Tuesday 1 October 2019

#wajanngebut : Hot Wajan Masak Enak dan Gampang Bareng Dapur Ngebut

Ada yang kangen #wajanngebut? Kolaborasi #foodblogger (cie food blogger xixi) Hot Wajan dan @dapurngebut punya @innariana. Jadi, kami mulai kolaborasi itu sekitar tahun 2017 akhir kalo nggak salah, upload dan publish resep di blog kami. Tahun 2018 karena kesibukan masing-masing akhirnya stop. Alhamdulillah, selama beberapa bulan kami berkolaborasi masak-masak enak ala emak-emak, sempat ada beberapa sponsorship juga hehe. Alhamdulillah sesuatu..


Hari ini kami kembali...yeay, tepatnya sudah jalan 3 mingguan sih. Kali ini kami sengaja upload, berbagi cerita dan resep yang kami masak seminggu sekali yaitu di hari senin. Setiap minggu ya ada challenge, yaaa... Challenge nya sih receh. Yang gampang-gampang, sesekali ambil challenge dari survei teman-teman di instagram story saya.

Nah, challenge minggu pertama masak dengan 3 Bahan Wajib (cumi, santan, tahu). Ohya, ini idenya dari Mak Inna. Alhamdulillah nemu cumi juga di mlijo, hahaha. Seperempat cuma 7000, lumayan. Jadilah ini menunya, tumis cumi santan pedas. Soal rasa, ugh.... Enak banget. Cobain deh... Ohya, ide masak cumi santan ini asal aja sih hahaha. Inget ibu saya, suka banget masak ikan mujaer dmasak santan sama tahu, yaudah deh akhirnya pagi-pagi saya belanja bahannya. Alhamdulillah kok ada semua hehe.


Tumis Cumi Santan
By : @hm_zwan

Bahan :
300gr cumi, bersihkan
1 buah tahu, potong, goreng setengah matang
200ml air+santan kara segitiga
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
Gula secukupnya
Himsalt secukupnya
Merica, kaldu bubuk secukupnya

Bumbu tumis (iris) : 
Segenggam bawang merah
4 bawang putih
1 cabe merah
3 cabe hijau
8 cabe rawit
3 cm jahe, geprek

Cara membuat :
Tumis bumbu, daun salam dan jeruk sampai harum. Masukkan cumi, tahu, gula, himsalt, merica dan kaldu bubuk secukupnya. Tambahkan air dan santan, aduk. Koreksi rasa, jika sudah matang, angkat, sajikan.

Challenge minggu kedua pakai 3 bahan yaitu Udang, Kunyit dan Bawang putih. Ide challenge masih dari Mak Inna. Terus mikir panjang, mau masak apa ya... Hahaha. Gitulah ya kalo mikirnya panjang, idenya nggak dapet-dapet. Tapi sekali mikir, langsung deh kepikiran bikin Nasi Goreng Kunyit Udang Pedas. Wak, judulnya panjang banget, wkwkwk Yaudahlah dieksekusi. Soal rasa, ENAK!!!!Cobain deh..


Nasi Goreng Kunyit
By : @hm_zwan

Bahan :
Semangkok nasi
6 buah udang
Kol secukupnya
Merica, himsalt, kaldu bubuk secukupnya
1 sdm margarin

Bumbu uleg :
4 bawang merah
1 siung bawang putih
5 cabe rawit
2 cm kunyit

Cara membuat :
Panaskan margarin, tumis bumbu sampai harum. Masukkan udang, kol, nasi, merica, himsalt dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk rata, koreksi rasa. Jika sudah matang, angkat, sajikan.

Challenge minggu ketiga ide dari saya, yaitu masak dengan Budget 10.000. Kira-kira dengan uang 10.000 #hotwajan bisa masak apa ya.... Nah, setelah merenung 3 hari 3 malam, ahaha. Akhirnya pagi hari pas belanja di mlijo dapet deh belanja dengan bawa uang 10.000 aja. Yakali, lha wong mlijonya di depan rumah kalo kurang bisa ambil uang, ckckck. Pas banget hari sabtu kami mau ke Surabaya karena ada urusan. Suami maksi di kantor. Jadi cuma berdua aja sama Bubuky, beli ayam aja, di bikin ayam krispi.

