Tuesday 30 October 2018

"Ke Bandung yuk.."
"Wah, ayooooo.."
"Yaudah siap-siap"
Percakapan kami di hari sabtu pukul 11.08. Sepulang dari menemani Bubuky main di luar, siapa sangka obrolan dan celetukan singkat itu berbuah manis. Akhirnya, kami jalan-jalan ke Bandung, yeay!!.

Setelah makan siang, mandi dan packing. Kami berangkat pukul 12.30 dari Subang, berhenti buat isi bensin, beli minuman, roti, susu dan isi ulang etoll. Perjalanan dilanjutkan menuju Purwakarta, kurang lebih satu jam akhirnya keluar tol. Artinya kami sudah sampai di daerah menuju Bandung Kota. Pas banget hari sabtu, jadi macet banget. Eh, atau memang Bandung sudah biasa macet ya hahaha. Pokoknya arah Bandung Kota, lumayan macet deh.

Kebetulan kami pake waze, teman penunjuk arah. Tujuan kami saat itu adalah alun-alun Bandung. Kenapa? Karena penginapan belum dapet, jadi yang dituju saat itu ya alun-alun Bandung. Sampai alun-alun Bandung ternyata macet parah ya hahaha. Bener juga ya kata teman-teman yang sudah pernah nulis travelingnya ke Bandung di blog. Ngerasain deh sekarang hahaha. Tapi, menikmati banget. Banyak pemandangan baru yang wajib dinikmati. Ya daerahnya, ya orangnya, ya wisatawannya, ya apa aja yang terlihat oleh mata.

Ternyata parkir di basement alun-alun penuh, nggak ada pilihan akhirnya kita lurus aja ngikutin jalan asia afrika. Sambil cari-cari info penginapan budget alias murah. Akhirnya tanpa sengaja karena kami ngikut mobil depan, lihat plang bertuliskan Villa Guest house Bantal Guling plus ada plang Airyrooms. Sempet mbatin, wah ini penginapan murah yang direkomendasikan banyak artikel di google. Akhirnya kami tanya langsung perkamar untuk semalam, harganya Rp 265.000/malam sudah komplit untuk penginapan budget, termasuk sarapan. Ohya, kami nggak pesan via aplikasinya ya, karena agak parno. Sempat punya pengalaman booking, eh tiba-tiba tanggalnya berubah otomatis, hickz. Akhirnya pilih pesan langsung deh, pokoknya kalau ada plang Airyrooms sudah dipastikan (biasanya) penginapannya murah.

Istirahat beberapa jam di penginapan, karena mau keluar juga pas hujan lebat. Akhirnya kami pilih istirahat, mandi dan sholat. Setelah maghrib, kami ke ruang makan penginapan untuk minum teh hangat, lalu lanjut jalan-jalan ke alun-alun Bandung. Ohya, jarak penginapan ke alun-alun Bandung kurang lebih 1km, lumayan dekat. Pas tau alun-alunnya rame banget, akhirnya kami belok kiri ke daerah Dalem Kaum. Kanan kiri banyak toko, mulai kuliner sampai belanja fashion juga banyak. Enaknya disini banyak banget tempat duduknya, letaknya di tengah jalan. Jadi, kalau jalan kesini nggak usah takut capek, banyak tempat duduk hehehe.

Setelah belanja baju, kami sempat tanya teteh-teteh, tempat makan enak di daerah Dalem Kaum dimana. Ditunjukin makanan khas Sunda, Alam Sunda. Nggak pake lama kami lanjut jalan ke jalan otista. Dari Dalem Kaum ada perempatan, belok kiri lurus kurang lebih 10 menit jalan kaki sampai juga di Alam Sunda. Tempatnya lumayan rapi, bersih dan ramai pengunjung. Setelah pilih ayam bakar dan lele goreng, kami cari tempat duduk. Kurang lebih 5 menit pesanan kami datang, dengan nasi di bakul, lalapan dan 2 macam sambel sudah ada di meja. Ohya, ada pudingnya juga. Cocok banget deh buat anak-anak, sambil nunggu pesanan datang, Bubuky minta puding. Habis puding, pesanan datang. Langsung deh disikat hehehe.

