  25. Mbaaaa, auto laperrr dirikuuuhh

    Btw, aku baru tau lohh kalo Tidak semua panci bisa digunakan di kompor tertentu.

    Owalaahh ternyata gitu ya?

    Untunglah, Panci Casserole IDEALIFE IL-24CR ini bisa digunakan di semua kompor temasuk kompor induksi.

    jadi mantuulll

    ReplyDelete
  26. Panci Casserole yang serba guna, bisa buat masak sayur, bikin ayam bacem temoe, dll ahhh makin sneneg dan rajin masak2 nih.
    Duhh jiwa chef aku pun makin membuncah kalo lihat panci2 dan perlengkapan alat2 masak. APa daya dapur minimalis kagak muaat. JAdinya di rumah pun cuma punya panci serba guna yang bisa dipake masak apapun termasuk baking .
    Btw mauu bacem tempe ma ayamnya atulaaah.

    ReplyDelete
  27. Aku suka banget deh asam-asam bandeng mba dan suka buat karena anak-anak juga suka, btw ini koleksi pancinya bikin upeng banget. bagusssss mba dan aku baru tahu kalau panci itu tidak sembarangan semua kompor bisa, pantesan pnaciku bagus ada berapa kali rusak hiks

    ReplyDelete
  28. Wah bisa bikin ayam panggang juga ya, aku suka nih punya peralatan masak yang multifungsi dan bisa masak apapun hanya dari satu panci. Rasanya dengan beragam jenis menu yang bisa di masak dengan Panci Casserole dari Idealife ini, bisa dibilang harganya ngak mahal dan terjangkau, jadi pingin punya pancinya juga biar ngak banyak perabotan di dapur yang bikin sumpek.

    ReplyDelete
  29. panci impian banget ini mak, aku mau punya satu eh dua eh tiga boleh deh, asik banget ini masak berbagai macam menu menggunakan panci ini.. berasa kayak chef kelas internasional hahahha

    ReplyDelete
  30. panci impian banget ini mak, aku mau punya satu eh dua eh tiga boleh deh, asik banget ini masak berbagai macam menu menggunakan panci ini.. berasa kayak chef kelas internasional hahahha

    ReplyDelete
  31. Pakai panci ini masak jadi mudah ya dan sehat pula, aku jadi pengen coba tempe ayam bacem deh say semoga bisa yaa...

    ReplyDelete
  32. Aku kemarin baca artikel ini, dan balik lagi ke sini karena ada resep asem-asem bandeng.. nanti kucoba sesuai dengan resep ini.

    ReplyDelete
  33. ini panci idaman ya mbak, bikin aktivitas memasak jadi makin mudah
    btw aku mau atm resep asem asem bandengnya ya mbak
    kebetulan di kulkas aku lagi ada bandeng

    ReplyDelete
  34. Pengen praktek bikin asem asem bandeng biar enggak digoreng terus, dan naksir pancinya juga nih...heheh

    ReplyDelete
  35. Aku baca-baca reviewnya panci yang digunakan cukup bagus, bahkan masakan merata.wajib dicoba prodaknya

    ReplyDelete
  36. aduh makanannya enak bangeeet ya..semuanya kelihatannya mantaap dan memang masakny apaling seruu yaaaa. Resepnya oke niih mbaaa

    ReplyDelete
  37. makkkk pancinya cantik sekaliiii jadi pengen bikin-bikin pake idealife
    pancinya jadi bikin makanan tetap sehat dan tentunya enakkk
    aku suka sebel kalau masak pake panci bersiin bawahnya itu susah, pake ini enak kayaknya

    ReplyDelete
  38. Ide masak ini selalu ada setiap hari yaa, teh?
    Hahhaa...pertanyaan aku gini banget yaa.. Aku tiap hari liat apa yang di kulkas terus aku bingung mau masak apa...
    Heuheuu~

    Kudu punya Panci Casserole dari Idealife ini yhaa..
    Biar ide masaknya lancar teruusss...

    **daept buku resep pasti kan yaa, teh?

    ReplyDelete
  39. Panci caserol nya keren amat mbak. Aku pe pingin lho. Oh ya hari ini aku udah cobain resep ayam bakarnya dan enak banget. Anak2 ku juga suka. Makasih ya mbak resepnya

    ReplyDelete
  40. Saya juga tim masak pagi mbak, masak sekali untuk sepanjang hari.
    baceman ayam tahu tempe itu favorit keluarga saya, tapi yang bikin nggak suka itu, membuat minyak gorengnya cepet kotor.

    Pegangan tutup panci casserole idealife ini unik ya, memudahkan untuk memegang, apalagi buat anak kecil

    ReplyDelete
  41. Menunya ini favorit anak-anak banget mbak. Wah desain pancinya juga oke. Kadang kita lebih mentingin harga, nyari yang murah tapi gak liat kualitas. Kalau harga lebih dikit tapi kualitas kyaka panci casserole idealife gini yang mending pilih ini yang pasti lebih sehat ya mbak, karena terbuat dengan bahan-bahan pilihan.

    ReplyDelete
  42. Naksir banget sama oancinya. Kebetulan aku tuh minimalis banget alat masaknya karena dapurnya terbatas. Alhamdulillah udah bisa renovasi dapur, jadi pengen nambah alat masak.

    ReplyDelete
  43. bagus panci caserolnya mbak, tutupnya juga pinter ya disainnya, bisa berdiri gitu hehe, kadang bingung kalau nyimpen tutup panci, sekarang udah gak bingung lagi yaa. btw ijin simpen resepnya yaa. aku kadang suka kebingungan kalau mau buat daging ayam, ayam kecap lagi terus aja, kalau ga sop hihihi.

    ReplyDelete
  44. Harganya berapa seh pancinya, keren, kelihatan bahannya bagus...aku jadi ingin coba bikin ayam pangang juga

    ReplyDelete
  45. Wah keren banget pancinya kelihatan bahannya bagus, kalo punya panci kaya gini mood masakpun ikutan bagus.berapa seh harganya?

    ReplyDelete

Review Ecohome Stand Mixer ESM 999