Wednesday 9 November 2022

Mengenal Kwetiau : Jenis Mie Berbahan Utama Tepung Beras

Mengenal Kwetiau : Jenis Mie Berbahan Utama Tepung BerasAda yang suka mie kwetiau? pertama kali makan mie kwetiau waktu tinggal di Batam, diajak suami sarapan di salah satu kedai Mie Tarempa. Langsung jatuh hati dong, dan sampai sekarang hampir tiap bulan pasti masak mie kwetiau. Paling sering dimasak goreng pakai telur atau udang dan yang pasti wajib ada taugenya. Enak banget lho..

Mengenal Kwetiau : Jenis Mie Berbahan Dasar Tepung Beras

Mengenal Kwetiau : Jenis Mie Berbahan Utama Tepung Beras

Kwetiau (Hanzi: 粿條, hanyu pinyin: guotiao, juga disebut 沙河粉, shā hé fěn) adalah sejenis mi Tionghoa berwarna putih yang terbuat dari beras. Kwetiau merupakan makanan yang cukup populer di Indonesia, terutama di Jakarta dan tempat-tempat lain yang banyak didiami warga keturunan Tionghoa. (sumber wikipedia).

Ada dua jenis mie kwetiau, yaitu basah dan kering. Biasanya yang basah berwarna putih bening dengan tekstur kenyal dan tebal. Sedangkan kering, identik dengan warna krem pucat, bentuknya pipih panjang yang dilipat seperti mi kering pada umumnya. Ohya, btw saya pernah lho bikin mie kwetiau sendiri ahahaha, iseng banget. Perama kali bikin langsung berhasil dan enak. Resep dan cara membuatnya ada di link(baca juga) ya. Jika mie basah cara memasaknya cukup mudah, yaitu langsung dimasak dengan aneka macam bumbu dan sayur. Sedangkan mie kwetiau kering harus direbus terlebih dahulu, setelah itu baru dimasak dengan bumbu dan lain sebagainya.

Mengenal Kwetiau : Jenis Mie Berbahan Dasar Tepung BerasMengenal Kwetiau : Jenis Mie Berbahan Dasar Tepung Beras
Ssssttttt ini mie kwetiau (basah) bikinan saya sendiri lho
caranya ada di link bawah ini ya ^^

Baca juga : Resep dan Cara Mudah Membuat Mie Kwetiau

Kebetulan HM punya stok mie kwetiau kering, jadi langsung bikin buat menu sarapan suami dan Aqla. Kali ini HM bikin mie kwetiau goreng, simpel tapi rasanya enak banget. Inipun gara-gara suami mendadak minta sarapan mie kwetiau goreng, terus telur tinggal satu, yaudah bikin kwetiau goreng apa adanya. Alhamdulillah, nikmattt.

Selamat mencoba.

Resep Mie Kwetiau Goreng

By @hm_zwan

Bahan :

1 bungkus mie kwetiau kering, rebus, sisihkan

1 genggam udang rebon

1 butir telur

2 genggam toge

1 batang daun seledri

Daun bawang secukupnya

1 sdt garam

1 sdm saos tiram

2 sdm kecap manis

2 sdm minyak goreng 

Mengenal Kwetiau : Jenis Mie Berbahan Dasar Tepung Beras

Bumbu uleg (duh, rajinnya ngulek wkwkwk) :

1 bawang merah

3 bawang putih

1 cabe merah

5 cabe rawit

Cara membuat :

Panaskan minyak goreng, tumis bumbu uleg, udang rebon, masukkan kwetiau, Toge, aduk rata. Masukkan telur, aduk. Tambahkan garam, saos tiram dan kecap manis, koreksi rasa. Jika sudah matang, angkat, sajikan.

 

1 comment:

  1. Dulu saya punya teman Chinese kalau kerumahnya sering banget dibuatin kwetiau sama mamanya, dari situ jadi suka, wah nyobain ah resepnya mab di rumah niy bikin sendiri, bahannya juga mudah dicari

    ReplyDelete