Saturday 15 September 2012

"Kalau mau pipis,bilang dulu ya..."

Sabar yaaaa....harus antriii ^_^


Minggu ini saya mendapat surat dari kepala sekolah yang isinya tentang program siswa playgroup tanpa diapers atau popok. Haiyya,heumm bolehlah. Berhubung baru kali ini saya berkecimpung di dunia anak-anak “playgroup” atau anak balita, saya hanya menebak dan mencoba berbagai cara agar saya bisa melaksanakan tugas ini dengan baik (hahaha,bener-bener guru yang patuh niyee). Maklumlah pemula jadi agak kerepotan di hari pertama, 7 anak dengan 2 laki-laki dan 5 perempuan. Pertama-tama agak ribet karena antri, bergantian satu persatu. Alhasil, nggak keteteran banget. Justru senang melihat ekspresi beberapa anak yang baru pertama kalinya melepas popok. Diam saja sambil melamun, mau tidak mau saya memancing dengan bernayanyi dan bergurau agar anak mampu buang air kecil. Yeaaaa….berhasil juga akhirnya, okey hari pertama berjalan mulus meski ada satu anak yang tiba-tiba pipis di celana dan dengan seketika menangis tak bersuara..(haiyyaaa,cup-cup sayanggg…)
Ah,kurcaciku…
********
Sudah dua minggu anak tanpa popok di sekolah berjalan dengan lancar, Alhamdulillah sesuatu. Dari pengalaman dua minggu ini saya mencatat ada beberapa hal tentang cara mengajarkan anak berhenti memakai popok saat di sekolah, sepertinya bukan hanya di sekolah tapi bisa juga dilaksanakan di rumah.
-       Sebelum memulai kegiatan belajar, anak diajak untuk buang air kecil terlebih dahulu. Di awal banyak anak yang masih menggunakan diapers/popok dari rumah, saat inilah diapers harus dilepaskan. Dan dengan cara bercerita saat melepas celana jangan lupa untuk mengingatkan anak dengan mengatakan “kalau mau pipis bilang dulu ya…”.
-       Setiam satu jam sekali anak diajak untuk kembali buang air kecil, misalnya waktu breaktime. Sebelum makan anak diajak untuk buang air kecil terlebih dahulu. Lalu setelah bermain di playground atau sebelum pulang. Jangan lupa dengan cara yang menyenangkan, misalnya dengan bermain dan bernyanyi.
-       Ketika anak mengompol, jangan sekali-kali kita mempermalukan mereka, ajak anak ke toilet. Ketika melepas celana, jangan lupa untuk mengingatkan kembali anak dengan mengatakan “kalau mau pipis bilang dulu ya…”. Namun ketika anak sudah berhasil tidak memakai diapers dari rumah ataupun tidak mengompol lagi di sekolah, beri reward berupa kata-kata yang positif.
-       Bekerja sama dengan orang tua selama anak di rumah, yaitu untuk membiasakan anak buang air kecil dahulu sebelum tidur sehingga anak terbiasa dan lebih cepat prosesnya untuk tidak memakai diapers lagi.
Selesai sudah laporan pelepasan diapers untuk kelas playgroupku, Alhamdulillah berjalan dengan lancar. Lalu, bagaimana menurut anda teman-teman kompasianer???hehe…..have a nice day!!!

10 comments:

  1. mantabs yang penting kalau mau pipis dulu bilang yah nak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha...maksihhhhhhhhhhhhhhh,siap omm :D

      Delete
  2. ada anak yang gak bisa tahan, mau pipis langsung aja keluar, hehe :D *BUKAN PENGALAMAN PRIBADI, BUKAAN*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhaha...emmmm,kayaknya pengalaman pribadi nih hahahaha...hayuw ngaky athifah???xixixixixi

      Delete
  3. suka sekali dengan ini "Ketika anak mengompol, jangan sekali-kali kita mempermalukan mereka, ajak anak ke toilet." hal tersebut kadang bisa bikin minder anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..makasih,pernah juga ada seorang ibu yang tanpa sengaja ketika anak mengompol spontan memarahinya dan anak tersebut menangis,dan itu sangat membekas di hati anak tersebut karena ia malu dengan ucapan ibunya dihadapan teman-teman dan orang banyak :D
      makasih sudah mampir :D

      Delete
  4. Waah... kereen. ternyata di preschool diajarin gak pake diapers ya...
    Reward penting banget bagi anak2 ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyha kakain....anak2 senang bgt udah g pake diapers,apalge mamanya...**menghemat uang :D

      Delete
  5. makanya nih sekarang alvin sudah dilatih tanpa diaper, Allhamdulillah kalaui siang lulus, kalau malam kadang lulus kadang gak, targetnya umur 3 tahun sudah lulus sehingga masuk PG gak merepotkan bu gurunya lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. uwaaaa,iyha mbk dilatih dari sekarang biar mandirinya cepat,gpp namanya jg belajr :D,,biar pinternya jg cepat aminnnn.....
      mwah tlepoks bt alvin yaaaa :D

      Delete