Pages

Monday, 22 July 2019

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!.


Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah.

Tentang 7 Days Challenge JSR
Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge ini diadakan oleh Dokter Zaidul Akbar, selama 7 hari kita mengikuti pola makan ala Rasulullah atau pola makan sehat. JSR kepanjangan dari Jurus Sehat ala Rasulullah, makannya sekarang banyak sekali bertebaran hashtag JSR di instagram.

Berikut peraturan 7 Days Challenge JSR ala Dokter Zaidul Akbar
1. Konsumsi air mineral 2 liter sehari atau 3 liter (pH netral atau alkali lebih baik)
2. Makan sayur, minimal 3 jenis dengan minimal 2 warna atau lebih, misalnya orange atau merah. Prefer organik kalau tidak organik silahkan di rendam dulu dengan cuka apel, strong alkali water.
3. Jus buah plus sayur 1x sehari. Selama sepekan kita hanya konsumsi itu saja.
4. No Gula, ganti dengan madu atau makan buah saat pingin manis.
5. No Tepung, saat pingin tepung bisa dialihkan dengan makan buah atau biji-bijian seperti almond, walnut, atau buah lagi juga boleh.
7. No Nasi putih, nasi merah diperbolehkan. 
8. Semua produk yang memakai minyak goreng tidak diperbolehkan. Kita hanya boleh makan makanan yang dikukus, rebus, di oven, pokoknya hindari minyak.
9. Selama satu pekan tidak mengkonsumsi produk hewani, hanya nabati saja.

Ohya, challenge ini TIDAK BERLAKU UNTUK yang punya penyakit, hamil dan menyusui.

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR 
Kalau nggak salah saya mulai ikut 7 days challenge JSR ini minggu kedua bulan ramadan. Waktu itu langsung aja pingin nyoba, setelah satu minggu stalking ig dokter Zaidul Akbar. Malam harinya saya bikin infused water. Nggak muluk-muluk isinya, cuma bikin nabez atau rendaman air kurma untuk diminum saat sahur.


Hari pertama, sahur dengan infused water semangka, kurma dan sepiring kecil pepaya. Alhamdulillah, hari pertama lancar, artinya badan nggak lemas. Buka puasanya dengan air hangat, bikin ultimate water, dan sepiring pepaya. Setelah sholat maghrib makan sepiring sayur rebus, ada kol, wortel, Kentang, tahu kukus dan sambel. Setelah tarawehminum infused water apel dan kayu manis sama ngemil pisang rebus hehe.


Setelah ikut 7 Days Challenge JSR
Jadi, selama 7 hari ikut challenge ini, alhamdulillah berjalan lancar. Agak aneh aja rasanya selama 7 hari nggak makan nasi, hahaha. Kayak ada yang kurang gitu,tapi alhamdulillah semua berjalan lancar sampai hari ketujuh.

Setelah itu, sudah mulai bisa mengontrol makan gorengan, secara saya itu suka banget gorengan. Mulai mengurangi minum teh manis, makan nasi, dan sarapan nasi. Alhamdulillah bab makin kesini makin lancar, nggak gampang jerawatan,dan memang bener lho jerawat datang itu dari apa yang kita makan. Itu bener-bener berlaku di saya dan sebagian orang lain, artinya nggak semua orang ya yang mengalami seperti yang saya alami.

Saya belum mau berurusan dengan timbangan atau ukuran berat badan turun, yang terpenting bagi saya itu bagaimana saya harus bisa konsisten menjaga pola makan dan rajin olahraga. Saya mau sehat.. Saya mau sehat... Saya mau sehat, titik!!o Do'akan saya semoga sehat selalu, nggak gampang ngedrop dan sering pusing masuk angin.

Jadi, selama ikut 7 Days Challenge JSR alhamdulillah semua lancar. Challengenya bener-bener keren dan mau nggak mau kita jadi melek kesehatan, melek segala hal termasuk mulai rajin beli rempah-rempah hehe.

