Pages

Monday, 31 August 2020

Resep Japanese Milk Bread Anti Gagal

Resep Japanese Milk Bread Anti Gagal. Assalamualaikum sahabat HM Zwan. Kali ini saya mau sharing Resep Japanese Milk Bread Anti Gagal, alias no gagal gagal club, pasti berhasil. Ikuti resep, baik dari takaran dan jenis bahan-bahannya maupun cara membuatnya. Itu adalah Koentjinya mak's. Fyi, bikin ini gara-gara Bubuky dari semingguan yang lalu selalu bilang "Ibu, bikin kue manis yuk". Akhirnya pas waktunya tepat, nggak ada kerjaan, urusan rumah sudah beres. Langsung scroll instagram dong cari ide bikin kue. 

Mendadak langsung bikin Japanese Milk Bread. Ini saya dapet di instagram nya mbk @isnasutanto resepnya IIbu @fatmahbahalwan. Sebenarnya akhir-akhir ini Japanese Milk Bread juga lagi ngehits, dengan warna pastelnya. Pink, hijau muda, ungu, pokoknya warna pastel, warna muda yang bikin gemes. Tapi di resep mbk Isna tanpa pewarna, alias original. Jadi saya ngikutin resep banget. Pas lihat resep, saya langsung cek bahan-bahannya di dapur, alhamdulillah semua komplit. Cuma susu cair saya pakainya susu bubuk plus air, inipun gara-gara stok susu cair habis ternyata. 

Bikin Japanese Milk Bread pertama kali langsung berhasil, aduh terharu banget rasanya... Ini roti emang lembut banget. Dalemya saya isi pake coklat spread. Ohya, aslinya memang pakai loyang yang agak lebar, tapi berhubung di rumah adanya loyang yang ukuran sedang. Jadi saya isi 8. 

Soal rasa, emmm harus coba deh mak's. Teksturnya lembut banget dan kempyus kempyus. Ah, enak banget pokoknya. Alhamdulillah ludes seketika. Selama seminggu, bikin Japanese Milk Bread 3 kali dong hahaha. Buat oleh-oleh pas pulang ke Ponorogo, alhamdulillah. 

HOKKAIDO JAPANESE MILK BREAD

By: Fatmah Bahalwan

Rebake n modif : HM Zwan 

Bahan A:

200 ml Susu cair (saya pakai susu bubuk + air) 

30 gr gula pasir

6 gr Ragi Instan


Bahan B:

280 gr Tepung Terigu protein Tinggi


Bahan C:

30 gr margarin

3 gr Garam halus


Bahan D:

2 sdm Tepung terigu untuk taburan


Cara membuatnya:

1. Aduk Bahan A hingga rata, tuang kedalam Bahan B, uleni hingga bergumpal-gumpal.

2. Tambahkan Bahan C, uleni lagi hingga kalis. Bulatkan adonan, diamkan 15 menit.

3. Kempiskan adonan, bagi menjadi 8 bagian sama rata. masing-masing dibulatkan sempurna.

4. Siapkan loyang persegi, polesi mentega dan alasi dengan baking paper.

5. Letakkan bulatan adonan dalam loyang, diamkan selama 1 jam atau hingga mengembang 2 kali lipat.

6. Dengan bantuan saringan, taburi bagian atas roti dengan tepung terigu. Panggang dalam oven suhu 180’C, selama 15-20 menit. Angkat. Sajikan.

Keisimewaan Japanes Milk Bread 

Apa sih istimewanya Japanese Milk Bread? Bukannya sama aja sama aja ya kayak roti biasa?toh bentuknya juga sama kayak roti sobek. Sabar kakak, berkat roti ini viral mau nggak mau semua orang terutama yang suka masak, otomatis bikin roti ini. Ya, istilahnya pingin nyobain, pingin ngebuktiin bener nggak sih rotinya enak meskipun dengan bahan ekonomis. Tapi seekonomis apa sih Japanese Milk Bread ini? Capcus kita kupas sedikit.. 

1. Tanpa telur

Biasanya adonan roti itu rata-rata pakai telur, nah Japanese Milk Bread ini salah satu resepnya yang tergolong praktis banget nggak pake telur tapi hasilnya oke banget. Nyerat, empuk dan krmpyus kempyus. 

2. 6 bahan

Nggak pake banyak bahan, cukup 6 bahan bahan saja. 4 bahan yang selalu ada di dapur, 2 bahan lainnya yang bisa dibeli di warung atau toko. Apa aja itu? buat yang tidak terbiasa bikin roti, stok tepung terigu rata-rata pasti tepung terigu serbaguna. Nah, khusus untuk perrotian harus, wajib banget pakai tepung terigu protein tinggi. Di nimi market pasti ada. Dan satu lagi yaitu ragi/fernipan. 

3. Hasil lembut

Cuma 6 bahan, tanpa telur tapi hasil rotinya lembut banget. Inipun pas bikin pertama kali, saya berbekal resep dan cara sama, lalu ditambah Bismillah. Alhamdulillah, berhasil dan yang bikin terharu banget karena tekstur rotinya nyerat dan lembut banget euy. Alhamdulillah nya saya sempat videoin lho.. 

4. Anti gagal

Ikuti resep dan cara membuatnya adalah KOENTJI. Iyes, ini penting banget. Pastikan takaran, bahan dan langkah-langkah membuat rotinya sesuai. Ini sih sudah pasti berhasil. Kalau misal niat banget pingin bikin tapi adanya terigu serbaguna, plis jangan pakai yang itu. Keluar deh bentar beli tepung terigu protein tinggi. Jangan sampai males beli, akhirnya hasilnya beda, kan nangesss mak's hahahaha. 

