Sunday 18 September 2022

Pengalaman Pertama Bikin Bolu Gulung

Pengalaman Pertama Bikin Bolu GulungSetelah maju mundur sekian tahun mencoba praktik bikin kue yang satu ini, akhirnya minggu lalu kesampaian juga bikin bolu gulung. Sejak ngikutin facebooknya mbak Cintia Kitchen yang suka banget berbagi resep dan cara membuat bolu gulung beserta banyak kue dan snack lainnya. Saya mulai memberanikan diri untuk menantang diri sendiri keluar dari zona nyaman.

Iya, saya yang biasanya cuma masak sayur lodeh, nasi goreng, aneka tumisan, roti ala kadarnya mulai mencoba bikin sesuatu yang berbeda. Buat yang sudah pandai membuat cake dan sejenisnya mungkin ini bisa jadi hal biasa, berbeda dengan saya yang belajar apapun selalu otodidak. Mulai dari memotret makanan, membuat video sampai memasak.

bolu gulung

Hari H, Waktunya Bikin Bolu Gulung

Butuh waktu tiga hari untuk memastikan jadi atau tidaknya membuat bolu gulung, ahahaha. Receh ya, tapi Alhamdulillah setelah lihat video mbk Cintia beberapa kali akhirnya sore hari saya praktik bikin bolu gulung. Awalnya deg-degan, bukan takut gagal kuenya bantat, tapi takut waktu gulung bolunya wkwkwkwk. Pokoknya yang saya bayangin itu, bisa nggak ya gulung bolunya, mulus nggak ya permukaanya. Dan masih banyak lagi pikiran negatif yang membayangi saya.

Sampai akhirnya setelah bolu jadi, waktunya menggulung. Semua peralatan untuk menggulung, memadatkan sudah saya persiapkan. Beberapa menit kemudian setelah diguung dan padatkan, saat membuka lap dan melihat hasil yang pertama auto terharu. Alhadulillah mulus permukaannya…yeaayy!!!Sampai akhirnya di bolu kedua juga sama, mulus tanpa ada retakan di permukaan, Alhamdulillah.

bolu gulung

Untuk percobaan pertama, lancar tanpa ada drama yang serius. Lancar banget gulung bolunya, dan permukaan mulus, cantik. Cuma PR nya ada beberapa, tapi yang paling saya rasakan hanya ada dua yang paling terasa. Emmm seperti, isiannya kurang banyak, butter cream dan kejunyanya kurang tebal, jadi ketika digulung tidak terlihat isinya, kopong gitu. Kedua, ternyata gulung bolunya harus lebih dipadetin lagi, jadi masih ada sela gitu. Ini bisa jadi isinya juga kurang banyak dan tebal jadi kurang set gitu. Dua ini yang saya rasakan, next saya mau bikin bolu gulung lagi karena masih penasaran. Selain penasaran, bolunya juga enak, lembut banget.

Ohya, resep mbak Cintia ini enak banget. Sebelum berani bikin bolu gulung saya sering pakai resep ini buat bolu marmer, enak banget. Teman-teman wajib cobain..

Tips Bikin Bolu Gulung Anti Gagal

Berdasarkan pengalaman diatas, berikut beberapa tipsnya :

1. Siapkan bahan dan peralatan

Sebelum mulai masak, siapkan semua bahan dan peralatan untuk menggulung dan memadatkan bolu. Jadi ketika memadatkan bolu yang sedang digulung, kita tidak bingung harus cari alat untuk memadatkan. Alat memadatkannya saya pakai talenan plastik, pastikan ukuran panjangnya sama dengan lebar bolu.

bolu gulung

2. Pelajari cara/langkah membuat kue

Selain harus mempelajari cara membuat kuenya, juga yang paling penting adalah pelajari langkah menggulung bolunya. Karena menggulung bolu ini ada triknya bukan asal digulung saja. Di video yang saya share terlihat jelas cara/langkah menggulung bolunya.

