Wednesday 28 July 2021

Yuk, Intip 5 Hal Produktif yang Biasa Saya Lakukan Saat Di Rumah Saja

Nggak nyangka ternyata pandemi bisa bikin kita lebih banyak di rumah aja, rasanya campur aduk pas awal-awal pandemi. Biasanya asal keluar rumah tanpa ini itu, tiap weekend selalu jalan-jalan, ya minimal keliling desa pulang-pulang bawa cilok dan gorengan wkwkwk. Tapi, pandemi bikin banyak orang takut, was-was. Jadi sebisa mungkin ditahan dulu keluar rumahnya untuk keperluan yang tidak mendesak. Kalaupun harus keluar rumah, protokol kesehatan nomor satu, pakai masker wajib hukumnya. Jangan sampai lengah karena virus nyata adanya.


Sudah berbulan-bulan di rumah saja. Banyak kegiatan dan aktivitas baru yang dilakukan, dari hal-hal yang mungkin dulunya nggak kita banget. Pandemi mampu membolak-balikkan hati kita, siapa sangka dulu nggak suka bertanam akhirnya kena demam bercocok tanam di rumah. Yang sudah bertahun-tahun punya mesin jahit dianggurin di pojokan, pandemi membuat mesin jahit aktif kembali dan membawa keberkahan tersendiri buat teman saya. Iseng jahit, bikin masker lalu pamer di status, akhirnya banyak yang pesan, Masya Allah.

Yuk, Intip 5 Hal Produktif yang Biasa Saya Lakukan Saat Di Rumah Saja

Kalau teman saya lagi asik sama mesin jahitnya, maka saya juga nggak kalah makin produktif selama pandemi, saat harus di rumah saja. Berikut beberapa kegiatan yang cukup produktif dan bikin saya nggak mikir yang aneh-aneh apalagi kalau lihat banyak berita akhir-akhir ini. Yuk,intip 5 hal produktif yang biasa saya lakukan saat di rumah saja.

1. Belajar Edit Video
Hayo, siapa disini yang suka bikin konten video?. Sebenarnya sudah lama bikin video masak, cuma sejak pandemi hasrat belajar edit video makin menjadi-jadi. Tapi nggak muluk-muluk juga belajarnya, selow aja yang penting hati bahagia. Ada beberapa video editor yang cocok, tapi ada beberapa video editor yang ribet banget. Akhirnya pilihan masih jatuh di FilmoraGo.

2. Download MySmartfren 
Nah, ini nih salah satu yang bikin saya semangat bikin konten dan coba-coba ahaha. Ya, siapa tau ikutan lomba atau challenge bikin video yang diadakan Smartfren bisa jadi rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Ada yang punya nomor Smartfren tapi belum download MySmartfren?Hayuk,buruan download aplikasi MySmartfren. Karena dengan modal downloada aja kita bisa berkesempatan dapat Redmi8A Pro, MiFi M6X, data 30GB. Jangan lupa juga, ikuta Smartfren Rezeki WOW periode 2.


Smartfren juga lagi ngadain MySmartfren Challenge lho, caranya gampang banget, cuma bikin konten berupa foto atau video tentang MySmartfren dan postingnya di instagram. Selain itu, Smartfren juga hadir dengan paket terbarunya yaitu Gokil Max, paket terbaru yang dibekali dengan dukungan yang 100% 4G LTE dan kuota besar hingga 36GB yang bisa digunakan internetas sepuasnya, baik siang atau tengah malam.



3. Bikin Video Masak
Kalau dulu bikin video masak paling sebulan dua kali, tapi sejak pandemi makin rajin bikin video masak. Karena bingung banget mau ngapain, apalagi biasanya weekend selalu liburan, entah ke Surabaya, pulang ke rumah ibu di Jombang atau pulang kampung ke Ponorogo. Jadi pas weekend saya iseng bikin video masak, akhirnya ketagihan deh. Jadi hampir 2 hari sekali saya bikin video masak. Rajin yaaaa??wkwkwk..bukannya rajin, karena bingung banget harus ngapain selama di rumah aja. Akhirnya cari kegiatan yang bikin bahagia, salah satunya bikin video masak.


