Tuesday 24 May 2016

Pilih Mana, Catering atau Masak Sendiri?


Assalamu'alaikum...Masak api hari ini??kalau saya, tadi masak sayur sop sama goreng udang plus sambal. Sekali masak untuk satu hari, jadi lumayan nggak banyak buang waktu, apalagi punya anak bayi. Tapi kalaupun siang sayur habis, mau nggak mau sore wajib masak lagi, lagi-lagi pilih yang simpel, yaitu bikin tumis sayur. Kebetulan tadi pagi pas lagi pilih sayur di mas-mas penjual sayur keliling, tetangga depan agak kesanaan tanya ke saya, apa saya punya info tentang catering?. Mendadak saya langsung ingat kalau beberapa hari yang lalu di depan pintu ada selembaran iklan catering, isinya menu makanan selama 6 hari beserta ketentuannya, termasuk cara pembayaran.

Pilih Mana, Catering satau Masak Sendiri??
1. Tergantung situasi dan kondisi
Bisa jadi, memilih catering adalah jalan satu-satunya ketika situasi dan kondisi yang memasak sedang tidak bisa diajak kompromi. Misalnya sedang hamil muda, atau keuangan mepet. Pernah banget pas kondisi keuangan mepet,mendadak pilih jasa catering,ksn bayarnya di belakang,jadi lumayan aman nunggu gajian hehe. Kalau keuangan mepet biasanya lebih aman, karena selama sebulan jatah makan sekeluarga sudah aman, nggak perlu belanja ke pasar. Tahun lalu ketika saya masih tinggal di kota Siak Riau, pernah memakai jasa catering rumahan. Sebenarnya saya bisa masak sendiri, cuma waktu itu situasinya lagi malas banget masak. Kurang lebih 3 bulan saya pakai jasa catering, rasanya bener-bener bosan, karena biasanya masak tapi mendadak pagi-pagi sudah rajin ngeblog atau nonton hehehe. Beda lagi kalau masak sendiri,pagi-pagi pastinya sibuk sendiri di dapur buat sarapan.
2. Lagi-lagi, hidup adalah pilihan
Ada ibu rumah tangga yang lebih memilih jasa catering karena nggak sempat masak alias riweh dengan kegiatan mengurus anak. Apalagi kalau punya dua atau lebih anak yang jarak usianya berdekatan dan tidak memiliki prt di rumah. Contohnya tetangga saya,dia memilih jasa catering karena nggak sempat masak. Pagi-pagi disibukkan dengan mencuci dsb,belum selesai bersih-bersih rumah anaknya sudah bangun,mau nggak mau dipending dulu jemur bajunya. Ada lagi tetangga saya yang lain lebih memilih tidak menggunakan jasa catering karena dia bisa menghandel semua pekerjaan rumah termasuk masak dan mengurus kedua anaknya sendiri. 

Mau pilih masak sendiri atau pakai jasa catering..lagi-lagi itu masalah pilihan. Saya sendiri pernah menikmati jasa catering dan masak sendiri,buat saya,kalau catering seringnya porsi sayur kurang hehehe. Maklum pecinta sayur..
Teman-teman punya pengalaman yang sama??


6 comments:

  1. Karena aq hidup didesa ya pastinya masak sendiri mba hehehe

    ReplyDelete
  2. pernah catering..seringnya yang masakin si teteh yang kerja dirumah...weekend aja kadang2 baking or cooking..he he he

    ReplyDelete
  3. Wah, saya belum pernah pesen katering, Mba. Paling njajan, hahahaha.
    Hhhhmm ga tau nanti kalau udah riweh cz tinggal di rantau yg ga ada sodara soalnya.

    ReplyDelete
  4. Aku sekarang masak sendiri dan kadang catering juga. Masak buat pagi dan siang, kadang sudah habis. Jadi deh catering buat makan malam atau sesekali beli luar aja.

    ReplyDelete
  5. Aku sekarang pilih masak sendiri. Bukan hanya masalah berhemat, tapi lebih karena kehati-hatian.

    ReplyDelete
  6. aku seneeeeng banget masak..tapi problemnya selalu waktu. Kalau bisa aku prefer masak sendiri :)

    ReplyDelete