Monday 21 June 2021

Cara Mudah dan Praktis Membuat Pastel Pangsit, Dijamin Anti Gagal-gagal Club

Cara Mudah dan Praktis Membuat Pastel Pangsit, Dijamin Anti Gagal Gagal Club

Pastel, Jajanan Gurih dengan Variasi Isi yang Berbeda

Ada yang suka pastel?eits, ini bukan warna pastel ya tapi kue pastel. Menurut Wikipedia, Pastel adalah semacam pastri yang dibuat dengan meletakkan isian di atas adonan, lalu dilipat dan ditutup rapat. Pastel dapat terasa manis atau gurih tergantung dari isian. Pastel dapat menjadi makanan yang mudah dibawa-bawa, sama seperti sandwich.

Di Jawa Timur khususnya, pastel umumnya berisi kentang, wortel dan irisan telur rebus. Ada juga yang namanya "pastel kampung", isinya bihun goreng. Tapi saat saya pindah ke Batam Kepulauan Riau, sempat dibikin kaget waktu cari sarapan gorengan. Wkwkwk sarapan kok gorengan... Ya begitulah, jujur apa adanya ahahaha. Kebetulan sebelum berangkat ngajar biasanya saya beli jajan gitu buat sarapan di kantor bareng teman-teman, salah satu gorengan yang saya suka adalah kue pastel.

Senang dong pas ambil pastel 5 biji, yang lainnya campur-campur. Kebayang banget rasa pastel yang dominan gurih manis, ketika digigit ada sensasi kriuk dari kulit pastel terutama kulit yang dipilin. Pas sampai kantor, langsung dong ambil pastel, pas digigit dan dirasa kok ternyata beda ya. Kok isinya warna kuning kecoklatan!! Usut punya usut, kata teman-teman disini memang rata-rata isi pastelnya ubi diberi bumbu kare gurih manis.

Fix, sejak saat itu ya tetap dong suka pastel wkwkwk. Ternyata enak lho pastel isinya ubi gurih manis bumbu kare. Halagh, apa sih yang nggak enak buat saya >_<. 

Resep dan Proses Membuat Pastel yang Sebenarnya

Sebenarnya bikin kulit pastel itu bahannya mudah, hampir 100% semua bahan ada di dapur. Tapi ya gitu, yang bikin sulit adalah niat bikinnya dong wkwkwk. Apalagi bagian gilas adonan kulit pastelnya, yaaa memang butuh tenaga yang lumayanlah haha. Tapi kalo ada gilingin pangsit/mie, bisa lebih praktis lah. Tapi tetap lumayan ribet sih wkwkwk.. Apalagi bagian milin ujung adonan, ini masih jadi PR saya.

Jadi intinya kalo bikin kue yang ribet, kuncinya cuma satu, butuh niat yang baik buat bikin kulit pastel ckckck. Berikut resep dan cara membuatnya. 

Resep Kulit Pastel

Bahan kulit :

250 gr tepung terigu

150 ml air

1 sdm margarin

8 sdm minyak goreng

1 sdt garam


Cara membuat :

Siapkan wadah, masukkan tepung terigu, garam, margarin dan air sedikit demi sedikit. Lalu masukkan minyak goreng, uleni sampai kalis, diamkan kurang lebih 10 menit. Bagi menjadi 8 bagian, gilas, cetak dengan cetakan ring. Beri isian, pilin sampai rapi. Goreng hingga matang, sajikan. 


Cara Mudah dan Praktis Membuat Pastel Pangsit, Dijamin Anti Gagal-gagal Club

Suka pastel tapi belum ada niat bikin sendiri? apalagi gilas adonan kulitnya. Ngebayanginnya kutak syanggup kalo manual. Yadahlah, namanya juga #hotwajan #bukanwajanbiasa jadi bikin yang simpel aja yuks. Kulit pastel diganti kulit pangsit, wet wet jreng..... jadi deh camilan buat Aqla, wkwkwk.

