Pages

Sunday, 24 February 2019

Cara Praktis dan Mudah Membuat Ayam Ingkung Panggang Menggunakan Mito Electric Oven


Cara Praktis dan Mudah Membuat Ayam Ingkung Panggang Menggunakan Mito Electric Oven. Assalamualaikum... teman-teman,ada yang suka ayam panggang?Kali ini saya mau sharing cara praktis dan mudah membuat ayam ingkung panggang menggunakan Mito Electric Oven. Yang suka ayam panggang ayo merapat, dijamin mudah banget kok bikinnya. Dan tentu rasanya maknyus pemirsah.

Jadi, ceritanya beberapa hari yang lalu dapur #hotwajan #bukanwajanbiasa kedatangan tamu istimewa. Hayoooo ada yang tau nggak? Yaitu Mito Electric Oven tipe MO-999. Yang paling bikin saya terharu karena oven Mito MO-999 itu gede banget. Pas sampe rumah pun dibuat kaget sama kemasannya, gede banget hehehe.


Sekilas tentang Mito Electric Oven MO-999
- Memiliki kapasitas 25L dengan ruang memanggang lebih besar.
- Dilengkapi dengan teknologi Diamond Shape Alumunium Cavity yang dapat membantu memanggang lebih merata.
- Dimana salah satu keistimewaan dari Mito MO-999 ini adalah adanya Rotisserie Pick, fungsinya untuk memanggang ayam utuh sehingga bisa matang dengan rata.
- Dilengkapi dengan fungsi timer serta pengatur otomatis yang dilengkapi dengan bell ring jika sudah selesai. Ting!! 
- Terdapat pengaturan untuk api atas saja 400 watt, api bawah saja 400 watt, dan api atas bawah 800 watt.

Mito Electric Oven MO-999
Garansi : 1 tahun resmi
Kapasitas : 25L
Daya Listrik : 400-800 watt
Pengatur suhu : 100-200 derajat celcius
Harga : 749.000


Cara Praktis dan Mudah Membuat Ayam Ingkung Panggang Menggunakan Mito Electric Oven
Setelah saya buka kemasan oven dan baca buku petunjuknya, saya dibuat penasaran dengan satu fungsi istimewa dari Mito Electric Oven MO-999. Ada yang tau? Yang spesial dari Mito Electric Oven MO-999 adalah with BBQ Rotisserie Pick. Jadi, dengan ruangan yang besar yaitu 25L, kita bisa memanggang ayam utuh menggunakan oven ini. Luar biasa kan?? Nah, atas nama penasaran. Dengan dukungan ibu, akhirnya sore hari ibu nangkap ayam di kandang. Untuk apa? Ya jelaslah untuk bikin Ingkung panggang hahaha. Enak ya, nggak perlu ke pasar cari ayam, cukup ke kandang belakang rumah, langsung dapet deh.


Kalo ini masak ingkung ayamnya saya rebus dan disilepi... Duh, apa ya disilepi ini... Itu lho, dikasih bumbu pepek alias bumbu komplit, diungkep sampai airnya surut. Setelah itu ikat bagian kaki dan badan ayam, tusuk menggunakan stick grill atai besi pemanggang bawaan oven. Lalu kunci dua duanya, bagian kanan dan kiri, masukkan kedalam oven, set oven maka rotisserie pick otomatis akan berputar dengan sendirinya. Uwww, ternyata ayamnya bener-bener muter sendiri lho hahaha, norak mode on. Sesekali saya olesi bumbu ayam ingkungnya, setelah kurang lebih 1,5 jam atau sampai ayam berwarna coklat keemasan, matikan oven. Sajikan dengan sayur kesukaan.

Mana resepnya?? 
Tenang pemirsah, nggak mungkin kan saya cuma kasih gambar ayamnya saja haha. Berikut resep ayam Ingkung panggang yang dimasak menggunakan oven Mito MO-999.