Ayam bagian dada 7500
Tepung krispi 2500
TOTAL 10.000

Gorengnya pake minyak goreng jatah bulanan yes. Ayam 7500 dapet dada, dipotong jadi 4. Bubuky habis satu, sisanya bawa ke Surabaya. 

Ayam Goreng Krispi 10rb dapet 4 potong
By : @hm_zwan 

Bahan : 
300 gr ayam, bagi 4
Tepung krispi
Air secukupnya
Minyak goreng

Siapkan wadah, campur ayam, 1 sdm tepung krispi dan 3 sdm air, aduk, diamkan 10 menit. Panaskan minyak goreng, Gulingkan ayam ke tepung krispi kering, pijat pijat, ketuk ketuk, goreng dengan api sedang. Jika sudah matang, angkat, tiriskan. Hidangkan selagi hangat.


Praktis kan? Di #gresik beli ayam mentah 7500 jadi 4 potong #ayamkrispi yang enak. Nambah nasi boleh, nambah saos boleh ahaha. Bebas ya, nasi dan saos pake jatah bulanan, aman deh.

Gimana, asik ya kolab masak begini. Ada yang mau gabung? Boleh banget, tinggal masak sesuai challenge, tag ig @hm_zwan dan @dapurngebut. Jangan lupa hashtag #wajanngebut ya. Nanti kita share di instagram story hasil karyanya. Yang mau gabung, setelah kami share hasil masakan kami, teman-teman bisa kok masak sesuai clue yang ada. Misalnya masak dengan Budget 10.000. Waktunya suka-suka, bebas mak... Santuy aja yang penting kita Happy, ya nggak hehe.

Yang mau jadi sponsor, xixixi... Boleh banget mak, insya Allah kita siyappp grak!!! Hahaha.. Sponsorship bisa kontak di ig kami @hm_zwan atau @dapurngebut. 


Teman-teman, kalo dapet challenge budget 10.000 buat masak enak, kira2 mau masak apa?

23 comments:

  1. Ulala blogger-blogger yang rajin masak bikin challenge terus upload di blog masing-masing ya ceritanya, Mbak Is? Keren banget. Memperkaya resep ibu-ibu seindonesia ini. Boleh nih dicobain kapan-kapan resep cuminya. BTW, kalo di Makassar, kami suka makan cumi pake tinta hitamnya. Enaaak :)

    ReplyDelete
  2. Uenaaakkk banget Mba, kebayang crispynya krenyes krenyesss
    Puingin dolan ke rumahmu Mbaaa :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Kangen sama nasi goreng kunyit! Saya suka banget deh sama nasi goreng ini. Dulu suka bikin hehehe

    ReplyDelete
  4. asik asik asik asik mari kita lanjutt masak masak bareng di wajan ngebut. yihaaa

    ReplyDelete
  5. Pengen nyobain masak nasi goreng kunyit.

    Saya kalau di kasih 10 ribu, kayaknya bakal beli beginian :
    kangkung 2 ikat : 2 000
    tahu : 1 500
    ceker ayam : 5 000
    kelapa : 1 500

    masak tumis kangkung, ceker santan pedas, tahu goreng. Bumbunya ambil jatah bulanan hehehe....

