Wednesday 4 January 2023

Sarapan Nasi Pecel Mbak Noer Ponorogo

Sarapan Nasi Pecel Mbak Noer Ponorogo. Awal bulan November tahun lalu, saya bersama suami dan Aqla pulang ke Ponorogo untuk menghadiri pernikahan anaknya bulek. Berangkat dari Gresik setelah sholat subuh, sampai Kota Ponorogo pukul 08.00 cukup lambat karena sempat istirahat lama di rest area. Berhubung masih pagi, nggak afdhol rasanya kalau tidak sarapan nasi pecel.

nasi pecel mbak noer

Selain sate Ponorogo, yang khas dari kota reog ini adalah nasi pecel dan keripik tempenya. Bumbu pecel yang berwarna cokelat sedikit pucat, teksturnya kental membuat rasanya semakin nikmat. Wisata kuliner kali ini suami mengajak saya ke salah satu warung nasi pecel yang direkomendasikan oleh teman kerjanya waktu di Subang Jawa Barat dulu. Berbekal membuka Gmaps, akhirnya sampai juga di warung nasi pecel yang kami tuju. Nasi Pecel Mbak Noer

Lokasi

Warung Nasi Pecel Mbk Noer ada di Jl. Kumbokarno No.67, Wetan Talang, Purbosuman, Kec. Ponorogo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Atau bisa langsung tulis di Gmaps, otomatis keluar. Saat masuk gang jalanan tidak terlalu ramai, hanya beberapa sepeda motor yang lalu lalang. Sampai akhirnya saya melihat banner dan dua motor yang parkir di depan warung. 

nasi pecel mbak noer ponorogo

Kebetulan warung nasi pecelnya ada di sebelah kiri jalan pas, jadi untuk parkiran motor aman saja. Berbeda dengan kendaraan roda empat, harus minggir jadi parkirnya mepet jalan gitu.

Baca juga : Makan Siang di Dapur Dewi Kahyangan Gresik

Sarapan Nasi Pecel Mbak Noer Ponorogo

Ketika turun mobil saya langsung menuju ke meja yang sudah ada deretan gorengan, uww sungguh rasanya pingin nyomot bakwan ahaha. Suami memilih untuk duduk lesehan di depan rumah pemilik, kami pesan 3 piring nasi pecel. Tentunya yang satu sambalnya sedikit plus telur dadar untuk Aqla. 

       
nasi pecel mbak noer ponorogo

nasi pecel mbak noer ponorogo

Untuk minumnya, saya sama Aqla pesan teh panas. Sedangkan suami kali ini tumben-tumbennya beda, lebih pilih es jamu berasa kencur ahahaha. Ini gimana ceritanya baru jam 8 pagi udah minum es. Tapi katanya penasran sama beras kencurnya, kayaknya kok enak. Beneran dong enak banget. Untuk lauknya seperti biasa saya dan suami ambil tempe goreng dan bakwan. Soal rasa, nasi pecel dan gorengannya enak.Untuk harganya saya lupa, masih standar alias nggak mahal banget gitu. 

nasi pecel mbak noer ponorogo

nasi pecel mbak noer ponorogo

Kenapa Nasi Pecel Ponorogo itu Selalu Istimewa

Nasi pecel merupakan satu hidangan khas masyarakat Indonesia yang terdiri dari nasi, aneka sayuran seperti daun bayam, kenikir, tauge panjang, kacang panjang, timun yang disiram dengan sambal kacang. Tapi seringkali saya makan nasi pecel dari kota manapun, tapi rata-rata minim sayuran. Misalnya di Gresik sini ada warung pecel yang ramai, ternyata sayurnya hanya tauge panjang saja yang disiram sambal pecel. Ada juga yang sayurnya hanya kagkung dan tauge panjang saja. 

Lain sayur lain lauk pendamping, ketika saya pindah ke Gresik Jawa Timur. Saya baru menemukan nasi pecel yang dicampur dengan lauk bumbu bali, tempe kering dan serundeng. Bagi yang terbiasa mungkin ini hal biasa, tapi buat yang terbiasa dengan nasi pecel original, agak aneh gitu ahahaha. Luar biasa ya memang negara kita, banyak sekali menu makanan yang enak dan unik.

nasi pecel mbak noer ponorogo

Kalau di Ponorogo, nasi pecelnya juara banget deh. Sejak lulus SD saya sekolah di Ponorogo, kurang lebih 7 tahun lamanya. Jadi selalu jatuh hati sama nasi pecel di kota ini. Mulai dari yang terkenal di kota sampai yang di desa pelosok pun enak-enak semua. sayurnya pasti komplit banget, biasanya ada sayur bayam/singkong/kenikir, tauge panjang, kacang panjang, irisan timun, tauge rawon, daun kemangi dan lamtoro. Gimana??banyak banget kan sayurnya ahahaha..