Sambelnya ada 2, sambel bawang dan sambel ijo. Menurut kami sambelnya pedasnya sedang, jadi pas banget gitu. Juara banget sambelnya, endeus, nampol, maknyus tenan. Ohya, lele gorengnya ada kremesannya, Bubuky suka banget, makannya banyak hahaha. Emak bahagia lihatnya. Ohya, segitu semua habis Rp 65.000. Fix, murah banget, enak banget, kenyang, dan kalo ke Bandung pasti kesini lagi. Setelah makan malam, lanjut jalan kurang lebih 15 menit sampai di penginapan dan istirahat.

Pagi hari setelah ngeteh, pukul 06.55 kami jalan ke alun-alun, seger banget pas keluar penginapan. Sampai alun-alun lumayan bahagia karena pengunjungnya masih bisa dihitung jari hahaha. Yeay, akhirnya nginjakin kaki di rumput sintesis. Cesss rasanya, kan malamnya habis hujan hehehe. Beli bola buat Bubuky, main bola, foto-foto lalu lanjut ke jalan asia afrika. Baru nyadar ternyata jalan yang ada quotesnya Pidi Baiq itu di area ini, tepatnya di depan mata hahaha. Norak bergembira.. Mau jalan ke museum, eh nggak bisa karena lagi ada yang demo, banyak banget. Akhirnya duduk manja di depan jalan sambil lihat pawai orang Bandung naik sepeda.

Pukul 08.00 kami lanjut jalan ke daerah depan alun-alun, beli minum dan lanjut pulang karena laper hahaha. Sampai penginapan tujuan utamanya dapur, langsung sarapan, ngeteh sambil nyantai. Lanjut istirahat di kamar, nonton, dan tidur. Pukul 12.00 setelah mandi dan sholat kami check out.

Tujuan selanjutnya yaitu Taman Balai Kota Bandung, kurang lebih 20 menit dari penginapan akhirnya sampai juga. Taman balai kotanya bagus banget ternyata. Bener-bener dimanjakan ya warga Bandung. Masuk tamannya gratis, fasilitasnya banyak, ada kolam mandi buat anak-anak, air mancur, taman bunga, kebun binatang mini, area hidroponik, tempat main. Banyak banget.. Ohya, buat yang mau keliling Bandung, bisa naik bus wisata, bayar Rp 10.000-20.000, cuma gitu harus antri.

Pukul 13.40 kami lanjut wisata kuliner, setelah browsing sana sini akhirnya suami pilih makan siang di Warung Nasi Ibu Imas. Kami pesan ikan mas dan ayam bakar, plus 2 tempe bacem dan 2 jeruk hangat. Pesanan datang dengan lalapan dan 2 sambal, terasi dan leunca. Makan disini kami bayar Rp 91.300. Lumayan kaget dengan harga jeruk hangat, harganya Rp 12.000 pergelas. Ya, mungkin jeruknya mahal atau beda sama jeruk lain. Soal rasa, di lidah kami ini ratenya 6/10. Soal rasa, selera dan harga tiap orang berbeda. Jadi kalau teman-teman pingin nyobain, langsung aja kesini ya.
Setelah makan siang, kurang lebih pukul 15.00 kami langsung pulang ke Subang lewat Purwakarta. Lumayan macet, tapi alhamdulillah sampai rumah Subang pukul 17.00 dengan selamat. Alhamdulillah, ke Bandung untuk pertama kali sangat berkesan. Tujuan kami ke Bandung yang super dadakan ini untuk jalan-jalan. Sampai Bandung jam 14.00an, keliling kota naik mobil sambil cari penginapan murah yang dekat alun-alun. Jalan kaki menikmati suasana Bandung Kota, menikmati kuliner khas Sunda dan lanjut ke Taman Balai Kota yang bagus banget.