Ini ya kakak resepnya.. 

pastel

Pastel Pangsit

By @hm_zwan

Bahan :

Kulit pangsit secukupnya

2 buah telur rebus, iris tipis

Putih telur


Isian :

Wortel, kentang, ayam bagian dada, potong dadu, masak di wajan. Beri gula, garam, merica dan kaldu bubuk secukupnya. Tambahkan daun bawang secukupnya. Jika air sedikit surut, taburi terigu sedikit, aduk, angkat.

Cara membuat :

Ambil satu lembar kulit pangsit, beri isian sayur dan telur, olesi bagian pinggir dengan putih telur, lipat membentuk segitiga, goreng sampai matang.

Gimana, mudah kan? Dijamin bikin pastel pangsit ini anti gagal gagal club deh. Selain mudah, ini juga lumayan praktis lho. Nggak perlu bikin kulit pangsit sendiri, tinggal beli di pasar atau di penjual sayur keliling. Tinggal bikin isian, bungkus, goreng, jadi deh pastel pangsit enak, praktis dan anti gagal gagal club. 

Teman-teman, ada yang sudah pernah bikin pastel pangsit? 






35 comments:

  1. wah jadi bikin pastel dari kulit pangsit ya?? aku belum pernah coba nih mak, biasanya kan ngadon buat kulitnya dulu ya, maksudnya bikin kulit pastelnya sendiri dulu. bisa gak pecah or lepas ya mba kalo pakai kulit pangsit? wah mesti nih aku coba resep nya dari kamu mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak bakal lepas mbk. Yang penting tiap ujung dilema pake putih telur atau terigu dikasih air, auto nempel.

      Delete
  2. Belum pernah kalo bikinnya pake kulit pangsit.. Kalo pastel seringnya beli jadi hehe ..karena penganut pastel yang pinggirannya kudu diplintir .. Tapi kalo praktis gini ya kayaknya mending cobain dulu deh bikin pake pangsit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, cobain mbk.. Ini versi pastel praktis tanpa diplinyir ahahaha

      Delete
  3. Amazinggg!
    Dirimu tuh selalu punya life hacks di kancah per-baking-an dan perdapuran ya Mbaaa
    Aakkk, senangnyaaa

    aku kan juga ngga jago mluntir2 pastel.
    kalo cem gini, insyaALLAH bisaaaa eikeh :D

    Semangaaattt!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha jago melintir.. Iya, emang PR banget buat milin kulit pastel ^^

      Delete
  4. Adududududu...bahaya ini, bahaya! Hahahahaha aku syuka bangeeeed amakan pangsit, mbaaaak :) Tapi aku ga pede bikin sendiri, walaupun sepertinya mudah ya dan bahan2nya juga termasuk mudah didapat dan murah. Kapan2 aku beli bahannya ah dan karyakan aja anak2ku bikin pastel goreng pakai resep mbak wkwkwkwkwk :D Enak banget nih pakai cabe rawit trus minumnya teh manis anget, ambooooi nikmatnyaaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk yukk.. Karyakan 2 anak yang udah jago jago itu. Lumayan kan ahahaha..
      Silahkan dicoba mbk, insya Allah dijamin anti gagal wkwkwk

      Delete
  5. Asiiik aku mau coba ah, pastel pake kulit pangsit pasti lebih mudah..

