Monday 9 March 2020

Suka Masak?Berikut 2 Jenis Wajan yang Harus Anda Miliki

Buibu, punya berapa jenis wajan di rumah? Kalau saya, dari awal nikah sampai sekarang koleksi banyak wajan. Tapi yang tersisa ada 3 wajan, itu mah bukan koleksi ya hahaha. Wajan-wajan yang saya punya sebagian beli, ada yang hadiah sampai dapat doorprize satu set wajan dari kantor suami. Tapi berhubung kami sering sekali pindah kota bahkan pulau, jadi wajan-wajan itu sebagian besar kami tinggalkan di rumah kontrakan lama. Atau untuk kenang-kenangan para tetangga.


Sebagai ibu rumah tangga, memiliki peralatan dapur merupakan keharusan. Minimal kita punya wajan, sebagai peralatan memasak. Wajan banyak sekali fungsinya mulai dari menggoreng, menumis, mengungkep sampai memangang. Iyes, memanggang. Karena sekarang banyak sekali jenis wajan, tapi kali ini saya mau sharing dua jenis wajan yang harus ada di dapur. Emang harus dua ya?minimal dua lah buat ibu rumah tangga, ya kan buk...

Umumnya wajan berbentuk bundar atau melingkar dengan gagang 10 cm di sisi kanan kiri untuk pegangan. Tapi semakin kesini bentuk dan bahan pembuatan wajan sudah berbeda dan banyak kemajuan. Saat ini fungsi wajanpun sudah banyak, tidak hanya sekedar untuk memasak seperti menggoreng dan merebus. Tapi lebih dari itu, mulai dari wajan menggoreng sampai wajan khusus memanggang. Mulai dari wajan biasa sampai wajan anti lengket, semuanya tersedia.

2 Jenis Wajan yang Harus Anda Miliki
Ada dua jenis wajan yang harus anda miliki, ini minimal ya. Tentunya sesuai dengan fungsi utamanya yaitu untuk memasak. Pero Indonesia, brand dari Turki dengan konsep "One Stop Shopping Solution" menyediakan produk andalan rumah tangga dengan kualitas Eropa dan harga terjangkau.

Ada dua wajan dengan desain Ethnic Iznik yang berwarna biru dari Turki, Fry Pan dan Wok Pan.


Fry Pan
Fry pan atau wajan penggorengan ini bentuknya datar, ada berbagai ukuran fry pan di pasaran. Mulai dari 10 cm sampai 28 cm, mungkin ada yang lebih besar?. Fry pan ini biasanya untuk membuat masakan dengan sedikit minyak dan tentunya makanan cepat matang. Koleksi wajan Frying Pan dari Pero Indonesia ini memiliki ukuran 24 cm dengan design Ethnic Iznik dari Turki.

Dengan harga yang ekonomis, kita bisa menggunakan Fry Pan dari Pero Indonesia karena wajan ini juga anti lengket. Selain itu juga berstandar Eropa dengan kualitas terbaik dan non pfoa, wajan Fry Pan ini berukuran 24 cm, jadi pas digunakan untuk membuat pancake, kulit lumpia atau risoles, dadar gulung atau membuat grill chicken.

Salah satu camilan yang saya buat menggunakan wajan teflon Pero Indonesia adalah Pie Susu Teflon. Resepnya gampang, bahannya mudah dan hanya dengan menggunakan teflon saja kita bisa membuat pie susu. Alhamdulillah hasilnya enak banget..


Pie Susu Teflon
Bahan kulit :
10 sdm terigu
5 sdm margarin
2 sdm kental manis

Cara membuat :
Campur terigu dan margarin, aduk. Tambahkan kental manis, uleni sebentar. Cetak di teflon , tusuk tusuk adonan kulitnya.

Bahan vla :
10 sdm air
1 butir telur
15 sdm kental manis
2 sdm maizena

Cara membuat :
Campur jadi satu semua bahan,aduk rata. Tuang vla ke adonan teflon. Masak kurang lebih 20-30 menit dengan api kecil, jika sudah matang, angkat, sajikan.


