Skip to main content

Posts

Showing posts from 2019

Menyulap Barang Bekas Menjadi Alas dan Begron Foto

Sahabat HM Zwan, ada yang suka mengoleksi barang bekas?seperti botol minum coca cola dari berbagai belahan dunia. Atau dari barang bekas sekitar kita, seperti bekas botol minuman lalu kita manfaatkan menjadi barang yang terpakai. Misalnya menjadi vas bunga atau tempat pensil. Tapi kalau barang bekasnya seperti cover mobil yang robek, kira-kira bisa kita permak menjadi sesuatu yang istimewa nggak ya?? Atau triplek bekas atau papan kayu usang yang dibiarkan saja dibelakang rumah. Krik krik krik.... Nah, kali ini saya sharing bagaimana caranya bisa menyulap barang bekas diatas menjadi barang yang sangat kita butuhkan saat ini. Misalnya saya lagi pingin banget alas foto yang kekinian tapi kalo beli harganya lumayan mahal (ini bagi saya lho ya, mungkin bagi orang lain itu murah). Belum lagi ongkos kirimnya, jadi sementara angan angan saya, saya pendam sementara. Insya Allah kalau ada rezeki lebih, pingin beli alas foto itu. 7 Properti Foto untuk Memotret Makanan bagi Pemula beberap

Resep Kulit Risoles dengan 4 Bahan

Ada yang suka risoles? Camilan gurih dan enak, dibungkus dengan kulit yang terbuat dari terigu. Isinya bisa macam-macam, tapi yang paling sering adalah menggunakan isian wortel, kentang dan telur. Setelah isian dibungkus, lalu digoreng dengan celupan terigu dan air. Itu untuk yang ekonomis, tapi ada versi yang lebih enak yaitu membalut kulit dengan tepung panir. Alhasil ketika menikmati camilan ini, ada sensasi kres kresnya dari tepung panir. Ada tiga cara untuk menikmati risoles. Satu, beli di toko kue. Ini langsung disikatlah ya mak, hahaha. Dua, membuat sendiri dengan membeli kulit risol yang ada di pasaran. Ini yang versi lebih praktis, karena tidak perlu sibuk membuat kulit risoles dulu. Kita tinggal membuat isian, bungkus, goreng, jadi deh risoles. Nah, yang ketiga adalah kita membuat risoles sendiri, mulain dari isian sampai kulit. Lumayan panjang sih prosesnya, tapi setelah jadi. Risoles ditaruh di meja, anak-anak dan suami lahap menikmati camilan buatan kita. Dan saat

Tips Menjaga Agar Nasi Tetap Sehat

Salah satu tanda nasi yang sehat adalah nasi yang tidak mudah basi. Bayangkan saja, misalnya kita masak nasi di pagi hari, sore hari nasi sudah basi dan berair. Pastinya itu membuat kita kesal, padahal kita sudah memasak dengan benar. Atau, jangan-jangan ada yang salah dengan beras kita, atau cara kita menyimpan beras dan lain sebagainya. Sungguh, mencari penyebab nasi yang mudah basi terkadang sangat sulit. Pernah satu hari saya memasak nasi, seperti biasa, beras saya cuci berkali-kali sampai air berwarna bening. Lalu saya masak di rice cooker, setelah matang, saya biarkan kabel menempel. Sore hari saat kami mau makan, ketika saya membuka rice cooker tercium bau nasi basi dari dalam rice cooker. Iya, ternyata nasi yang saya masak tadi pagi sudah basi di sore hari. Padahal berasnya masih sama dengan beras sebelumnya. Begitu juga dengan rice cooker nya. Lalu, salahnya dimana ya?.  Sepele ya, tapi kalau ingat kejadian itu rasanya saya tidak mau lagi sampai memasak nasi yang ce