    ReplyDelete
  6. Cuminya diganti cumi asin bolehkah? Dan itu ayam 7500 bisa 4 potong ya, keknya di tukang sayurku segitu 10 ribu hihihi, ga bisa chalenge 10 ribu deh :D

    ReplyDelete
  7. kok murah ya? di sidoarjo sini cumi sekilo 65 rb bok. mana kurang fresh. apa karena darjo agak jauh dr laut. duuuh saya suka yg serba cumi, nyonteeek

    ReplyDelete
  8. Aku paling suka cumi.. Enak apalagi menu cumi tumis santan ini duhhh enak bener dimakan pake nasi anget

    ReplyDelete
  9. Aku suka banget bw ke food blogger tapi yang masak sendiri terus update hestek yang isinya menu makanan, tapi ngak pernah di eksekusi hahahaha...soalnya keenakkan suamiku pinter masak apa aja kayak udah panggilan jiwanya...jadi aku merelakan dapurku di dominasi suamiku, aku cukup masak yang ringan-ringan saja, kayak ceplok telor, bikin mie, goreng tahu tempe....hihihihi aku save nih resepnya siapa tahu aku terinspirasi masak.

    ReplyDelete
  10. Kalau bikin ayam crispy tuh ayamnya enggak dibumbuin dulu ya, langsung dari mentahan gitu kah? Aku belum bisa cara begini, pasti kubumbuin dulu pake bumbu tempe.

    Nah, nasi goreng kunyitnya boleh banget dicobain niiih.. belum pernah lho suami dan anak-anak dibuatin nasi goreng kunyit. Eksekusi aaahhh

    ReplyDelete
  11. Asyik bangettt ada teman buat collab, bikin makin semangat menuli ya, Mbak. :D Btw, nasi goreng kunyit ini aku kepikiran bikin nasi kuning terus digoreng. Hahaha.

    ReplyDelete
  12. Kalau aku, masak tumis toge mbak, bahannya ga nyampe 10ribu lho. Kesukaan anak lanangku mbak, tumis toge pakai tahu yang banyak heuheu bisa sepiring sendiri dia .

    ReplyDelete
  13. yah sayang nih telat bacanya semua bahannya udah aku masak tapi ga dimasak begini mba hahaha next ah cobain yang cumi santan tahu kabita pisan

    ReplyDelete
  14. Aku belum pernah makan nasi goreng kunhit tapi sepertinya patut dicoba dikasih topping seafood kali ya enak, kunyit soalnha kan ngilangin bau amis...

    ReplyDelete
  15. Ajib banget mba tantangannya, dengan sepuluh ribu bisa buat makanan enak.. Duh kalau aku dikasih challenge kaya gini mikir dya kali mbak, bisa apa enggak.
    Yang ada cuma masak sayur kangkung

    Btw, aku salfok sama tepung crispy nya. Sebelum lihat artikel ini aku belum tau loh kalauada tepung denga merk ini

    ReplyDelete
  16. Lihat makanan begini jadi kangen masak dan pengen makan juga, padahal dah malem.

    ReplyDelete
  17. Aku suka banget foto-foto Mbak kalau sudah masak pasti seru-seru walaupun aku belum pernah mencoba resep-resep andalannya paling sering aku masak di rumah itu tumis aja heheh

    ReplyDelete
  18. Kalau bajt 10000 doang. Aku beli sayur soup 1000 ..beli tempe 2000 beli paket sambel 2000 beli ikan pindang 5000

    ReplyDelete
  19. Mbak, kenapa pakai himalayan salt? bedanya sama garam dapur apa ya kalau soal rasa?
    Trus, itu cumi yang basah atau cumi asin kering?

    ReplyDelete
  20. Wow jadi semangat masak ya kalo collab gini. Dulu aku sering masak Nasi goreng kunyit. Sekarang udah enggak, karena anak-anak gak suka kadang masih ada ampas kunyitnya hehe

    ReplyDelete
  21. Kolaborasi yang keren, pantas daku lihat di IG, sempat bingung kenapa mirip, ternyata duet maut tho :)
    Dua blog food panutan, yang resep-resepnya suka ku sontek.

    ReplyDelete
  22. dengan budget 10 ribu, mau masak orak-arik wortel dan buncis aja deh hihi, buncis 2500 sebungkus dan wortel 4000, sisanya buat telur dan bumbu

    ReplyDelete
  23. Duh enak2 smua, pinter amat masak. Mak

    ReplyDelete