    Dulu diajarin my mom, buat bikin pastel, dan... pas digoreng si pastel, aku ga "kunci rapat" sehingga isinya ambyar ke mana mana ! hiks hiks

    ReplyDelete
  6. Iya mbak, di dapur saya semua bahannya tersedia. Yang nggak ada itu niat dan kemauan untuk membuatnya. Jadi kayaknya ntar mau beli kulit pangsit aja di warung sayur langganan. Tinggal bikin isiannya, lipat lalu goreng. Nggak usah pakai di pilin juga, bikin pilinannya lama, eh makannya cepet banget

    ReplyDelete
  7. Liat bahan-bahannya, eh ada di rumah. Ntar pas libur kerja mau bikin juga ah. Aku dan anak suka pastel. Apalagi pastel ini. Ada telur juga bikin pastelnnya makin enak

    ReplyDelete
  8. Pastel nih kue favoritku, asalkan isinya wortel, kentang, telur rebus. Di tempatku kadang pastelnya.diisi bihun, duh jadi gak suka deh. Masalah isi memang bisa dimodif sih ya tapi namanya selera kalo udah mentok ya sulit diubah deh.

    ReplyDelete
  9. Aku nih senang sekali makan pastel tapi gak bisa bikinnya pasti sudah nyerah lihat bentukan lipatan pastel. Eh baca review bikin pastel mudah antigagal jadi pengen sesekali nyobain, kan kalau gagal dalam memasak itu biasa untuk aku mah.

    ReplyDelete
  10. Pernah punya kulit pastel eh kelamaan nggak dimasak-masak ditaruh di kulkas malah busuk. Sedih banget.

    ReplyDelete
  11. boleh dicoba nih mbak
    bikin pastel dari kulit pangsit
    ini pernah aku makan di tempat orang jual bakso, gorengannya model pastel pangsit gini

    ReplyDelete
  12. Aku jadi pengeeenn makan pastel. Kalau di Surabaya dulu tuh aku suka langganan ke ibunya temen adikku yang jago bikin.
    Pastel isi apa aja enak, apalagi kalau yg isi sayuran lengkap.
    Hehe unik juga mbak ide bikin bentuk pastelnya yang antimainstream. Zaman skrng tu apa aja mungkin yaa gk masalah gk konvensional bentuknya :D

    ReplyDelete
  13. Aku bukan penggemar pastel, tapi kalau ada ya boleh juga dimakan, hahaha. Paling sering ketemu isi wortel kentang, manis gurih. Kapan-kapan boleh dicoba buat sendiri

    ReplyDelete
  14. kulit pangsit siap pakai memang penyelamat ya makkk... aku males ngulenin bikin adonan buat bubungkus, ada kulit pangsit yaa dimangpaatin haha. paporitku kulit pangsit yg bentuk lingkaran, jadi berasa cute gitu ngebentuknya (sayang rada jarang di warung sayur).

    ReplyDelete
  15. Mba aku jadi penasaran isi ubi dengan bumbu kare belum pernah ada sih aku nemu di Cimahi hahaha..biasanya ya pastel kampung..zamannya aku kecil aku suka bantu ibuku mba buat milin2 bagian ujungnya itu senang banget sama pastel ah jadi pengen bikin tapi males :p

    ReplyDelete
  16. Ini modifikasi pastel ala mb Hana cakep banget. Aku kalau bikin pastel pinggirnya ga rapi hahaha. Mleyot2. Tapi yang penting enak sih ya

    ReplyDelete
  17. Cakep beneeerr, teteeeh...
    Ini gak hanya pastelnya, fotonya pun bikin aku pen "terbang" ke alam fantasi menikmati pastel buatan teteh.

    Btw,
    Kalau bikin kulit pastel sendiri tuh, bisa disimpen gak yaa, teh?
    Aku kayanya sering bikin kulit atas nama The Creeps. Hahaha...sama ga sih?

    ReplyDelete
  18. Wah iya nih, kalo bentuknya gini bikinnya lebih mudah ya mak.. kl mesti dipilin pilin pinggirannya kaya pastel biasa, aku pasti gagal pasti milinnyaaaa.. wehehehehee

    ReplyDelete
  19. Ad pake tempat pastelan giti tutup trus mlintir. Tapi aku ga tau ini bikin pastel. Males bikin kulitnya

    Cuma ini wes dadi ya kulite tinggal isiane. Duh tambah mayonais dalemeee pasti eueeenaaak

    ReplyDelete
  20. Wuooo tampilannya bikin lapar... Terimakasih atas resep menunya Mak. ...

