Tuesday 28 June 2016

Antara HM Zwan, Hot Wajan dan Kamera Ponsel


Antara HM Zwan Hot Wajan dan Kamera Ponsel. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, ponsel merupakan alat yang sangat berharga dan wajib dibawa kemanapun berada. Kalau dulu mungkin hanya kalangan atas saja yang punya, tapi sekarang sepertinya ponsel sudah menjadi barang milik wajib bagi semua kalangan. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Saat ini harga ponsel cukup terjangkau dan seiring berjalannya waktu, ponsel bukan sekedar untuk mengirimkan pesan atau kabar saja, melainkan untuk gaya hidup, betul tidak??. Apalagi sekarang banyak sekali fitur yang tersedia, mulai dari kamera, internet sampai peta pun ada. Ngomongin soal kamera, sepertinya fitur ini menjadi salah satu fitur favorit saya. Ponsel nggak ada kamera itu ibarat makan bakso nggak ada pentol baksonya, hanya kuah dan mie saja, hambar mbak broh, hambar...hahahaha. Kebayang nggak sih, ketika kita diudang buka bersama di salah satu warung sip markusip, pas semua makanan sudah ada di meja, hampir semua yang di undang mengabadiakan makanan tersebut dan mengunggahnya ke media social. Apa jadinya kalau kita nggak punya ponsel yang ada kameranya, dan nggak punya kamera, berasa banget kan terasingnya, Itu sih bayangan saya hahahaha. Untung ponsel saya udah ada kamera, meskipun kameranya nggak banyak pixel, tapi cukup kekinianlah bisa punya instagram hehehe.

Antara HM Zwan, Hot Wajan dan Kamera Ponsel
Tepatnya tahun 2010, saat mengajar di Kota Malang untuk pertama kalinya saya punya ponsel yang ada kameranya.  VGA, iyes kamera VGA 3.5mm 1:2.8, dan sampai sekarang pun masih ada. Mungkin kalau dulu punya ponsel kamera untuk foto-foto seru aja di kos-kosan dan kampus, pokoknya buat foto-foto. Sampai pada akhirnya, di tahun 2011, setelah menikah saya punya ponsel berkamera 2 MP dan suami beli ponsel berkamera 8 MP. Itupun saya masih nggak mudeng sama yang namanya pixel, pokoknya punya kamera ponsel buat foto-foto aja. Tahun 2012,  saya mulai aktif ngeblog pakai blogspot dan kenal yang namanya food blogger, itu loh yang foto-fotonya di setiap postingan selalu keren pake banget dan bikin lidah ketar-ketir pingin njilat layar komputer hehehe. Tahun 2013, ceritanya saya ikut suami pindah ke pelosok kota, namanya Kota Siak - Sri Indrapura - Riau. Resign dari tempat mengajar di salah satu sekolah swasta di Batam dan resmi jadi pengangguran di Siak - Riau. Akhirnya fokus ngeblog dan punya ide 5 Blogging Day's in a Week, salah satunya ada kategori Hot Wajan, isinya pengalaman memasak saya sehari-hari. Hasil masakannya saya foto menggunakan kamera 2 MP dan unggah di blog. Masakannya sih standar mbak-mbak yang baru bisa masak sayur lodeh, mi goreng, dan sambel blelek.

Semua foto ini diambil menggunakan kamera ponsel..

Hingga berjalannya waktu, sembari saya silaturahmi alias blogwalking ke banyak blog food blogger (Indonesia maupun luar negeri), banyak sekali ilmu yang saya dapatkan. Mulai dari mencoba resep sampai konsep memotret makanan. Biarpun mereka pakai kamera moncong kece, saya tetep kekeh menggunakan kamera ponsel 2 MP, menggunakan yang ada. Pada akhirnya ponsel kamera 2 MP saya eror, dan berakhir pinjam kamera ponselnya suami yang 8 MP. Berkali-kali mbatin "Byuh, pake kamera punya suami kok hasilnya keren ya, bening nggak karuan gitu, mana bisa di edit pula..". Karena saya sering banget pinjam ponsel suami, akhirnya ponsel tersebut jatuh ke tangan saya, ckckckck... Matur suwun mas kakang prabu. Dan, sampai sekarang ponsel kamera 8 MP tersebut masih eksis ditangan saya buat motret makanan untuk Hot Wajan. Alhamdulillah berkah...