Wok Pan
Berbeda dengan fry pan yang bentuk wajannya datar, Wok Pan ini lebih cekung jadi bisa digunakan untuk menampung banyak minyak atau memasak dengan volume banyak. Ini adalah Wok Pan teflon dengan ukuran 28 cm yang anti lengket dan juga non Pfoa, jadi aman untuk tubuh. Dengan harga yang ekonomis, kita bisa menggunakan Wok Pan ini untuk masak sehari-hari di rumah. Berstandar Eropa dengan kualitas terbaik. Wok Pan ini pas banget digunakan untuk menumis atau membuat gorengan di rumah.

Nah, buat teman-teman yang pingin punya wajan motif Iznik Turki ini, bisa langsung cek di instagram @pero.indonesia ya. Bisa beli satuan atau paket bundling.


Salah satu menu andalan yang saya masak menggunakan wok pan adalah mi goreng nyemek. Dengan wok pan, memasak jadi lebih leluasa.





Mi Goreng Nyemek
Bahan :
1 bungkus mie, rebus, tiriskan
7 lbr sawi putih, potong
50 gr ayam, potong kecil-kecil
1 butir telur, goreng
Gula garam secukupnya
1 sdt kaldu jamur
1/4 sdt lada
1 sdm minyak wijen
3 sdm kecap manis
3 cabe rawit
2 cabe hijau besar, iris serong
Air sedikit
Minyak goreng untuk menumis

Bumbu iris :
4 bawang merah
2 bawang putih

Cara membuat : Tumis bumbu iris sampai harum, masukkan ayam, sawi putih dan air, aduk. Masukkan mie, telur, gula, garam, kaldu, lada. Tambahkan cabe hijau, cabe rawit, kecap manis, minyak wijen. Koreksi rasa, jika air sudah surut, angkat, sajikan.

Jadi, buat ibu rumah tangga baik yang sudah lama atau yang baru menikah dan akan tinggal di rumah berdua, nggak perlu bingung mencari wajan. Cukup punya 2 wajan dengan banyak fungsi, tentunya dapur tidak akan penuh dengan aneka wajan. Ya nggak??

Mau resep tahu telur enak?
Punya petis nganggur?
Yuk bikin tahu telur Malang yang enakk..
Resepnya ada di video berikut yaa...



Buibu,punya berapa jenis wajan di rumah? Ayo dong sharing..

25 comments:

  1. ya ampuuuun cantiknyaaa itu wajan!
    Kalo ibu rumah tangga pastinya BUTUH pake banget, apalagi bisa masak masak tapi juga bisa bikin kue

    ReplyDelete
  2. Sepakat banget, mba. Dua wajan ini aja udah bikin makanan enak ya mba. Aku penaaaran mau nyoba bikin pie susu mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama. saya liat proses buatya di IG. waaah... auto contek. tapi kok hasilnya gak manis. apa karena beda wajan ya

      Delete
  3. Saya belum punya keduanya, Mba. Kudu ceki-ceki nih. Buat nyobain resep pie susunya. Pas banget dapet resep pie susu tanpa baking2an di oven.

    ReplyDelete
  4. KAlay fry pan aku punya tapi wok pan belum punya padahal enak ya itu buat masak-masak yang ada kuahnya jadi ada pegangannya ya

    ReplyDelete
  5. wajan aja bagus kek gini, auto rajin masak aku nnati
    Mau nyoba resepnya mie nyemek kesukaan suami.
    Dan di rumah aku cuma punya dua tiga wajan, cekung, datar dan datar yang kecil..:D

    ReplyDelete
  6. Duh aku jadi kangen pie susu Bali, boleh juga nih nyobain resep nya. Btw itu pan yang Ethnic Iznik dari Turki bikin aku naksir :)

    ReplyDelete
  7. Dengan koleksi 2 wajan ini, masakan apapun mudah kita buat ya mb...mau yang butuh banyak minyak atau yang irit minyak sudah ada alatnya.