Nah, itu dia resep dan cara mudah membuat Japanese Milk Bread anti gagal. Yang penting ikuti resep dan langkah-langkahnya ya. Silakan dicoba, semoga berhasil. 

Teman-teman, ada yg sudah pernah bikin Japanese Milk Bread? 

25 comments:

  1. Aha, saya mau coba ah japanese bread ini. Beberapa kali sudah lihat kayaknya enak banget sih...Tepung terigunya harus yang terigu jepang kayak komachi ga ya?

    ReplyDelete
  2. Ulalaaaa, gemesin banget nih bentukannya, aku mupeng
    Ibu mertuaku hobi baking, Mba
    Pan kapan kayaknya aku mau kolabs ((KOLABS)) ama blio

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah bikin. Sudah lama banget gak baking. Malas repot. Maunya makan jadi aja, hahaha. Catet dulu resepnya buat referensi

    ReplyDelete
  4. Maak, kelihatannya simple ya. Saya sama sekali belum pernah bikin roto. Nah resep ini kayaknya gampang diikuti.

    ReplyDelete
  5. HAhhaaa, anti gagal yang terkadang ga pas ato dilebihin dikit ajaaa, tanggung.
    Belom pernah Maaak, ku pengen udah jadi aja kalo roti2an , hihii.
    Goseeeen.

    ReplyDelete
  6. Mau banget dong kalau antigagal begini. Mana hasilnya lembut dan harum banget pasti, ya.

    ReplyDelete
  7. Saya penggemar roti dan japanese bread ini calon favorite aku nih kayaknya. Emang paling suka makan roti yang lembut-lembut. Manja banget lidah rasanya.

    Kalau mengikuti semua yang tertulis di resep, Insya Allah gak akan gagal ya Mba. Even ini pengalaman pertama. Ayo ah bikin...:)

    ReplyDelete
  8. Wuih, bener nih mbak? Kalau anti gagal saya mau coba bikin juga ah... Tinggal belanja ragi sama tepung terigu protein tinggi ya...

    ReplyDelete
  9. Asik dapat resep baru darisini, padahal ini tuh suka lihat di instagram teman-teman lagi pada bebikinin Japanese milk bread dan kepengen banget.

    ReplyDelete
  10. Udah pernah eksekusi beberapa hari lalu resep ini, dan anak-anak suka.ETapi, mungkin aku salah takaran apa gimana, keesokan harinya agak keras gitu hiks.Berarti next time mesti coba lagi ini.

    ReplyDelete
  11. Belum punya ovenan sendiri 😢 btw misal pake oven tangkring gitu bisa nggak sih Mak Iis?

    ReplyDelete
  12. Jd pengen coba bikin. Ini tepung terigu protein tinggi kek cakra kembar y baru bs perfect. Klo terigu protein sedang gak bagus ya?

    ReplyDelete
  13. Bahan-bahannya mudah banget dicari dan hanya 6 bahan. Aku jadi pengen coba nih. Karena setiap praktek bikin roti selalunya gagal lagi gagal lagi. Wkwkkw

    Ini keren sib, bisa lembut gitu teksturnya tapi enggak pakai telur. Cakeeep.

    ReplyDelete
  14. Wah baru saja lewat di TL roti warna-warni ini cuma bisa cleguk, nasib orang nggak bisa masak hihihi...penasaran rasanya...

    ReplyDelete
  15. wah makasih mbak, sudah lama aku pengen praktik membuat japanese bread mbak. karena udah lama gak makan roti jadi pengen buat sendiri.

    ReplyDelete
  16. Duuh bahannya mudah pula didapat. Sebagian besar udah ada di dapur saya malah. Pengen nyoba tapi ya gitu suka lupa kalau pas libur kerja hehe.

    ReplyDelete
  17. Lembut banget yaa hasilnya.. Ini sama gak sih sama cloud bread mba?

    Kalau japanese cake kan biasanya menul2 gt jg yaa

    ReplyDelete
  18. wah bahan dan cara membuatnya sepertinya harus dicoba ya mba... apalagi ada jaminan anti gagal... kebetulan anak2 juga suka roti jenis ini...

    ReplyDelete
  19. aaaak sering banget liat roti ini bersliweran di temlen. ternyata bahannya simpel yaaaa, aku mau coba buat juga aaaahhhh.. makasi sharing resepnya maaaak

    ReplyDelete
  20. Ini salah satu roti kekinian juga ya, selain yg Korea2 itu hehe. Soalnya td aku ikutan ngebuzzerin salah satu toko roti dan meereka juga bikin nih Japanese Milk Bread. Tengkyu resepnya mbak, moga kapan2 bisa praktik, kalau gak suamiku aja yang praktik. Dia lbh suka baking drpd aku wkwkwk

    ReplyDelete
  21. Ada Korean Garlic Bread, ada Japanese Bread.
    Dan semuanya viral.
    Aah....jadi pengen cobain.

    ReplyDelete
  22. Yahh harus dipanggang ya? Kalau nggak punya oven bisa diakali pake cara lain nggak mbak?

    ReplyDelete
  23. Hmm... saya mau coba juga tapinya di rumah ovennya nggak bisa
    Watt listriknya terlalu besar di kontrakanku
    Kirimin aja ya ke alamatku

    ReplyDelete
  24. Wah, kok sepertinya gampang mb...jadi pengen praktik nih...ga perlu mixer juga ini...jadi praktis, tinggal ulen2..

    ReplyDelete
  25. Roti tanpa kuning telur bisa empuk teksturnya ya mba.
    Soalnya pengalaman bikin adonan kue tanpa kuning telur berakhir kurang empuk dan punel, meskipun pakai terigu protein tinggi.

    ReplyDelete