Thursday, 19 August 2021

Resep dan Cara Mudah Membuat Mie Kwetiau

Resep dan Cara Mudah Membuat Mie KwetiauAda yang suka mie kwetiau?Sejak pindah ke Batam tahun 2011 membuat saya mengenal lebih banyak makanan yang ada di Indonesia khususnya. Salah satunya adalah mie kwetiau, salah satu menu andalan saya dan suami saat weekend. Ya, meskipun kadang di kantin tempat saya ngajar selalu pesan mie kwetiau goreng buat sarapan tapi nggak tau ya, kok ya nggak bosan gitu ahaha. Weekend artinya libur masak, tapi emang dulu saya jarang masak sih. Cuma berdua dan sering banget makan di luar hehe.

Hari minggu pukul 06.00 biasanya kami keluar rumah keliling kota Batam Center, tujuan terakhir adalah RM Mie Tarempa yang ada di depan ruko Sincom Panasonic Batam Center. Selain mie tarempa, nasi dagang, luti gendang, teh obeng (sebutan untuk es teh gaes wkwkwkwk), kopi susu peng (sebutan untuk es kopi susu gaes ahahaha), biasanya kami pesan mie kwetiau goreng. Andalan bangetlah sarapan weekend disini, meskipun ramai tapi menyenangkan aja makan disini.

Kwetiau (Hanzi: 粿條, hanyu pinyin: guotiao, juga disebut 沙河粉, shā hé fěn) adalah sejenis mi Tionghoa berwarna putih yang terbuat dari beras. Kwetiau merupakan makanan yang cukup populer di Indonesia, terutama di Jakarta dan tempat-tempat lain yang banyak didiami warga keturunan Tionghoa. (sumber wikipedia)

Nah, sejak tau enaknya mie kwetiau, jadi ketagihan deh sampai sekarang. Pindah ke Jawa sering banget kangen makan mie kwetiau seperti di Batam dan Pekanbaru. Biasanya kalau suami request, saya belinya kemasan. Jadi masaknya tinggal direbus saja gitu, baru deh dibikin kwetiau goreng.

Mendadak Bikin Mie Kwetiau, Iseng banget kan?

Gara-gara lihat postingan mie kwetiau home madenya mbak Tias Widodo, akhirnya saya bikin dong wkwkwkwk. Pas banget hari minggu, semua urusan rumah dan dapur beres pagi-pagi. Aqla sudah sarapan dan waktunya nonton. Jadi pukul 09.00 langsung cari resep di instagram dan langsung eksekusi hahaha. Iseng banget kan??nganggur bangetlah pokoknya...

Nekat banget, bismillah bikin..

Akhirnya, setelah uprek selama kurang lebih satu jam, jadi juga mie kwetiau home made ala HM Zwan. Ohya, setelah browsing ternyata ada 2 teknik atau cara membuat mie kwetiau. Pertama dengan cara dikukus, dan kedua ada yang dimasak di teflon, jadi dibolak balik gitu. Kalau yang dikukus sekali kerja, tuang di cetakan, kukus, tunggu 3-4 menit lalu angkat adonan. Kalau di teflon lumayan ribet (masih mbayangin aja sih ini wkwkwk), adonan dituang di teflon, balik adonan, tunggu sekian menit, angkat.

Nah, kali ini saya bikin yang versi dikukus dulu. Next, mau nyobain yang versi dicetak di teflon. Kok kayaknya lumayan cantik hasilnya, mulus gitu, jadi yang saya bikin ini versi dikukus ya temana-teman.

Resep dan Cara Membuat Mie Kwetiau

Untuk pencarian resep di instagram dengan tagar #resepkwetiau rata-rata pakai resep ini, tapi kalau saya lihat resepnya mbak Tias beliau menggunakan adonan bubur gitu. Jadi, karena harus bikin bubur lagi, iyes...artinya bakal ribet ya. Jadinya saya nyoba bikin resepnya Evi Dhoy. Ini lumayan praktis, semua bahan ada di dapur, tinggal campur, aduk, kukus, gulung, potong, jadi deh... (praktissss???auto ditimpuk ulekan wkwkwkwk). 

Yah, pokoknya gitu deh caranya...

Resep Mie Kwetiau (Home Made)

Source : U.tube Evi Dhoy Kitchen

Recook : @hm_zwan

Bahan:

- 100 gr tapioka

- 70 gr tepung beras

- 10 gr terigu

- 280 ml air

- 1/4 sdt garam

- 2 sdm minyak goreng

Cara:

1. Panaskan kukusan

2. Tuang semua bahan kering dan air kedalam wadah... Aduk sampai semua tepung larut.

3. Siapkan loyang/pinggan tahan panas, oles minyak merata.

4. Tuang adonan ke dalam loyang sampai semua permukaan loyang tertutup adonan.

5. Kukus sampai matang/adonan menjadi agak bening, kurang lebih 3 - 4 mnt.

6. Angkat loyang dan keluarkan kwetiau perlahan dengan menggunakan spatula.

7. Oles permukaan kwetiau dengan minyak supaya ketika dilipat atau digulung kwetiau tidak lengket.


Sarapan Char Kwetiau

Kalo kemarin saya bikin kwetiau, pagi ini bikin sarapan char kwetiau. Wkwkwkw....gaya banget ya. Ohya, karena capek, pegel bikin kwetiau akhirnya mie saya simpan di kulkas, taruh aja di chiller. Pas mau masak saya siram pakai air panas, karena masuk kulkas jadi teksturnya agak keras. Setelah disiram air panas, jadi lemas lagi mienya.