Advan G3 Pro, Smartphone Terbaik dibawah Rp 2 Jutaan

Sebulan yang lalu saya dapat musibah, smartphone andalan saya jatuh dan tidak bisa hidup lagi. Sedih banget rasanya, karena itu adalah smartpone yang saya gunakan ubtuk keperluan menulis blog dan sesekali memotret dengan alat tersebut. Sampai akhirnya saat banyak pekerjaan, saya merasa ada yang kurang. Meskipun masih ada satu smartphone lagi tapi rasanya takut sekali kalau tiba-tiba eror karena memory penuh. Sempat kepikiran untuk beli smartphone baru tapi masih maju mundur. Alasan yang membuat saya maju mundur salah satunya adalah mengenai harga smartphone itu sendiri. Pinginnya, beli yang bagus tapi kok ya yang bagus itu mayoritas harganya 3juta keatas. Pingin coba beli yang murah tapi takut cepat rusak, gini nih emak emak kalau kebanyakan mikir. Endingnya nggak jadi beli deh hahaha. Satu hal kenapa saya pingin banget beli smartphone baru, karena sudah kurang lebih 5 tahun saya sangat nyaman bekerja menggunakan smartphone. Baik untuk keperluan menulis artikel di blog, me

5 Resep Olahan Udang, Maknyuss!

Sahabat HM Zwan, ada yang suka udang?kali ini saya mau share 5 resep olahan udang yang rasanya maknyus banget. Siapa sih yang nggak suka udang, seafood satu ini lumayan ada beberapa macamnya. Mulai dari yang ukuran mini sekali sampai besarnya nggak nguati. Tapi yang paling saya suka itu udang yang ukurannya sedang, sekali hap atau 2 kali hap haha  Seminggu sekali biasanya saya belanja ke pasar, untuk keperluan masak selama kurang lebih satu minggu. Mulai dari sayur mayur, ikan, seafood, buah sampai ayam. Yang nggak ketinggalan biasanya udang, selalu beli stok udang. Nggak perlu beli banyak, cukup beli 300gr, itupun kadang langsung habis, kadang bisa jadi 3 kali masak. Nah, kali ini saya mau share 5 Resep olahan udang. Mulai dari yang resep gitu aja sampai resep yang mungkin rada aneh ya, misalnya udang di mix sama terong. Penasaran kannnn?? Yuk ah, cus kita Intip resepnyaa.. Baca juga   Kumpulan Resep Smoothie  1. Tumis Udang Tahu Pedas Ide bikin resep ini gara-gara

Utang Pinjaman KTA BTN dengan Bunga Rendah untuk Modal Bisnis

KTA adalah singkatan dari Kredit Tanpa Agunan. Jenis kredit ini biasanya dimanfaatkan sebagian orang untuk keperluan pribadi. Kebaikan dari kredit ini adalah kamu tidak memerlukan agunan atau jaminan seperti kebanyakan jasa peminjaman uang. Kamu bisa mengajukan pinjaman KTA BTN dengan bunga rendah dengan memenuhi beberapa syarat yang dibutuhkan. Fakta-fakta Utang Pinjaman KTA BTN Online Pengajuan KTA sangat aman dilakukan oleh siapapun. Sebagian besar permintaan untuk utang KTA akan dimanfaatkan sebagai salah satu tambahan modal bisnis. Hanya saja, kamu perlu mempertimbangan perhitungan yang mungkin terjadi bila kamu tidak menyediakan dana lain sebagai second opinion. Jika berniat untuk melakukan utang pinjaman, maka kamu harus memenuhi konsekuensi angsuran yang ditetapkan setiap bulannya. Jangan sampai, niatmu untuk memperbesar bisnis justru malah membuatmu terlilit utang KTA dan dikejar debt collector demi pelunasannya. Pada awalnya, KTA merupakan salah satu produk pe

Ini Manfaat Pinjam Dana Tunai di CekAja!

Apa yang Anda pikirkan saat mendengar cara pinjam dana tunai proses mudah? Kebanyakan orang akan berpikir tentang fintech pinjam uang yang ada di toko aplikasi. Ya, fintech semacam ini memang sedang hits, dan banyak beriklan di mana-mana. Mereka yang tak pikir panjang pun akan mudah untuk terjerat utang di rentenir digital ini. Padahal, apa yang mereka tawarkan hanya manis di awal belaka. Pada akhirnya, Anda harus menelan pil pahit karena bunga tinggi dan ditagih bahkan sebelum jatuh tempo. Ingin meminjam uang di bank, prosesnya lama dan harus menggunakan agunan. Lalu bagaimana solusinya bila Anda butuh dana mendesak? Jangan menyerah apalagi tergoda tawaran rentenir digital. Lebih baik, gunakan Cekaja.com. Nah, apa sih CekAja itu? Kenal lebih dekat di sini ya: Toko Finansial Terlengkap CekAja merupakan toko finansial yang menyediakan berbagai fasilitas. Misalnya, fasilitas kartu kredit, KPR rumah, hingga pinjam dana tunai. Nah, Anda bisa pilih sesuai dengan kebutuhan An

Nasi Tiwul, Emang Enak?

