Tuesday, 16 September 2014

Gulai Ikan Sere

"Bahagia itu sederhana,belajar masak,rasanya pas,enak dan pingin nambah terus. Berasa bunga-bunga dimana-mana.."
~HM Zwan~
Assalamu'alaikum.... 
Hari selasa ada hot wajan a la HM, resep suka-suka, cemplang-cemplung, kadang tanya ibu/ibu mertua, kalau enak berasa keliling dunia naik sajadah, kalau nggak enak, berasa ditimpuk, zwinkk. Pembukaannya kok gitu banget ya hehe, ohya, kapan hari baru ingat kalau ada stok ikan di freezer. Galau banget kalau mau masak, bingung, "mau masak apa yaa??" sambil menatap kulkas, lumayan lama sih saya kalau cari ide. Aha, baru kepikiran pas ingat ibu kos masak gulai, lumayan sering banget masak gulai, dan bahagianya saya selalu kecipratan haha. Yasudah, akhirnya mau eksekusinya ikan sere dimasak gulai. Kebetulan sayuran habis, putar otak, aha, jalan ke kebunnya ibu kos, metik daun pucuk ubi, beres. Ohya, ikan sere ini kalau di Jawa semacam ikan tongkol yang ukuran sedang, tapi teksturnya agak lembut dan lembek, kalau tongkol kan singset padat gitu (hahaha bahasanya). Oke, markimas, mari kita masak...

GULAI IKAN SERE
Bahan :
2 buah Ikan sere (potong jadi dua, goreng sampai kering)
6 buah tahu (goreng)
1 lembar daun salam
1 lembar daun jeruk
1 lembar sereh, geprak
1 lembar daun kunyit, ikat
1 bungkus santan
Air secukupnya
Gula
Garam
Kaldu ayam

Bumbu halus:
6 bawang merah
4 bawang [utih
4 kemiri
1 ruas kunir
1 ruas jahe
2 cabe merah
5 cabe rawit

Cara memasak :
 Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun salam, jeruk, kunyit, dan sereh hingga harum.
Masukkan gula, garam, kaldu ayam.
Tambahkan air secukupnya atau sesuai selera, tunggu sampai mendidih.
 Masukkan tahu dan ikan sere, tunggu sampai meresap bumbunya.
Masukkan santan, tunggu sampai matang, angkat, sajikan.
Sluurpptt....ingat, kalau masakan berhasil itu tandanya, baunya sedap dan harum sampai rumah tetangga hahaha. Rasanya endes bangettt, enak, pedas dan maknyus pemirsah. Kalau biasanya saya nggak pakai daun kunyit, kebetuan ibu kos kalau bikin gulai selalu dikasih daun kunyit, semacam penasaran jadi saya coba. Ternyata rasanya beda emang, lebih nendang aja, kayak tendangannya si madun hahaha. Ingat ya, kalau bikin gulai sekali-kali coba pakai daun kunyit, rasanya pasti beda, dapat ilmu dan rempah baru nih, lumayan.
Silahkan dinikmati gulai ikan serenya hehe, semoga bermanfaat.

***
16 september 2014
hana_tia@yahoo.com / @hmzwan

58 comments:

  1. Suerrrrrrrrrrr, baru tahu ada nama IKan Sere. Selama ini yg ku kenal sere itu bumbu yg mirip daun ilalang itu.

    Nah, apapun jenis ikannya...dijamin pasti kandas jika dihidangkan di depanku

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi....ikan apa aja bisa kok mbk^^

      Delete
  2. Ikan sere tu kayak apa sih mak?
    Kalo aku biasanya ditambah mrica+tumbar dikit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semacam ikan tongkol tapi dagingnya agak lembek kalo mentah^^

      Delete
  3. Ikan sere kaya belanak ga si mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. eeemmm mikir dulu,sering denger nama ikannya tp lupa bentuknya hahha

      Delete
  4. paling males masak ikan. pengen terima jadi, mbak. sok kirim ke bandung dooong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha...coba kita tentanggan ya

      Delete
  5. Ning..Nong..bell berbunyii..

    ko wangii gulee yaaa..
    jadi lapeeer, boleh minta makan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk mari makk..dengan senang hati,ayo diincip^^

      Delete
  6. Kirain sere itu sereh itu yang bumbu itu, hihihi ikan sere itu kayak apaan?