Selain itu, yang khas dari nasi pecel Ponorogo adalah bumbunya yang berwarna coklat pucat, rasanya pedas, teksturnya kental dan enak banget rasanya. Lauknya pun nggak neko-neko, ada tempe goreng tepung. Kalau di daerah desa, misalnya di jalan menuju arah Trenggalek, tempenya masih tempe bungkus daun jati atau pisang. Jadi enak banget gitu rasanya. Jangan harap ketemu rempeyek kalau beli nasi pecel di Ponorogo, karena disini lauknya rata-rata adalah tempe goreng dan bakwan sayur.

Teman-teman, ada yang sudah pernah makan nasi pecel Ponorogo?




25 comments:

  1. Mirip pecel ala Madiun ada lamtoronya juga. Dulu tetangga yg kupanggil 'Bude' pernah jualan pecel ala Madiun. Lengkap dengan serundeng, bakwan, dll.

    ReplyDelete
  2. wow, melihat gorengannya itu memang menggoda banget ya... Udah beberapa bulan ini lagi puasa gorengan. Tapi lihat foto di sini aja rasanya harumnya sudah terendus (HALU)

    ReplyDelete
  3. Iyaya.. Nasi Pecel Ponorogo ini tampak sedikit berbeda dari Nasi Pecel Madiun.
    Rasanya bumbunya terang dan ada jengkol kah, teh.. yang bunder-bunder ijo kecil itu?
    Sukaa.. Selalu suka pecel karena dalam satu porsi uda lengkap banget. Minumnya es ini yummii siih.. apalagi jamu beras kencur, bisa ngilangin cape cape pas dalam perjalanan begini.

    Juara banget~

    ReplyDelete
  4. Aku makannya nasi pecel Madiun, tetangganya Ponorogo hihi..kalau ke Ponorogo makan sate ayamnya yang terkenal.Ini mirip banget sama pecel Madiun,ada tempe goreng di nasi pecelnya kalau di Madiun...Kalau di warung yang lebih lengkap memang ada lauk lainnya

    ReplyDelete
  5. Siang-siang liat Nasi Pecel Mbak Noer Ponorogo, belum makan pula, auto ngiler mbak! 😍😅🤣
    Apalagi mendoannya itu, rasanya pengen kucomot. Trus aku jadi mengingat-ingat, waktu roadtrip 2019 itu mampir apa gak ke Ponorogo ini, rasanya pas pagi kami ada makan nasi pecel kayak gini juga. Tapi lupa pastinya di mana 😄

    ReplyDelete
  6. Saya pernah makan nasi pecel di Ponorogo mbak, emang sayurannya komplit. Plus tempe goreng tepung udah nikmat banget di santap buat sarapan. Emang beras kencur tuh kalau nggak dingin, menurut saya rasanya kurang nendang mbak, jadi ya gpp masih pagi sudah minum dingin pakai es batu.

    ReplyDelete
  7. Ya Alloh dah berbulan2 nih aku tak makan pecel jd pengen nyari hahaha. Di sini adanya tiap pagi, sedangkan aku lagi IF jd gak sarapan. Kapan2 mau nyari agak jauhan.
    Enak emang makan sego pecel sama es jamu gtu apalagi kalau rasa beras kencurnya pas :D
    Nyaamm enak banget tuh tepenya kalau masih dibikin dibungkus daun jati ya masih sedeepp ketimbang bungkus plastik haha :p
    Btw di sana boleh beli bumbu pecelnya aja gak?

    ReplyDelete
  8. Saya kalau beli pecel di pasar juga lebih memilih pakai bakwan sayur. Padahal pecelnya udah banyak sayur, ya hehehe. Komplit banget ini pelengkap nasi pecelnya. Udah gitu tempatnya juga kelihatan bersih. Jadi nyaman buat sarapan di tempat

    ReplyDelete
  9. Aku suka juga makan nasi pecel lauknya bakwan sayur, di sini pun ada juga. Tapi lauk lain ada kayak rempeyek, cuman aku lebih suka karak untuk pelengkap nasi pecel. Ya Allah beruntung perutku kenyang, jadi gagal ngiler, hahahaa.

    Aku tuh belum pernah nyobain pecel di Ponorogo karena seringnya cuma melintas. Beda dengan Ngawi, Magetan, Madiun, Blitar, udah pernah nyoba nasi pecelnya. Memang sambel pecel produk Jatim itu tak terkalahkan. Makanya kalo kesana selalu beli oleh-oleh sambel pecel

    ReplyDelete
  10. Wah jadi lapar Mbak lihat fotonya. Kenapa pas ke Ponorogo saya nggak tahu ya warung pecel ini? Besok InsyaAllah kalo ke sana lagi mau cari warungnya.