Nasi Tiwul, Emang Enak?.  Ada yang suka nasi tiwul?jangan jangan, baru denger, hahaha. Rugi lho wkwkwk. Saya bukan pecinta nasi tiwul, tapi sejak nikah sama orang Ponorogo. Pelan-pelan dibuat jatuh cinta sama yang namanya nasi tiwul. Ohya, fyi.. Tiwul ini terbuat dari tepung singkong yang dicampur, diuleni dengan air sedikit demi sedikit sambil diaduk pakai nampan kayu. Sampai terbentuk gerindilan. Setelah itu dikukus beberapa menit, jadi deh tiwul.  Dulu saya taunya tiwul itu jajanan pasar yang rasanya manis karena ada taburan gula merah dan kelapa parutnya. Tapi di Ponorogo jadi beda gini menikmati tiwul nya. Di Ponorogo, tiwul dimakan dengan lauk, sayur bukan dimakan pake gula merah dan kelapa parut, macam getuk wa akhwatuha gitu. Jadi, dulu itu tiwul dikonsumsi setiap hari, kalau kita sehari-hari makan pakai nasi, mereka pakai tiwul. Dan kebiasaan seperti itu masih bertahan sampai sekarang. Tidak setiap hari tapi, sesekali saja. Pertama kali makan nasi tiwul rada an

5 Resep Smoothie Gampang dan Praktis

Jadi, ceritanya 10 hari terakhir saya bikin sarapan smoothie bowl. Setiap pagi menghadiahi badan dengan semangkok smoothie pakai buah hasil panen di rumah ibu. Apalagi kalo bukan mangga gadung. Manisnya, adududu... Pas banget. Terus dikasih mbk alpukat, katanya sengaja beli buat ibunya Aqla. Jadi, pulang ke rumah ibu balik ke Gresik bawa sekerdus buah haha, alhamdulillah. Sebenarnya gampangggg banget kok bikin smoothie, cuma baru sekarang saya buka mata. Artinya gini, sekarang kok ya saya ketagihan banget bikin smoothie. Padahal dulu saya sering banget mbatin, "ih, ngapain juga bikin smoothie di taruh di mangkok, di hias, di kasih buah dan lain lain". Gitulah ya kalo suka mikir negatif, sekali kena, eh ketagihan hahaha. Kok tiba-tiba bikin smoothie Em?saya juga bingung, waktu itu langsung bikin aja sih karena penasaran. Kalau hari-hari biasa seringnya sarapan buah potong. Nggak di bikin jus apalagi bikin smoothie. Nggak pernah, jadi sarapan buah potong aja gitu d

#wajanngebut : Hot Wajan Masak Enak dan Gampang Bareng Dapur Ngebut

Ada yang kangen #wajanngebut? Kolaborasi #foodblogger (cie food blogger xixi) Hot Wajan dan @dapurngebut punya @innariana. Jadi, kami mulai kolaborasi itu sekitar tahun 2017 akhir kalo nggak salah, upload dan publish resep di blog kami. Tahun 2018 karena kesibukan masing-masing akhirnya stop. Alhamdulillah, selama beberapa bulan kami berkolaborasi masak-masak enak ala emak-emak, sempat ada beberapa sponsorship juga hehe. Alhamdulillah sesuatu.. Hari ini kami kembali...yeay, tepatnya sudah jalan 3 mingguan sih. Kali ini kami sengaja upload, berbagi cerita dan resep yang kami masak seminggu sekali yaitu di hari senin. Setiap minggu ya ada challenge, yaaa... Challenge nya sih receh. Yang gampang-gampang, sesekali ambil challenge dari survei teman-teman di instagram story saya. Nah, challenge minggu pertama masak dengan 3 Bahan Wajib (cumi, santan, tahu) . Ohya, ini idenya dari Mak Inna. Alhamdulillah nemu cumi juga di mlijo, hahaha. Seperempat cuma 7000, lumayan. Jadilah ini

