Skip to main content

Posts

Showing posts from September, 2020

5 Rekomendasi Daster Kekinian yang Bisa Kamu Beli di Gulali Daster

5 Rekomendasi Daster Kekinian yang Bisa Kamu Beli di Gulali Daster Mak's punya daster berapa di lemari?Bagi sebagian besar ibu rumah tangga, daster merupakan baju andalan saat di rumah. Berbahan rayon yang dingin, membuat kita (para ibu rumah tangga khususnya) menjadi nyaman saat memakainya. Daster merupakan baju tidur dengan potongan khasnya yaitu longgar dengan berbagai desain yang menarik. Kalau dulu khas desain daster masih yang biasa, potongan longgar, bentuk lurus rata dari atas sampai bawah dan identik dengan motif batik.  Lain dulu lain sekarang. Zaman sudah berubah, kalau dulu daster identik sekali dengan "bajunya emak-emak" tapi sekarang anak muda juga banyak yang suka pakai daster. Daster zaman sekarang sudah banyak perubahan, mulai dari bahan yang bervariasi, corak dan motif yang kekinian, sampai warna daster yang lebih ngejreng dan cantik dipakai siapapun. Desainnyapun sudah beragam, mulai dari yang potongan lurus, potongan bentuk A atau payung, yukensi sampa

Resep Odading Tanpa Telur

Resep Odading Tanpa Telur . Ada yang suka odading? Odading adalah kue dari Kota Bandung yang bentuknya kotak, menggelembung dan ada taburan wijennya. Tapi beberapa ada yang tanpa wijen. Di Malang, kue ini disebut dengan roti goreng. Dulu setiap saya berangkat ngajar, seringkali beli roti goreng di arah sebelum kampus UB (Universitas Brawijaya). Setiap kota ada sebutan yang berbeda, Bolang-baling di daerah Semarang, Gembukan di daerah Solo, kue bantal di area Jakarta, dan lain sebagainya.  Odading akhir-akhir ini viral gara-gara sebuah video yang seorang penjual Odading bernama mang Oleh atau Ade Londok. Dalam videonya Mang Oleh mengatakan bahwa jika kita makan Odafing Mang Oleh, maka tubuh kita akan merasa seperti Iron Man, hahaha. Gara-gara video inilah Odading akhirnya viral. Banyak sekali yang membuat Odading dan di post di Instagram.  Pagi ini akhirnya saya bikin Odading. Berhubung belum belanja mingguan, nyampe rumah semalam jam 10 malam stok telur habis pula. Yaudah deh bikin Od

5 Buku Favorit Si Kecil

5 Buku Favorit Si Kecil . Si kecil punya buku favorit mak's? Nah, kali ini saya mau sharing 5 buku favorit Aqla. Pernah dengar kalimat ini, Buku adalah jendela dunia?. Selain menambah wawasan, dengan membaca buku kita bisa mendapat banyak informasi tentang banyak hal. Manfaat membaca buku bagi anak-anak salah satunya bisa menambah kemampuan berbahasa. Berikut ini ada 5 buku yang sering sekali saya bacakan buat Aqla akhir-akhir ini,  rata-rata belinya online di toko buku. 1. Buku Aktivitas Dinosaurus Buku karya Lina Herlina yang diterbitkan oleh Tiga Ananda Solo ini isinya berbagai jenis Dinosaurus. Selain mengenal jenis Dinosaurus, anak-anak juga bisa mewarnai, berhitung, juga belajar menulis. Satu buku terdapat 31 halaman dengan banyak aktivitas di dalamnya. Contoh aktivitas di dalam buku. Coba temukan lima anak ankylosaurus yang bersembunyi! Lingkari ya Selain belajar menghitung, disini anak-anak juga belajar membuat bentuk lingkaran. 2. Ayo Sholat! (Alif & Sofia untuk laki-l