    ReplyDelete
  11. Saat baca tulisan ini aku belum sarapan. Asli ngiler kak, apalagi ada campuran pete cina diatasnya, aha nikmat banget nih. Btw seporsi harganya berapa ya?

    ReplyDelete
  12. Belum pernah nyobain nasi pecel Ponorogo, namun melihat fotonya saja saya sudah bisa merasakan kelezatannya, duh jadi laper.

    ReplyDelete
  13. Waduh siang siang jadi laper pingin nyobain nasi pecel Ponorogo ini. Klo di jakarta dan deket rumah seringnya ketemu nasi pecel Madiun mbaa. Apa nih bedanya sm nasi pecel Ponorogo yaa. Jd penasaran

    ReplyDelete
  14. masyaallah mba ini enak banget sih, best menu sarapan buat aku yang sangat suka dengan menu nasi pecel, apalagi yang pedes hehhehe

    ReplyDelete
  15. sebagai penggemar nasi pecel (pak suami tuh tiap minggu bisa 3 kali jajan pecel!) maka pastinya penasaran kalo liat orang posting nasi pecel.

    Di sini yang memikat jgua sama mbak, bakwan dan tempe! Duh nikmat yaaa jadi orang Indonesia ini, dimanjakan dengan pecel, gado-gado, karedok (kalo ini favoritku dan susah carinya di sekitar Kelapa Dua Tangerang) - terus apa lagi ya.. rujak juhi, asinan sayur, plecing kangkung, rujak cingur.... duuuuh mbak dikau jadi menerbitkan selera!

    ReplyDelete
  16. Emang kalau makanan masa kecil tuh bikin rindu aja ya. Saya jadi auto nyari itu nasi ponorogo di Depok ada g ya.. Xixixi

    ReplyDelete
  17. Yummy endeuss ponorogo bisa di tempuh dari madiun ga begitu jauh kan ya? Nah madiun juga khasnya pecel. Pecel ini makanan fav apalagi lauk pauknya beragam spt empal, paru dkk emm tambah yahud.

    ReplyDelete
  18. Wah makan nasi pecel Ponorogo langsung di Ponorogo
    Pasti rasanya lebih otentik ya mbak
    Duh iya, tempe daun jati ini enak kalau dimasak goreng tepung

    ReplyDelete
  19. Ponorogo kampungnya papahku nih, tapi sayangnya aku belum pernah main kesana. Tapi kalau dengar cerita dari mamahku yang sudah pernah kesana tuh memang makanan disana enak-enak. Ada juga sate Ponorogo, itu enak deh mbak. Kalau nanti ke Ponorogo lagi bisa cobain.

    ReplyDelete
  20. Belum pernah, mbak. Makan pecel di Jawa Timur tuh dulu pertama kali di Madiun waktu kerja di sana. Ada lamtoronya juga yang jad ciri khas Pecel Madiun. Sukak deh, apalagi klo ditambah ada kemanginya, tambah enak poooll.. Pake karak atau krupuk gendar aja udah enak.

    Di Semarang sini rata2 pecel rasa sambelnya dominan manis. Tapi klo mau nyobain yg ga begitu manis, aku punya rekomendasi. Boleh japri ya klo kapan2 ke Semarang, ntar kukasih tau. Lauknya macem2, mulai dari mendoan, telur asin, gembus bacem, tahu tempe bacem, bantal (martabak mini) dan masih banyak lagi.

    ReplyDelete
  21. Sambel pecel ponorogo sepertinya lebih mirip pecel madiun warna coklat pucat. Kakau Magetan cenderung coklat agak merah karena gula aren dan cabenya kali ya. Padahal tetanggan kota gitu aja style sambelnya dah beda banget.

    ReplyDelete
  22. Wihh banyak banget ya macam sayurnya pecel Ponorogo ini. Aku kalau udah coba mungkin akan jatuh hati juga sama pecel Ponorogo. Hehehe. Emang bener ya pecel di beberapa daerah tuh emang beda-beda. Tapi menurutku ya tetep aja enak. Cuma level enaknya mungkin beda-beda juga yaa buat tiap orang :)

    ReplyDelete
  23. wah, suamiku bakal suka banget kalau mencoba pecel ini ya, asyik dan seru nih mengajak keluarga mencoba pecel Ponorogo ini, pastinya bakal makin nagih datang ke sini lagi.

    ReplyDelete
  24. Nasi pecel itu menu kesukaanku mba, enak dan sehat ya. Apalagi nasi pecel Ponorogo yang bumbunya berwarna coklat pucat, rasanya pedas, teksturnya kental dan enak banget rasanya. Enyaaakk

    ReplyDelete
  25. Mbaaa kangen ke Ponorogo jadinya wakakak pernah mau jadi orang sana diriku tapi nggak jadi
    asli kuliner ponorogo tu enak-enak ya

    ReplyDelete