Saturday 27 June 2009

BElajar berHItung pake baHAsa jePANg

BElajar berHItung pake baHAsa jePANg ah,,,,

Dueh, jadi inget pak azis neh dosenQ dulu waktu masih kuliah hehe_kalo dikelas sukanya berhitung pake macam2 bahasa hehe,,,dan salah satunya yaitu bahasa jepang. Boleh neh...yahhhh,,,sekali-kali gitu ngitung pake bahasa jepang tapi sampe 10 aja ya hehehe_Mulai ya…satu-satu biar kepalanya g kriting hwehehe_ Belajar menghitung dalam bahasa jepang kali ini dengan cara melihat, diucapkan, tindakan atau dengan imajinasi…kuncinya adalah sebagai berikut:

Inggris Jepang Pengucapan Tindakan atau Imajinasi
One Ichi Itchy Menggaruk
Two Ni Knee Memegang lutut
Three San Sun Menunjuk langit
Four Shi She Menunjuk perempuan
Five Go Go Berjalan
Six Roku Rock Bersuara seperti rocker
Seven Shishi Shi-chi Flu
Eight Hachi Hat-chi Bersin
Nine Kyu Coo Baju koko
ten Ju Ju Jubaedah

Misalnya begini, dalam bahasa inggris angka satu yaitu One, sedangkan dalam bahasa jepang Ichi, cara membacanya yaitu Itchy. Dimana dalam bahasa inggris Itchy berarti menggaruk, untuk mudah mengingat angka satu dalam bahasa jepang kita bisa membayangkan saat kita menggaruk tangan yang gatal. Seperti ini, jika kita lupa angka satu maka kita bisa membayangkan saat tangan kita gatal, apa yang kita lakukan???yaitu menggaruk…jadi, jika kita ingat menggaruk maka kita ingat angka satu dalam bahasa jepang yaitu Ichi. Mudah bukan….????
Dengan metode seperti itu, kita bisa mengasosiasikan informasi ataupun berbagai hal yang ingin kita ingat dengan lokasi, nama, kata ataupun kalimat tertentu. Lebih mudah lagi jika angka-angka tersebut dibuat dalam bentuk gambar untuk memudahkan visualisasi. Karena dalam menghafal urutan huruf, kata, kalimat, nomor dan bahasa merupakan gabungan antara aktivitas otak kiri dengan otak kanan yang membayangkan benda tersebut. Dengan menggunakan teknik seperti diatas prinsip memori hanya sekali, artinya sekali membaca disertai dengan visualisasi dan diikuti dengan gerakan-gerakan akan mudah dihafal dan bertahan lama dalam ingatan. Begitu juga ketika akan di-recall (pemanggilan kembali), otak akan cepat merespon. Misalnya, jika kita ingat sepupu kita yang bernama Jubaedah, maka kita akan ingat angka sepuluh dalam bahasa jepang yaitu Ju...gimana????huh,,,mudah sekali kannnn...!!!!!!Selamat Mencoba...!!!!Where there is will there is a way...Dimana ada kemauan disitu ada jalan...so, Do it Now!!!!!
GOOG LUCK,,,!!!

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. setahuku kalo 4 = yo/yon
    7= nana

    ReplyDelete
  3. 4 itu bisa shi / dalam kondisi tertentu bisa Yon

    7 pun demikian sichi / kondisi tertentu bisa jadi nana


    tapi yang sering di pake emang Yon sama Nana untuk angka 4 dan 7

    ReplyDelete