Friday, 27 July 2018

Roti Pisang, Camilan untuk Si Kecil

Assalamualaikum.. Ceritanya sudah 2 minggu ini bubuky agak susah makan nasi, sebenarnya mau makan nasi tapi nggak banyak seperti sebelumnya. Jadi, mau nggak mau saya harus cari ide menu makanan atau camilan biar bubuky mau makan atau ngemil. Sejak tau trik menghadapi anak yang susah makan, saya jadi nggak uring-uringan. Santai tapi tetap harus banyak stok ide menu makanan. Yang penting perut anak nggak kosong.

Berbeda saat sebelum tau dan benar-benar menerapkan trik menghadapi anak yang susah makan nasi, ya, begitulah orang Indonesia. Harus makan nasi hahaha. Jadi, pas bubuky nggak mau makan nasi, hanya satu dua suap, saya langsung marah-marah, uring-uringan terus lah waktu jam makan. Tapi, berjalannya waktu. Pas senggang, saya baca banyak artikel yang berhubungan dengan anak susah makan nasi, mulai tau penyebab, cara menghadapi dan banyak lagi. Termasuk beberapa artikel atau curhatan ibu-ibu di facebook.

Yang saya lakukan saat si kecil susah makan nasi
Kalau bubuky nggak mau nasi, saya beri roti.
Kalau bubuky nggak mau nasi, nggak mau roti, saya beri kue (seringnya jajan pasar sih saya, misal pukis dll).
Kalau bener-bener nggak mau makan nasi, kasih jajanan atau snack yang dia suka untuk teman makan nasi. Kalau bubuky, ada kerupuk atau bakwan, langsung mau makan, meski nggak banyak tapi diusahakan makan nasi. Biasanya pas saya beri bakwan sayur di piring makan, bubuky serius nyowelin bakwan, nah disitu biasanya saya manfaatkan untuk menyuapi bubuky nasi. Alhamdulillah, lumayan terbantu ya. Ibu nggak uring-uringan lagi deh hehe.

Alhamdulillah, sejauh ini bubuky aman 2 minggu ini, aman mau makan nasi dan lauknya maksimal 7 suap. Jadi setiap hari di rumah harus ada stok roti, biskuit atau kue. Untuk kue biasanya pas belanja sayur, saya beli jajan pasar, kue semacam pukis, roti kukus,apem dll. Biasanya pas makan nasinya dikit, jeda 10 menit dia cek meja, ada kue, diambil dan di makan. Alhamdulillah..

Nah, kebetulan kemarin saya nggak belanja sayur, kue dan stok roti kosong. Siang hari bubuky makan nasi setengah porsi dia, sudah di kasih kerupuk tapi tetep nggak mau habisin nasinya. Pas ada beberapa pisang kepok dari nenek (pemilik kontrakan) yang udah mateng banget, kepikiran bikin roti pisang banjar ala Mbk Puji Hamzah. Tapi pas lihat resepnya beberapa bahannya nggak ada, untung ada ketemu resep lain yang ada pisangnya tapi punya Mbk Puji di goreng, untung ada stok ragi. Yaudah deh bikin roti pisang a la - a la gitu hehe, dicetak aja pake cetakan kue lumpur, dibawain mbahnya bubuky 😊.

Kalau resep roti pisang, aslinya pakai santan, baking powder, sama apa ya....lupa hehe, bisa langsung cek di ig Mbk Puji ya 😊. Alhamdulillah, bubuky dan tim satu atap pada suka dan doyan banget. Malam hari tinggal 3, sebelum tidur bubuky cek meja, ambil roti pisang, di makan. Lapar ternyata 😂, etapi dia habis 2 setengah lho hahaha. Alhamdulillah, ibu senang..

Roti Pisang
Bahan : 2 buah pisang kepok matang,bagi 2,iris tipis
1 cup tepung terigu (cup beras mejikom)
1/2 sdt ragi
Air hangat secukupnya
3 1/2 sdt gula pasir
Sedikit garam
100 ml susu UHT
1 butir telur
Margarin, untuk olesan cetakan

Cara membuat :
Siapkan wadah, masukkan ragi, gula 1/2 sdt teh, air hangat, aduk, biarkan sampai berbusa. Di wadah yang berbeda, masukkan tepung terigu, gula, garam, susu UHT, ragi yang sudah berbusa dan telur, aduk sampai rata. Masukkan potongan pisang, tutup dengan kain, tunggu sampai agak mengembang. Siapkan cetakan lumpur, nyalakan api kecil. Kalau cetakan sudah panas, olesi dengan margarin, masukkan adonan pisang, satu cetakan 2 sdm, tutup. Jika bagian bawah sudah berwarna kecoklatan, balik. Jika sudah matang, angkat, sajikan.

Teman-teman, ada yang anaknya lagi susah banget makan nasi?ayo dong sharing..

2 comments:

  1. Ini jadinya sama kayak pancake pisang nggak sih Mba? Ternyata gitu ya, nggak usah stress kalau anak ga doyan nasi, bisa diganti dengan substitusi sumber karbo lain yang sesuai selera anak :D

    ReplyDelete