Berkah itu Jiyadatul khoir, bertambahnya kebaikan. Setelah pakai kamera ponsel VGA, 2 MP, naik derajat jadi 8 MP, mau nggak mau ilmu ngotak-atik kamera ponsel bertambah. Bener nggak??. Dari yang dulunya asal ambil foto dan langsung main unggah, sekarang banyak yang harus dicek *ceileh..gaya benerr*. Mulai dari testing tempat, cuaca, sampai pemandangan. Belum lagi kalau foto makanan, rempongnya nggak karuan. Padahal saya cuma hobi jepret makanan aja lo ya bukan fotografer, persiapannya kayak apa aja hehehe. Mulai dari masak, nyiapin objek yang mau difoto, setting tempat, ngatur konsep, ide, belum propertinya, testing hasil, setting kamera ponsel dan banyak luar biasalah pokoknya. Setting kamera ponsel??emang ada??ada dong, itulah berkahnya banyak teman food blogger, ngilmu secara tidak langsung dari para master. Sambil ngilmu, jangan lupa praktekin. Bukankah Practice makes perfect??katanyaaaa.....^^.

Tentang Impian di Bulan Ramadan
Bermimpilah, karena Tuhan akan mempeluk mimpi-mimpi itu. Andrea Hirata. Ngomongin soal impian tentunya nggak jauh-jauh sama yang namanya keinginan. Mulai dari keinginan yang ditulis, diucapkan sampai mbatin atau lewat hati, eaaa..... terus, kamu punya keinginan apa Em di bulan ramadan kali ini??Nggak muluk-muluk, salah satunya adalah pingin motret makanan pakai kamera ponsel ASUS ZENFONE 2 LASER ZE550KL. Penasaran banget sama 2 LASER nya, itu maksudnya apaan sih??sempat beberapa kali kepoin ini ponsel, mulai dari yang baca-baca review sampai videonya. Masa sih kamera ponselnya ngeluarin laser??ah, nggak mungkin...gini lo ya kalau otaknya cetek, soalnya belum lihat langsung je. Mosok se kamerane ngetokno laser??? >_<. Abaikan kenorakan saya ya.

Konon katanya ponsel kamera ASUS ZENFONE 2 LASER ZE550KL 13 MP, menggunakan laser autofocus, yang merupakan perangkat fotografi yang sangat berkualitas. Selain itu, kelebihan lainnya  proses mendapatkan fokus lebih cepat, bahkan diklaim tercepat. Pixel master, HDR up to 400% contrast dan brightness. Sedangkan low lightnya up to 400% light sensitivity. Dimana bisa mengukur jarak dalam kecepatan cahaya, terutama pada saat minim cahaya. Wiii..seru juga ya ponselnya, klimis-klimis keren. Kalau nggak percaya, coba aja deh lihat video dibawah ini, saya aja sampe berkali-kali lihatnya. Sambil lihat sambil berdo'a. Semoga impian motret makanan pakai ASUS ZENFONE 2 LASER ZE550KL terkabul, aamiin. Aminkan ya kakak.....^^


Kalo nggak percaya ada lasernya, coba deh lihat video ini..buat yang mupeng, sambil lihat sambil berdo'a ya^^