Teman-teman, ada yang sudah pernah ikut 7 Days Challenge JSR?

28 comments:

  1. Keren banget mbak...aku nyerah di hari ke 4 karena pada waktu itu nafsu nggak terkontrol gegara banyak makanan enak didepan mata. Tapi pasti kuulangi lagi challenge ini demi tubuh yang sehat

    ReplyDelete
  2. Kalau lihat di IG-nya Mba Hana emang konsisten banget ya ikut program ini. Iyes, tujuan utamanya adalah badan jadi makin sehat ya. Apalagi ditambah dengan berat badan jadi berkurang. No nasiputih no gorengan, wowwww... Saya sanggup nggak ya, haha...

    ReplyDelete
  3. Yang bikin aku gak bisa ikut challenge ini adalah, aku masih pemakan nasi putih. Kadang aja bikin nasi merah. Haha... Tapi bagus sih ini. Kalau konsisten.

    ReplyDelete
  4. senangnya! semangat terus buat sehat makkk!
    kalo aku baru mau akan mulai huahahaa...
    masih belum bisa meleng dari godaan gorengan dan yg enak2 nih. hadeuhh

    ReplyDelete
  5. Aku belum ikutan, hari pertama sudah gagal. Hehe...
    Eh, tapi memang sedang diusahakan hidup JSR Mba, aku si bukan untuk nurunin BB, namun untuk kesehatan.

    ReplyDelete
  6. Wah 7 hari gak makan nasi, aku kuat sih gak makan nasi tapi hari kedua paling pusing hihihi. Sebenernya sehari makan nasi paling juga dua kali sih aku itu juga dikit, lauknay yang banyak. Kalau teh emang gak doyan teh manis.

    ReplyDelete
  7. Gak makan nasi atau gorengan bakal hampa banget hidupku mak.. langsung nyerah deh, hehe. Kalo aku berusaha seimbang aja mak, gorengan dihajar, sayur buah juga dilahap

    ReplyDelete
  8. Keren mbak, sy baru coba infused waternya aja. Klo ninggalin nasi belum bisa. Yang parahnya, bulan puasa gagal terus puasa gorenga saat berbuka hehe....

    ReplyDelete
  9. Whuaaa...iya kalau lihat pola makan sehat jadi mupeng ya. Tapi masih maju mundur juga aku nih mbak. Harus Istiqomah tapi yaaa hihihi. Doakan saya

    ReplyDelete
  10. Seminggu nggak makan nasi putih saya masih bisa tahan, tapi untuk nggak makan gorengan? masih belum bisa. Sehari aja nggak bikin gorengan, rasanya ada yang kurang di meja makan, padahal yang di goreng juga cuma tahu tempe. Pernah nyoba tahu tempenya diungkep aja, rasanya beda, akhirnya digoreng lagi deh

    ReplyDelete
  11. Aku baru ikutan minum infuse water detox aja mbak, yang 7 days challenge ini belum sempat ikutan. Semenjak kenal JSR ini, setiap flu atau nggak enak badan aku cukup konsumsi infuse water sama madu aja, udah jarang minuk obat lagi.

    ReplyDelete
  12. Masih ada challengenya gak mba? Jadi pengen ikutan nih. Aq mesti ikut challenge kayak gini biar terdorong menjaga pola hidup sehat

    ReplyDelete
  13. Waaa..aku belum kuat ninggalin nasi. Challenge ini kudu disiplin banget..ya. butuh persiapan..jadi tiap hari udah tertata menunya..besok jus apa,sayurnya apa..

    Salut deh bisa nerapin ini. Sehat selalu ya mba..semangat.

    ReplyDelete
  14. Padahal ya JSR itu mudah banget dan bahan-bahannya pun gampang ditemuin di pasar-pasar tradisional, tapi memulainya itu yang butuh keberanian luar biasa ya mba.. kamu hebat!

