Monday 16 January 2023

Mencicipi Sate Ayam Madura Cak Dai Menganti Gresik

Mencicipi Sate Ayam Madura Cak Dai Menganti Gresik. Hayooo,siapa yang suka sate Madura?kalo iya, kita sehati ya. Kalau orang Padang merantau, mayoritas mereka membuka warung makan Padang. Sama halnya dengan orang Madura, ketika merantau mereka (mayoritas) akan membuka warung makan/kedai Sate Madura. Mau nggak mau ini jadi ciri khas mereka ketika merantau. Hampir di setiap kota di Indonesia kita pasti menemukan Sate Madura. Ya nggak?

Sate Ayam Madura Cak Dai Menganti Gresik

Saya termasuk pecinta Sate Madura, hampir setiap pulang ke rumah ibu selalu dibelikan sate Madura. Satu hal yang khas banget dari sate ini adalah terletak di bumbunya, yaitu menggunakan bumbu kacang yang halus dan lembut. Hampir semua sate Madura yang saya rasakan, rasanya itu mirip gitu lho. Ya satenya, ya rasa bumbunya. Belum pernah gitu beli sate Madura yang nggak cocok di lidah, hampir semua pas rasanya. 

Nah, minggu lalu kebetulan kami sedang jalan-jalan ke daerah Hulaan Menganti. Disini cukup ramai, banyak sekali pedagang kaki lima yang beragam jualannya. Mulai dari menjual aneka sayuran, makanan, minuman sampai sembako yang cukup terjangkau harganya. Saat melintas kami sempat melihat satu gerobak penjual sate yang cukup ramai, setelah diamati ternyata menjual Sate Ayam Madura. Pas banget saya libur masak, akhirnya putar balik dan beli sate ayam untuk makan malam.

Sate Ayam Madura Cak Dai Menganti Gresik
Daerah Hulaan Menganti Gresik

Sate Ayam Madura Cak Dai Menganti Gresik

Lokasi, Harga dan Jam Buka

Sate Ayam Madura Cak Dai berlokasi di jalan hulaan, tepatnya kurang lebih 500 meter dari perempatan hulaan. Kalau nggak salah dekat perumahan Mars. Untuk harga satenya, mulai dari Rp 12.000 per 10 tusuk atau perporsi. Disini juga tersedia lontong dan nasi, harganya Rp 2000. Jam buka mulai pukul 15.00-22.00 (tapi di gerobak tertulis buka pagi juga). 

Mencicipi Sate Ayam Madura Cak Dai Menganti Gresik

Disini kita tidak bisa makan di tempat, karena sepenglihatan saya tidak ada mejanya. Hanya tiga kursi duduk untuk menunggu. Karena saya beli untuk lauk makan malam, kali ini saya beli 2 porsi sate ayam biasa, artinya dagingnya campur gitu ada lemaknya. Kalau misalnya kita nggak suka lemak juga bisa pesan sate ayam tanpa lemak, tapi harganya berbeda.Ohya, fyi..biasanya jodohnya sate ini ada gule. Artinya jika ada sate pasti ada gule. Kalau di rumah ibu di Jombang, penjual sate Madura juga menjual gulenya, jadi satu paket gitu. Tapi di sate ayam Cak Dai, hanya menjual sate ayam saja.

Sate Ayam Madura Cak Dai Menganti Gresik

Sate Ayam Madura Cak Dai Menganti Gresik

Kalaupun antri, tidak sampai menunggu lama. Kurang dari 10 menit setelah megantri 3 orang, saya sudah bisa bawa sate ayam pulang. Untuk satu bungkus sate Ayam Madura Cak Dai, terdapat 10 tusuk sate, dengan bumbu kacang yang diberi kecap manis dan irisan bawang merah mentah. Untuk sambalnya selalu dipisah, dibungkus menggunakan plastik. Soa rasa, enak banget, rasa bumbunya pas, nggak asin ataupun terlalu manis. Mantap bangetlah pokoknya. Teman-teman yang lagi jalan-jalan ke daerah Hulaan Menganti, wajib banget nyobai sate ayam Cak Dai.

Teman-teman, ada yang suka sate Madura?ayo dong sharing...






3 comments:

  1. Sate itu kuliner favorit yang mudah didapatkan dan hampir ada di setiap daerah dengan ciri khasnya masing-masing. Paling suka kalau cari santapan sate di malam hari, mantep banget pokoknya. Apalagi kalau pas tahun baru bisa dibuat bakar-bakaran sendiri. Terima kasih sharingnya!

    ReplyDelete
  2. ngiler,.. jadi ingin makan sate.

    ReplyDelete
  3. wah, keliatan sangat menggoda :D nanti kalo kesana, wajib mampir

    ReplyDelete