Resep Ayam Ingkung Panggang
Bahan :
1 ekor ayam kampung
2 lembar daun salam
1 lembar daun jeruk
1 liter air
Gula, garam, merica, kaldu bubuk secukupnya
Segelas kecil minyak goreng

Bumbu halus :
13 bawang merah
8 bawang putih
3 buah cabe merah
8 kemiri
6 cm kunyit
4 cm jahe
4 cm lengkuas
3 cm kencur
3 lembar daun jeruk
2 butir asem jawa

Cara membuat :
Blender bumbu, minyak goreng sampai halus. Tumis bumbu, daun salam, daun jeruk sampai harum. Masukkan air, gula, garam, merica dan kaldu bubuk secukupnya. Masukkan ayam, ikat badan dan kaki ayam terlebih dahulu. Masak sampai air menyusut, angkat ayamnya. Panggang ayam dengan suhu 190' selama 60 menit, atau sampai ayam agak kecoklatan. Angkat, sajikan.


Hasilnya, uwww... Ayam Ingkung panggangnya enak banget. Dinikmati sama urap urap, maknyus pemirsah. Ohya, yang saya pakai ini oven Mito dari @mitoelectronic_id tipe M0-999, kapasitas 25L, jadi sudah kebayang kan ruang memanggang lebih besar. Disertai Rotisserie Pick dan juga teknologi Diamond Cavity yang dapat membantu memanggang lebih rata. Ohya, satu lagi, hemat listrik hanya 400-800 watt saja lho. Yang pingin kembaran oven sama saya, bisa ceki ceki ya di @mitoelectronic_id yaa.

Teman-teman ada yang suka ayam panggang??

64 comments:

  1. Hiyaa.... pengen banget punya peralatan manggang ayam ini.
    Suka ingkung, dan ayam bakar juga, tapi jarang nikmatinnya
    Kalau punya Mito Electric sendiri di rumah pasti akan terbantu kalau mau bikin masakan ingkung ayam bakarnya mbak, heheee
    TFs juga untuk resepnya yah Mbak ^_^

    ReplyDelete
  2. Oven Mitonya keliatan gagah maak.. gede juga ya 25 liter, ayam jumbo juga bisa muter-muter di situ pasti. Makasih resepnya ya mak, mau coba ah buat variasi ayam penggang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru tau kalau wattnya juga gak besar, waa kalau punya oven mito bisa sering panggang-panggangan nih, gak kuota khawatir listrik jebol hahaaa

      Delete
  3. Wuih, mantep banget mbak... Pasti seru ya liat ayamnya muter di dalam oven hihihi...

    ReplyDelete
  4. Ayam panggang, ku suka. Kalau dipaggang pakai oven Mito MO-999, lebih enak kali ya mbak.... Ayamnya lsg pasrah, hahahah

    ReplyDelete
  5. Mbak itu ovennya bisa buat kue biasanya juga kan? manggang kue-kue kering gitu. kalau bisa jadi praktis kan.

    ReplyDelete
  6. saya kok malah salfok sama urabnya ya... hehehe...

    ReplyDelete
  7. Wah enak banget nih ayamnya. Emang Mito Electric Oven MO-999 mantul

    ReplyDelete
  8. Wah dikasih resep juga. Bikin ah di rumah wkwkw

    ReplyDelete
  9. Boleh nih resepnya di coba hehe. Aku jadi pingin beli Mito Electric Oven MO-999 juga nih wkwkw

    ReplyDelete
  10. Wah lebih mudah ya memasak ayam menggunakan Mito Electric Oven MO-999

    ReplyDelete
  11. Wah bagus banget nih Mito Electric Oven MO-999. Praktis dan mudah banget

    ReplyDelete
  12. Langsung catet nih resepnya, Ayam Ingkung ini belum pernah coba soalnya jadi ku penasaran , eh Mito ini ada ovennya juga? baru tau saya

    ReplyDelete
  13. Andai tetanggaan kita, inginku sering-sering melipir ke tempat Mbak Iis apalagi sekarang punya Mito Electric Oven MO-999. Pasti makin sering masak yang enak-enak. ;)

    ReplyDelete
  14. Wohoooo saya sukaaaa ayam panggang. Dimakan pakai krawuan itu (seperti di foto) mantap! Bisa habis banyak nasi nih. Nambah...