3. Jangan asal angkat bolu

Permukaan bolu gulung ini lumayan mulus dan halus, jadi perlu hati-hati dalam memindahkan bolu ke wadah/piring. Jika asal biasanya permukaan bolu langsung/cepat pecah/retak.

4. Gunakan serbet atau alas roti untuk menggulung

Saya menggunakan serbet bersih

bolu gulung
Coba perhatikan bolu yang atas garis-garis, ada yang retak pojok kanan.
Gara-gara nggak hati-hati pas mindahin ke piring >_<

Resep Bolu Gulung Anti Gagal

Recipe : @cintia.kitchen

Rebake : @hm_zwan

Bahan :

3 butir telur

70 gr gula pasir

70 gr tepung terigu pro rendah (saya pakai pro sedang)

10 gr maizena

10 gr susu bubuk

1/2 sdt vanili

1 sdt SP

90 gr margarin, lelehkan

Sedikit pasta coklat (saya pakai moca)

Topping :

Butter cream

Keju

Meses

Cara membuat :

Panaskan oven terlebih dahulu. Siapkan wadah, masukkan semua bahan kecuali margarin. Mixer sampai adonan kaku berjejak, masukkan margarin yang sudah dilelehkan. Mixer dengan kecepatan rendah sebentar, lalu aduk sebentar menggunakan spatula. Tuang sedikit adonan di mangkok, beri pasta moka, sisihkan. Tuang di loyang 22x22x4cm, oles dengan margarin dasarnya saja lalu tuang adonan, ratakan kemudian buat motif menggunakan adonan pasta moka. Panggang 17-20 menit suhu 20’C api atas bawah. Jika sudah matang, keluarkan dari Loyang, olesi permukaan dengan butter cream dan keju/meses, gulung dan padatkan.

Untuk mengocok adonan bolu gulung saya menggunakan Stand Mixer Platinum Series ESM-999 by Ecohome. Dengan desain modern, dengan pilihan warna yang cantik mixer ini berkapasitas 6,5L, low watt 200-1000W. Terdapat 3 macam pengaduk, pulse dan 6 pilihan kecepatan. Selain itu, mixer ini juga lumayan anteng nggak banyak gerak hehehe. Love banget sama mixernya. Ohya, sedangkan untuk memanggangnya saya pakai Electric Oven Platinum EOP-888 Ecohome.

Baca juga : Review Electric Oven Platinum EOP-888 Ecohome

ECOHOME | Stand Mixer Platinum Series | ESM-999| Premium Stand Mixer

Fyi, Ecohome Indonesia adalah brand premium home appliances, merek dari Jerman yang masuk di Indonesia pada tahun 2019 dan sampai saat ini, Produk-produknya menjadi best item produk. Design dari Jerman dan diproduksi oleh pabrikasi yang memproduksi aneka peralatan rumah tangga untuk pasar US dan Eropa. Ecohome menjadi brand buatan Jerman yang sudah mendapatkan hak paten dan lisensi resmi. Salah satu produk yang kali ini saya pakai untuk membuat bolu gulung adalah Stand Mixer Platinum Series.

bolu gulung

Stand Mixer Platinum Ecohome untuk membuat adonan makanan ataupun kue yang lezat jadi mudah, cepat dan menyenangkan. Stand Mixer ini mampu bekerja secara cepat dan professional (heavy duty) dengan teknologi tinggi dan desain yg kokoh. Pilihan tepat untuk kebutuhan dapur. Cocok untuk membuat adonan roti, kue, ataupun mie.