Alhamdulillah kami senang, apalagi Bubuky, hasrat eksplorasinya tercurahkan disini. Di alun-alun dan di taman. Alhamdulillah kami senang, semoga lain waktu ada rezeki main ke Bandung lagi, aamiin.

Teman-teman, ada yang sudah pernah jalan-jalan ke Bandung?atau ada tempat yang wajib dikunjungi jika kami ke Bandung lagi.. Ayo dong sharing...

30 comments:

1. asikny a yang abis ngebandung nih

ReplyDelete
  2. Yah aku malah masih mimpi aja pengen ke Bandung. Soalnya perjalanan hampir seharian tuh kalau via transportasi darat. Huhuhu tapi kalau nggak diniatkan kapan lagi ya bisa ke Bandung.

3. Pernah sekali ke Bandung Mbak, cuma main ke daerah Dago aja. Muter2 aja disekitaran situ. Hihihih.
    Makanya mupeng banget klo ada cerita tentang Bandung, belum puas explorenya siihh.
    Moga nanti bisa kesana lagi ama anak-anak dan PakSu juga :)

Bubuky senang banget ya itu bisa lari2an ;)

ReplyDelete
  4. Bubuky seneng ya mba, puas eksplorasi di taman kota Bandung. Tentang tempat makannya bakal jadi rekomendasi buat kami kalo ke Bandung. Aku terakhir ke Bandung nggak nginap sih, cuma numpang lewat aja. Sebelumnya kesana jaman masih SMA, hahaha...lama banget kaaan, tapi puas tiga hari di Bandung. Jalan-jalan tiap hari, tapi paling udah berubah semua

5. Aku belum pernah ke Bandung. Mungkin nanti kalau ada rejeki yang lebih maka saya bisa ke Bandung untuk liburan dan jalan-jalan. Pengen banget ke Bandung soalnya dari dulu tapi belum kesampaian juga.

6. Aku belum, masih jadi list nih. Kalau ke Bandung kulinernya itu lho godain bangetttt

ReplyDelete
  7. asyik banget ya jalan2 ke Bandung. semua destinasi di Bandung tuh menarik banget. berkali2 ke bandung dapatin moment dan pengalaman yg berbeda. si dedek makannya pinter banget ya...

8. Belum pernah ke bandunf mba 😭 padahal pengeeen banget. Bandung banyak banget tempat wisatanya yah, kotanya terlibat nyaman dan indah. Mudah2an suatu saat bisa ke sana juga mengeksplor Bandung 🙏🙏😍

9. Waktu masih tinggal di Jakarta aku sering ke Bandung, naik kereta. Setelah tinggal di Jogja ufah ga pernah lagi, huhuu kangeeen.. aku juga baru tau daerah dalem kaum itu, kalau bangku2nyq ada di tengah jalan, berarti kendaraan ga boleh masuk situ ya mba? Asik bangeet..

ReplyDelete
  10. perjuangan banget buat nginjek rumput sintetis itu yaa, sampe bolak balik hahaaa. Aku pun penasaran kaya apa rasanya main di lapangan luas tapi rumputnya palsu. Emang Bandung keren banget nih. Perjalanan ke sananya dari jalur kereta aja indah banget, beda sama kalo lagi jalan ke jakarta :))

11. Saya belum pernah nih jalan2 ke Alun2 Bandung. Penasaran juga sama jalan yang ada quotes Pidi Baiq nya heeheh

12. senengnya ya bisa jalan-jalan ke Bandung. Aku beberapa kali ke Bandung, tapi enggak bisa lama, jadi belum sempat lihat apapun deh.
    semoga satu saat bisa ke Bandung dan bisa icip kuliner khasnya

13. Bandung udah bagus banget ya, sayangnya macet ya haha
    Sama aja kayak kami di Surabaya, kalau liburan pada ke Malang atau Batu, dan di sana maceeetttt banget.

