Skip to main content

Resep Menu Buka Puasa Enak dan Mudah

Assalamualaikum....gimana puasanya teman-teman?masih lancar kan?. Alhamdulillah puasa ramadhan sudah mendekati pertengahan, semoga kita selalu diberi kesehatan, kelancaran dan kemudahan dalam menjalankan ibadah puasa sampai hari terakhir. Aamiin..

Ngomongin soal puasa ramadhan, saya jadi ingat waktu kecil dulu. Pertama kali belajar atau ikut puasa di bulan ramadhan ketika usia 5 tahunan. Waktu itu kebetulan saya sudah di pesantren khusus untuk anak-anak, jadi untuk pemula puasanya setengah hari. Kalau orang Jawa menyebutnya poso beduk, atau puasa dhuhur. Karena buka puasanya jam 12.00, setelah itu di lanjut sampai maghrib. Alhamdulillah, belajar puasanya lancar sampai hari raya. Bonusnya, dapet baju lebaran, yeay!!
Bagi anak-anak, bahagia itu sederhana ya.....

Tentang #JadiLebihBaik
Di bulan ramadhan, setiap kita pastinya punya target, rencana untuk #JadiLebihBaik. Menjadi pribadi yang lebih baik lagi dalam segala hal. Bukan berarti di bulan-bulan sebelumnya tidak baik, tapi semakin kesini semakin menjadi pribadi yang lebih baik tentunya. Apalagi di bulan penuh berkah ini. #JadiLebihBaik dalam beribadah, menjalin hubungan yang baik dengan keluarga/tetangga, dan lain sebagainya.

Misalnya saja, di bulan ramadhan kali ini banyak hal baik yang saya dan suami lakukan di rumah. Kebetulan tahun ini menjadi puasa kedua kami bersama bubuky (18 bulan), kalau tahun lalu masih tinggal bersama ibu dan keluarga di Jombang. Kali ini tinggal bertiga jauh dari keluarga, jadi semuanya kami kerjakan secara bersama-sama. Meskipun suami sibuk dengan pekerjaannya, biasanya ketika hari libur suami #JadiLebihBaik membantu pekerjaan saya. Kebetulan suami suka masak, kalau pas libur seringnya mengajukan diri buat masak. Jadi biasanya saya bagian menyiapkan bahan, salah satunya #KecapIndofood, kemudian suami bagian memasak.

Pada bulan ramadhan, kita berusaha dan berproses untuk #JadiLebihBaik , seperti halnya Kecap Indofood yang melakukan proses fermentasi 6 bulan untuk bisa menghasilkan kecap gurih alami.

Resep Menu Buka Puasa Enak dan Mudah Menggunakan Kecap Indofood
Satu hal yang seringkali membuat saya bingung saat bulan ramadhan adalah menyiapkan menu masakan. Iya, menu masakan. Makannya setiap menjelang bulan ramadhan saya seringkali mencatat banyak menu masakan. Agar apa???agar tidak bosan dengan menu itu itu aja hehehe.

Berikut menu berbuka puasa enak dan mudah menggunakan Kecap Indofood.
1. Terong tahu masak kecap pedas
Bahan : terong ungu (goreng), tahu (goreng), Kecap Indofood, air, minyak goreng, gula, garam, kaldu bubuk secukupnya.
Bumbu iris : bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, dan tomat.
Cara memasak : tumis bumbu iris sampai harum, masukkan air, gula, garam, dan kaldu bubuk secukupnya. Masukkan tahu, terong ungu dan Kecap Indofood. Aduk rata, angkat, sajikan.

2. Tumis wortel buncis
Bahan : wortel (iris korek api), buncis (iris 2 cm), sosis, Kecap Indofood, air, minyak goreng, gula, garam, merica, kaldu bubuk secukupnya.
Bumbu uleg kasar : bawang merah, bawang putih, cabe merah dan cabe rawit.
Cara memasak : tumis bumbu uleg sampai harum, masukkan air, gula, garam, dan kaldu bubuk secukupnya. Masukkan wortel, kemudian buncis, tutup. Jika wortel sudah tidak keras, masukkan sosis dan Kecap Indofood. Aduk rata, angkat, sajikan.