    ReplyDelete
  8. Suka atau tidak suka masak, bagi saya tetep pengen ke dua wajan tersebut. Cantik banget, dan siapa tahu aku juga jadi seneng masak kalau pakai wajan itu. Siapa tahu juga bisa bikin pie, itu kemajuan besar kalau saya bisa bikin pie susu. :D

    ReplyDelete
  9. Waah, sayang sekali waktu kita tinggal dalam satu kota (Subang) belum pernah ketemuan ya, Mbak. Padahal bisa dapat lungsuran wajan dan alat masak lainnya, seperti tetangga yang lain, wkwkwk

    ReplyDelete
  10. Aku udah lama nggak bikin adonan kulit buat risol atau pai gini, mbak.
    Trus nyari harga dua jenis wajah di atas nggak ditulis ya, aku scroll gak nemu

    ReplyDelete
  11. Wah, saya baru punya satu, fry pan aja... Cantik banget motif izniknya wajan dari pero indonesia...

    ReplyDelete
  12. Pengin punya wajan bagus-bagus kayak gini tapi aku takut diwajibkan masak sama suami, hehehe. Sekarang pakai dua wajan modal pindahan dari kampung. Sejak 10 tahun lalu ya cuma itub wajanku😆😆

    ReplyDelete
  13. Aih cantik2 deh wajannya. Saya malah punya wajan anti lengket cuma 1, hahahah... Pingin beli yang fry pan cakep ini ya, buat bikin pizza kompor :D

    ReplyDelete
  14. Bagus wajannya, ibuku pasti seneng banget kalau dibeliin wajan kayak gini. Btw makanannya juga enak-enak mbak, kesukaanku semua. Terus aku jadi inget pernah makan mie goreng nyemek di Semarang. Kangen nih.

    ReplyDelete
  15. Aku ada beberapa wajan standar di rumah padahal jarang masak, hihi dibawakan ibu pas pindahan ke Ungaran..tapi seringnya pakai happy call..

    ReplyDelete
  16. Ini wajan-wajan cantik yg menghiasi feed ig @hmzwan yaaa... Nabung ah buat beli wajan ini.

    ReplyDelete
  17. Ya Allah cantiik banget wajannya. Jadi sayang buat masak ya.wkkwkwkwk.
    Aku gak pinter masak sih mbak. Cuma punya 3 wajan buat ganti ganti.

    ReplyDelete
  18. Kalau wajan bagus tuh rasanya mood buat masak jadi ikutan naik..aku juga seneng gitu kalau ada wajah bagus dirumah mbak

    ReplyDelete
  19. Keingetan mau beli teflon belum juga gerak padahal butuh dan perlu banget buat masak. Thanks rekomendasinya Mbak.

    ReplyDelete
  20. Mupeng banget aku sama wajannya mbak, tapi emang bener banget sebagai wanita yang sering bolak balik dapur, wajib salah satu alat tempur yang harus dimiliki

    ReplyDelete
  21. Wajanku di rumah peninggalan nenek moyang semua, yang tebal dari baja hitam itu. :))
    Pengin punya yang ada motifnya kayak Wok Pan dari Pero Indonesia ini. Biar tangan ga pegel angkat wajan berat gitu.

    ReplyDelete
  22. Salah bw malem ke blog ini. Bawaannya lapar. Tapi itu beneran pancinya kok cakep ya motifnya bagus

    Jadi pengen bikin pie susu jugaa

    ReplyDelete
  23. Waaahh aku mau nyontek pai susunya ah, bahannya gampang dan bikinnya kyknya simple, apalagi alatnya cuma manfaatin waja n gtu ya mbak. LUmayan lha buat camilan anak2 di rumah hehe

    ReplyDelete
  24. Akupun Punya d rumah mba,,, cuma hiks jarang pisan masak... Next mau coba menuny klo anakku balik mondok Suka bngt dia sama pienya

    ReplyDelete