Char kway teow adalah kwetiau goreng ala Malaysia atau Singapura. Masakan ini juga populer di Indonesia. Kuetiaw digoreng di atas wajan berapi besar bersama tauge, kucai, udang, kerang, dan telur. Sebagai tambahan sering dimasukkan sosis atau bakso ikan. (sumber wikipedia)

Tau resep Char Kwetiau dari mana?

Kebetulan saya ingat pernah lihat resep mie kwetiau di buku resep, pas dicari ketemu deh di buku resep MasterChef Indonesia Hot n Spicy Recipe. Jadi langsung eksekusi, tapi yang ini versi pakai bumbu dan bahan yang ada di kulkas ya.

Soal rasa, hmmm...maknyus kata suami. Cuma ya gitu, katanya mienya kegedean motongnya wkwkwkwk.... mohon di maklumi karea baru pertama bikin ya, jadi yang awal-awal lumayan gede motongnya, baru layer ketiga dan seterusnya agak pendek gitu.

Resep Char Kwetiau

Recipe : @hm_zwan

Bahan :

400 gr kwetiau basah

80 gr udang

70 gr tauge

2 sdm minyak goreng 

Air secukupnya 

1/2 sdt garam 

1/4 sdt kaldu bubuk1/4sdt gula pasir 

1 sdm saos tiram 

2 sdm kecap manis 

1 batang daun bawang, iris tipis 


Bumbu uleg :

10 cabe kering

3 bawang putih 

4 udang goreng 


Cara membuat :

Panaskan minyak goreng, tumis bumbu uleg dan udang. Masukkan kwetiau, gula, garam, saos tiram, kaldu bubuk, kecap manis dan air. Aduk rata, koreksi rasa. Masukkan telur, daun bawang, aduk rata. Sajikan.

Gimana rasanya bikin mie kwetiau?

Bener-bener nggak ada bayangan sama sekali bisa bikin mie kwetiau sendiri wkwkwk. Alhamdulillah ya, sesuatu..

Kadang, melakukan sesuatu yang tidak disangka-sangka itu membuat kita tersenyum lebar dan bahagia. Rasanya bangga aja sama diri sendiri, keluar dari zona nyaman, belajar skill baru, melakukan hal-hal yang menyenangkan itu benar-benar bikin lebih positif lho...

Sehat selalu teman-teman.. 

Semoga bermanfaat..


25 comments:

  1. Kwetiaw tuh salah satu jenis mie favorit aku mam. Kalau beli lumayun. Kalau bisa bikin sendiri gini kan enak ya. Lebih hemat dan tentu lebih sehat.

    ReplyDelete
  2. Belum pernah tahu dan dengar tentang mie ini, tapi kelihatannya enak jadi mau nyoba buat sendiri

    ReplyDelete
  3. Kwetiau aku syukaaaa banget. Mau digoreng atau rebus, aku doyan semua haha apalagi kalau bumbunya super hot! Asiknya nih kapan2 mau coba resep mbak :) Lebih sehat nih bikin sendiri, lebih bersih pula kan. Ini pakai udang goreng biar harum ya mbak? Masuk ke bumbunya gitu. Duh, jadi ngeces lihat gambarnya wkwkwkwk :D

    ReplyDelete
  4. Pengen banget bikin Kwetiau sendiri...secara disini jarang banget nih ada kwetiau.. ternyata gampang gitu ya bikinnya (seprtinya).. Wajib dicoba nih

    ReplyDelete
  5. eh segampang itu buat kwetiaw... somboooong... hahaha.. tapi emang gampang ya kalau baca resepnya. Nanti coba ah saya cari youtubenya Evi Dhoy. Pas semua bahan ada di rumah, tinggal tepung beras aja yang lagi kosong. Pak Suami suka banget kwetiau, makin dicinta deh nih kalau bisa bikin sendiri... hahaha

    ReplyDelete
  6. Waduuhh ini bikinnya kudu skill tingkat tinggi kayaknya ya, mak. Pusing aku. Hahaha. Ntar beli aja deh.

