Pages

Tuesday, 10 December 2019

Tips Menjaga Agar Nasi Tetap Sehat

Salah satu tanda nasi yang sehat adalah nasi yang tidak mudah basi. Bayangkan saja, misalnya kita masak nasi di pagi hari, sore hari nasi sudah basi dan berair. Pastinya itu membuat kita kesal, padahal kita sudah memasak dengan benar. Atau, jangan-jangan ada yang salah dengan beras kita, atau cara kita menyimpan beras dan lain sebagainya. Sungguh, mencari penyebab nasi yang mudah basi terkadang sangat sulit.

Pernah satu hari saya memasak nasi, seperti biasa, beras saya cuci berkali-kali sampai air berwarna bening. Lalu saya masak di rice cooker, setelah matang, saya biarkan kabel menempel. Sore hari saat kami mau makan, ketika saya membuka rice cooker tercium bau nasi basi dari dalam rice cooker. Iya, ternyata nasi yang saya masak tadi pagi sudah basi di sore hari. Padahal berasnya masih sama dengan beras sebelumnya. Begitu juga dengan rice cooker nya. Lalu, salahnya dimana ya?. 

Sepele ya, tapi kalau ingat kejadian itu rasanya saya tidak mau lagi sampai memasak nasi yang cepat basi. Ngebayangin baunya aja rasanya, ugh... Nah, sejak kejadian itu, saya mulai detail masalah memasak nasi. Dari mulai memilih beras yang baik, menyimpan, dan memasak dengan peralatan yang baik. Dengan seperti ini, sudah dipastikan nasi akan tetap sehat dan kita bisa menyajikannya untuk keluarga.


Tips Menjaga Agar Nasi Tetap Sehat
Cerdas Memilih Beras
Dalam memilih beras, kita harus perhatikan beberapa point dibawah ini.
1. Salah satu tanda beras yang berkualitas adalah beras yang beraroma wangi, tidak bau apek.
2. Beras utuh dan tidak pecah. Artinya bentuknya utuh panjang seperti beras pada umumnya, tidak pecah pecah.
3. Warna beras tidak terlalu putih. Jika warnanya sangat putih, kita harus waspada.
4. Jangan tergiur dengan harga beras yang sangat murah.

Simpan Beras pada Sarana Penyimpan Beras
Hampir dua bulan, bahkan sebelumnya juga saya masih menyimpan beras di wadah aslinya. Seperti dua bulan terakhir ini, beras pemberian dari ibu mertua dan bibi di kampung masih duduk manis di karung. Padahal menyimpan beras di wadah seperti ember atau container menyebabkan sirkulasi beras tidak sehat, karena beras yang berada di tumpukan paling bawah menjadi sulit diambil sehingga semakin lama tertumpuk dan dapat menyebabkan munculnya kutu beras, serangga, beras mudah apek & tidak higienis. Itu di ember atau container lho ya, apa kabar sama beras saya yang masih sering saya simpan di karung, hickz. Jadi merasa bersalah.




Tapi memang faktanya sering banget saya alami, terutama sering muncul kutu beras dan beras mudah bau apek gitu. Ternyata penyebabnya di cara penyimpanan. Agar beras tetap sehat, sebaiknya simpan beras di sarana penyimpanan beras. Saat ini saya sudah mulai menyimpan beras di Pundi Beras Cosmos.

Jadi,Pundi beras Cosmos ini dibuat dengan teknologi FIFO atau First In First Out, beras yang masuk pertama akan keluar terlebih dahulu. Ukurannya juga praktis, dengan kapasitas 7 kg, nggak makan tempat. Pull N Dispense, artinya sekali kita tarik, makan akan keluar satu takaran 130 gr, dan ini tersedia otomatis. Selain itu, Pundi Beras Cosmos ini anti slip, lekat dan tidak bergeser, bebas kutu pastinya, bebas karat dan tentunya beras tetap terjaga dengan baik.

Cara menggunakan pundi sarana penyimpanan beras Cosmos ini lumayan mudah. Cukup membuka bagian penutup paling atas, isi beras, tutup rapat. Jika ingin mengambil beras, kita tinggal menarik kotak yang ada dbagian bawah. Mudah bukan?.

Memilih Rice Cooker yang berkualitas 
Selain memilih beras yang berkualitas, menyimpan beras pada wadah yang baik, kita juga harus menggunakan rice cooker yang berkualitas. Jika kita menggunakan rice cooker yang biasa, pastinya akan cepat rusak, tidak tahan lama dan kita juga belum tahu kualitas produknya.


Umumnya orang Indonesia menggunakan rice cooker anti lengket atau non stick. Padahal lapisan anti lengket mengandung zat kimia yang bernama perfluorooctanoic (PFOA) yang bersifat karsinogen. Apabila lapisan tersebut mengelupas dan tercampur atau terkontaminasi dengan nasi , lalu masuk ke dalam tubuh, sangat berbahaya karena dapat memicu penyakit serius, salah satunya penyakit kanker. Ngeri juga ya..

