Friday, 10 May 2019

Resep Kue Lumpur

Assalamualaikum.. Tadi siang bikin kue lumpur untuk snack takjil mushola samping rumah. Mendadak kepikiran pingin bikin kue lumpur gitu pakai cetakan cake pan. Kan bosan ya, kalau setiap hari snack takjilnya gorengan, yaudah saya bikinin kue lumpur aja deh. Alhamdulillah nya semua bahan ada di dapur, termasuk santan. Yaaa meskipun harus marut kelapa dulu untuk bikin santan. Tapi aman sih, lha wong cuma setengah dari satu buah kelapa hehe.

Untuk resepnya, saya baca-baca di instagram, cuma setelah ditimbang, dikira-kira dan diskusi sama mbak yang biasa bikin kue. Akhirnya resep inilah jadinya. Awalnya di resep tertulis terigu ya 175 gr, tapi setelah mempertimbangkan ini dan itu. Ya kan bikin kue ya nggak cuma 8 biji hehe. Namanya juga takjil, minimal 10lah haha. Itupun ditambah buah dan teh hangat.

Nah, untuk cetakan kue lumpur. Saya pakai cake pan Sanoya dari @nikitalkl.id. Cake pannya anti lengket, bisa pakai/tanpa margarin dan minyak. Sudah saya coba semua di dapur #hotwajan #bukanwajanbiasa hehe. Tapi kali ini cake pan saya olesi dengan margarin, biar apa? Biar tambah gurih dan harum gitu hasilnya, hmmmm...


Soal rasa, alhamdulillah pas bangetttt. Enak katanya, lembut dan manisnya pas. Kata siapa? Udah nyoba? Kata mbak mbak yang sudah incip dan halangan puasa hehe. Alhamdulillah... Senangnya. Artinya saya harus simpan resep ini buat dibikin kalau ada acara gitu.
Silakan dicoba..
Semoga bermanfaat..


KUE LUMPUR
By @hm_zwan

Bahan :
3 buah kentang, kukus, haluskan/parut lembut
300 gr terigu
150 gr margarin, cairkan
150 gr gula pasir
1 sdt garam
3 butir telur
450 lt santan (rebus dengan daun pandan)

Topping :
Kelapa muda serut

Cara membuat :
Kocok telur dan gula pasir. Masukkan kentang, terigu, aduk. Tambahkan garam, santan, aduk rata. Masukkan mentega cair, aduk. Panaskan cake pan, olesi margarin, tuang adonan, beri kelapa muda secukupnya, tutup. Jika sudah matang, angkat, sajikan.


Gimana hasilnya? Bagus nggak? Satu resep ini jadinya 18 buah kue lumpur, tiga kali nuang adonan ke cake pan. Cepet banget karena lubang cake pannya banyak, lebih dari 5 lubang. Buat teman-teman yang pingin punya cake pan Sanoya bisa langsung ceki ceki ke Instagram @nikitalkl.id ya. Nggak hanya ada cake pan saja lho, banyak banget pilihan peralatan dapurnya.

Ada yang suka kue lumpur?

17 comments:

  1. Eh baru tahu kue lumpur dibuat ada bahan kentangnya juga ya? Kirain kaya adonan kue biasa saja, terigu dan gula. Saved resepnya ya. Kebetulan kami punya cetakan Bandros. Saya mau coba bikin kue lumpur pakai cetakan bandros ah
    Hehehe

    ReplyDelete
  2. Mpo kurang suka maka kue lumpur tapi boleh juga tuh penggorengan buat goreng telur ceplok biar ok. Apalagi anti lengket

    ReplyDelete
  3. Wah aku mau buat ah, eksekusi...! Asek.😍 kebetulan aku suka kur lumpur yang ga terlalu manis.

    ReplyDelete
  4. Suamiku suka banget kue lumpur. Btw ini resepnya kalau mau dibuat setengahnya bisa ya? soalnya suka gak habis kalau kebanyakan apalagi 18 pcs gitu

    ReplyDelete
  5. Wah jadi nostalgia nih, dulu sering bikin kue lumpur juga untuk takjil selama ramadhan di masjid dekat rumah saat tinggal di Pedurungan. Abis pndahan, alat dapurku terutama cetakan kue entah ngilang kemana, ahahahaa.

    ReplyDelete
  6. Selalu mau buat kue lumpur tapi belum nemu cetakan yang pas, kemarin beli terlalu gede jadi tebal gimana gitu. Apalagi ini udah ada resep yang mantap jadi segera mau cari pan yang kecil kayak gini mbak.

    ReplyDelete
  7. Kesukaan Ibu sama Bapakku.
    Kue lumpur.
    Dan ini pakai kentang, biar makin empuk ya, kak?

    ReplyDelete
  8. Duh ini kesukaan ku banget tapi belum pernah buat sendiri, noted! Btw ini telurnya dikocok lepas atau pakai mixer mbak?

    ReplyDelete
  9. aku juga punya cetakan kue lumpur mba tapi yg dr tembaga. selain bisa bikin kue lumpur aku sering bikin martabak mie juga pake cetakan ini. ayo dieksekusi mba buat buka puasa hehe

    ReplyDelete
  10. Kesukaanku banget nih mbaa baik lumpur tradisional maupun lumpur bakar. Tapi aku lebih suka lumpur yg berkismis dibanding yg berkelapa muda hihi

    ReplyDelete
  11. Ya ampun aku pernah makan ini kue tapi ngga tahu namanya apa.. ternyata bikinnya ngga sulit ya, bisa jadi hidangan lebaran nanti ini mba.. sip sip mulai ngicip beli alat alatnya.. semoga bisa buat kue lumpur ini sendiri.. aamiin

    ReplyDelete
  12. Wah mau bikin ah mumpung punya ceyakannya yg lama nganggur hahaha..

    ReplyDelete
  13. mbaaa, tau aja aku lagi cari pan kaya gini. buat bikin pancake kesuakaan anakku sih. bisa kan ya

    ReplyDelete
  14. Suka banget deh kue lumpur. Biasanya beli terus. Gak pernah bikin. Selain karena takut gagal, juga gak punya alatnya. Mupeng deh punya alatnya. Bisa buat martabak mini juga ya kayaknya.

    ReplyDelete
  15. Kue lumpurnya bisa cantik banget gitu ya tampilannya. Ternyata pengaruh dari pan yang digunakan yaaa... coba kita tetanggaan, aku pasti sering pesen dimasakin hahaha.... pinter masak nih dirimu.

    ReplyDelete
  16. Kok enak banget ya kayaknya pakai kelapa. Yang aku tau biasanya pakai kismis. Jadi pengen yang pakai kelapa juga.

    ReplyDelete
  17. Wah aku suka banget nih kue lumpur. Kayaknya mudah ya bikinnya asal ada cetakannya. Cus ah liat2 harganya berapa. Jadi pengen bikin sendiri.

    ReplyDelete