Tapi asyik juga mba, jalan-jalan mendadak tapi pengeluaran masih terkontrol, dapat penginapan yang terjangkau :)
    Saya mupeng banget ke Bandung, tapi jadi mikir lagi karena macet hihihi

ReplyDelete
  14. Alun-Alun Bandung dari rumah tante saya cuma selemparan batu. Makanya kalau ke sana tinggal jalan kaki. Tapi, saya malah belum pernah ke sini. Mungkin karena berasa dekat, ya. Jadi ditunda-tunda melulu yang akhirnya belum ke sini juga :D

15. Seru ya mb ke bandung dulu pernah juga tinggal di Bandung 2 minggu di jl Cikaso, jadi pengen lagi ke sana.

16. Bandung kota kelahiranku...tpt yg asyik utk dijadikan tpt tinggal.. Sejak menikah tinggal di Cimahi jadi jarang ke Bandung hehe.

17. Aku belum kesampaian eksplore Bandung. Huwaaaa T__T
    Insya Allah udah ada di wishlist 2019, semoga bisa beneran ke sana. Apalagi kan sekarang udah tinggal di Jawa, deket lah ke Bandung mah. Niatnya nanti kalau ke sana sekalian silaturrahim ke saudara dan tetangga yang udah pada jadi wargi Bandung :D

18. Aku kemarin ke Bandung kayak mimpi aja, cuman 3 hari udah gitu si bapak sibuk banget jalan2nya cuman bentar doang hahahaha

ReplyDelete
  19. Kalo k bdg, aq kyknya brasa wajib bgt maen ke mesjid n braga Mba.. Gak tau jg kemana tempat yg lain. Oh iya, ke dago jg mainnya :)

20. Walah baru tau aku nih, yg ada plang airyrooms pasti murah :o
    Aku sih cuma pernah ke alun2 aja mba.

ReplyDelete
  21. hihihi iya Bandung mah macet banget ya Mbak apalagi kalau Sabtu, tapi seru tu idenya buat staycation, jadi jalan-jalannya nggak terlalu terganggu macet ya....

22. 265 ribu plus sarapan? Wah udah murah banget itu. Aku kemarin pesan hotel via aplikasi juga 200 ribuan tapi tanpa sarapan hiks.

23. Seneng ya bisa jalan jalan bareng keluarga, bisa makan enak banyak dngan harga murah. Aku blm pernah ke Bandung, mba. Hehe.

ReplyDelete
  24. Asyik ke Bandung! Fotonya bagus. Suasana sejuk dan kuliner enak memang lekat sekali dgn Bandung

25. Aku jadi kangen main ke Bandung.. exploring its street and culinary haven. Kaau ke Bandung selalu gedubrakan aja selama ini hehe

26. Serunya main ke bandunggg mbak. Jadi mupeng. Staycation plus explore destinasi sekitar emang favorit aku juga, hehe

ReplyDelete
  27. Welcome to Bandung mba macet pisan nyak mba makana aku teh kadang kalau weekend ke Bandung mesti pagi buta mba biar kosong, waktu itu sih aku masih dapat parkiran basement alun-alun nah pas siangnya langsung murudul :D
    btw murah y mba yg bantal guling airy rooms next aku kasih rekomendasi kesini kalau ada sodara ke Bandung

28. Jalan-jalan ke Bandung memang salu berkesan ya, saya yang lama tinggal di Bandung pun belum bisa ngubek Bandung, sekarang setelah pindah malah jadi kangen dan nyesel ga sempat ngubek ke tempat-tempat asyik di bandung

ReplyDelete
  29. Kalau ke bandung, saya mampirnya paling di masjidnya, balaikota sekali, jl braga (cuma numpang lewat) dan terminal. Hahahaha. Entah kenapa tiap ke sana dalam keadaan buru-buru, bukan sedang liburan. Emang paling enak ke bandung bareng keluarga dan santai nggak diburu waktu.

30. Duh Masjidnya, jalan yang ada tulisannya itu, hits banget ya, Mbak. Aku belum penah ke Bandung, Mbak. Semoga suatu hari bisa ke sanam sama suami dan anak. Ngomong-ngomong soal es jeruk, di sini, rumah makan dekat rumah pula, harganya malah 21 ribu. Hahahaha. Keselek deh keselek kalau yang baru pertama kali ke sana. Hihihi.