Thursday, 20 August 2015

Berapa Rekening Tabungan yang Kamu Miliki?


Kalau ada yang bertanya, "kamu nyimpan uangnya dimana?", sudah dipastikan jawaban yang keluar dari mulut saya adalah di dompet. Pertanyaan yang sederhana tapi kadang butuh jawaban yang serius, iya, serius dan detail pastinya, apalagi kalau di tanya serius hehehe. Kalau untuk menyimpan uang belanja hari-hari pastinya disimpan di dompet, tapi untuk uang jatah bulanan, uang gaji dari pekerjaan yang tidak tetap pastinya disimpan di tabungan. Ngomongin soal tabungan, coba baca gambar dari cermati diatas, nomor 4. Salah satu #cermatips mau sukses adalah memiliki 2 rekening tabungan, apa??2 rekening tabungan??. Setelah membaca tulisan yang ada di gambar tersebut, saya langsung berfikir, kira-kira memiliki 2 rekening tabungan untuk apa ya??ada yang bisa bantu jawab??hehehe. Paling tidak, saya sudah memiliki jawabannya, rekening tabungan pertama menggunakan atm sedangkan rekening kedua tanpa menggunakan atm. Artinya rekening kedua khusus untuk menabung, betul tidak??.

Menurut UU Perbankan No. 10 Tahun 1998, tabungan adalah simpanana yang pada penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang telah disepakati, namun tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro atau alat sejenis lainnya. Jadi, nasabah bisa menyimpan atau menarik uang kapanpun. Cara penarikan uang bisa melalui bank, Automated Teller Machine (ATM), kartu debit atau melalui online banking. Sebenarnya, tabungan sendiri tidak tergolong menjadi salah satu sarana finansial untuk menghasilkan keuntungan, tapi menjadi tempat untuk menyimpan dan menarik simpanan setiap saat. 

Berapa rekening tabungan yang kamu miliki?
Emmm...ada tiga, awalnya hanya satu tapi ketika menjadi guru dan mendadak sering dapat rezeki tak terduga, akhirnya saya berinisiatif untuk membuka rekening tabungan baru. Untuk apa??untuk menabung rezeki yang datang tak terduga, sengaja saya tidak membuat atm, karena rencananya rekening ini khusus untuk menyimpan uang. Intinya, uang di rekening ini tidak boleh diambil, yakin??hehehe *nyengir*. Meskipun bunga tabungan tergolong paling kecil jika dibandingkan dengan produk simpanan lainnya. Setidaknya, dengan membuka rekening tabungan, bisa mendorong kebiasaan untuk menabung. Selain itu, ada juga fasilitas internet banking dan transaksi online, jadi mempermudah kita dalam bertransasi saat belanja online.

Susah nggak sih buka rekening tabungan?
Gampang kok, kalau nggak mau ribet dan bolak balik, kita bisa bertanya terlebih dahulu ke bank yang kita tuju. Tanyakan apa saja persyaratan yang dibutuhkan untuk membuka rekening baru, catat baik-baik, setelah semua berkas beres baru kita kembali ke bank yang kita tuju. Masih bingung juga?coba buka web cermati, disana banyak informasi seputar produk keuangan terbaik di Indonesia. Mulai dari kartu kredit, kredit tanpa agunan, kredit motor, deposito, tabungan dan masih banyak lagi. Salah satunya mengenai informasi tabungan terbaik di Indonesia. 

Kalau teman-teman punya rekening tabungan berapa ya??


***




43 comments:

  1. Aku cuma punya dua, hehe :D Yang satu malah udah jarang diisi. Hihi

    ReplyDelete
  2. aku punya 4 tapi 2 nya tak angusin..jdi sekarang punya 2 hahaha...dipilih yg biaya adminnya kecil tiap bulan...

    ReplyDelete
  3. Rekening tabungan ? Mmmm kasi tau gak yaaa ... hehehehe

    ReplyDelete
  4. Punya dua, tapi semua pake ATM, jadi sama-sama sering diambil, duh :D

    ReplyDelete
  5. Aku punya banyak mbak.. Maklum aku jualan online jadi suka banyak yang minta macem macem rekening. Hehe

    ReplyDelete
  6. Aku malah 4. Fungsi sebagai rek gajian, rek tabungan, rek bayar kartu kredit, dan rek reksadana. Hehehehe repot juga punya 4 :D

    ReplyDelete
  7. aku pya 4 mak,tpi yg aktif diisi cuma 2 (sbnrnya lbh aktif diambil'y :D),yg 2 lagi cuma buat banyak2in buku tabungan aja,heu heu... ^_^

    ReplyDelete
  8. Aku mah cuma punya 2 aja Zwaaan...
    Tapi yang aktif cuma 1 sih, itu pun duitnya cuma se-uprit bhahaha...
    *meuni sedih gini ih aku teh*

    ReplyDelete
  9. saya punya 2, tp dua2nya pakai atm... hrs buka rekening br nih ah :D

    ReplyDelete
  10. Sekarang ada 3 Mbak yg masih aktif. Dulu bbrp kali buka tabungan karena keperluan tertentu tapi sekedar dibuka aja utk memenuhi syarat, setelah itu tarik semua duitnya dan dibiarin tertutup otomatis aja, xixix. Dari 3 ini hanya 1 sih yg bener2 aktif. Yg satu utk simpanan, kebetulan bebas biaya admin jika masih sesuai ketentuan si bank. Yg satunya lagi kadang jd cadangan klo tabungan utama knapa2 *suami jg pake bank yg sama jd biar mudah aja siiiy, gak ada biaya transfer2nya* :D

    ReplyDelete
  11. Dulu punya 2 dan nalah hangus 1. Sekarang mau buka rekening baru tapi waktu buat bikinnya ha nemu nemu.