Tips Memotret Makanan Menggunakan Kamera Ponsel ala HM Zwan
For your information : tips ini hanya untuk sekedar sharing pengalaman pribadi, kebetulan saya bukan ahli di bidang fotografi/food photoghraphy. Ini murni sharing pengalaman pribadi, semoga berkenan.
1. Kenali kamera ponselmu
Termasuk berapa MP, apa aja setingan yang ada di kamera ponsel, sesekali otak-atik setingan dan cobalah. Jika hasilnya "klik", simpan dan abadikan untuk bahan belajar. "Oh, ternyata di ponselku   bisa diatur ya cahanya kalau mau motret".
2. Belajar teori food photography dari banyak guru
Bisa dari buku, sekarang banyak sekali bertebaran buku-buku food photoghraphy by phone, mulai seluk beluk kamera sampai bts-nya alias behind the scene. Apa gunanya punya ponsel canggih, manfaatkan mbah google, pinterest, dan instagram. Banyak kelas food photoghraphy gratis disana, mulai dari teori sampai praktek. Di instagram banyak kelas food photoghraphy (teori langsung praktek foto di rumah masing-masing dan hasilnya di unggah di instagram), saya nggak ikut tapi selalu baca teori yang mereka ajarkan sambil lihat hasil fotonya. Meskipun mayoritas mereka menggunakan kamera moncong keren, serap aja ilmunya dan praktekin. Ohya, instagram saya @hm_zwan, silahkan follow kakak^^.
3. Praktek, praktek, dan praktek
Mau hasil foto makanan bagus pakai kamera ponsel tapi males moto makanan, ya sama aja bohong. Nggak usah muluk-muluk prakteknya. Contohnya nih ya, diajak teman makan di resto, nah kita bisa praktek moto makanan gaya apa aja. Bingung gayanya??sebelum makanan terhidang, buka pinterest atau instagram, cari referensi gaya motret makanan. Bisa hands in frame atau BEV alias motret makanan dari atas. Yang gampang-gampang aja dulu, toh kita nggak masak sendiri. Kalau masak sendiri, beda lagi motretnya. Harus disiapkan konsepnya, mulai dari tempat pengambilan foto, properti (piring, mangkuk, gelas, vas bunga, dll) sampai cahaya. Ribet ya??bacanya sih ribet, prakteknya apalagi hehehehe. Namanya juga belajar, jadi belajar yang simpel-simpel aja dulu. Intinya, yang penting PRAKTEK kakak. "Kalau hasilnya jelek gimana??", "Terus pas di unggah di instagram dan blog ada komentar yang pedes, gimana dong??". Yailah, namanya juga masih belajar, jadi cuek ajalah, udah sering digituin, yang penting terus berbenah *ceileh bahasanya...* dan PRAKTEK yes!!!Ohya, biasanya kan ada masukan, jadi masukannya disimpen buat bahan belajar. Gitu aja, nggak usah dibuat ribet yes...Semangattt!!!


Wiiih, nggak nyadar kalau udah nulis segini banyak hehehe. Maapkan kepanjanga, maklumlah kalau udah curhat rasanya susah banget dipotong hehehe. Kalau ada yang curcol "Kamera ponsel saya 2 MP kok jelek ya hasilnya?", "Kamera ponsel saya keluaran smartphone terbaru (yang mahal pake banget) kok hasilnya jelak ya?", "Ponselku sama kayak ponselmu tapi kok hasilnya beda jauh ya?. Jadi, inti dari curhatan geje ini, MAKSIMALKAN KAMERA PONSELMU. 
Sekian, terima ponsel baru, eh..terima kasih.

Teman-teman pakai kamera ponsel juga nggak atau pakai kamera moncong keren??ayo dong sharing..^^


****

Tulisan ini diikutsertakan dalam "Giveaway Aku dan Kamera Ponsel" by UniekKaswarganti.com




71 comments:

  1. Aku selalu takjub sama hasil foto2mu di IG mba. Dan itu semua dari handphone.
    Sukses ya giveawaynya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbk pake kamera hp...makasih mbak^^

      Delete
  2. Foto2mu memang keren- keren deh mak....