4. Belajar Video Masak
Nah, bikin video ini nggak semudah yang dibayangkan. Tidak seperti bikin konten foto, jelas beda banget ya. Sejak pandemi, saya belajar video masak secara otodidak. Yaitu dengan melihat video masak beberapa food influencer di instagram, salah satunya instagram mbk Anita Joyo. Dari awal mbk NIta bikin video masak, saya selalu amati tiap scene demi scene video. Bahkan sebelum saya membuat video biasanya saya bikin catatan, misalnya untuk video pembukaan nanti adegannya seperti ini, begitu juga dengan penutupnya. Tapi kadang saat hari H, biasanya saya explore dengan apa yang sering saya lihat dari video masaknya mbk Nita.

Contohnya seperti ini :
a. Pembukaan : - Scene menaruh kue/hasil masakan di meja
                        - Scene mengiris kue dan memperlihatkan hasil kuenya
                        - Video hasil masakan dan produk (ini biasanya permintaan klien)
b. Inti             : - Scene menuang bumbu/memasak (view cukup wajan saja)
                       - Scene masakan hampir jadi (pas masakan mendidih bisa di                                  ambil gambarnya)
c. Penutup      : - Scene menaruh hasil masakan di meja (hampir sama seperti                                pembukaan, tapi di video akhir selipkan visualisasi yang                                      berbeda)


5. Main Sama Anak
Salah satu kegiatan rutin hampir setiap hari saya lakukan adalah main sama anak. Selain membuat materi mainan sendiri dari peralatan dan bahan yang ada di rumah, biasanya saya mencari referensi kegiatan dari instagram, salah satunya dari mbk Helena. Hayo, ada yang kenal Helenamantra?ahahaha udahlah ya nggak usah dijawab, pasti kenallah ya. My House is My Playground adalah salah satu kegiatan yang saya lakukan bareng Aqla di rumah. Aktivitas sederhana yang bisa membuat hubungan ibu dan anak makin erat. Selain itu, kegiatan ini juga bisa membuat anak lebih kenal dengan tempat tinggalnya lho. 


Gimana, nggak berat kan ya 5 hal produktif yang biasa saya lakukan selama di rumah aja?hehehe. Apapaun kegiatannya, selama kita menikmati, kita merasa bahagia, Insya Allah berkah ya. Daripada overthingking dengan berita-berita yang hampir bikin nyesek dada setiap harinya, malah bikin bikin kita down. 

Semangat teman-teman..
Sehat sehat bahagia selalu ya..



24 comments:

  1. Iya, bikin video tuh mau video apapun butuh konsep, agar propertinya dah siap sebelum buat video ya, Mba. dan setelah itu yang paling seru bagian editing. ^_^

    ReplyDelete
  2. Wah, ikutan smartfren challenge kayaknya seru nih. Itung2 belajar bikin video ya terutama masakan hehehe. Banyak hal bisa dilakukan di rumah, jadi meskipun mungkin terrasa laaaam dan bosan, tetap bersyukur aja dengan keaddan ini ya mbak. Makin dekat juga hubungan fisik dan emosional kita dengan anak2 manis di rumah.

    ReplyDelete
  3. Kalau aku masih males buat masak meski banyak di rumah, tapi menikmati video-video kreasi masaknya. Lucu-lucu, gokil-gokil dan terpana dengan hasilnya yang memikat. pengen nyicipin dan pengen bisa bikin video, tapi yaitu tadi aku malesan hihihi. kalau selama pandemi ini aku jadi banyak nonton film di aplikasi sih, terus diceritain di blog. Biar berfaedah hehehe

    ReplyDelete
  4. sama kayak suami, sejak ppkm kantornya juga tutup akhirnya mengisi waktu dengan membuat video pengen jadi yutuber "kue putu lewat bang" wkwkwk..dan emang iya bikin video itu ada konsepnya ya mba jadi seru..suami paling suka pas editnya bikin ketawa2 sendiri sementara aku sendiri masih kerja terus

    ReplyDelete
  5. Seruu pisan kegiatan di rumah aja yaa, banyak hikmahnya ternyata pandemi ini, menjadikan diri lebih kreatif dan jadi produktif plus menghasilkan meski di rumah saja.
    Sekarang mah cilok ma gorengannya bikin ajaa ya Maak.

