Thursday 18 November 2021

5 Kreasi Menu Berbahan Utama Madu

Assalamualaikum sahabat HM Zwan, semoga sehat selalu ya. Hayooo, siapa yang suka madu? Kalo saya Alhamdulillah selalu nyetok madu di rumah. Bisa dibilang madu masuk ke daftar belanja bulanan. Kadang madu dikonsumsi gitu aja sebelum tidur, seringnya untuk tambahan minuman hangat seperti bikin wedang jahe atau lemon tea. Kalau untuk campuran menu masakan sesekali aja, nggak sering gitu. 

Nah, kemarin saya dapet kiriman Raw Honey dari Madu Onggu. Ada yang pernah dengar Madu Onggu?. 

Apa itu Madu Onggu? 

Madu Onggu adalah raw honey atau madu mentah tanpa proses pemanasan, dan tambahan apapun, sehingga terjaga kandungan nutrisi dan kemurniannya. Madu Onggu 100% madu murni alami. 

Manfaat Madu Onggu 

Madu Onggu baik untuk kesehatan jantung dan mampu menurunkan tekanan darah. Bahkan juga mengandung nutrisi dan memiliki kualitas antioksidan yang tinggi. Pengganti gula untuk penderita diabetes.

Proses Produksi Madu Onggu 

Madu Onggu tidak mengalami proses pemanasan, tanpa penambahan apapun sehingga terjaga kandungan dan kemurniannya. Selain madu, adapun produk unggulan dari kami adalah bee pollen dan sarang madu yang proses pemanenannya juga mengutamakan kealamian sumber pakan.

Apakah Madu Onggu Halal untuk Dikonsumsi? 

Sangat halal dikonsumsi, karena Madu Onggu sudah disertifikasi halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan nomor sertifikat 07120063880919, sehingga para konsumen tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsinya.

Keunggulan dari Produk Mellifera Raw Honey

- Memiliki kesegaran cita rasa dan aroma khas nektar alam sehingga dapat di nikmati mulai dari anak-anak hingga orang dewasa karena rasanya yang manis lembut ringan. Cocok dikonsumsi setiap hari langsung dengan sendok atau digunakan sebagai tambahan pada makanan, minuman, maupun diolah menjadi masakan. 

- Sebagai suplemen alami memasuki new normal dan musim penghujan seperti ini. Dan sudah teruji di lab terakreditasi KAN sesuai dengan standar SNI. 

- Karena kandungan baiknya, madu mellifera raw honey memiliki manfaat antibakteri, melegakan tenggorokan, mengatasi kadar gula darah rendah, menurunkan kadar kolesterol “jahat", membantu tidur lebih nyenyak. 

- Untuk kesehatan kulit madu membantu merawat kelembutan kulit, membantu eksfoliasi kulit yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati di wajah, mengandung zat anti inflamasi dan antibakteri yang bisa meredakan peradangan dan pembengkakan pada jerawat, mencerahkan kulit melembabkan dan menutrisi kulit, mencegah penuaan dini. Cara pengaplikasiannya bisa sebagai masker wajah. 

- Cocok untuk yang mencari madu sesuai fitrah dari nektar alam, tanpa tambahan pakan lebah buatan, tanpa campuran apapun, serta tanpa proses pemanasan yang menjaga enzim dan kandungan baiknya. 

- Membeli mellifera raw honey Madu Onggu berarti telah membantu pemberdayaan peternak lebah madu lokal yang memanen madu dari lokasi-lokasi terbaik di hutan dan perkebunan jawa timur, sekaligus menjaga kelestarian lebah yang mengambil madu dari nektar alam pilihan bukan dari pakan tambahan buatan, sehingga berdampak baik pula pada terjaganya kelestarian alam karena lebah madu membantu penyerbukan tanaman hutan dan perkebunan. 

Berapa Harga Mellifera Raw Honey? 

Harga Mellifera Raw Honey sangat terjangkau melebihi dari kualitas dan manfaat baik yang Insya Allah didapatkan. Untuk Mellifera Raw Honey kemasan jar kaca 250gr harga di pasaran Rp 75.000 (harga bisa berubah sewaktu-waktu). Untuk pemesanan Mellifera Raw Honey bisa  didapatkan melalui instagram @maduonggu atau bisa cek di  website Madu Onggu. 

5 Kreasi Menu Berbahan Utama Madu

1. Lemon Tea

Ada yang suka lemon tea? Hampir tiap pagi saya selalu bikin lemon tea. Diminum hangat sama madu plus kucuran jeruk lemon, seger banget. Cara bikinnya gampang banget, sedih teh, selagi hangat kucurin jeruk lemon dan madu. Hidangkan. 


2. Rice Bowl ala HM Zwan 

Masak apa hari ini?Rice bowl ala ala yang isinya nasi, tumis pare (di resto mana ada rice bowl isi tumis pare wkwkwk), tumis sawi putih wortel sama tumis udang kecap. Alhamdulillah nikmat.. 