Gimana??gampang banget kan resepnya??simpel, sederhana dengan bahan dan bumbu yang selalu ada dan tersedia di dapur. Karena kali ini yang saya share adalah resep enak dan mudah dengan menggunakan Kecap Indofood. Dimana fungsi dari kecap manis adalah untuk memberikan rasa manis dan gurih yang alami, karena Kecap Indofood melakukan proses fermentasi 6 bulan untuk bisa menghasilkan kecap gurih alami.

Untuk #JadiLebihBaik perlu proses dan usaha yang baik, semoga di bulan ramadhan kali ini banyak kebaikan yang kita lakukan. Baik untuk diri sendiri maupun orang lain dan lingkungan kita. Aamiin...

Teman-teman ada yang punya resep andalan enak dan mudah menggunakan Kecap Indofood??ayo dong sharing disini....
Ohya, buat teman-teman yang punya cerita #KecapIndofood #JadiLebihBaik di bulan ramadhan ini, yuk share. Untuk detailnya teman-teman bisa cek www.kecapindofood.co.id ya.

****

Comments

  1. Wah kecap indofood memang andalan yaaaa mak.

    ReplyDelete
  2. gampaaang maak, mau banget coba yang resep terong itu

    ReplyDelete
  3. ini emang menu favorit maaak, love love love~~

    ReplyDelete
  4. Aku sukaaa banget terong hihihi, biasanya sering masak terong cabe, tapi ntah knp semenjak hamil ga kuat makan cabe & perut gampang mules kl kena cabe sedikit aja.. jadi terong kecap ini kayaknya bisa jadi alternatif kalau kangen makan terong + nasi panas.. YAM!

    ReplyDelete
  5. Kalo aku terongnya lebih suka dipanggang dulu, mba.

    Taruh di wajan panas tapi tanpa minyak

    Bumbunya sih sama hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dipanggang,enaknya disambel sama pete hihi

      Delete
  6. Aku punya resep pakai kecap indofood. Nanti aku mau sharing di blog ahhh

    ReplyDelete
  7. Hmm suka sambal terong :)

    ReplyDelete
  8. Olahan masakan dengan menggunakan Kecap Indofood bikin masakan rumahan jadi lebih berkelas rasanya. ^_^

    ReplyDelete
  9. Asikkk....Pak suami ikutan masak bareng ya? Romantis ih, semoga suamiku nanti (doakan segera nikah hehehe) juga mau masak bareng. Pasti seru.

    Kalau ngomongin masak-masak dengan kecap nih, keluargaku punya banyak makanan berkecap kesukaan. Mulai dari tempe sampai daging hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...iya,pas banget suamiku suka masak.
      aku kalo masak tumis,sering dikasih kecap

      Delete
  10. Mba nyontek resepnya terong tahu masak kecapnya :) dan tumis wortel kecap nya simpel dan mudah. Kalo nggak puasa bisa buat resep sarapan pagi.

    ReplyDelete
  11. Semoga Ramadan kali ini bisa membuat kita jadi lebih baik ya, mbak.

    Selamat merayakan kemenangan :)

    ReplyDelete
  12. Baru sahur udah laper lagi liat menu makanan.. semoga puasa tahun ini jadi puasa yg terbaik ya, amiinn ya Alloh :)

    ReplyDelete
  13. pakai kecap indofood masakan jadi lebih spesial ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget...
      Makin enak,maknyus dan istimewa

      Delete
  14. gampang banget mba bikinnya.. kapan2 mau bikin juga aah..

    ReplyDelete
  15. Wow terong dan tumis buncisnya jadi pedas manis ya karena pakai kecap Indofood juga. Kalau saya terakhir masak udang yang dikasih bumbu kecap Indofood juga :D

    ReplyDelete
  16. Nyontek resep terongnya, ah.Udah lama juga ga masak terong nih.

    ReplyDelete
  17. Manteppppp bisa dicoba nih kalau pengen pedes2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo nggak mau pedes,cabenya bisa dikurangin ren

      Delete
  18. saya suka nih sama terong kecap seperti itu. Saya penasaran siapa laki2 yg jadi model tanpa wajah di atas hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. tos duluuu.sehati y...

      hahaha,siapa lagi kalo bukan bapaknya bubuky^^

      Delete
  19. gampang banget mbak bikinnya :)....aku juga suka kecap ini

    ReplyDelete
  20. Saya kurang suka terong. Klo misalkan cuma tahu aja masih enak ga ya gan?