    ReplyDelete
  12. aku juga punya 2 rek ... persis sama sprti ulasan diatas, q sudh memikirkan satu rekening itu khusus utk nabung, yg tidak bisa diganggu gugat ,,,hehe

    ReplyDelete
  13. punya rekening 2 pake ATM semua. Pingin punya satu lagi tanpa ATM biar beneran bisa nabung, nggak di-thithil mulu hihi...

    ReplyDelete
  14. Punya dua juga Mbak, yang satu pake atm yang satu nggak. Hihihi. Yang nggak pake atm mah yang buat nabung yang pake atm kalau-kalau buat belanja online atau pas dapat fee job review.

    ReplyDelete
  15. bener sih kalau mau ditabung bikin yang nggak pakai atm biar nggak tergoda ngambil

    ReplyDelete
  16. dua cukup mba hanna, satu buat yang itu satu buat yang ini.

    ReplyDelete
  17. mantab banged, aku masih dikit banged.. banyak kebutuhan seh kak -_-

    ReplyDelete
  18. saya gak pernah nyimpen uang didompet, palingan didompet cuman ada beberapa puluh ribu saja :D hihihih, kl uang disimpen didompet suka cepet banget abisnya :D

    ReplyDelete
  19. saya cuma punya 2 mba.

    simpen uang didompet biasanya atau di resleting luar tas biar gammpang merogoh ongkos angkot mba

    ReplyDelete
  20. aku punya dua, satu bisa di ambil satunya ketat :)

    ReplyDelete
  21. Aku punya 2 mak, satunya untuk daily (ATMnya di dompet) yang satunya lagi untuk nabung (ATMnya ditinggal di rumah). Yang rekening terakhir diisi awal bulan setelah menyisihkan pos untuk tabungan dari gaji :D

    ReplyDelete
  22. Aku punya 3 satu diantaranya ATM nya kusimpen supaya ga gatel pengen ngambil..insyaallah buat celengan tabungan haji

    ReplyDelete
  23. Aku masih punya satu rekening tabungn mbak, mudah-mudahan bisa punya 2 , hehehe

    ReplyDelete
  24. Aku punya 4 tapi yang aktif cuma 3. Pengen nambah tabungan haji nih. Doakan bisa kesampaian ya

    ReplyDelete
  25. saya punya 3, satu buat lewat gaji, satu buat nyimpen, satu buat nyimpen keperluan jalan2 *halah*

    ReplyDelete
  26. Ada dua ATM, hanya yang sering diambil cuma satu saja

    ReplyDelete
  27. Tabunganku ada 2, satu buat lalu lintas transfer, dan satu lagi buat nabung. Tapi sekarang... ihiksss... *dan kemudian nangis lihat saldonya* :)))

    ReplyDelete
  28. Aku juga kupisah-pisahin mak. Ada tabungan buat sehasri-hari, ada juga yang gak diambil buat tabungan haji

    ReplyDelete
  29. menabung memang mengajarkan kita utk bisa hidup hemat ya... asal jgn sering dilirk2 aja itu tabungan hehe

    ReplyDelete
  30. punya 2 rekening tabungan :)

    ReplyDelete
  31. membiasakan disiplin menabung juga baik untuk keluarga tercinta ya mbaa...(kalau saya sih, memang keharusan :) Sukses untuk kontes ngeblognya ya :)

    ReplyDelete
  32. Nyimpennya di bawah baju mbak.. Hahaha

    ReplyDelete
  33. aku punya tiga, yang dua paling aktif dipake, yang satu lagi padahal udah dari pertama kali punya tabungan banget punyanya hihi malah jarang dipake..

    ReplyDelete
  34. aku punya beberapaaa hehehehehe...dan memang harus dipisah, kalau ngg bolong teruuuus :)

    ReplyDelete
  35. Aku punya 3 tapi yang aktif satu hehe. Yg satu cuma buat bayar CC, satu nggak aktif :)

    ReplyDelete
  36. 3 Mba, satu rekening payroll bank kantor lama, 1 yang kantor sekarang, trus satu kagu buat yang ga boleh diotak atik (ehhem tapi.. :p)

    ReplyDelete
  37. Saya punya 4,Mbak. Yang satu khusus untuk dana yayasan, untuk belanja, untuk menabung, dan yg terakhir buat anak saya yang belum 17 tahun, biar bisa punya ATM. Banyak yaa... tapi isinyaaaa? *Se-emprit emprit! Dana yayasan aja yang besar. :)

    ReplyDelete
  38. Aku dulu juga suka nabung di dompet Mbak. ATM malah tak kosongi. Tapi sejak BI punya program Gerakan Non Tunai sekarang apa-apa masuk rekening. Beli-beli bayar pke debit. Lebih praktis. Repotnya pas jalan-jalan mau beli sesuatu sedangkan uang cash mepet. Mau bayar debit gak bisa, ATM tempatnya jauh. Modyaar haha.

    ReplyDelete
  39. saya punya 5 hehehe....1 tabungan haji..semoga bisa naik haji sebelum umur 50 tahun...
    1 tabungan rencana...3 tabungan untuk dana yg sering diambil hehe

    ReplyDelete