Tumis Udang Kecap Manis

By @hm_zwan

200 gr udang

2 sdm kecap manis

1 sdm madu

1 sdt garam

1/4 sdt kaldu bubuk

1/4 sdt lada

1/4 sdt gula pasir

2 cabe hijau besar, iris serong

1 buah tomat kecil, iris serong

100 ml air

30 ml air+1 sdt tepung maizena

2 sdm minyak goreng 

Bumbu iris :

2 bawang putih 

5 bawang merah

3 cm jahe, geprek


Cara membuat :

Panaskan minyak goreng, tumis bumbu iris sampai harum. Masukkan udang, tambahkan air, gula, garam, kaldu bubuk, lada, kecap manis, madu, cabe, tomat. Aduk rata, masukkan air yang sudah dicampur tepung maizena, aduk. Koreksi rasa. Angkat, sajikan.


3. Honey Chicken Sandwich Bun 

Ada yang suka #sandwich?

Lagi nganggur banget, jadi bikin dong ahahaha. Sejak Bubuky suka banget makan sandwich beli di depan toko cat putih merah kuning, jadi ketagihan. Daripada beli terus 16rb kali sekian, mulai deh #emakirits berkalkulasi. Yaudah bikin sendiri.. Nyicil bikin roti bun sore buat stok. Ini resepnya ya.. Ahamdulillah orang rumah pada doyan, ludes seketika. 

Honey Chicken Sandwich Bun 

Roti 

By @hm_zwan

Bahan :

300 gr tepung terigu protein tinggi 

37 gr kental manis

150 ml susu cair

4 gr ragi

1 sdm gula

1/2 sdt garam

1 butir telur

35 gr margarin


Cara membuat:

1. Campur susu, kental manis, gula, telur dan ragi. Aduk rata. Sisihkan. 

2. Siapkan wadah masukkan terigu dan adonan susu, uleni. 

3. Tambahkan garam dan margarin, uleni lagi hingga kalis. Bulatkan adonan, diamkan 15 menit.

3. Kempiskan adonan, bagi menjadi beberapa bagian sama rata. Bentuk bulat. 

4. Siapkan loyang, tata diamkan selama 1 jam atau hingga mengembang 2 kali lipat.

5. Panggang dalam oven suhu 180’C, selama 15-20 menit. Angkat,olesi dengan margarin.

Ayam Madu

Bahan :

200 gr ayam

1 buah bawang bombai ukuran kecil

2 bawang putih

1/2 sdt garam

1/4 sdt lada hitam

2 sdm saos tiram

2 sdm kecap manis

3 sdm madu

3 sdm minyak goreng 

Air secukupnya 


Cara membuat :

Siapkan chopper, blend jadi satu bawang bombai dan bawang putih sebentar. Masukkan daging ayam, blend sebentar. Panaskan minyak goreng, tumis ayam sampai harum. Masukkan air, garam, saos tiram, lada hitam kecap manis dan madu. Koreksi rasa, jika air surut, matikan api. Angkat.

Bahan tambahan :

Saos sambal

Mayones 

Selada

Timun

Tomat

Margarin

Cara membuat sandwich bun :

Siapkan teflon, panaskan margarin, panggang roti. Siapkan roti, letakkan selada, ayam madu, saos, mayones, tomat dan timun. Lalu tutup dengan irisan roti bagian atas. Sajikan.


4. Buah Potong Madu

Ada yang suka buah?

Sudah pernah nyoba bikin sarapan buah potong pisang mix alpukat? Cobain deh..enak banget. 

Buah potong madu

Bahan :

1 buah alpukat, potong

1 buah pisang, potong

Madu secukupnya

Chia seed secukupnya

Cara membuat :

Tata buah di piring, tuang madu, taburi chia seed


5. Wedang Jahe 

Ada yang suka wedang jahe?

Ini wedang jahe masa kini, ada tambahan kayu manisnya. Kalo mau manis, tambahin madu minum hangat.

By @hm_zwan

Bahan :

300 ml air panas

5 cm jahe, geprek

2 batang kayu manis

Madu secukupnya 

Cara membuat :

Seduh jahe dan kayu manis. Tambahkan madu jika sudah hangat dan bisa langsung diminum hangat. 


3 comments:

  1. Tim penyuka wedang jahe hadiiir!!
    kebetulan ada stok jahe, mau coba wedang jahe nya aah ternyata selain di minuman, madu bisa juga jadi bahan kreasi makanan.. ngga kepikiran loh mba, biasanya diminum langsung, atau campur ke minuman.

    ReplyDelete
  2. Wah mantep ini buat penyuka madu apalagi bisa dibuat kreasi masakan kayak gini jadi makin enak makannya, haha. Madu memang bermanfaat untuk menjaga imunitas.

    ReplyDelete
  3. Wah jadi ada ide bebikinan pake madu hehe. Makasih mba 😁

    ReplyDelete