    ReplyDelete
  21. jaman masih kueciiil doeloe, klo lebaran kakak suka bikin kue-kue. Salah satunya pastel ini, nah saya bagian ikutan (usil) melipat pastel dan sok bisa bikin uliran di bagian tepi. Eeeh...hasilnya ambyarr, hehehe.

    #btw, jd klo bikin pastel lebih praktisnya menggunakan kulit pangsit ya...baiqlah, well noted, one day pengen nyobain.

    ReplyDelete
  22. Selama ini saya belum pernah bikin atau nyobain pastel yang kulitnya pake kulit pangsit sih Mak. Tapi kalau dari proses pembuatannya, kayanya cocok banget dicoba kalau pas pengen bikin cemilan sendiri yang praktis dan cepet proses bikinnya. Bakalan aku coba juga deh Mak! :D

    ReplyDelete
  23. jujur kalau pastel biasa aku gak suka mbak wkwkwk, baru doyan itu pastel singapura atau karipap yang isinya irisan kentang dan ayam bumbu kari.

    ReplyDelete
  24. Pastel, jajanan terfavorit tiap beli ke warung yang suka jualan jajanan pasar di depan kompleks. Nggak pernah ketinggalan. Sampai waktu ke Makassar pun, ada jajanan mirip pastel tapi namanya jalangkote. Sama-sama aja itu enaknya sama pastel. Apalagi dimakan pake cabai rawit. Jadi pengen jajan deh 😄

    Kalau bikin sendiri saya belum pernah. Mencoba pun kok rasanya nggak berani ya. Takut gagal dan menghancurkan imajinasi saya makan rasa pastel yang otentik..

    ReplyDelete
  25. Selalu suka pastel. Dan isiannya bisa macam-macam tergantung daerahnya kan ? Saya suka yang isiannya ada ragout sama telur. Enak aja gitu gurih. Apalagi kalau ada bihun-bihunnya. Komplit banget kan ! kalau bikin sendiri bisa lebih puas ya

    ReplyDelete
  26. Naah iya nih..ngumpulin niat (dan keberanian kalau aku) itu yg susah..haha..lha belum2 sdh insecure dulu jadinya gak akan bagus. Trims sharingnya ya mba..mumpung ada kulit pangsit, jadi pengen nyobain bikin ah..

    ReplyDelete
  27. Saya suka bikin sendiri pastel (dibantu mamah sih) secara untuk dagangan. Dan pastel ini memang jadi salah satu yang favorit terutama kalau diisi telur puyuh dan bihun.

    Resep ini juga nanti saya coba untuk bikin pastel dari kulit pangsit.

    ReplyDelete
  28. Aku sangat doyan pastel apalagi di dalamnya ada telur, semakin enaakk. Belum pernah sih makan dr kulit pangsit tapi boleh juga dicoba

    ReplyDelete
  29. aku jadi inget dulu kalau nenekku bikin pastel, aku yang mlintirin :)) sukaa banget plintir2 pastel. kalau soal isian, semua isian aku sukaa mau yang mie kek, wortel kentang telur kek :D kayaknya dah jadi salah satu jajanan favorit

    ReplyDelete
  30. Aku juga suka mbak sama kue pastel ini soalnya enak. Hihi. Pengen sih belajar bikin tapi kok ribet ya mending beli. Itu kalau pakai kulit pangsit teksturnya bakal sama nggak ya?

    ReplyDelete
  31. Sejak SD makanan favorit saya ya pastel pangsit ini salah satunya. Kalo di Sumatera Barat, selalu dicelup ke kuah cabe merah. Lezatttt sekali dan gurih rasanya. Resepnya juga gampang mba. Bisa dicobain, meski oleh pemula sekali pun.

    ReplyDelete