Thursday, 11 September 2014

Pelajaran Penting: Nenek Cium Dinding Toilet

“Orang yang memandang dengan cinta maka semuanya tampak indah. Demikian pula yang memandang dengan benci, maka semuanya tampak buruk.”
~sumber : here ~
Tepatnya ketika kami berada di Carnaval Mall tempat jual beli komputer dan leptop seken di Batam. Waktu sudah menunjukkan shalat ashar tapi kami masih melakukan transaksi di salah satu toko, setelah selesai buru-buru ke mushola yang ada di belakang mall. Saat saya selesai berdoa setelah ambil wudhu, tiba-tiba mata saya teruju pada nenek-nenek yang berdiri di depan wastafel. Beliau menaruh tas di dekat wastafel, membuka jilbab dan yang membuat mata saya terbelelak dan heran saat beliau mencium beberapa kali dinding dekat wastafel. "Ih, nenek itu kok cium-cium dinding ya, jorok kali...z z z z z z...." batin saya dalam hati. Sesaat beliau sadar jika saya memperhatikannya, dengan tersenyum ke arah saya nenek tersebut berucap "saya kira ini tahi atau kototran apa, ternyata bukan, tadi kesenggol pas taruh tas..". Deg, astaghfirullohal adhzim...seketika saya membalas senyumnya sambil berucap "owhhh iya nek...saya ke mushola duluan".

Pelajaran sore itu untuk saya, hati-hati dengan hati dan pikiran. Selalu berbaik sangka pada apapun yang kita lihat, belum tentu apa yang terlihat sama dengan apa yang kita pikirkan. Thank you I learn...

***
11 september 2014
hana_tia@yahoo.com / @hmzwan

36 comments:

  1. Ckckck..... kebiasaan!!
    Piiissszzzz :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixixii....kebiasaaan siapa nih??hayoooo..... :)

      Delete
  2. Pelajaran yng sangat berharga..Mak !

    ReplyDelete
  3. Jagalah hati jangan kau kotori.... *malah nyanyi :p
    Memang kadang suudzon itu tanpa kita sadari ya mbak... dududu, semoga kita selalu bisa menjaga hati dan pikiran aminn

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin....iya mbk,g sadar,justru dari situ kita disadarkan :)

      Delete
  4. ngga yakin kalo belum dicium :)

    ReplyDelete
  5. hihihi....lucu nih postingan. Bikin senyum-senyum sendiri bacanya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe....jangan2 pernah ngalamin juga???heheeh

      Delete
  6. untung ga kotoran nek... Klo kotoran nempel di idung....
    He2 *koment salah arah*

    Iya...mak..biasanya kita suka berprasangka... Padahal ga tau sebenarnya gmna....

    ReplyDelete
  7. Padahal batin doang ya... orangnya sampe kerasa :D

    ReplyDelete
  8. kadang memang kita suka terlalu cpt ngejudge ya, gpp mba Hanna,yg penting sudah tau dan belajar pada akhirnya

    ReplyDelete
  9. kayaak aku deh mbaa..orangnya sok kepo#makanya daku sring dinasehatin suami# hihi

    ReplyDelete
  10. Nenek2 cium dinding toilet ... kiraian ente bercanda ... rupanya beneran ya ... ada apa rupanya dgn si nenek ... kocak juga ya ..trus 'nular pd mbk Hanna ... hehehe :P

    ReplyDelete
  11. Hati2lah dengan pikiran burukmu, hihi.. wah, itu kata-kata terakhir kaya kata-kata yang sering diucapin Mak Mira :p

    ReplyDelete
  12. iya Mak, pikiran negatif selalu muncul terlebih dahulu, sangat manusiawi
    dan hati nurani lah sebagai penolong menepis pikiran negatif itu, untuk menjadi sesuatu yang positif
    *halahhh ngomong apa ini akuuh hihihi*

    ReplyDelete
  13. aduuh... nenek.... jgn dicium dong hehehe....

    ReplyDelete
  14. Untung Mbak Hanna masih berpikir lagi ya :)

    ReplyDelete
  15. pelajaran hari ini nggak boleh berburuk sangka pada orang,,,

    ReplyDelete
  16. Iya, mbak.. Kadang memang kita langsung berasumsi atas penglihatan tanpa tahu sebabnya. Bagi saya, cukup dalam hati saja kali yaa.. Biar gak dosa dobeel :D heheheh

    ReplyDelete
  17. hihihi..jadi inget dulu adekku kalau ada air menggenang di lantai dicolek trus dicium, jangan2 pipisnya mbah tercecer..

    ReplyDelete
  18. ternyata sang nenek mau meamastikan :)

    ReplyDelete
  19. hehe selalu ada alasan dibalik tindakan :D

    ReplyDelete
  20. Berpikir positif aja. Tapi, aneh juga sih. Ngelihat nenek2 cium dinding gitu..

    ReplyDelete
  21. Keren sekali neneknya. Sampai mencium dinding hanya untuk memastikan iru kotoran atau bukan.

    Pelajaran yang brmanfaat, Kak.

    ReplyDelete
  22. hehehe siapapun pastinya ya heran kalo menemui pemandangan seperti itu yaa

    ReplyDelete
  23. setujuuuuu :)....semoga kita selalu ingaaat :)

    ReplyDelete
  24. Apa yang dipikirkan belum tentu sama dengan apa yg di lihat ya ..

    ReplyDelete