Alhamdulillah, Cosmos hadir dengan produk terbarunya, Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6288. Harmond merupakan Teknologi Anti Gores pada innerpan (panci) rice cooker Cosmos. Dimana panci diproses dengan teknologi khusus dan didinginkan ke temperature mendekati 0°C sehingga innerpan (panci) menjadi anti gores, tidak mengelupas, lebih sehat, tahan lama. Dengan harmond panci rice cooker menjadi anti gores dan tidak mengelupas walaupun disikat dengan sikat baja. Partikel lapisan yang mengelupas sangat berbahaya apabila terkonsumsi, karena umumnya bersifat karsiogenik yang bisa memicu penyakit kanker.


Ohya, satu lagi yang sangat istimewa dari rice cooker sehat ini adalah pada panci terdapat pegangan panci yang berfungsi uttuk memudahkan kita dalam memindahkan panci. Dengan adanya pegangan, saat mengambil tidak panas dan tentunya aman.

Tips Penting Memasak Nasi
Coba angkat tangan, siapa yang punya kebiasaan masak nasi setelah nyolokin, nasi matang tapi dibiarkan begitu saja? Saya sayaaa hahaha. Nah, ini nih kebiasaan buruk saya dari zaman kuliah dulu. Masak nasi, ditinggal kuliah, pulang langsung makan. Dan colokan dicabut keesokan harinya pas nasi habis. Padahal ini nggak bagus lho..

Yuk, mulai sekarang kita perhatian lagi bagaimana seharusnya memasak nasi yang baik, jaga nasi sehat dan tetap enak. Berikut tipsnya.
1. Mengaduk nasi 5 menit setelah matang dapat membuat nasi tidak cepat basi, tidak kering, dan lebih tahan lama,karena dapat mengeluarkan air yang terperangkap di antara butiran nasi, sehinga mempermudah proses penguapan air.

2. Jangan mencolok rice cooker terus-menerus sepanjang hari karena akan membuat nasi cepat kering, basi, dan nutrisi pada nasi jadi hilang. Cukup hangatkan nasi 30 menit sebelum makan.

3. Jika ingin terhindar dari nasi yang mbelenyek atau berair gara-gara rice cooker kita tutup. Sebelum ditutup, kita bisa menaruh kain lap, kemudian menutup rice cooker.


Setelah menggunakan Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6288 dan pundi penyimpanan beras Cosmos, alhamdulillah saya semakin tenang. Beras disimpan ditempat yang selayaknya, dan memasak nasi dengan peralatan yang bagus dan sehat. Sehingga setiap hari saya bisa menyajikan makanan yang baik dan sehat untuk keluarga. Dengan beras yang berkualitas, rice cooker sehat, tentunya nasi akan terjaga dengan baik.


Nah, buat teman-teman yang ingin punya Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6288 yang anti gores, tidak mengelupas dan lebih sehat. Juga Pundi penyimpanan beras Cosmos. Produk bisa dibeli di toko elektronik, supermarket, juga secara online di marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibi (Cosmos Official Store).


Teman-teman, punya tips memasak nasi yang enak? Yuk, sharing...


COSMOS 
Instagram : @cosmosonline
Facebook : @mycosmos
YoutubeChannel: https://www.youtube.com/BelanjaCosmos Official Website : https://cosmos.id/

24 comments:

  1. Iya tuh... Suka lupa ngaduk klw sdh mateng. Apalagi kalau jelang pergi baru masak nasi.
    Sering nyesel, ngeluh apa2 mahal tapi buang2 nasi melulu.
    Trimakasih info dan tipsnya ya..

    ReplyDelete
  2. Kelakuanku banget tuh nyolokin nasi sepanjang hari. Jadinya emang kering, apalagi kalau masaknya dikit. Catet deh buat nyopot. Selain pemilihan beras, pilih rice cooker yang bagus itu wajib biar nasinya sehat

    ReplyDelete
  3. Yeayyy, aku juga punya produk rice cooker Cosmos ini, Mba.super loveee banget, bentuknya lucuukk fungsional bisa dibawa kalo Haji pulak

    ReplyDelete
  4. Baca postingan ini aku jadi keingetan mba untuk ganti rice cooker aku segera. Jadi penasaran aku ama keunggulan cosmos ini. Soalnya keunggulannya menggoda hihihi. Jadi penasaran juga ama harganya. Semoga harganya ramah di kantong ya 😍

    ReplyDelete
  5. Lho malah nggak boleh dicolok terus menerus to Mbak? Berarti selama itu, sebaiknya nasi ditutup lap baru ditutup lagi?

    ReplyDelete
  6. Setuju untuk tips selalu mengaduk nasi kalau pas sudah mateng.

    ... dan hindari mencolok kabel rice cooker seharian.

