Wednesday, 29 January 2014

[everything on wednesday] Es Tong-tong




Siak
Bismillahirrahmaanirrahim....semangattttt!!!!!hehehe,meskipun di Siak jam segini udah panas membara,alhamdulillah mari dinikmati. Tau es tong tong???es dung dung???es nong nong???atau....es puter???emmm..atau es krim jaman dulu???hehe,pasti pada tahulah ya. Saya nyebutnya es tong tong, terakhir makan es tong tong kapan yaaa???udah lama bangetlah hehe.
 Ada yang mauuuu...???

Nah, di Siak masih ada lo yang jual es tong tong, yang jual rumahnya dekat kos-kosan. Setiap hari lewat depan kos sekitar jam 10 siang, kapan hari pas hari minggu. Anak-anak kos (anak SMA) heboh neriakin penjual es tong tong, bela-belain dikejar hahaha. Yah,namanya juga ngiler dan kangen,akhirnya saya dan mas kakang prabu juga nimbrung beli es tong tong hehe.

Nama aslinya es puter karena dibekukan dengan cara tradisional yaitu diputer-puter di dalam es batu dan garam, bahan dasarnya santan sebagai pengganti susu. Teksturnya lembut,cocok banget buat pencuci mulut. Namanya kos es tong tong, dung dung, nong nong dan lain lain sih???Karena yang jual es puter ini biasanya bawa gong mini dan dipukul-pukul, akhirnya yang keluar kan suara nong nong, dung dung, tong tong dan lain lain. Unik kan???sederhana tapi selalu dikenang dihati *tsahhhh* hehe. Penyajiannya banyak variasi, nah di Siak plihannya ada tiga, ada roti tawar, cone, sama wadah plastik kayak tempat cupcake. Saya pilih roti deh, rasanya lembut, enak, satu lagi...bener-bener buat hati bahagia hehehe.
 Bapak penjual es tong tong^^
 Pilih mana...cone,roti tawar,atau wadah plastik???
Sluuurrpppttt,maknyus pemirsah...^^
Mau mau mau????ayooo ke Siak hehehe....
Di tempat tinggal teman-teman masih ada es tong tong nggak???
Namanya apa nih??siapa tau ada yang lebih unik lagi..
Selamat hari rabu,selamat beraktivitas....^^

***
Siak,29/1/2014
@hmzwan
 

36 comments:

  1. di sini juga ada mbak, iya namanya Es tong tong...

    tapi kapan ya terakhir maka es ini? aku jarang ketemu lagi... soalnya pagi udah jarang d rumah. hohoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh,sama dong namanya..tos dulu mbk ^^

      Delete
  2. Terakhir makan kayakanya jaman sd di tasik mbaa.. huhuhu enak tu pake roti. Uda lama ga pernah makan ini. Kirim dong.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbk,kayaknya SD deh trakhir makan es tong tong ^^

      Delete
  3. masih ada Bu di Jakpus sini..Penjual Esnya skrg dah tua banget jadi sekarang diterusin sm anaknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,bagus ya mbk diturunin ke anaknya...^^

      Delete
  4. Aih ... mau .. jadi ngiler nih ... heheh

    ReplyDelete
  5. aku dari kecil gak boleh es sama ibu ku >_< klo mau jajan es klo ibu lagi kerja hahaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiyyyyaaa xixixixixi,,,q bebas mbk ^^

      Delete
  6. Di Jogja nyebutnya es dung dung~ suka dikasih monte atasnya. Kalau di Jakarta apa ya, belum pernah makan gituan yang lewat depan rumah, fufufu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. monte??apa tuh na hehehe,,mutiara bukan???kalo di jakarya ke KFC ajalah xixixix

      Delete
  7. Sama.. es tong-tong kalau di malang, kalo di gorontalo es puter :p

    ReplyDelete
  8. Naaaah, kalo di bogor namanya es nongnong kaaa..hhaha udah lamaaa bangets gak nemu es ini, mau dong huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah,ini kan pesenanmu mbk..kapan hari kan pingin,ya to??hehhe

      Delete
  9. woooo... itu penjualnya rapi benar.. pake kemeja jualannya hehe
    follback sob..

    ReplyDelete
  10. Disini masih..namanya es ton-tong...beda dikit sih yaaa namanya..pilihannya juga sama persis
    terakhir makan 2 tahun lalu sepertinya, rame-rame sama temen kantor ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih bertahan berarti ya mbk,enak nggak bingung kalo mau es tong2 ^^

      Delete
  11. ah, aku suka banget beli es tongtong. di depan rumahku masih ada yang lewat, kok :D

    ReplyDelete
  12. hihihi, di sini mah dah jarang banget, is. es potong aja masih mendingan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyo zuh,aku malah orong nemu es potong ndek kene..es tong2 sek ake^^

      Delete
  13. di tmpatku juga ada tp tetep bikin ngilerrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yang berbau makanan pasti biki ngiler ya mbk^^

      Delete
  14. wah jd inget jaman kecilku dulu.. jd pengen.. tp dit4 tinggalku skrg ga da yg beginian :(

    ReplyDelete
  15. dulu waktu masih kecil sering banget makan ini... :'D
    Jadi terharu deh, pengen kembali ke masa-masa dulu,

    ReplyDelete
  16. wah, mbak. itu kesukaan saya. hehe..
    es dung-dung yang rasa nangka, terus diaduk dengan rujak buah. hmm pengiiiiin..
    hehe..

    ReplyDelete
  17. di komplek saya jg msh ada.. tp kynya akhir2 ini ga jualan, dingin.. saya jg nyarinya yg anget2 aja ky baso :D

    ReplyDelete
  18. pake cone enak, pk roti tawar enak juga. yg mana yaaa.. ?

    ReplyDelete
  19. di tempat saya masih ada mbak, harganya seribu rupiah kalau pake cone dan dua ribu rupiah kalau pake roti tawar. Harga yang merakyat sekali ^^

    ReplyDelete