    ReplyDelete
  7. laperrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr ...... :D tuing-tuing-tuing ,,,,,

    ReplyDelete
  8. Resepnya sama dengan "Ikan Kuah Kuning" khas Maluku (Kampung saya). Cuma supaya seger ditambah irisan belimbing sayur (Belimbing Wuluh)

    ReplyDelete
  9. jadi ngilerrrrrrr, btw, cakep potonya mba Hanna..tampak menggiurkan gulenya. Daaaaan jadi pengen nyari daun kunyit, hihihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...bisa aja, bagusan fotomu mbakkk ^^

      Delete
  10. Kayaknya saya yang KUDET deh. Kurang Updet Aseli nda tau kalau ada nama Ikan Sere. Hmmm Rasaya baru dengar ya hihiheihiee. Dasar saya yang kudet. Tapi saya simak dulu ya resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..saya juga baru denger pas di siak pak^^

      Delete
  11. pas saya baca judulnya kirain ikan dikasih sereh. Udah kebayang harumnya sereh. Kalau ikan sere saya malah baru tau :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..iya mask,saya juga baru tau pas disiak^^

      Delete
  12. hmmmm,,,yummy bget mbak,,,mbak ikan sere itu ikan pindang bukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentuknya mirip tapi dagingnya lembek pas mentah^^

      Delete
  13. Ikannya kalau diganti yang lain bisa kan ya. Kayaknya ikan sere tempatku nggak ada. Apa mungkin ditempatku namanua ikan layang ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa diganti pakai ikan apa aja mbk,bukan ikan layang,semacam tongkol tp dagingnya lembek kalo mentah^^

      Delete
  14. Slurupppp... henaknya.... bikin kemecer,,,,

    ReplyDelete
  15. pagi2 liat beginian...ngilerrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

    ReplyDelete
  16. hohohoh, meneteskan air liur ...

    ReplyDelete
  17. Huu.. Jdi laper..
    Untung aja gk lgi puasa ya

    ReplyDelete
  18. ah menggoda sangat ikannya.. mbayangin rasanya jd ngiler.. huhuuu

    ReplyDelete
  19. singgah kemari sambil menyimak saja ^_^, salam perkenalan ya. bila ada waktu mampir ketempat saya ya ^_^

    ReplyDelete
  20. wah kelihatan mantep sekali mas gulai ikan sare nya, pasti maknyus ya rasanya :)

    ReplyDelete
  21. eh, bentar bentar...
    Sere itu sirih atau serai sih Zwaaaan?

    Maklum lah dapurku isinya cuman bawang merah dan bawang putih doang...hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahahaha....ikan biiii,beda sma sereh buat bumbu gulaii ^^

      Delete
  22. he he baru tau juga namanya ikan sere..ngebayanginnya aja udah enak .. mantab ngiler deh ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi...ngeces sluurptt gitu ya mbk^^

      Delete
  23. Mudah sih mak kliatannya bikinna, cuma yg tidak mudah itu mengalahkan rasa malas untuk nguprek di dapur :v
    Tapi kalao lagi rajin mau coba ah ;l

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha....sama mak,ini lagi rajin aja,mumpung rajin gitu ahaiyyy

      Delete
  24. sama gak dengan ikan salem? soalnya tongkol kan hampir mirip dgn ikan salem

    ReplyDelete
  25. wah sepertinya gurih banget nih gulai ikan sere nya, tapi harga nya mahal nggak yah ;)

    ReplyDelete
  26. Kalau aku makan ini, tak ambil tahunya tok sama kuahnya :p aku kurang suka ikan tongkol di kuah gini soalnya..

    ReplyDelete
  27. Aku baru tau ada yg namanya ikan sere. Ya ampun katrok nya maksimal -_-

    ReplyDelete