    ReplyDelete
  6. Nomor 2 sampai 4 aku belum nih mbak. Itu yang bikin video masak pengen banget, tapi kalau sedang masak gitu aku ga bisa sambil videoan, masakannya ga jadi-jadi karena sibuk nata kamera dan lighting haha. Yang nunggu masakanku keburu lapar. Kalau udah jadi makanannya baru bisa videoan. Perlu belajar nih sama mbak Is biar lihai :D

    ReplyDelete
  7. Beh produktif sekali. Aku karena ada Keponakan bayi jadi ya lumayan sering main sama dia. Lihat perkembangan dari emaknya hamil sampai sekarang udah glondongan 9 bulan, hahaha

    ReplyDelete
  8. Sebagai penggemar video2 masak ala HMZwan, aku manggut2 setujuuuu baca artikel ini.
    keren banget dirimu mbaaa
    Aakk, aku juga mau lebih produktif!

    ReplyDelete
  9. Saya juga sedang belajar edit video pakai Filmora mbak, simpel menurut saya dibanding aplikasi lain yang pernah saya pelajari

    ReplyDelete
  10. Menjadi produktif bisa mengurangi mengeluh di saat pandemi, ya. Saya kalau lagi bete pun lebih suka menyibukkan diri. Setidaknya gak uring-uringan terus

    ReplyDelete
  11. Keren ini ih, walaupun di rumah tetap produktif apalagi bikin video masak. Kadang aku mau bikin video gitu suka males duluan, aku kalau lihat di instagrammu selalu berucap "masya Allah rajinnya". Sekarang tuh biar di rumah yang penting kuota lancaaarrrr.

    ReplyDelete
  12. Keren mbak, bisa tetap produktif meski di rumah saja
    sebenarnya banyak juga ya mbak hal hal produktif yang bisa dilakukan di rumah saja
    termasuk buat video masak
    aku suka lihat video video masak mbak, cakep cakep

    ReplyDelete
  13. Setuju Mbak, lebih baik kita melakukan aktivitas yang menyenangkan selama di rumah saja, daripada overthingking dengan berita-berita yang hampir bikin nyesek. Lebih baik menikmati hidup, ya.

    ReplyDelete
  14. Mbaak saya pengin banget belajar edit video dan bikin video masak. Selama ini selalu mupeng saja lihat video mbak dan foodstagram lainnya. Baru sampai di niat dan belum eksekusi :((
    Untuk uplod video emang butuh kuota yang banyak ya mbak. Bisa nih smartfren jadi pilihan, harganya terjangkau kantong.

    ReplyDelete
  15. Mbak Hana, bisikin merek phone holdernya dong. Lagi pengen beli kek gitu buat foto/video flatlay. Secara meski di rumah aja kan kudu tetap produktif kek Mbak Hana yang video2 masaknya bikin ngiler.

    ReplyDelete
  16. Bikin video ini PR banget buat saya. Kalau pun sudah niat dan kebanyakan waktu dihabiskan hanya di rumah, tetap saja belum sempat bikin.

    ReplyDelete
  17. Aku pengen banget bs bikin video masak. Tp realitanya knp kdg susah gt ya.. Huhu..

    Selain problem lighting jg kudu fokus banget ya. Kdg tuh digangguin jd gak bs2. Perlu belajar banyak dr mb nih

    ReplyDelete
  18. gak pendemi aja di rumah banyak yang bisa kita lakukan ya mak
    apalagi lagi pandemi di rumah aja ya mak
    buanyaaaaaaaaak banget ketambahan ngajari anak-anak

    ReplyDelete
  19. Jadi meski di rumah aja..kita tetep bisa melakukan banyak banget hal positif dan berfaedah ya...

    ReplyDelete
  20. Saya juga jadi belajar ngedit video, Mak, tapi semua berawal dari tugasnya anak-anak, wkwkw... Pernah nyoba videoin diri sendiri pas masak, tapi hasilnya belum sebagus Mak Iis. *tutupmuka

    ReplyDelete
  21. Lighting sama fokus yang selalu jadi masalah utama. Kalau properti masih bisa diakali lah ya. Nah, pantes nih, video Mak Hana cakep-cakep ya, selain udah terlatih skill-nya, ada holder juga yang pastinya ngebantu banget.

    ReplyDelete
  22. Mak Iis memang produktif banget. Suka deh dengan video-video masaknya. Aku masih gaptek deh ih bikin gituan. Pastinya ya, kalo punya internet ngebut mah, bawaannya kepengen produktif aja bikin-bikin ya. :D

    ReplyDelete
  23. aku penonton setia video masakmu mak. makin lama makin kece deh ga nyangka belajarnya otodidak lho. jadi pengen berguru padamu deh. aku tu seringnya ga sabar kalo ngedit2, padahal kuncinya di editing itu ya hahaha

    ReplyDelete