    ReplyDelete
  15. Mbak saya masak ayam xi texlon .kalau pakai oven begini pasti merata matangnya ya. Jadi mupeng punya sayaaa

    ReplyDelete
  16. Pernah baca sih tentang alat ag serba pinter ini tp binda punya tuh, cuman yg ada ngiler pengen punya
    Bayangkan segitu gampangnya bikin ayam panggang, kek atau makanan lain yg susah-susah.
    Bagi alat ini semuanya jd seperti menjentikkan jari tengah dan telunjuk aja tuh. Nabung dulu baru bisa memilikinya, hehe...

    ReplyDelete
  17. Waaaaw....kalau lihat resep dan sekaligus cara eksekusinya praktis begini kok tiba tiba hasrat ingin masak merajalela yaaa....akusuka banget ayam panggang mbaaa

    ReplyDelete
  18. Kapasitas 25 L?? wooww pantes aja bisa manggang ayam utuh gitu.. Haduuhhh jadi pengen..

    ReplyDelete
  19. Semoga kesampaian punya oven..kemarin2 pas Ada kesempatan beli tp galau karena masaknya ga Pinter jd gajadi lagi beli ovennya :) pdhl enak ya Bisa manggang segl jenis masakan jd bebas minyak. Ini buat manggang kue jg Bisa kan ovennya

    ReplyDelete
  20. MasyaAllah mudah sekali membuat dengan Mito ya Mba, aduh pengne juga deh bisa bikin ayam ingkung. Tapi kudu nabung juga beli Mito hehehe

    ReplyDelete
  21. ini beneran matang sampe ke dalam mba? kece banget si Mito ini ya... bisa masak ayam utuh layaknya restoran bintang 5

    ReplyDelete
  22. Lagi di kantor, baca postnya Mbak, aku kepengen masak langsung Mbaaak hahahha

    ReplyDelete
  23. Makan siang masih satu jam setengah lagi, tapi lihat ayam langsung laper mba. Ini bisa buat panggang kue juga gak ya?

    ReplyDelete
  24. Jadi pengen punya juga. Bikin ayam paggang ingkung itu ribet. Kalau ada mesin oven dengan kapasitas 25L gitu, pasti mudah banget.

    ReplyDelete
  25. Aku suka banget ayam panggang apalagi kalau tinggal makan hehehe.
    Pas banget ya kedatangan tamunya kalo orang suka masak seneng banget pastinya, jadi bisa lebih rajin lagi masaknya.
    Mito Electrix oven wattnya gak gede-gede banget ya gak sampai 1000 watt malah.

    ReplyDelete
  26. Sukaa banget mba sama ayam panggang 😍

    Lumayan kecil ya watt nya buat seukuran oven elektrik, kemarin aku punya juga oven kayak gini brand sebelah, karena wattnya kegedean di rumah nggak kuat, jadi ku jual deh 😂

    ReplyDelete
  27. Wajib disimpan ini resepnya. Apalagi pakai kencur. Saya sekeluarga biasanya suka nih kalau makanan yang ada kencurnya

    ReplyDelete
  28. Resepnya langsung screenshoot masuk file makanan yang bakalan dieksekusi. Makasih mba, manfaat banget nih

    ReplyDelete
  29. Zwaaaan, asyiknya yang baru punya oven baru dari Mito jadi bisa eksplorasi berbagai menu nih!

