Wednesday 14 August 2019

Cara Mudah Membuat Cincau Sendiri

Ada yang suka es cincau?kebetulan di rumah ibu saya ada pohon cincau. Sebetulnya pohon ini ada sejak saya masih kecil. Di rumah saya dulu banyak anak yatim piatu. Sepulang sekolah atau pas libur biasanya kami bikin cincau. Tapi diminum pake es sama gula aja, rasanya seger banget.


Nah, kapan hari pas tinggal sementara di rumah ibu. Pagi-pagi iseng main di belakang, terus lihat pohon cincau. Kebetulan pohon cincau sama tukang yang kerja di rumah sempat di babat habis. Tapi ternyata masih tumbuh menjulang ke tembok dan tempat lampu. Nggak tau gimana ceritanya, akhirnya saya ambil beberapa daun cincau. Dan mulailah saya eksekusi.

Cara bikin cincau itu ada banyak cara, tapi cara yang saya tahu dan pelajari dari kecil itu hanya diremet-remet, aduh bahasanya.... Diremet itu di unyet unyet... Hahaha. Itu lho di remes-remes pake jari sampai berlendir gitu. Tapi pas saya coba, sudah 5 menit ngunyet-ngunyet daun cincau sama air hangat tapi kok hasilnya gitu gitu aja. Terus lumayan capek lho ngunyet-ngunyet daun cincau hahaha.

Pas mbak lihat, langsung bilang "udah, blender aja, cepet". Nah lho, nggak berpikir panjang akhirnya saya ambil daun cincau, saya potong kecil, tambah air hangat lalu blender. Setelah itu saya saring menggunakan saringan teh. Warna cincau ya hijau tua, setelah itu saya taruh di kulkas. Nggak sampai 2 jam ternyata cincau sudah set, lumayan padat dan lembut banget lho. Persis banget kayak cincau di pinggir jalan hahaha.


Kalau dulu kami menikmati es cincau dengan sederhana, hanya dengan tambahan air, gula pasir dan es batu. Kali ini saya bikin es cincau versi JSR atau Jurus Sehat Rasulullah. Jadi santannya pakai santan yang tidak di masak, menggunakan kelapa parut lalu diberi air hangat, diperas. Jadi deh santan.


ES CINCAU Homemade
By : @hm_zwan

Bahan :
Segenggam daun cincau
300ml air hangat

Cara membuat :
Blender semua bahan. Saring, diamkan di kulkas sampai cincau set.

Santan :
1/4 kelapa, parut, beri air hangat 300ml. Saring.

Gula :
1 balok gula jawa, rebus dengan air 70ml.

Cara menghidangkan :
Siapkan mangkok, ambil cincau secukupnya dengan sendok. Tambahkan santan kelapa dan gula jawa. Hidangkan.


Gimana rasanya??ini kali pertama saya bikin es cincau dengan santan tanpa dimasak. Rasanya enak lho ternyata. Kayak es cincau di pinggir jalan, seger banget. Serius enak banget lho. Nggak percaya, coba bikin sendiri hahaha. Nggak mau bikin sendiri?? Yaudah, ini saya kirim versi jpg nya yaa... Semoga senang semoga kenyang xixixi.

Gimana?? Mudah kan bikin cincau sendiri. Yang penting sih dapet daun cincaunya dulu ya baru dieksekusi hahaha. Teman-teman, ada yang sudah pernah bikin cincau sendiri?

30 comments:

  1. Ternyata membuat cincau sendiri itu juga mudah nih ya Mas, saya kira sulit hihi

    ReplyDelete
  2. Saya jadi pingin membuat cincau sendiri nih hehe. Terima kasih atas informasinya

    ReplyDelete
  3. Wah seger banget nih Mas, mau dong aku wkwk. Jadi, haus nih hihi

    ReplyDelete
  4. Pas puasa kemarin aku juga bikin sendiri. Tapi akhirnya kumakan sendiri karena kata ponakan masih kasar, bau daun. Ya iyalah. Next kalau buat lagi baiknya pakai saringan kain biar halus kaya yang dijual2 itu

    ReplyDelete
  5. aku suka banget cincau tapi blm pernah bikin sendiri. selalu beli, padahal bikinnya kayaknya gak susah ya....

    ReplyDelete
  6. Waktu masih di Jawa Tengah, aku suka bikin ini mbaa, sama bapakku, sering malah, seger banget. Hanya kaya suka terlalu kenyal, mungkin kurang air ya, karena aku main kira-kira sja, hehe

    ReplyDelete
  7. Whoaaaa, aku sueneengg banget bangeettt sama cincau, Mbaaa
    Di Surabaya, aku langganan pesen Cincau Station, uenaakk banget!
    Ternyata gini y cara bikin cincau :D Makasii sharingnya
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  8. Ternyata mudah ya bikin cincau sendiri. Pake antan yang ga dimasak emang lebih berasa

    ReplyDelete
  9. Cincau hijau kesukaan saya, nih. Lebih suka yang hijau daripada. Tapi, carinya susah. Dulu, tetangga menanam pohonnya, jadi suka bikin sendiri. Sekarang, udah ditebang.

