Skip to main content

Roti Pisang, Camilan untuk Si Kecil

Assalamualaikum.. Ceritanya sudah 2 minggu ini bubuky agak susah makan nasi, sebenarnya mau makan nasi tapi nggak banyak seperti sebelumnya. Jadi, mau nggak mau saya harus cari ide menu makanan atau camilan biar bubuky mau makan atau ngemil. Sejak tau trik menghadapi anak yang susah makan, saya jadi nggak uring-uringan. Santai tapi tetap harus banyak stok ide menu makanan. Yang penting perut anak nggak kosong.

Berbeda saat sebelum tau dan benar-benar menerapkan trik menghadapi anak yang susah makan nasi, ya, begitulah orang Indonesia. Harus makan nasi hahaha. Jadi, pas bubuky nggak mau makan nasi, hanya satu dua suap, saya langsung marah-marah, uring-uringan terus lah waktu jam makan. Tapi, berjalannya waktu. Pas senggang, saya baca banyak artikel yang berhubungan dengan anak susah makan nasi, mulai tau penyebab, cara menghadapi dan banyak lagi. Termasuk beberapa artikel atau curhatan ibu-ibu di facebook.

Yang saya lakukan saat si kecil susah makan nasi
Kalau bubuky nggak mau nasi, saya beri roti.
Kalau bubuky nggak mau nasi, nggak mau roti, saya beri kue (seringnya jajan pasar sih saya, misal pukis dll).
Kalau bener-bener nggak mau makan nasi, kasih jajanan atau snack yang dia suka untuk teman makan nasi. Kalau bubuky, ada kerupuk atau bakwan, langsung mau makan, meski nggak banyak tapi diusahakan makan nasi. Biasanya pas saya beri bakwan sayur di piring makan, bubuky serius nyowelin bakwan, nah disitu biasanya saya manfaatkan untuk menyuapi bubuky nasi. Alhamdulillah, lumayan terbantu ya. Ibu nggak uring-uringan lagi deh hehe.

Alhamdulillah, sejauh ini bubuky aman 2 minggu ini, aman mau makan nasi dan lauknya maksimal 7 suap. Jadi setiap hari di rumah harus ada stok roti, biskuit atau kue. Untuk kue biasanya pas belanja sayur, saya beli jajan pasar, kue semacam pukis, roti kukus,apem dll. Biasanya pas makan nasinya dikit, jeda 10 menit dia cek meja, ada kue, diambil dan di makan. Alhamdulillah..

Nah, kebetulan kemarin saya nggak belanja sayur, kue dan stok roti kosong. Siang hari bubuky makan nasi setengah porsi dia, sudah di kasih kerupuk tapi tetep nggak mau habisin nasinya. Pas ada beberapa pisang kepok dari nenek (pemilik kontrakan) yang udah mateng banget, kepikiran bikin roti pisang banjar ala Mbk Puji Hamzah. Tapi pas lihat resepnya beberapa bahannya nggak ada, untung ada ketemu resep lain yang ada pisangnya tapi punya Mbk Puji di goreng, untung ada stok ragi. Yaudah deh bikin roti pisang a la - a la gitu hehe, dicetak aja pake cetakan kue lumpur, dibawain mbahnya bubuky 😊.

Kalau resep roti pisang, aslinya pakai santan, baking powder, sama apa ya....lupa hehe, bisa langsung cek di ig Mbk Puji ya 😊. Alhamdulillah, bubuky dan tim satu atap pada suka dan doyan banget. Malam hari tinggal 3, sebelum tidur bubuky cek meja, ambil roti pisang, di makan. Lapar ternyata 😂, etapi dia habis 2 setengah lho hahaha. Alhamdulillah, ibu senang..

Roti Pisang
Bahan : 2 buah pisang kepok matang,bagi 2,iris tipis
1 cup tepung terigu (cup beras mejikom)
1/2 sdt ragi
Air hangat secukupnya
3 1/2 sdt gula pasir
Sedikit garam
100 ml susu UHT
1 butir telur
Margarin, untuk olesan cetakan

Cara membuat :
Siapkan wadah, masukkan ragi, gula 1/2 sdt teh, air hangat, aduk, biarkan sampai berbusa. Di wadah yang berbeda, masukkan tepung terigu, gula, garam, susu UHT, ragi yang sudah berbusa dan telur, aduk sampai rata. Masukkan potongan pisang, tutup dengan kain, tunggu sampai agak mengembang. Siapkan cetakan lumpur, nyalakan api kecil. Kalau cetakan sudah panas, olesi dengan margarin, masukkan adonan pisang, satu cetakan 2 sdm, tutup. Jika bagian bawah sudah berwarna kecoklatan, balik. Jika sudah matang, angkat, sajikan.

Teman-teman, ada yang anaknya lagi susah banget makan nasi?ayo dong sharing..

Comments

  1. Ini jadinya sama kayak pancake pisang nggak sih Mba? Ternyata gitu ya, nggak usah stress kalau anak ga doyan nasi, bisa diganti dengan substitusi sumber karbo lain yang sesuai selera anak :D

    ReplyDelete
  2. Bisa jadi referensi buat juaan jajan pasar juga nih resepnya

    ReplyDelete
  3. Ngacung!

    Ini adek dig pagi susahhh maem nasi. Sama, mbak. Ibu jadi uring-uringan. Merasa kesal karena gagal bikin anak mau maem nasi.

    Kerupuk tuh kesukaannya. Tapi ya masak maem kerupuk terus.

    Solusinya, pagi-siang maem bubur ayam. Sore baru maem nasi. Sedikit yo ben, yang penting masuk.

    Masih nyusu sih dia, mbak, jadi rada aman 😃

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director

Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director . Halo, gimana puasanya teman-teman?semoga masih kuat ya, lancar sampai hari terakhir,amiin. Beberapa hari yang lalu saya sempat sharing tentang pengalaman pertama bikin video blog. Sampai sekarang masih belajar bikin video yang bagus, enak dilihat dengan peralatan yang saya punya. Untuk kamera, saya menggunakan kamera tablet ASUS ZenPad. Nah, untuk mengedit video, saya menggunakan Power Director yang saya unggah di playstore. Kalau ada yang tanya, Power Director bisa di unduh di PC atau laptop nggak??sepertinya bisa, karena saya belum mencoba. Mungkin teman-teman ada bisa jawab..bisa share disini. Cara Mudah Mengedit Video Menggunakan Power Director Bagi pemula seperti saya, video editor Power Director sangat mudah digunakan. Dulu, awalnya saya menggunakan Viva Video untuk edit video, tapi seringnya hasil video kepotong. Akhirnya saya coba install power Director, tidak perlu waktu lama untuk mempelajari video editor ini.