    ReplyDelete
  3. nah itu dia, aku gk pernah otak atik setingan kamera ponsel mbk han, pancet aja dr dulu beli, hehe, kudu belajar pokoknya yak, slh satunya belaajr sm dikau nih mbk, biar bisa ngasilin foto ber-taste gitu : )

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo sekarang dicek setingan kameranya sebelum ambil foto,coba2 gitu mak^^

      Delete
  4. pake kamera bisa sekeren itu ya fotonya..mau ah belajar juga :D

    ReplyDelete
  5. Kamera moncong, hihihi

    Aku masih otak atik klo soal moto, soale byk yg bilang hsil motoku msh krg greget

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp mbak,yang penting terus belajar dan praktek biar makin greget gitu..eaaa

      Delete
  6. judulnya berhubungan banget sama dirimu mba hehe...

    ReplyDelete
  7. kok ga bs sekeren itu ya potret pake kamera hape...

    ReplyDelete
  8. Aku selalu kepo dgn behind the scenenya ...dan begitu toh caranya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...banyak mbak postingan BTS disini

      Delete
  9. Hasil jepretan sampean emang selalu keren Mbak :)

    ReplyDelete
  10. Saya punya dua-duanya, kamera moncong kece dan kamera hape. Tapi gak bisa pake kamera moncong gedenya. Dan kamera hape penggunaannya juga hanya seadanya, gak tau ada setting-setting segala he he he..
    Makasih pencerahannya ya Mbak :)

    ReplyDelete
  11. di balik foto makananmu yang luar biasa ada kerempongan dibaliknya, saluuut. Semoga Asuz Zenfone nya segera menjadi rejekimu ya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..iya,apalagi setelah moto,tambah rempong,,nyuci dan beres2 hehe..aamiin

      Delete
  12. fotonya cantik-cantik Mba, gak nyangka ternyata semua itu motretnya pake kamera hp

    ReplyDelete
  13. Wah calon juara ini, mah...
    Bagus ulasannya

    ReplyDelete
  14. mbak zwan fotonya selalu keren dehhh
    pantas aja ya bagus, itu prosesnya pun panjang hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih dalam proses belajar mbak motretnya hehe

      Delete
  15. kece selalu jepretan mu mbak, meski pake kamera ponsel, apalagi kalau kamu punya kamera moncong, heheheh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamera moncong, uwww....*ngebayangin hahaha*

      Delete
  16. Goodluck ya Mbak.. Aku juga kalau foto untuk blog pake HP hihi

    ReplyDelete
  17. Akupun mupeng pengen hape yg resolusinya bagus buat motret mbaakkk
    soalnya pake hape lebih praktis ketimbang kamera saku.
    mbak bagus2 fotonyaaa.... ^_^

    ReplyDelete
  18. Semua moment kebanyakan dijepret pakai HP, dan keren banget jepretannya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, momen kita kopdar juga fotonya pake hp..eaaa..makasih silvi^^

      Delete
  19. Mba, kapan bikin video tutorial buat moto kaya gituu...aastagaa, itu fotonya bagus gitu :( saya bahkan belum bisa foto kaya gitu . Saya doain, semoga menang lombanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum kepikiran bikin tutorial video,tapi saya selalu nulis behnd the scene, coba klik label potoghraphy mbak..ada beberapa disana..
      aamiin, makasih ya mbak doa'nya^^

      Delete
  20. saya ngikutin foto-foto mba hana dari 2 tahun lalu kayaknya. makin ke sini makin tajam & bagus fotonya. walo motret pake hape tapi kualitasnya baguuuus!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, 2 tahun??alhamdulillah..makasih ya^^, ini masih terus belajar

      Delete
  21. Serunyaaa...semoga menang yaa..

    ReplyDelete
  22. Mbaa ceritanya lucuu. Hebat bener euy foto pk kamera ponsel hasilnya kueceee2 . Smga menang ya mbaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. memaksimalkan yang ada mbak, aamiin,makasih ya ^^

      Delete
  23. Itu kayak jepretan dari dslr loh mba. Kwereeennnnnn 😍😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe pake hp mami ubi....makasih ya^^

      Delete
  24. Jadi ingat beberapa tahun hapeku masih vga juga kameranya, semoga mimpinya cepat terwujud ya mbak :)

    ReplyDelete
  25. Aku juga mau belajar food photography maksimalin kamera ponsel kayak Mbak. Aku sih IG aja baru rajin isi belum lama. Sambil belajar aja yg penting praktek moto ya :).