FEATURES: 

· Profesional stand mixer, Pure copper motor yg lebih besar dan kuat, awet digunakan dalam waktu lama

· Dilengkapi dengan pulse & 6 pilihan kecepatan yg ideal untuk mencampur, mengocok dan mengaduk

· Kapasitas besar 6,5L stainless steel bowl (max adonan basah 2 Kg, max bahan kering 1.3 Kg)

· Desain Modern dengan Full metal gears and with IC controller

· Bowl bahan stainless steel #304 food grade dengan laser logo lebil elegant

· Terdapat 6 anti slip feet, menjaga agar alat tidak geser saat digunakan

· ABS housing with 3 LAYER CRYSTAL COATING (Full Body), lebih mewah dan lebih kokoh

· Dilengkapi dengan pengaman tutup transparan agar adonan tidak berantakan

· Unique design heat removal system di berlakang

Dilengkapi 3 macam pengaduk, bahan die cast anti lengket (whisk, dough hook, beater)

· Dough Hook untuk menguleni adonan berat

· Whisk untuk pengocok telur

· Beater untuk meratakan adonan tepung

· Voltage: 220V

· Low watt: 200-1100W

· Frekuensi rate: 50Hz


GARANSI RESMI 2 TAHUN

Untuk harga Stand Mixer Platinum Series ESM-999 Rp 2.499.000, bisa didapatkan di website resmi Ecohome dan beberapa e-commerce seperti Tokoedia, Shopee dan Lazada.

bolu gulung


24 comments:

  1. Wah udah bisa bikin bolu gulung sendiri, mantep ini kayaknya dari kelihatannya lembut. Mixernya enggak kalah keren dong, pasti yang bagus ini mah sehingga hasil adonannya pun sempurna. Jadi pengin nyoba buat kue-kue gini, apalagi pencinta roti. Terima kasih resepnya!

    ReplyDelete
  2. Semangat bikin bolu gulungnya yah Zwaan! Aku juga kali masak sih masih berani tapi kalo baking atau yang berhubungan dengan kue banyak gak pede nya nih hahaha. Emang harus latihan terus yah Zwaan biar ketahuan kekurangannya di. mana

    ReplyDelete
  3. Wah keren dong mb is sdh bikin bolu gulung. Tepuk tangaaan darikuuu. First trial uda lgsg jadi, kekurangan dikit2 mah gapapa. Miksernya juga kereeeen. Aku suka deh lihat mixer warna stainless gini. Selamat berkreasi dg kue2 lainnya ya mbak..

    ReplyDelete
  4. Aduuuh mbak Iis emang paling pinter bikin kita mupeng sama hasil karyanya nih. Bolu gulung model begini aku tuh sukaaaaa bingit, bisa kali serlol aku habiskan semua kalau ga ingat diet ahahahahhaah :D Oh, ternyata pakai mixer Ecohome ya pantesan sukses banget, kirim dong!

    ReplyDelete
  5. Asyik nih bisa bikin bolu gulung sendiri. Kelihatan enak dan lembut itu bolunya. Kalau deket, saya mau icip-icip. 😂

    ReplyDelete
  6. Aihhh bikin mupeng stand mixer Ecohome-nya, mbaaak. Asli yaa bikin bolu gulung itu bikin deg-degan banget kok. Aku cuam sekali aja bikinnya jaman anak-anak masih balita, bagian menggulung bolu yang bikin baper kalo hasilnya retak. Tapi itu retaknya karena dipindah ke piring yaa, jadi gimana enaknya ya, nggak usah dipindah ke piring, langsung aja dipotong-potong, hihiii

    ReplyDelete
  7. Wah ini mah bisa dibilang berhasil. Bikin bolu tuh kadang susash2 gampang apalagi saat proses pengadonan. Salah takaran bisa bikin bantet
    Apalagi bolu gulung teksturnya juga harus pas agar saat di gulung todak hancur
    Btw gagal fokus sama mixernya. Bagus ya mirip yg kaya ditoku kue/roti gitu

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah, setelah tiga hari maju mundur cantik, jadi juga bikin bolu gulung. Dan walau baru pertama bikin, hasilnya cantik lho mbak

    ReplyDelete
  9. Keren loh hasilnya... Itu sukses walau perdana bikinnya. Sampai sekarang, belum niat coba eksekusi bolu gulung. Simpan dulu resepnya. Semoga suatu saat bisa bikin juga. Aamiin... Btw, mixernya keren abis... Tambah produktif, nih!