    ReplyDelete
  7. Secara teori bikin kwetiau gampang mbak, tapi prakteknya, nggak tahu deh wkwkwk. Aku belum pernah bikin, kalau makan sering. Dan gak semua kwetiau yang aku makan enak, atau cocok dengan seleraku. Hanya ada 3 tempat yang bener-bener aku suka, baik kwetiaunya maupun bumbu dan acarnya, salah satunya di resto Bakso Lapangan Tembak yang ada di GF nya RS Medika wkwkw. Kapan-kapan pengen bikin sendiri kayak Mbak Iis :D

    ReplyDelete
  8. Kwetiau favoritku, Maaak.. Aduh, tanggung jawab nih, jadi pengen soalnya. Aku catet resepnya ah, mana tau ntar pengen masak sendiri. Selama ini sih beli kwetiau di tukang nasi goreng dkt rumah, hihi...

    ReplyDelete
  9. saya juga suka banget sama mie kwetiau, awalnya sih beli di tukang nasi goreng sekali, eh ketagihan. Saya lihat cara membuatnya kayak mudah api kok susah juga ya hehe itu setelah jadi adonannya, mirip sama adonan keroket bukan mbak? gak kebayang banget, boleh diperjelas mbak? pengen buat juga

    ReplyDelete
  10. Oh beneran ya kwetiau itu bahan tepungnya tapiko dan tepung beras jadi terigunya sedikit makanya mamaku yang gerd bisa menyantapnya tanpa kembung, enak banget resepnya saya...

    ReplyDelete
  11. Waduhhh aku bagian masak aja lah, kayaknya bingung cara bikin mie kwetiau nya ini. Ribet banget kayaknya, apa karena cuma membayangkan aja ya, hihii. Kwetiau itu makanan favoritku tiap ngemall, karena nyari menu yang mudah.
    Trus ternyata nggak jadi pakai resep mba Tias tho, ayo bikin yang pakai teflon mbak, wkwkwkk

    ReplyDelete
  12. pengen tapi mau bikiin sendiri kok kayaknya ribet banget sih, apa karena akutuh enggak pinter masak? ah, beli aja deh...

    ReplyDelete
  13. Duh sy nyerah deh klo bikin mie kwiteaunya, yng tinggal masak aja hahaha. Tapi pastinya lebh sehat ya tanpa pengawet dsb

    ReplyDelete
  14. Nah..nah..
    Aku juga jadi pengen kwetiau pake udang begini..
    Rasanya pasti lebih gurih yaa...
    Anak-anakku juga kudu liat kemampuan masak mama masak kwetiau goreng.

    Kekekek~~
    ((shombong, padahal bikin aja belum))
    Cuma optimis, kayanya resepnya ini mudah diikuti. Aku gak perlu les di Paris.

    ReplyDelete
  15. aku suka banget kutiaw mbaa. makasih sudah share resep cara buat dan cara masaknyaaa

    ReplyDelete
  16. Wah cucok abis ini buka depot kwetiau kyknya nih :D
    Di sini lagi hujan kyknya enak nih makan kwetiau apalagi yang bikinan sendiri ya mbak. Ternyata kalau ku baca secara teori bahan2nya mudah cara bikinnya jg mayan gampang
    Tinggal males po ra haha

    ReplyDelete
  17. Ya ampun mbak, keren banget sih
    sampai bikin kwetiaw sendiri
    kwetiaw ini juga kesukaan anak anakku
    paling senang klo dimasakin kwetiaw seafood

    ReplyDelete
  18. terniaaaaaat tapi kayaknya ga susah ya bikinnya dahh lama ga uplek-uplek di dapur aku
    pengen juga bikin mie buat anak-anak
    kwitiaw enak disini demen banget masalah per emi an ama perbaksoan

    ReplyDelete
  19. Wuih keren banget nih bikin sendiri. Aku gak serajin itu. Aku pasti beli jadi. Wkwkwkwk. Sesekali boleh juga tapinya bikin. Biar bisa tahu bedanya di mana. Save dulu resepnya aaaah.

    ReplyDelete
  20. Ya ampuun, fotonya bikin mupeng mbak. Saya belum pernah bikin sendiri kwetiauw. Enak pastinya ya karena lebih sehat tanpa pengawet. Nah, Char Kwetiau ini juga menu baru buat saya, hihihi. Coba ah bikin, kok kayaknya mudah banget buat pemula seperti saya. Anak saya suka banget aneka jenis mie

    ReplyDelete
  21. MasyaAllah mba Lis daebakkk, bisa bikin kewetiaunya kalau aku beraninya beli kalau bikin pasti kacau ahaha
    selalu suka kalau lit postinganmu masak-masak mba

    ReplyDelete
  22. Ini namanya iseng bermanfaat. Ya ampun mbak, iseng aja bisa bikin perut kenyang, bisa buat konten pula.

    Saya suka makan kwetiau, alasan pertama karena suka dengan mie nya yang lebar hehehe....

    ReplyDelete
  23. Kwetiau ini emang terenak, duh jadi ingin bikin. Tulis resepnya dulu ah, semoga bisa segera eksekusi.

    ReplyDelete