    Sebenernya menu terlihat sederhana yah tinggal diblender, tumis dan oles2 doang ke ayam, tapi kenapa kok aku ini malesan banget sih anaknyaaa hahaha,

    ReplyDelete
  30. Ternyata bumbunya ada kencur ya, selama ini aku nggak pernah pakai. Coba deh ntar kalo bikin lagi aku pakai kencur juga, mbak. Makasih ya udah share resepnya. Oven Mito ini gede juga ya bisa menampung 25 L, pantes aja bisa untuk panggang ayam ingkung

    ReplyDelete
  31. Enak ya punya oven duh jadi nyesel deh dulu dapat doorpize oven malah tak jual soale wattnya gede hehe. Btw kayaknya enak tuh ayam panggang ingkung apalagi dimakan pakai nasi anget.

    ReplyDelete
  32. Gampang banget manggang ayam pake oven ini. Wah asik banget nih.

    ReplyDelete
  33. Praktis ya mba masak pakai oven gini, aku baru tahu lho ada Mito Electric Oven MO-999 ini.. daya dan watt nya juga ngga terlalu besar dan harganya itu lho terjangkau banget untuk sebuah oven

    ReplyDelete
  34. Baru tau klo Mito mengeluarkan produk oven juga. Canggih bgt ya sekarang.
    btw, itu masakannya enaaaak. Aku ngiler!

    ReplyDelete
  35. Akuuu laparrr 😂😂
    Ngeces tidak terkira, keliatannya lezat banget yaaa, makasih resepnya pasti tak kasih mamak dirumah haha..

    ReplyDelete
  36. Aku belum punya oven pemanggangan sampai sekarang mba. Resepnya boleh dicoba ayamnya bikin ngiler, besok coba searching Oven Mito ah.

    ReplyDelete
  37. Ovennya mantap banget nih mbak buat manggang ayam hasilnya bagus, tidak gosong. Pasti nikmat nih rasanya. Apalagi dimakan bareng urap2 wiiih jadi ngeces nih pengen makan urap sama ayam panggang. Dan sepertinya bisa dicoba nih manggang ayam pake oven.

    ReplyDelete
  38. Wah skarang mito ngeluarin oven ya kak? Keren ih, inget banget dulu hpku mito, tapi bagus dan harganya affordable

    ReplyDelete
  39. Mb, Aku lagi butuh oven listrik dan langsung kesemsem ama Mito ini. Apalagi dayanya ga gede. Makasih berbagi mbaa

    ReplyDelete
  40. Aku .. aku suka banget sama ayam panggang, apalagi jika tinggal makan. ,😆

    Wah watt nya lumayan juga ya, Mbak. Daku yang listriknya cuma 900 watt musti naikin watt dulu biar enggak njeglek kalo dipakai bareng alat listrik lain.

    Seumur-umur aku belum pernah berurusan dg oven sendirian. Malas bikin-bikin, beda kali kalo ounya oven kece ini. Ngayal dulu boleh yaaa. 🤣

    ReplyDelete
  41. wih muat seekor ayam utuh yaa, cocok ini kalau buat makan besar sekeluarga. Berapa sih mbak harganya oven ini?

    ReplyDelete
  42. Karena nggak punya oven a tau pemandangannya kalo bikin ingkung pasti aku rebus doang. Semoga segera punya MITO biar bisa bikin ingkung panggang kyk mb Hana hihi

    ReplyDelete
  43. Pengen coba masak ayam itu deh, tapi belun punya ovennya!!! Nabung dulu buat beli oven biar makin semangat masak

    ReplyDelete
  44. Siang-siang gini lihat Ayam Ingkung panggangnya jadi lapar deh. Jadi pengen makan ayam panggang juga, tapi saya gak pintar masak, hiks :(

    ReplyDelete
  45. Ovennya besar yaa, Mba? Kapasitasnya sampai 25L gitu. Panggang-panggang ayam jad mudah deh :)

    ReplyDelete
  46. Looks super delicious indeed.. aku juga pengen cobaaa resepnya mbaaa

    ReplyDelete
  47. Lihat postingan ini, tadi anakku yang bungsu langsung ambil oven listrik dan membersihkannya. Dia pengen dimasakkin ayam panggang kayak resep mba Iis ini, hihiii

    ReplyDelete
  48. Kayaknya mudah banget ya buatnya. Apalagi pake oven listrik yang bagus begini. Save ah resepnya, kali aja pengen buat juga kayak mbak Iis. Btw pake panggangan biasa bisa juga kan ya mbak?