    ReplyDelete
  26. Yang foto terakhir itu dapet banget feel-nya. :) Semoga segera dapet ya, mbak... Hihihi

    ReplyDelete
  27. aku suka ahsil jepretan foto2 mbak selalu keren

    ReplyDelete
  28. Saya itu suka gak bisa ambil angle yang pas, Mbak Hanna. Itu juga kuncinya ya biar hasil fotonya bagus meski pake HP ponsel

    ReplyDelete
  29. hasil foto mbak hanna bagus kok...tak kalah sama fhotographer beneran,,, saya ikut doa semoga terkabul memotret dengan asus zenfone 2 ya, trus kapan2 saya pinjam...hahahhaha

    ReplyDelete
  30. Wah bikin ciut mau ikutan GA ini hahahaha...keren mba-nya :)

    ReplyDelete
  31. Fotonya keren-keren, aku suka.
    Aku pake hp juga, tapi nggak bisa bagus, asal jepret ajalah pokoknya ada foto buat postingan blog :D

    ReplyDelete
  32. mengaminkan doa2nya..
    kalau dirimu mah udah nggak diragukan lagi hasil fotonya, bikin takjub

    ReplyDelete
  33. duh fotomu selalu keceh...ajarin dooonggg

    ReplyDelete
  34. Aku pun banyak mengandalkan hp sekarang mba.. Praktis dan hasilnya oke juga koook 😇😇😇

    ReplyDelete
  35. Nggak nyangka foto ig hot wajan itu ternyata dari hape. kirain pake kamera gede dan studio mini lengkap dengan lightingnya. ternyata memaksimalkan kondisi yang ada ya. keren, kak!

    semoga Asusnya mendarat di tanganmu, Kak! aamiin.

    ReplyDelete
  36. Sejak tau hasil kamera HP memuaskan, tiap foto-foto sekarang pakainya smartphone Mbak. Efeknya, kamera DSLRku gak kepake maksimal, lha wong berat. Males bawanya.. :D

    ReplyDelete
  37. pakai kamera ponsel aja bagus gitu ya, aku harusvbelajar trus ;)

    ReplyDelete
  38. Mbak jago banget cara fotonya, pencahayaannya juga keren. udah master fotografi deh :D haha. sukses mbak GAnya, baca kisahku jg ya mbak :)

    ReplyDelete
  39. andalan saya masih kamera ponsel dan pocket hehehe

    ReplyDelete
  40. Wuaaah, suka banget ma caranya motret. Tutorialnya cakep. Jadi merasa tersindir nih gak bisa motret pake kamera ponsel. -,-

    ReplyDelete
  41. pake kamera hp tapi kualitas fotonya kayak kamera canggih nih ...memang yang menentukan itu penggunanya ya bukan sekedar alatnya

    ReplyDelete
  42. Keren banget mbak, hasil jepretan kamera ponselnya untuk food photograpy.
    Semoga bisa memeluk Hape Asusnya secara nyaata ya mbak :D

    ReplyDelete
  43. Kalo travelling paling nyaman pake mirrorless
    kamera hp, gw pake kalo lagi kulineran aja atau nongkrong ama temen

    ReplyDelete
  44. hahaha.... mak mak, kamu iki heummmmm..... lek dlu kuliah dah punya hp berkamera kita pasti gak bakal ketinggalan poto2 sama Yovie amd Nuno di Matos. aku dah pake Asus tp gak pake laser.... semoga asus lasernya jadi berkah Romadhon yak.... :)

    ReplyDelete
  45. Keren2 fotomu mba, dari dulu klo liat yg ada di hot wajan itu selalu sukaaaa...

    Thanks ya sudah ikutan GA Aku dan #KameraPonsel. Good luck.

    ReplyDelete
  46. Keren-keren deh fotonya Mbak :)

    ReplyDelete
  47. Selain kamera, yang penting dalam menentukan kualitas foto itu ya yang motret ya mbak hehe

    ReplyDelete