    Aku juga selalu mencuci beras di wadah terpisah, agar panci rice cooker awet!

    ReplyDelete
  7. Waah aku suka mencolok rice cooker belasan jam mbak. Ternyata gak bagus ya. Berarti kalau dah matang dicopot trus baru hangatkan lagi 30 menit sebelum makan ya. Thanks ya tipsnya

    ReplyDelete
  8. eh, saya juga lho, berasnya masih dibiarkan dalam karung, nggak dipindah ke wadah.
    Kalau masak nasi di magic jar, biasanya saat mendidih, suami saya udeh "rewel" nyuruh ngaduk. Soalnya saya sering lupa, mikirnya kan udah otomatis nanti kalau mateng, saklar njegleg sendiri, ngapain pakai di aduk?

    ReplyDelete
  9. Ingat beras, ingat Cosmos. Kalimat itu masih tergiang banget di telinga saya. Cosmos memang paling tau deh yang berkaitan dengan beras dan nasi

    ReplyDelete
  10. Aku pernah tuh masak nasi pagi tapi nggak bisa bertahan lama, agak siangan sudah basi, padahal biasanya bisa tahan sampai besok paginya kalau ada sisa. Setelah ganti beras tapi hasilnya tetap sama, akhirnya ganti rice cooker :D
    Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6288 ini aman sekali ya dipakainya karena anti gores, nasi pun jadi lebih sehat.

    ReplyDelete
  11. wow gahar euy anti goresnya! mantep banget ini rice cooker cosmos. aku juga naksir wadah berasnya. inget jaman dulu punya wadah beras cosmos yg gedee banget. kalo yg kecil ini pas banget buat dapurku yg mungil

    ReplyDelete
  12. Aku dan suamiku itu punya selera nasi yang beda jd kami bikinnya di tengah2 haha, suamiku suka yang pera aku suka pulen wes gak nyambung blas. Tapi utnungnya dia yg sering ngalah,. Kalau resep nasi enak gk ada resep khusus sh mbak, asal jangan kelembekan aja udah enak wkwkwk

    ReplyDelete
  13. Aku sekarang ngaduk ini dah ga mau diemin aja secara dah tau biar ga bau dan tahan lama
    Untung aku juga pake cosmos harmond anti goresss

    ReplyDelete
  14. Saya juga punya rice cooker ini mba. Punya saya motifnya angry bird. Dan emang anti gores sih. Suka banget

    ReplyDelete
  15. Nah itu dia, jangan asal memilih panci anti gores ya. Tapi yang benar-benar sehat untuk digunakan masak beras. Aku punya nih Cosmos Harmon type sebelumnya. Trus aku ngiler lihat sambelnya mbakkk

    ReplyDelete
  16. Loh kita sama mba. Makai cosmos untuk masak nasi
    Dan aku juga pakai tempat penyimpanan beras yang Cosmos juga

    ReplyDelete
  17. Mantap mbak, tips-tipsnya sudah saya jakankan semua, tinggal ganti rice cookernya sama cosmos harmond aja nih, hohoho...

    ReplyDelete
  18. Cosmos memberi paket cakep nih. Selain wadah beras yang bersih dan higienis juga rice cooker pintar. Nggak khawatir lagi kalau memasak nasi terlanjur banyak saat pagi dan baru dimakan sore hari. Nasi tetap bagus dan enak dimakan sekeluarga.

    ReplyDelete
  19. Cosmos udah lama jadi kepercayaan keluarga kami untuk urusan menanak nasi. Seneng ya kalau sekarang ada penanak nasi yang dilengkapi teknologi anti gores sehingga lebih aman

    ReplyDelete
  20. senang banget pake cosmos harmond. jadi rice cooker favorit karena anti gores
    btw dulunya aku juga sering nyolokin nasi seharian, setelah tau ga lagi hehee

    ReplyDelete
  21. jadi tempat simpan berasnya bs keluarkan beras 150 gr toh. cukup untuk jadi nasi seharian di keluarga saya tuh. jadi mau punya 2 produk cosmos ini

    ReplyDelete
  22. Duh, aku nyimpen beras juga di toples plastik aja. Ternyata numpuk itu ya yang bikin kutuan? Baru tahu aku. Btw, panci magic com-nya bandel juga ya. Bisa disikat loh. Mantap tuh. Pasti awet.

    ReplyDelete
  23. Sekarang aku sudah rutin nasinua di aduk dulu setelah matang, hasilnya memang lebih baik gak keras juga.

    ReplyDelete
  24. kemarin aku baru mengalami iniiii.. nasi basi cepet banget, padahal baru masak pagi, pas pulang kantor nasinya udah basi & berair.. kzl! Sepertinya aku harus beli cosmos yg ini nih biar nasi ngga cepet basi lagi.. soalnya sayang kl basi plus baunya itu lho yg bikin eneq...

    ReplyDelete