    ReplyDelete
  49. Waah laper mba 😂 seneng banget itu ayam pake urap. Klo ada nasi liwet tambah sambel tambah tahu tempe 😋😍 bisa rekomendasi nih ovennya juara pisan

    ReplyDelete
  50. Wah masuk wish list nih si open. Sempet suami nanya ntar pulang ke indo mau pake oven kaya disini? Saya jawabnya ga tau krn takut harga oven mahal 😅. Perlu dicoba nih si mito ini

    ReplyDelete
  51. Oven di rumah juga ada grill stickny. Tapi ak belim pernah pakai sama sekali. Matangnya kadi rata ya mba...

    ReplyDelete
  52. Duh, ngiler liat ayam ingkungnya. Langsung jadi laper mbak baca postingan ini. Btw thanks for resepnya mbak. Tertarik pengen coba deh, apalagi kalau ditemani dengan oven Mito Electrix di atas. Jadi tambah praktis ya.

    ReplyDelete
  53. Tanpa asap , tanpa harus cape cape kipas kipas. Ayam Ingkung matang. Enaknya makan ayam matang dengan warna kecoklatan yang bagus

    ReplyDelete
  54. Ayam bakar memang praktis apalagi ini cepat dan tidak ada bagian ayam yang berwarna merah. Nanti Miss bawa nasi aja ya. Miss mau numpang makan

    ReplyDelete
  55. Serius aku baru tau soal ayam Ingkung ini Mbak, duuhhh ketinggalan jaman bgt aku ya... Hehehe

    ReplyDelete
  56. Aku tuh lupa terus mau manggang ayam pake oven. Kebiasaan manggangnya di wajan aja wkwk... Pantesan kurang mantap matangnya.

    ReplyDelete
  57. Ya Allah menggoda bangte bisa jd ayam seekor gtu dipangang hehe.
    Btw kalau listrikku cuma 1300 Watt aman gak mbak pakai oven ini? Harganya ramah kantong ya, aku jd pengen beli hehe

    ReplyDelete
  58. Maak, ako lagi cari sarapan ini ga sempet sarapan abis ngojek si kaka. Atulah plis, kirim pake gojek napa siniii..hmmm kabitaaa

    ReplyDelete
  59. Aahh jd pengen jugak nih Mak. Nikmat bgt liat sayur n ayamnya nanti dicampur sama sambel. Sedepnyaaaa. Boleh nih, krn low watt ya Mak

    ReplyDelete
  60. Wah mupeng. Bikin ayam ingkung kan ga gampang. Kalo kayak gini membantu banget nih alatnya.

    ReplyDelete
  61. Wuih, ingkungnya jozz banget itu. Dari penampakannya aja udah kelihatan enak bangeeett... Pas ngeliat resepnya, woh iya pantes, bumbunya lengkaaapp... Duh ngiler ih.
    Praktis ya ada oven Mito ini, ayamnya bisa muter-muter sendiri, jadi matengnya bisa rata.

    ReplyDelete
  62. Huhuhu... aku mupeng dengan oven listrik kayak gini. Kepengen punya biar bisa masak apa pun. Aku lagi nyari yang watt-nya kecil nih. Merk MITO ada yang watt-nya lebih kecil dari ini gak ya? Cari aaaah...

    ReplyDelete
  63. Bikin ayam ingkung dioven doang wah mau banget aku Mbak. Praktek ah

    ReplyDelete