Mengenal Pikun, Gejala dan Pencegahannya

Mengenal Pikun, Gejala dan Penyebabnya . Hari minggu lalu saya ikutan webinar Festival Digital Bulan Alzheimer Sedunia. Dengan tagline”Sering Lupa Bukan Hal Normal, Kenali Gejala dan Segera #ObatiPikun”. Dimana kegiatan ini merupakan bagian dari Program Kampanye Edukatif #ObatiPIkun yang diadakan oleh PT Esai Indonesia dan Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI). Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk deteksi dini penyakit Alzheimer agar pasien akan lebih cepat ditangani dan diobati sehingga nantinya bisa lebih produktif. Kebetulan bulan September ini diperingati dengan Alzheimer Awareness Month , sehingga kegiatan ini bisa diikuti oleh siapapun, mulai dari Dokter Spesialis Saraf,Dokter Umum, Dokter Seminat sampai masyarakat umum. Alhamdulillah, saya menjadi salah satu peserta yang beruntung bisa mengikuti webinar ini. Festival Digital Bulan Alzheimer Sedunia dibuka secara virtual oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan J

Cara Nagita Slavina Ajarkan Pola Hidup Sehat untuk Rafathar

Setelah melihat youtube Rans Entertainment, saya jadi tau cara Nagita Slavina ajarkan pola hidup sehat untuk Rafathar . Pasti udah pada tau kan ya, Nagita Slavina adalah istri artis ternama Raffi Ahmad yang terkenal dengan julukan Sultan Andara. Bulan lalu tepatnya pada 15 Agustus 2020, putra dari pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang bernama Rafathar Malik Ahmad menginjak usia 5 tahun.  Terlihat video yang diunggah di YouTube Rans Entertainment, Gigi (panggilan Nagita Slavina) dan Raffi memberikan kejutan sederhanan. Semua kegiatan malam itu diabadikan dalam video yang berjudul “BONGKAR KADO RAFATHAR. SEMUANYA ADA DI SINI!!! DARI YANG KECIL SAMPE YANG WOWWW!!!!!” yang diunggah pada 16 Agustus 2020 lalu. Tidak hanya do'a dari orangtua dan keluarga besar Gigi dan Raffi, para warganet juga banyak yang memberikan ucapan do'a kepada Rafathar. Termasuk saya juga lho hehe.  Cara Nagita Slavina Ajarkan Pola Hidup Sehat untuk Rafathar  Salah satu harapan Gigi dan Raffi di hari u

Cara Mendapatkan Ide Ngeblog

Cara Mendapatkan Ide Ngeblog . Pernah nggak sih berhenti ngeblog beberapa hari gara-gara bingung mau nulis apa?. Sebenarnya ada bahan untuk ditulis, cuma rasanya nggak tau mau nulis apa. Mau mulai nulis itu nggak bisa, bingung sendiri di depan laptop beberapa menit. Buntu banget deh pikiran, sampai nggak bisa nulis satu katapun. Ini pernah banget saya alami beberapa tahun yang lalu, sampai saya satu bulan tidak menulis satu artikelpun di blog ahaha. Antara males sama keterusan males ini ada bedanya nggak sih?.  Sampai akhirnya satu hari saya melihat salah satu Blogger yang hampir dua hari sekali selalu share artikel di Facebook. Nah, saat itulah hati saya mulai terbuka. Lalu saya buka word via aplikasi hp, langsung cari beberapa draft yang isinya cuma satu kalimat bahkan ada yang satu kata saja. Saat itu juga langsung lancar lho nulisnya. Banyak sekali penyebab pikiran buntu, salah satunya bisa jadi faktor kelelahan. Tapi kalau lama tidak update tulisan di blog, mau nggak mau, terima n