    ReplyDelete
  21. ngiler, pengen tahu kecap :) pagi ini sarapan tempe kecap. beda dikitlah hehe

    ReplyDelete
  22. hmm jadi ngiler gini ngeliatnya :( kecap indofood emang selalu menjadi andalannya yah mbak ?

    ReplyDelete
  23. Dija lebih suka kecap lokal tante
    maksudnya yang produksi lokal
    biasanya tiap kota punya merk kecap yang berbeda beda lho

    ReplyDelete
  24. Terimakasih infonya, sukses terus..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Ikut 7 Days Challenge JSR

Assalamualaikum. Ada yang tau tantangan 7 Days Challenge JSR? Jadi, ceritanya bulan ramadan kemarin saya beberapa kali baca status teman di facebook yang ngejalanin challenge ini. Sampai akhirnya saya stalking instagram Dokter Zaidul Akbar. Dari situ setiap waktu saya baca ulasan dr Zae, dari banyak baca akhirnya saya tergerak ikut 7 Days Challenge JSR. Alasannya cuma satu waktu itu, pingin banget ngebenerin pola makan. Titik!. Selain itu, ada beberapa faktor yang mendorong saya untuk ikutan challenge ini. Sejak tinggal di Subang berat badan makin hari makin bertambah. Tuh, mulai nyalahin Subang ya hahaha. Padahal yang salah diri sendiri, kurang bisa mengontrol "nafsu" makan. Akibatnya timbangan berat badan makin geser ke kanan, terus baju-baju pada sesak, huhuhu ini nih yang bikin suwedih banget. Terus area kaki juga mulai nggak nyaman, artinya ada masalah. Iya, ada masalah. Tentang 7 Days Challenge JSR Apa sih sebenarnya 7 Days Challenge JSR?jadi, challenge i

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium Dukung #BantuTumbuhSesuai

Inovasi Baru Royco dengan Garam Beriodium dukung #BantuTumbuhSesuai - Ada yang suka belanja sayur di pasar tradisional?sayaaa!! Ngacung tinggi dong. Gara-gara belanja sayur di pasar saya jadi ingat kata bunda Tantri "Kotak", alasan suka belanja di pasar tradisional itu ada faktor, humanis & ekonomis. Setuju banget sih, kadang banyak kejadian yang tidak terduga. Seperti dapet bonus wortel, tomat bahkan kadang diambilin cabe. Kalau bahasa jawanya itu, dicawuk'in (diambil pake tangan, segenggam gitu) cabe rawit. Belum lagi pas jelang hari raya, pasti deh langganan kita bagi-bagj hadiah. Contohnya selusin sendok, ember, teko, toples bahkan panci. Nah, yang begini ni selalu bikin jatuh hati kalo belanja di pasar tradisional.  Ngomongin soal belanja sayur, saya seminggu sekali selalu bikin atau menyusun minggu menu mingguan. Belanjanya sesuai dgn menu satu minggu itu. Dan ternyata Bunda Tantri juga melakukan hal yang sama. Menyusun menu yang bergizi setiap minggu bikin say

Bikin Apa Aja Gampang dengan Digital Rice Cooker Mito R5

Hayoo, ada yang pernah dengar Digital Rice Cooker Mito R5??buat yang sudah punya, pasti tertolong banget dengan produk ini. Nah buat yang pernah dengar tapi belum tahu penampakannya,atau belum pernah sama sekali dengar. Kali ini saya mau sharing pengalaman menggunakan Digital Rice Cooker Mito R5 8 in 1, rice cooker masa kini dan multi fungsi. Kira-kira saya bikin apa aja ya??emmm… Tentang Digital Rice Cooker Mito R5 Digital Rice Cooker Mito R5 merupakan produk terbaru dari Mito Electronic, dimana Digital Rice Cooker Mito R5 ini memiliki kapasitas yang lebih besar (2 liter), juga dilengkapi dengan 8 fungsi mode memasak. Yaitu memasak nasi, nasi merah, bubur, kue, merebus, mengukus, membuat sup dan menggoreng. Selain itu, juga dilengkapi dengan panci 5 lapis, pemanas 3D, serta fungsi timer untuk memasak nasi sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. 8 Keunggulan Digital Rice Cooker Mito R5 1. Satu rice cooker dengan banyak fungsi, 8 mode memasak. 2. Panci dengan 5 lapis