Resep Mudah dan Praktis Membuat Steak Daging

Kapan terakhir makan steak? Emmm... Kalau saya, terakhir makan steak itu waktu ngajar di Malang, sekitar tahun 2011. Dimana lagi kalau bukan di Warung Steak. Lama banget ya, dan sampai detik ini belum pernah lagi makan steak di resto dan sejenisnya. Nggak tau kenapa, ya karena setiap wisata kuliner kami selalu majan di tempat yang standar gitu, haha. Macam warung padang, KFC, warung lalapan, bakso.. Udah sih gitu aja levelnya, wkwkwk. Terus, minggu kemarin waktu maen ke rumah adek di Surabaya, pas kami ngobrol mau makan malam apa, eh suami nyeletuk pingin makan steak. Karena waktu ada acara di Jakarta diajak rekannya makan steak di resto. Kebetulan di rumah adek stok daging qurban masih banyak. Nggak pake lama kami punya ide bikin steak untuk makan malam. Karena nggak punya gambaran bumbu Steak itu seperti apa, akhirnya kami bertiga browsing dong. Sebenarnya banyak banget resep Steak, cuma karena banyak banget resepnya dan bingung deh. Akhirnya saya pilih resep yang paling sim

Ayam Bakar Rejosari Surabaya, Bungkus Sekali Langsung Ketagihan

Ayam Bakar Rejosari Surabaya, Bungkus Sekali Langsung Ketagihan. Pecinta ayam bakar coba angkat tangan. Berawal dari dibeliin adek Ayam Bakar Rejosari pas kami ke Surabaya awal bulan agustus. Eh, ternyata rasanya enak lho. Padahal itu di bungkus ya, bukan makan di tempat. Konon, makan apapun paling enak ya langsung makan di tempat di resto atau warungnya, bukan di bungkus. Tapi kali ini, kami cocok banget sih sama Ayam Bakar Rejosari yang ada di daerah Semolo Surabaya. Kamu juga bisa   Menikmati Kota Surabaya dengan Sederhana  Waktu itu adek belinya 2 porsi ayam utuh, yang satu ayam bakar dan satunya lagi ayam goreng. Makan berenam ternyata yang laris manis ayam bakarnya, yaa meskipun ayam gorengnya tetep ludes sih, tapi terakhir ludesnya hahaha. Dua minggu yang lalu, waktu libur 17 agustus saya dan suami ke Surabaya lagi untuk jemput adek sama anaknya. Kebetulan momennya liburan, jadi mereka mau main ke Gresik. Pukul 11 siang kami sampai di Surabaya, ngobrol sambil leyeh

Resep Mudah dan Praktis Membuat Susu Almond

Resep Mudah dan Praktis Membuat Susu Almond.  Sejak tahu enaknya rasa susu almond, akhirnya mendadak ketagihan. Dalam arti ketagihan nggak setiap hari harus minum susu almond ya, ketagihan rasanya gitu. Menurut Wikipedia, popularitas susu almond sendiri sangat meningkat sejak tahun 2011, bahkan mengalahkan susu sari kedelai sebagai minuman yang menyehatkan di tahun 2013. Luar biasa drastis ya meningkatnya, padahal harga almond sungguh fantastis lho. Saat in mengkonsumsi susu almond sudah jadi lifestyle bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Almond tidak hanya bisa dikonsumsi untuk camilan saja, tapi dibuat menjadi susu juga bisa jadi alternatif lain. Selain untuk susu dan camilan, almond panggang juga bisa dijadikan tren l toping aneka smoothie. Cara membuat susu almond sangatlah mudah, ada dua cara pembuatan. Yang pertama menggunakan almond mentah yang harus direndam semalam atau beberapa jam, setelah itu blender dengan air matang dan pemanis, saring dengan kain, m