Bikin Apa Aja Gampang Pakai Chopper Mitochiba

Bikin apa aja gampang pakai Chopper Mitochiba , salah satunya bikin roti. Zaman sekarang semuanya serba dipermudah, apalagi untuk urusan dapur. Kalau dulu adanya kompor minyak, sekarang sudah beralih ke kompor masa kini. Tinggal main puter, api nyala, nggak perlu pakai minyak. Bahkan ada yang tinggal colok, pencet-pencet. Kalau bikin roti atau donat, harus nguleni sampai kalis. Kerasa bangetlah nguleni adonan bakal roti ini capeknya ampun-ampun bikin tangan makin kekar wkwkwk. Tapi kini sudah ada alat bantunya, bisa pakai mixer ataupun chopper. Iyes, chopper bisa buat nguleni roti lho.  Fyi, Food Chopper merupakan peralatan dapur masa kini dan serbaguna. Salah satunya Food Chopper Mitochiba, juga berfungsi sebagai blender, chopper dan food processor. Komplit kan, semua bisa dengan Food Chopper Mitochiba. Berfungsi sebagai chopper yaitu untuk menghaluskan daging/ikan/ayam. Juga berfungsi sebagai blender untuk menghaluskan sayur, bumbu dan buah-buahan untuk jus. Ohya, Food Chopper Mitoc

Ngemil Bijak : 5 Langkah Makan dan Ngemil dengan Baik

Ngemil Bijak : 5 Langkah Makan dan Ngemil dengan Baik "Ibu, bikin kue manis yuk.." Aqla 4 tahun.  Anak saya Aqla sering banget tiba-tiba bilang seperti kalimat diatas. Belakangan, kurang lebih 2 bulan ini sejak kami pindah rumah di Gresik. Saya yang biasa rajin bikin camilan untuk Aqla, tidak lagi bikin. Karena persiapan pindah dan beberes rumah itu sungguh melelahkan, jadi kadang lupa nyiapin camilan homemade untuk Aqla. Apalagi Aqla termasuk anak yang aktif ngemil di rumah lho hahaha. Tapi sejauh ini ngemilnya masih wajar dan tidak berlebihan.  Ngemil merupakan kegiatan mengkonsumsi makanan atau minuman ringan. Biasanya dilakukan sebelum makan siang atau di jam-jam tertentu. Misalnya saat membaca buku, saat nonton film atau saat kumpul dengan keluarga ataupun teman. Kalau saya biasanya ngemil makanan ringan di jam 9 atau 10 pagi, bareng sama Aqla. Kalau sama suami biasanya setelah sholat isya, nyantai ngobrol sambil lihatin anak nonton sambil ngemil deh hehe. Kadang kalau s

Suka Gorengan? Berikut 6 Resep Gorengan Enak Bikinnya Tanpa Ribet

Ada yang suka gorengan?berikut 6 resep gorengan enak bikinnya tanpa ribet . Saya bangetlah kalau urusan masak-masak yang praktis dan tanpa ribet. Khas emak-enak banget kan ya. Karena pekerjaan dan urusan rumah tangga sudah banyak, jadi rasanya bikin masakan yang praktis, enak tanpa ribet itu impian semua emak-emak, betul nggak sih. Nah, kali ini saya mau sharing beberapa resep gorengan yang sering saya bikin untuk camilan di rumah.  6 Resep Gorengan Enak Bikinnya Tanpa Ribet     1. Pastel Pangsit Suka pastel tapi belum ada niat bikin kulit sendiri, apalagi gilas adonan kulitnya. Ngebayanginnya aja kutak syanggup. Yadahlah, namanya juga #hotwajan #bukanwajanbiasa jadi bikin yang simpel aja. Kulit pastel diganti kulit pangsit, wet wet wet jreng..... jadi deh pastel pangsit.    Pastel Pangsit Bahan : Kulit pangsit secukupnya Putih telur Isian : Wortel, kentang, ayam bagian dada, potong dadu, masak di wajan. Beri gula, garam, merica dan kaldu bubuk secukupnya. Tambahkan daun bawang secukup