Sunday 16 October 2016

Transportasi ke Kota Siak dari Batam

Transportasi ke Kota Siak dari Batam. Saya baru ingat kalau ada beberapa teman yang pernah menanyakan perihal transportasi menuju ke Kota Siak. Kali ini saya mau sharing tentang transportasi ke Kota Siak dari Kota Batam. Mengapa dari Kota Batam? Karena saya seringnya berangkat ke Kota Siak dari Kota Batam, tapi tenang aja, dibawah nanti akan saya beri ulasan sedikit untuk transportasi ke Kota Siak dari kota lain. 


Transportasi ke Kota Siak dari Kota Batam
1. Udara
 Kalau naik pesawat langsung tujuan Kota Pekanbaru. Dari Kota Pekanbaru ke Kota Siak bisa dengan dua jalur. Jalur darat menggunakan travel mobil pribadi, sedangkan jalur sungai menggunakan speed boat yang ada di pelabuhan Sungai Duku. Untuk travel biasanya ada yang stand by setiap waktu tapi untuk speed boat, terakhir berangkat pukul 15.00. 2. Laut Untuk transportasi laut bisa menggunakan kapal cepat dan kapal roro.
 - Kapal cepat
Untuk kapal cepat, kita bisa ke pelabuhan Sekupang. Kapal cepat berangkat setiap hari pukul 7.30, jadi sebisa mungkin kita sampai Sekupang jam 07.00. Karena dikhawatirkan kapal berangkat lebih awal. Penumpang tidak menunggu di ruang tunggu tapi langsung masuk ke kapal. Ingat, sebelum masuk kapal jangan lupa tanya dulu "ke Buton pak?". Karena ada dua kapal cepat, yang satu tujuan Dumai satunya lagi ke Buton - Siak. Ohya, jangan lupa bawa makanan ya, biasanya sebelum sampai pelabuhan saya mampir dulu di Alfamart, tapi sayang saya belum jadi member Alfamart. Selain membawa snack, saya juga bawa bekal nasi untuk makan siang, tau sendiri kan kalau beli nasi dikapal biasanya ikannya kecil hehe. Perjalanan menggunakan kapal cepat ditempuh selama kurang lebih 5 jam. Berangkat pukul 07.30 dari Sekupang, sampai Buton biasanya pukul 13.00. Selanjutnya ke Kota Siaknya bisa menggunakan travel mobil pribadi, di area pelabuhan Buton banyak jasa mobil travel.
 - Kapal roro
Ini berlaku untuk penumpang yang ingin ke Siak Riau atau wilayah Sumatera menggunakan kendaraan pribadi (roda dua maupun roda empat). Kapal roro berangkat dari pelabuhan Telaga Punggur. Kapal tidak langsung sampai Buton tapi ganti kapal lagi di Tanjung Balai Karimun. Jangan lupa bawa snack dan bekal makan siang, kalau snacknya saya beli di Alfamart, hbelibanyak tapi nggak ada diskonkarena belumjadi member Alfamart. Jadwal pemberangkatan kapal roro dari Kota Batam ke Tanjung Balai Karimun setiap hari rabu dan minggu pukul 09.00. Sedangkan dari Tanjung Balai Karimun ke Buton - Siak kapal roro berangkat hari senin, rabu dan jum'at.

Transportasi ke Kota Siak dari Kota Pekanbaru
Ini khususon buat teman-teman selain dari Kota Batam.
 - Udara dan darat Jika berangkat dari kota A,B,C dll menuju Kota Siak, pastikan tujuan kota yang disinggahi pesawat adalah Kota Pekanbaru. Ini juga berlaku untuk transportasi darat, misalnya dari Kota Padang atau Jambi dll. Jika naik pesawat, ke Kota Siaknya bisa naik travel mobil pribadi atau speed boat. Kalau naik kendaraan pribadi bisa lewat jalur Perawang dan Maredan. Tahun lalu saya pernahlewat jalur Perawang, cuma kondisi jalannya rusak,mungkin sekarang sudah bagus. Kalau jalur Maredan jalannya sudah bagus, tahun lalu beberapa kali saya ke Pekanbaru tapi terakhir kemarin jalannya sudah bagus. Jadi, gimana teman-teman sudah punya gambaran kan kalau misalnya mau ke Kota Siak.

Gampang banget kok, meskipun di awal sempat mbayangin kalau Kota Siak itu ditengah-tengah hutan sawit,tapi tenang aja.,kalau sudah sampai Kota Siak dijamin bahagia karena melihat kota baru dengan pemandangan alam yang masih segar dan membuat hati bahagia.
Semoga bermanfaat...

***

2 comments:

  1. Hahah.. Iya Mbak, kalok denger kata Siak pasti kebayang hutan sawit sama sungainya :p

    Selama ini lewat aja sik. Belom pernah main main ke Siak nya.

    ReplyDelete
  2. aku pakai ponta biar dpt poin xD

    ReplyDelete