    ReplyDelete
  10. Waah jadi kangen makan es cincau yang dikasih Santana Dan gula kayak gitu. Hmm...seger. Dah lama banget gak minum es cincau

    ReplyDelete
  11. Duh enak seger klo bikinan sendiri kayak gini mak. . Bikinnya juga gampang bgt.. Aku biasanya daunnya diremas2 aja..

    ReplyDelete
  12. Paling senang kalau bisa bikin cemilan/minuman gitu sendiri di rumah ya mbak, jadi gak khawatir kebersihannya. Btw kalau cincau selama ini aku suka beli di pasar, tapi capat resep bikin gini sesekali pengen deh nyobain bikin sendiri juga.

    ReplyDelete
  13. pohon cincau itu tanaman merambat ya? Kok sekilas bentuknya kayak daun sirih.
    Saya suka minum es cincau, tapi belum pernah bikin sendiri, belum pernah ketemu pohonnya

    ReplyDelete
  14. Aku baru mau minta bibitnya ama teman, tapi kkenya lagi musim kemarau kayak gini, ngak numbuh, jadi enakan beli dah, hahaha.

    ReplyDelete
  15. Waduh ngileer saya. Tapi nyari daun cincau dimana yaak di Jakarta haha
    Dulu jaman saya kecil tetangga rumah ortu di Kediri punya pohonnya. Kami sering diantarin tapi dah matang. Jadi ga pernah tau cara bikinnya..

    ReplyDelete
  16. Aku ngga punya pohonnya, jadi kalau pengen biasanya beli, tapi di Ungaran jarang lihat ada yang jual..segar banget ini dan sehat juga ya...

    ReplyDelete
  17. Halo mba telaten bener bisa buat cincau sendiri. Kreatif :). Aku ingat pas ke Bogor beli cincau karena belum pernah membuat sendiri :)

    Makasih resepnya mba :)

    ReplyDelete
  18. Wish simpel banget yH mba, aku pikir buat es cincau itu rumit, suka deh sama es cincau karena ada rasa khasnya, jd pengen bikin sendiri

    ReplyDelete
  19. Seger banget Es Cincaunya 😋. Dulu pas di kampung sering bikin kayak gini,Mbak, secara tanamannya banyak. Di Jakarta mah beli aja, meskipun rasa tak sesegar buatan sendiri. Hehe

    ReplyDelete
  20. bapak mertuaku yang suka buat cincau sendiri dan yes masih pakai cara diremet-remet Sekarang mah apa-apa diblender aja ya lebih cepat, hahaha.

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah di depan rumah juga ada pohon cincau. Baru keingetan mau buat. Hitung-hitung mengajarkan Chila belajar masak. Thanks sudah mengingatkan. Mau coba week end ini ahm

    ReplyDelete
  22. Uwaaa...jadi inget rumah Ibu di Surabaya.
    Ada tanaman cincau yang sering dipanen. Cara Ibu iya, diremet-remet sampe keluar airnya, lalu didiamkan selama beberapa jam.
    Nanti otomatis mengeras kaya bikin puding gitu...

    Dan baru tau kalau cara Rosululloh pakai santan ga digodok dulu.
    Nuhun resepnya, kak..

    **jadi pengin nanem cincau.

    ReplyDelete
  23. Aku udoyan baget cincau tapi beli biasanya hihihi. Mau nyobain bikin tapi di mana cari daun cincaunya gak tau. Ternyata cara buatnya gampang banget ya. Aku request resep bikin sausnya salad buah dong

    ReplyDelete
  24. Lha ya kenapa diremet2 hahaha, tapi emang manteb pakai tangan gtu hihihi. OWalah jd gtu cara bikin cincau. Aku selama ini taunya beli aja mbak hahaa. Duh jd pengen seger2 es cincau :D

    ReplyDelete
  25. Aku punya pohon cincau mb Hana. Tapi sekarang daunnya tinggal dikit. Besok kalo udah musim hujan mau bikin cincau lagi

    ReplyDelete
  26. jadi daun cincau tuh abis diblender bareng air hangat langsung bisa jadi cincau seperti di pasar toh. kirain kudu dimasak dulu kak

    ReplyDelete
  27. Aku juga dah buat teh,, enak dan gimana gitu y klo buat sendiri,, anakku suka banget

    ReplyDelete
  28. Saya pernah mbak buat. Persis caranya seperti yang mbak buat. Tapi mungkin saya kebanyakan air, jadinya gak gitu padat dan berair.

    Anak anak ga begitu suka makan es cincau , jadi cuma saya dan suami aja berdua makan es cincau buatan sendiri. Cuma dikasih air gula aja enak kok.

    ReplyDelete
  29. Jadi inget masa kecil. Dulu ada tetangga yang punya pohon cincau. Saya diajak bikin pas lagi main ke sana. Dulu bikinnya cuma diremes2 aja, trus disaring pakai gombal (lap) yang bersih, lalu dikasih gula pasir.

    Ngga pakai es karena ngga punya kulkas, jadi dimakannya gitu aja. Begitu aja udah bahagia banget. Hihi..

    ReplyDelete
  30. Wah ternyata mudah ya membuat cincau. Daun cincaunya cari dimana ya?

    ReplyDelete