    ReplyDelete
  10. Oalah gampang ya ternyata, dulu kupikir mesti pakai cetakan lain, ternyata pakai cetakan segi empat biasa

    ReplyDelete
  11. Mbaaaaa dirimu sungguh ajaib deh tangannyaaaaa
    Bs menghasilkan aneka kreasi menu yg WOW
    Beneran bikin mupeeengggg maksimal

    ReplyDelete
  12. Wawww sampai dikasih nama bolu gulung anti gagal maak kereen jadi mupengg...apalagi alat mixernyaa top markotop yakss

    ReplyDelete
  13. Aku pengin icip. Enak sekali ini Mbak. Keren banget ini Stand Mixer Platinum Ecohome buat adonan makanan ataupun kue yang lezat jadi mudah, cepat dan menyenangkan. Impian deh ada di dapurkuuu

    ReplyDelete
  14. Pas gulung bolu gulung ini tekniknya sama kaya gulung gimbap kah?
    Aku suka banget sama motif marble-nya yang seragam, teh..
    Ini keren banget..

    ReplyDelete
  15. Saya bagian makannya aja, deh. Kayaknya sulit buat saya ngegulung begini hahaha. Keren lho ini. Baru pertama kali bikin udah langsung berhasil

    ReplyDelete
  16. Duh langsung kebayang lembutnya bolu gulung..Jadi pengen coba buat.. Apalagi pake mixer yang sama gini hohoho..biar hasilnya juga sama...

    ReplyDelete
  17. Dah lama pengen bisa bikin bolu gulung mbak, gagal melulu. ternyata gitu ya tipsnya yaa, digulung pakai serbet bersih ya makasih mbak, ntar aku coba ah buat

    ReplyDelete
  18. Lihat bolu gulung begini inget nenek aku. Dulu beliau rajin bikin. Sampe banyak tetangga yang pesen. Setelah nenek sakit-sakitan dan meninggal, aku belom pernah lagi deh makan. Soalnya gak percaya ada yang rasanya seenak bikinan nenek. Lihat ini aku jadi kepengen nyoba bikin sendiri. Btw, aduh mixernya bikin mupeeeng. Cakep banget. 😍

    ReplyDelete
  19. Wah, paling takut kalau bikin bolu gulung tu pas nggulungnya. Takut patah.. Hihi.. Btw mixernya spek nya keren juga nih. Tapi musti nabung dulu kalau mau beli

    ReplyDelete
  20. Ya ampun..bikin pertama kali aja udah cakep gini. Gak yakin deh kalau saya yang buat bisa anti gagal juga. Wkwkwk. Gak boleh insecure..gak boleh insecure (ceritanya ngomong sama diri sendiri hihihi). Tapi kayaknya kalau pakai stand mixer Ecohome ini bakalan terbantu sih yaa, adonan jadi tercampur dengan baik..

    ReplyDelete
  21. Ya, ampun dirimu keren banget sih, Mba, aku tuh paling ga bisa deh kalau buat camilan, kue-kue kayak gini. Mana jadinya bagus bangetttt,menjual ini, mba, bisa jadi bisnis

    ReplyDelete
  22. Saya belum pernah bikin bolu gulung, takut bolunya patah duluan hahahah. Tapi kayaknya harus nyoba biar ga penasaran. Duh mixernya menggoda

    ReplyDelete
  23. Wah itu cakep amat mixernya. Mupeng banget pengen punya juga si cakep Stand Mixer Platinum Ecohome. Btw itu cakep sekali motif bolu gulungnyaaaa.. kayamya ngga terlalu sulit bikinnya ya maaaak..

    ReplyDelete
  24. Saya kalo baking2 gini masih belum bisa. Terlebih belum punya oven baru lagi. Bolu gulung, kalo saya bikin bakalan patah kali ya, haha... Mesti telaten banget memang kalo bikin bolu gulung gini. Nah saya mau nyoba ah kalo udah punya oven :D

    ReplyDelete