    ReplyDelete
  15. Daku sudah terniat mau ikut 7 days challenge ini, tapi selalu gagal terlaksana. Masih belum sanggup nggak sarapan soto.
    Hadeeh payah ya.

    ReplyDelete
  16. Belum pernah mak.. secara semua pantangannya kegemaranku.. haha.. Sungguh berat bayangin ngejalaninnya. hehe.. Congrats aniway ya sukses challenge nya

    ReplyDelete
  17. Beberapa temanku kemarin juga ikutan challenge ini, aku sempat mau ikutan tapi malah kelupaan padahal semua buah dan sayur untuk hari pertama dan kedua sudah siap.

    ReplyDelete
  18. Belum pernah ikut. Tapi pengen sih... Soalnya aku juga lg ngeri sama timbangan mba..

    Tapi, bisa nggak ya ngilangin nasi? Tapi mo coba ah, ngurangi karbo gitu dulu aja lah...

    ReplyDelete
  19. Sering liat temen yang juga berbagi soal JSR ini mbak. Etapi aku suka tergoda sih sama yang selain rebusan, terus juga masih gunain nasi putih sama goreng-goreng mbak wkwkkww. Keknya perlu dicobain lain waktu nihh mbak, untuk hidup dan pola hidup yang sehat hehee
    TFS Mbak

    ReplyDelete
  20. Mbak tantangannya kan 7 hari, selanjutnya gmn? Balik makan nasi?
    Hehe sejujurnya masih bingung JSR ini utk makan selamanya atau cuma semacam detox sementara gtu? Trus bisa buat nurunin BB juga kah? :D

    ReplyDelete
  21. Wah keren say berhasil seminggu ya, aku baru ngikutin bikin infused water aja yang rutin, lainnya belum huhu aku susah mengurangi Karbo inii, berusaha hindari gula dan terigu sih sehari-hari..

    ReplyDelete
  22. Duh, harus putus beneran dari nasi dan gorengan yaaa... hiks... Sungguh menantang keberanian diri untuk keluar dari kebiasaan makan nih. Pengin banget bisa ikutan JSR ini. Ya Allah... paringi kuat.

    ReplyDelete
  23. Aku penginnn banget nyobain JSR ini. Tapi masih gagal teris karena suja ngabisin makanan anak-anak, wkwkwkwk, alesan. Tapi kayaknya perlu juga buat detox usus.

    ReplyDelete
  24. Udah pernah coba juga tapi sekarang lagi kendor 😂 Tergoda kue-kue manis dan nasi. Kalo gak makan Nasi kok laper terus yaa.

    ReplyDelete
  25. Saya baru tahu tentang JSR challenge ini mbak, menarik banget buat dicoba nih supaya badan lebih sehat.

    ReplyDelete
  26. aku belum bisa banget dengan makanan tanpa digoreng, aku pecinta gorengan banget mba ahahah duh belum terbiasa juga nih sama ala JSR ini semoga next bisa lakukan

    ReplyDelete
  27. saya hari ini challenge hari ke 3 mbak..gegara kemaren pulang kampung khilaf.makan diluar kontrol.challenge pertama di bulan juli.wahh luar biasa rasanya waktu itu.hari ke 4 bawaannya marah2 gegara ingin makan yang manis n goreng2😁 tapi gak boleh.akhirnya challenge berbuah hasil..badan terasa enteng.bertahun2 gundah dengan bb yg mentok di 68kg sekarang 63kg.tapi yg paling penting dari semuanya sekarang saya dan suami jadi peduli kesehatn dan punya kebiasaan yg gak pernah ditinggalin..minum rimpang n infused water.

    ReplyDelete
  28. Maaf mau tanya tidak untuk yg punya penyakit itu bagaimana ya, minta tolong penjelasannya? Justru yg sakitkan mau sehat

    ReplyDelete